Wireless Router Untuk iPad dan Android

Pendahuluan

Bagaimana anda memilih Wireless router untuk iPad, perangkat Android dan Smartphone anda lainnya? Wireless router terbaik untuk itu semua adalah wireless router yang bisa menyediakan suatu jaringan yang berkecepatan tinggi, bebas interferensi, yang bisa dual band simultan dan koneksi yang solid.

iPad dan Smartphone Android lainnya menjadi begitu popular sekarang ini, begitu praktis dan handal yang sudah pasti dilengkapi dengan system kamera baik depan maupun belakang dan layar cukup lebar untuk menikmati tontonan filem dan online gaming. Dengan perangkat ini semua anda bisa browsing internet, membaca email, menonton dan preview video serta download dari library video anda, menonton tayangan TV favorite anda dan seterusnya dan terutama beraktifitas dengan medsos seperti twitter, instagram dan facebook.




 

Koneksi ke Internet

Untuk bisa koneksi ke internet, iPad dan Android anda harus berada pada jaringan wireless yang sudah punya koneksi ke Internet. Di rumah, anda harus mempunyai jaringan wireless dari wireless router atau wireless access point dengan sambungan broadband internet baik ADSL maupun Cable. Pusat dari jaringan wireless di rumah adalah sebuah wireless router. Nah wireless router yang bagaimana yang bisa memberikan dukungan terbaik buat iPad, Blackberry dan semua Android anda?

Perhatikan Spec Mobile anda

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini pertama kali anda perlu mengetahui spec Wi-Fi dari perangkat mobile anda  dan seberapa bagus Wi-Fi yang bisa mendukung aplikasi dari iPad, dan Android. Yang kedua anda harus memilih wireless router yang bisa mendukung performa terbaik dari applikasi terutama video dan gaming.

Wireless N minimum

iPad, iOS dan Android di usung dengan Wi-Fi berteknology wireless 802.11n dan juga tentunya compliant dengan jaringan wireless 80211a/b/g/n standards. Ini berarti bahwa iPad diusung dengan technology Wireless N dual band. Untuk saat ini wireless N adalah technology wireless yang paling cepat yang bisa memberikan kecepatan maksimum sampai 300Mbps bahkan lebih. Yach sebelum muncul teknology wifi terbaru yang merupakan generasi ke lima wifi yaitu wireless AC (802.11AC) yang bisa memberikan bandwidth melimpah gigabit.

Dengan dual band, perangkat mobile anda bisa mendukung jaringan pada frequency band baik 2.4GHz ataupun 5GHz. iPad juga dilengkapi dengan Bluetooth 2.1 plus EDR technology, tapi Bluetooth ini tidak ada hubungan dengan wireless router anda.

Untuk itu wireless router anda haruslah router yang diusung dengan technology wireless –N (802.11n) dengan dual band minimum, jika baru mau membeli ada baiknya sekalian yang berteknology wireless AC, gak jauh beda harganya.

Dual band

Dengan dukungan wireless dual band technology, wireless router anda memberikan jaringan wireless berkecepatan tinggi dan dukungan operasi pada 5GHz frequency band, iPad, iOS dan perangkat Android akan bekerja pada jaringan wireless yang lebih bersih dengan sedikit interferensi dibanding 2.4GHz band yang umum dipakai dan crowded.

QoS

iPad akan bekerja optimum jika dukungan jaringan wireless yang ada dengan jaringan berkecepatan tinggi, bersih dan bebas getar alias halus dalam streaming video. Untuk memberikan dukungan performa yang bagus router anda juga perlu dukungan fitur QoS (Quality of Service). Dengan QoS router bisa menganalisa dan memisahkan traffic kedalam beberapa data streams dan mengkatagorikan menurut sensitifitas terhadap delay. Applikasi seperti streaming video, VoIP dan gaming akan mendapatkan prioritas data traffic diatas aktifitas web browsing.

Jadi pilihan wireless router anda agar bisa memberikan dukungan maksimal kepada piranti iPad anda haruslah router yang dibesut dengan technology wireless N dual band serta dukungan Quailty of Service (QoS).

Berikut adalah beberapa wireless router yang terbaik untuk dukungan iPad anda.

TP-link Archer C7

 

Di Indonesia TP-link termasuk produk jaringan yang handal tetapi dibandrol dengan harga yang jauh lebih ekonomis dibanding produk dari vendor lain seperti dari Linksys, Asus dan Netgear. Untuk kebutuhan rumah anda yang lumayan luas dan banyak perangkat coba TP-link Archer C7. Produk ini sangat laris manis di Amazon dan dengan tingkat kepuasan user yang tinggi.

TP-link archer C7

Archer C7 adalah debut TP-lik dalam kelas wireless AC untuk wireless router, handal dan harga yang lebih ekonomis dibanding vendor lain di kelas yang sama. Berbasis technology wifi generasi ke lima (wireless AC), router ini memberikan total bandwidth sebesar 1750Mbps. Dual band simultaneous, sangat cocok untuk mendukung koneksi computer, laptop, iOS dan Android serta iPad anda dan Smartphone lainnya.

Fitur utama

  • Berbasis technology wireless AC
  • Dual band simultaneous memberikan kecepatan bandwidth sampai 1300Mbps (wireless AC pada 5GHz band) dan sampai 450Mbps (wireless N pada 2.4GHz band)
  • Dilengkapi dengan 3 buah antenna luar 5dBi untuk freq band 5GHz dan 3 buah antenna internal untuk freq band 2.4GHz
  • Sudah termasuk Switch 4 port 10/100/1000Mbps untuk LAN dan satu port Gigabit WAN untuk koneksi ke Modem
  • Dua buah port USB 2.0 untuk sekaligus berbagi printer dan storage disk bersamaan
  • Kemudahan berbagi bandwidth dengan basis IP address
  • Guest network untuk memudahkan tamu anda akses jaringan tersendiri

Produk lain dari pesaing Archer C7 adalah dari Asus RT-AC66U yang juga sangat handal dan bagus, akan tetapi masih dibandrol dengan harga yang lebih tinggi. Dan jika anda berlangganan Speedy maka adabaiknya mencoba produk TP-link yang paling laris berbasis teknology wifi wireless AC1900 yaitu Archer D9.

Lihat juga:




You may also like...

1 Response

  1. Agus says:

    ini cocok juga ga untuk ipad versi terbaru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.