Beberapa Model Wireless USB Adapter

Praktisnya USB

Wireless devices sudah bukan asing lagi bagi kita di era digital sekarang ini. Jika anda mempunyai jaringan wireless di rumah atau dikantor, dan jika komputer anda atau laptop anda tidak dilengkapi dengan perangkat wireless atau dikenal dengan perangkat Wi-Fi, maka anda mempunyai beberapa pilihan perangkat wireless yang bisa dipakai yaitu Wireless USB. Perangkat jaringan USB Wireless ini sangat praktis dibanding jenis lainnya.




 

Disamping Wireless USB, anda juga bisa menggunakan wireless PCI adapter yang bisa dipakai pada komputer desktop atau tower, akan tetapi tidak bisa dipakai pada laptop atau notebook anda. USB wireless lebih diminati dibanding jenis lainnya, kenapa? Dengan wireless USB anda bisa menggunakannya baik pada komputer desktop maupun untuk laptop / notebook anda selama ada tersedia port USB pada komputer tersebut.

Keuntungan

Keuntungan lain Wireless USB dibandingkan dengan wireless PCI adalah mudah pemasangan-nya. Tidak diperlukan harus membuka cashing komputer untuk memasangkannya kedalam slot seperti pada wireless PCI. Sebagian orang akan enggan membuka komputer cashing apalagi yang awam masalah komputer. untuk itu USB Wireless lebih diminati dibanding jenis lainnya.

Akan tetapi jika akan dipasang pada komputer dikantoran dimana banyak lalu-lalang orang maka pemakaian wireless PCI pada desktop lebih aman dipakai untuk menghindari pencurian, karena Wireless USB akan mudah sekali dilepas – begitu lengah karyawan / tamu yang tidak bertanggung jawab bisa saja iseng ngutil USB wireless ini karena sifatnya yang kecil dan praktis untuk dikantongi

Ada banyak standard wireless dipasaran disamping sudah dikenal selama ini yaitu yang berbasis standard wireless N akan tetapi jika anda ingin membeli perangkat wireless maka pilihlah yang menggunakan minim standard wireless –N yang bisa memberikan speed sampai 450Mbps. Sekarang technology wifi sudah bergerak menuju generasi ke lima yaitu yang berbasis wireless AC (802.11ac) yang bisa memberikan kecepatan gigabit. Mengingat wireless router ataupun wireless access point sudah mulai menggunakan standard wifi generasi ke 5 ini (wireless AC).

Yang Mana?

Satu lagi sebagai nilai tambah untuk memilih jenis wireless, adalah adanya fitur yang bisa mendukung dual-band, yaitu yang bisa bekerja baik pada jaringan standard 802.11a (pada frequency 5 GHz) ataupun pada standard 802.11b/g/n (dengan frequency 2.4 GHz). Hampir semua wireless router ataupun wireless access point berbasis wireless AC merupakan perangkat yang mendukung dual band sekaligus.

Beberapa Wireless USB juga ada yang dilengkapi dengan teknologi antenna cerdas MIMO yang bisa memanfaatkan sebaran sinyal pantulan menjadi lebih kuat penerimaannya. Bahkan turunan adapter yang berbasis AC juga dilengkapi dengan technology Beamforming yang juga berawal dari technology MIMO ini.

Beberapa Model

Berikut ada beberapa jenis Wireless USB dari berbagai manufacturers dengan spesifikasi pabrik yang anda bisa gunakan sebagai patokan untuk membeli USB Wireless adapters

  1. TP-link TL-WN823N

Laptop anda yang masih berbasis wireless G bisa anda menggunakan wireless USB adapter mini ini dari TP-link.  Laptop berbasis wifi G hanya memberikan kecepatan sampai 54Mbps saja, sementara jika wireless network anda dirumah atau dikantor sudah beralih ke wireless N atau bahkan wireless AC maka ada baiknya anda perlu upgrade dengan menggunakan adapter USB mini ini.

tplink wn823 usb adapter

Fitur utama

  • Berbasis standard wireless N300
  • Speed sampai 300Mbps pada band 2.4GHz
  • Bisa berfungsi sebagai wireless hotspot pada laptop anda jika diaktifkan dengan software SoftAP mode
  • Dukungan koneksi mudah dengan tombol WPS

Bentuknya yang sangat mungil, akan sangat mudah diselipkan kedalam port USB laptop anda sehingga tidak terlihat menonjol. Harganya murah sekitaran kurang Rp. 200 ribuan saja.

