Wireless Router Untuk Android dan Tablet Anda

Wireless router yang mana untuk mendukung semua perangkat gadget anda termasuk Android, iPad, Black Berry dan semua smart-phone anda dirumah.

Latar belakang

Hampir setiap anggota keluarga dewasa di setiap rumah tersedia hand phone, bahkan tidak jarang semua anggota keluarga mempunyai gadget yang canggih dengan fitur koneksi wifi untuk browsing internet dan bersosialisai baik Tweeter, Facebook, Instagram dan sebagainya. Semua kebutuhan akan sosialisasi tersebut membutuhkan gadget dengan koneksi internet baik lewat layanan cellular berlangganan atau hanya sekedar isi ulang pulsa biar tak banyak biaya. Gadget dengan fitur kelengkapan wifi tentunya akan lebih irit jika terhubung dengan jaringan wifi baik dirumah maupun hotspot gratisan dirumah, di café, di sekolahan atau di airport yang menyediakan hotspot gratisan.




 

Perlu jaringan wifi

Dirumah kebanyakan orang tua berlangganan koneksi internet baik lewat Speedy Telkom, layanan Cable ataupun sejenisnya. Agar koneksi internet ini bisa di share bersama semua perangkat komputer dirumah dan semua perangkat gadget anda maka ada baiknya membuat jaringan wifi dari koneksi internet tersebut. Ane kagak cerita banyak mengenai cara membuat jaringan wifi dirumah karena da di bahas sebelumnya, silahkan baca artikel membangun jaringan wifi disini. Yang perlu dibahas adalah perangkat wireless router yang mana cocok untuk semua kebutuhan laptop, komputer dan semua jenis gadget anda termasuk Android, ipad, BB dan smart-phone lainnya.

Ketahui kebutuhan anda

Tak terkecuali laptop dan komputer ente yang dirumah, semua gadget dengan kelengkapan wifi termasuk iPad, Android, BB dan semua smart-phone bisa terhubung ke jaringan wifi dengan menggunakan wifi adapter. Pelajari gadget ente apa kelengkapan wifi yang dikemas didalamnya.

Untuk iPad

Semua jenis iPad baik dari generasi pertama sampai keempat, iPad Air ataupun iPad mini semuanya dilengkapi dengan wifi adapter dengan basis wireless N dual band (2.4GHz dan 5GHz band). Bahkan model generasi terbaru sudah terpasang wifi yang sudah mendukung wireless AC – wifi generasi terakhir.

Android

Hampir sebagaian besar perangkat mobile berbasis Android dilengkapi dengan wifi adapter berbasis wireless 802.11b/g/n single band 2.4GHz dan banyak juga gadget Android yang dilengkapi dengan wifi dual band seperti Kindle Fire, Samsung Galaxy Note 10.1 N8000, Dell Venue 8 Pro dan sebagainya. Dan tidak lupa bahwa hampir semua model terbaru smartphone Android memiliki koneksi Wifi dengan dukungan Wireless AC.

Kebutuhan wireless router

Untuk kebutuhan wireless router agar bisa mendukung jaringan wifi buat semua perangkat gadget anda dan juga laptop dan komputer, ada baiknya ente pilih router yang mempunyai fitur berikut ini.

Router dual band

Kenapa mesti memilih router dengan dukungan dual band bersamaan? Kita tahu iPad memiliki perangkat wifi dual band, sebagian Android juga ada yang dual band, apalagi semua perangkat smartphone baru mendukung koneksi wireless AC yang memang dual band maka ada baiknya jaringan wifi anda juga kudu mendukung jaringan wifi yang dual band bersamaan agar semua perangkat bisa terhubung ke jaringan wifi. Dan juga untuk iPad bisa menggunakan koneksi 5GHz band yang bagus untuk streaming video ataupun online gaming dengan halus kagak brebet. Frequency 5GHz band relatif lebih bening dan jernih dibanding 2.4GHz sehingga bagus untuk kebutuhan koneksi multimedia termasuk video dan voice.

Fitur Cloud

Mengingat gadget anda bersifat mobile, ada baiknya jaringan wifi ente mendukung sesuatu yang bersifat cloud agar jaringan dirumah bisa diakses dimana saja ente pergi dan bisa akses jaringan dirumah lewat gadget baik iPad, Android dan BB ataupun smart-phone lainnya. Ada beberapa model wireless router yang mempunyai fitur cloud sehingga storage yang terhubung di router bisa diakses oleh gadget anda dimana saja anda berada.

