Wireless Router Dengan Print Server

Berbagi printer jaringan

Salah satu keuntungan dari jaringan komputer adalah agar kita bisa berbagi printer dengan user lainnya dalam jaringan. Anda tidak perlu lagi menunggu untuk ngantri agar bisa ngeprint, cukup kirim job printing anda melalui komputer dan biarkan selebihnya system yang mengatur antrian job printing secara automatis. Bahkan anda juga bisa memberikan prioritas antrian melalui system jaringan anda. Lihat juga printer jaringan.




 

Jaringan tradisional printer

Secara tradisional, anda bisa berbagi akses printer dengan jalan menghubungkan nya ke komputer (baik melalui USB port atau parallel) dan mengkonfigurasinya agar bisa diakses oleh user lain dalam jaringan baik secara peer-to-peer ataupun dengan jaringan Windows server AD. Dengan metoda ini, komputer tersebut harus hidup dan menggunakan sedikit sumberdaya komputer tersebut untuk sharing komputer. Jika komputernya off, maka printer tidak bisa diakses. Akan tetapi dengan print server, anda tidak perlu sharing printer melalui komputer. cukup koneksikan printer ke print server dan anda pun bisa akses printer tersebut kapan saja melalui jaringan.

Di rumah, printer adalah alat cetak dokumen yang sangat penting. Dan dalam jaringan wireless komputer dirumah, wireless router adalah komponen utama anda dalam membangun jaringan agar bisa berbagi sambungan internet dan juga printer. Anda bisa share printer melalui komputer secara tradisional, atau melalui print-server terpisah, atau juga lewat wireless router anda yang dilengkapi dengan USB port. Akan tetapi tidak semua wireless router yang dilengkapi dengan USB port bisa digunakan untuk sharing printer.

Beberapa router dengan print server

Beberapa wireless router yang dilengkapi dengan USB port hanya bisa dipakai untuk akses sharing storage external saja, atau bisa baik untuk printer atau storage secara bergantian. Kalau anda tidak memerlukan wireless print server (dimana anda bisa meletakkan printer ditempat sesuai kehendak anda tanpa melalui kabel jaringan) dalam jaringan wireless anda dirumah atau di kantor kecil anda, maka pilihlah wireless router dengan print server.

Berikut adalah beberapa wireless router yang dilengkapi dengan port USB untuk sharing printer atau storage external.

 

  1. TP-link Archer C7

Salah satu produk wireless ac yg diperkenalkan oleh TP-link adalah Archer C7, produk awal-awal kemunculan wireless ac yg diperkenalkan oleh TP-link dengan harga yg lebih ekonomis dibanding produk dr vendor lain seperti Netgear dan Linksys.

Wireless ac router ini berbasis AC1750 dual band dengan kelengkapan dua port USB sehingga anda bisa menggunakan kedua port USB tsb untuk masing2 buat koneksi printer dan disk storage USB external.

Dengan kelengkapan tiga antenna external sangat cocok untuk menjangkau rumah anda dan jika masih kurang memang perlu ditambahkan wireless range extender. Atau sekalian saja ganti dengan mesh wireless router misal TP-link Deco atau Linksys Velop.

tplink archer c7

TP-link Archer C7

Fitur utama Archer C7

  • Berbasis wireless ac1750 dual band simultaneous
  • Wifi speed sampai 1300Mbps @5Ghz band plus 450Mbps @2.4Ghz band
  • Dilengkapi dengan 3x 5dBi antenna luar plus 3x antenna dalam memastikan jangkauan maksimal
  • 4x Gigabit Ethernet LAN port dan 1x Gigabit WAN port
  • 2x USB 2.0 port untuk storage disk dan printer sekaligus
  • Dukungan Guest network

Untuk sebuah rumah kecil sudah sangat mencukupi untuk melayani beberapa desktop, laptop dan perangkat mobile anda baik Android, iOS maupun Windows phone.

Disamping Archer C7, TP-link juga memperkenalkan Archer C9 yang sedikit memberikan speed lebih cepat pada 2.4Ghz band sampai 600Mbps dibanding hanya sampai 450Mbps pada Archer C7 walau speed pada 5Ghz band sama 1300Mbps.

Klik disini untuk TP-link Archer C7 spec lengkap

  1. Linksys EA7500

Produk lain yang juga mempunyai kelengkapan dua port USB untuk printer dan disk storage adalah produk besutan dari Linksys yang sudah dilengkapi dengan technology MU-MIMO (multi user MIMO) antenna. Dua port USB ini salah satunya adalah USB 3.0 super Speed USB yang bisa berkali lipat speednya dibanding USB 2.0.

Produk Linksys EA7500 ini generasi baru dari versi wireless ac Linksys sebelumnya yang sudah mendukung MU-MIMO, speed gabungan sedikit lebih tinggi dari Archer C7 yaitu wireless AC1900 (1300Mbps + 600Mbps).

Linksys EA7500 Wireless AC1900

Fitur utama

  • Berbasis wireless AC1900 technology dual band simultaneous
  • Speed sampai 1300Mbps @5Ghz band plus 600Mbps @2.4Ghz band
  • 3x antenna luar untuk jangkauan lebih bagus
  • Mendukung Multi-User MIMO (MU-MIMO) untuk data multi user dalam satu waktu
  • Gigabit Ethernet ports (4x LAN dan 1x WAN)
  • Mudah setupnya dan dukungan guest network juga dengan software Smart Wifi

Produk Linksys dijual lebih mahal dibanding produk2 lain dari China yaitu TP-link ataupun Tenda. Linksys, Netgear dan Asus biasa dijual dengan patokan harga diatas produk2 dari TP-link.

Klik disini untuk spec lengkap Linksys EA7500

By Ki G

Posting terkait:




You may also like...

1 Response

  1. Hendrik says:

    apa ada perbedaan signifikan dari segi kestabilan, wireless print server dengan jaringan tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.