  1. TP-link TL-WN8200ND

Jika dibutuhkan jangkauan yang lebih jauh mengingat letak dari wireless router anda jauh dari tempat kerja, maka ada baiknya gunakan wireless USB yang dilengkapi dengan high gain / high power untuk memberikan power dan jangkauan yang lebih luas dan jauh. TP-link menawarkan TL-WN8200ND dengan dua antenna luar yang panjang untuk jangkauan lebih jauh. Dengan tambahan kabel USB 1.5 meter anda bisa meletakkan diketinggian agar lebih sensitive.

tplink wn8200nd usb adapter

Fitur utama

  • High power USB dengan sensitifitas tinggi
  • Dua antenna luar 5dBi
  • Basis wireless N300 cocok untuk kerja berat
  • Bawaan kabel USB 1.5 meter untuk bisa meletakkan di ketinggian
  • Dukungan tombol WPS untuk koneksi cepat dan aman

Sangat cocok jika laptop anda jauh dari tempat wifi, misal di lantai 2 dan cocok juga untuk dikantoran.

  1. TP-link Archer T4U

Jika jaringan wifi anda sudah berbasis wireless AC sebut saja telah menggunakan wireless gateway dari TP-link Archer D9 maka ada baiknya upgrade adapter wifi anda dengan yang berbasis wireless AC juga agar memberikan koneksi optimal. TP-link menawarkan wireless USB berbasis wireless AC yaitu Archer T4U. Memang bentuknya terlihat lebih besar dan menonjol dibanding yang mini seperti nomor satu diatas, akan tetapi sangat cocok untuk koneksi ke jaringan wireless AC.

tplink archer t4u usb adapter

Fitur utama

  • Berbasis wireless AC1200
  • Speed sampai 867Mbps untuk 5GHz dan sampai 300Mbps untuk 2.4GHz band
  • Sudah mendukung koneksi USB 3.0, 10x lebih kuat dari USB 2.0
  • Dukunagn tombol WPS

Masih banyak model lain dari wireless USB adapter ini dan yang diatas adalah beberapa contoh saja.

Semoga bermanfaat, salam.

Lihat artikel lain:




You may also like...

12 Responses

  1. martono says:

    wah… nambah ilmu nehhh makasi yah…

  2. G-Man says:

    Hebat tuh, melihat jangkauan dan speed nya yang sampek 300 Mbps … tambah ilmu.

  3. acin says:

    mas…bingung neh bagus mana wifi usb apa wifi pci….saya punya wifi usb untuk PC Desktop tapi sering sinyal low atau loss signal…ada rencana mau beli lagi wifi adapter tapi bingung mau pake usb atau pci wifi

  4. ki says:

    wifi di sekitar anda menggunakan standard wireless g atau n? yg sekarang ini pakai usb wireless g atau n …? Kalau jaringan wifi anda wireless n apalagi dual band, lebih baik pakai usb yg dual band jadi bisa milih 5ghz yg lebih kenceng daripada 2.4 yg banyak interferensi.
    Jadi kenali jaringan anda … kalau da wifi N apalagi dual …kasih adapter yg N dan dual juga…

  5. Indah Mulyasari says:

    bagaimana caranya tau kalau wifi komputer itu g atau n? dan saya msih belum paham deh.. sama wirelles usb adapter.. bisa tolong jelaskan secara garis besarnya???
    terimaksih yah

    • Ali H says:

      di Windows 8 ato 10 coba masuk ke sini Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center pilih ‘Change adapter setting’ disana pilih wifi yang aktif klik kanan pilih ‘Status’ dan lihat ada Speed kalau isinya 54.0 mbps itu berarti wireless G (802.11b). Untuk wireless N biasanya speed isinya diatas 150Mbps …

      • oh.. bgitu yah.. saya coba deh pak.. makasih yah atas informasinya.. ^_^

        • saya speednya 26.0mbps berarti saya N dong.. dan harus pakai wireless usb adapter yah pak?
          kira” yang bagus yang mana yah?

        • Ki Gr says:

          Gini, sebenarnya bukan speed ukurannya…tapi ada disebutkan jenis adapter 802.11b atau g atau N….bisa saja speed dapet 26mbps mungkin terlalu jauh dr router. Tapi biasanya dari detail status ada jenis adapter jenis 802.11a/b/g/n walau tidak selalu ada.
          Jadi pilih yg mana ? sesuaikan dengan routernya …kalau router wifi sudah berbasis 802.11n maka ada baiknya ganti USB wifi berjenis N …biar bisa tinggi speednya

          • dari detail status jenis adapte tidak ada penjelasan apakah itu a/b/g/n. klau pun harus ganti usb wifiberjenis N. wireless merek apa yang bisa menjangkau jarak jauh dan bagus…

          • Ki Gr says:

            kalau USB yg long range pakai aja misal tp-link tl-wn722 150mbps …atau yang tl-wn822 300mbps …murah meriah tapi handal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.