Router cloud ekonomis

Banyak sudah beredar dipasaran wireless router berbasis teknologi wifi generasi kelima (5G wifi) yaitu berbasis 802.11ac yang bisa memberikan kecepatan teoritis sampai 1300Mbps, akan tetapi harganya masih relatif mahal. Akan tetapi untuk kebutuhan semua gadget anda termasuk ipad, Android, BB dan smart-phone lainnya ada baiknya pilih yang ekonomis.

D-link DIR-826L Cloud router

Router ini di Amrik sana lumayan laris mengingat harganya yang ekonomis (dibawah $50) sementara fiturnya lumayan keren untuk kebutuhan rumahan dengan fitur cloud.

Dlink DIR 826L cloud router

Fitur utama

  • Berbasis dual band simultan wireless n600
  • Speed sampai 300Mbps masing-masing band
  • Semua port interfacenya Gigabit 4x LAN dan 1x WAN
  • Dilengkapi 1x USB 2.0 port dengan shareport technology
  • Management cloud MyDlink

Dengan teknology dual band maka semua kebutuhan koneksi gadget anda termasuk iPad yang dual band, Android yang single band baik memenfaatkan jaringan wifi dari router ini yang bisa memberikan kecepatan bandwidth sampai 300Mbps setiap band, total 600Mbps.

Untuk koneksi kabel jaringan anda bisa memanfaatkan switch gigabit yang dikemas pada router sehingga kompi dengan gigabit NIC adapter bisa terhubung dengan optimal dengan kecepatan Gigabit, cocok buat online gaming dan data transfer yang besar.

Cloud fitur

D-link memberikan layanan cloud melalui MyDlink cloud management. Ada beberapa apps yang bisa anda download ke gadget anda diantaranya MyDlink Storage.

MyDlink storage menawarkan solusi personal cloud dengan NAS yang terhubung ke router anda sehingga anda bisa akses foto, music, filem, dan semua data dari mana saja anda akses lewat internet baik melalui gadget anda ataupun komputer. mydlink™ Access-NAS app memungkinkan semua itu terjadi dengan mudah tanpa biaya layanan.

Perhatikan video pengenalan MyDlink coud ini (courtesy D-link dan YouTube)

Anda bisa melengkapi jaringan anda dengan camera D-link yang mendukung mydlink sehingga bisa memonitor keadaan rumah atau kantoran dari mana saja anda berada lewat internet dengan iPad ataupun tablet lainnya.

Jika untuk kebutuhan gadget dirumah, anda juga bisa menghubungkan flash disk dengan data multimedia agar semua gadget yang terhubung ke jaringan wifi dirumah bisa akses data pada storage yang terhubung di router.

Asus RT-N14U

Jika untuk kebutuhan single band saja (2.4GHz band), maka ada baiknya anda memilih wireless router cloud dari Asus RT-N14U. router ini lumayan canggih dengan fitur cloud untuk Android dan juga iPad anda. Bukan cuma internet broadband kabel, router ini mendukung 3G atau 4G share, sehingga jika tidak ada koneksi broadband internet DSL atau Cable bisa menggunakan modem cellular agar bisa berbagi jaringan wifi dengan internet 3G.

Asus RT-N14U Cloud router

Fitur utama

  • Berbasis wireless n300 model serupa dengan seri Black Diamond
  • Dukungan AiCloud Asus untuk layanan cloud
  • Dilengkapi dengan Fast Ethernet (4x LAN dan 1x WAN)
  • USB port untuk printer, storage maupun 3G dongle
  • Dukungan jaringan guest sampai tiga

Sama dengan D-link 826L, Asus N14U ini juga didukung dengan layanan Asus AiCloud sehingga memungkinkan anda akses jaringan anda dirumah dari mana saja lewat iPad, Android ataupun smart-phone lainnya lewat internet.

Lihat video pengenalan AiCloud berikut ini untuk lebih jelasnya bagaimana anda bisa berinteraksi dengan cloud fitur dengan router Asus anda.

Memang router ini tidak mendukung dual band, namun router ini dikemas dengan fitur canggih diantaranya share 3G/4G yang bisa failover jika koneksi broadband putus maka koneksi akan failover ke koneksi cellular 3G sehingga koneksi internet tidka terputus, cocok untuk kebutuhan bisnis kecil anda yang selalu mengandalkan koneksi internet.

Ada banyak seri router Asus berbasis wireless ac yang sekarang banyak dicari karena sangat canggih diantaranya Asus RT-AC66U dan RT-AC68U, seri dari TP-link Archer misal Archer C9 atau yang sudah termasuk ADSL modem Archer D9. Lihat artikel Netgear R7000 Vs Asus AC68U.

Semoga bermanfaat,

Cheers,




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.