Wireless Router Dengan Print Server

Berbagi printer jaringan

Salah satu keuntungan dari jaringan komputer adalah agar kita bisa berbagi printer dengan user lainnya dalam jaringan. Anda tidak perlu lagi menunggu untuk ngantri agar bisa ngeprint, cukup kirim job printing anda melalui komputer dan biarkan selebihnya system yang mengatur antrian job printing secara automatis. Bahkan anda juga bisa memberikan prioritas antrian melalui system jaringan anda. Lihat juga printer jaringan.




 

Jaringan tradisional printer

Secara tradisional, anda bisa berbagi akses printer dengan jalan menghubungkan nya ke komputer (baik melalui USB port atau parallel) dan mengkonfigurasinya agar bisa diakses oleh user lain dalam jaringan baik secara peer-to-peer ataupun dengan jaringan Windows server AD. Dengan metoda ini, komputer tersebut harus hidup dan menggunakan sedikit sumberdaya komputer tersebut untuk sharing komputer. Jika komputernya off, maka printer tidak bisa diakses. Akan tetapi dengan print server, anda tidak perlu sharing printer melalui komputer. cukup koneksikan printer ke print server dan anda pun bisa akses printer tersebut kapan saja melalui jaringan.

Di rumah, printer adalah alat cetak dokumen yang sangat penting. Dan dalam jaringan wireless komputer dirumah, wireless router adalah komponen utama anda dalam membangun jaringan agar bisa berbagi sambungan internet dan juga printer. Anda bisa share printer melalui komputer secara tradisional, atau melalui print-server terpisah, atau juga lewat wireless router anda yang dilengkapi dengan USB port. Akan tetapi tidak semua wireless router yang dilengkapi dengan USB port bisa digunakan untuk sharing printer.

Beberapa router dengan print server

Beberapa wireless router yang dilengkapi dengan USB port hanya bisa dipakai untuk akses sharing storage external saja, atau bisa baik untuk printer atau storage secara bergantian. Kalau anda tidak memerlukan wireless print server (dimana anda bisa meletakkan printer ditempat sesuai kehendak anda tanpa melalui kabel jaringan) dalam jaringan wireless anda dirumah atau di kantor kecil anda, maka pilihlah wireless router dengan print server.

Berikut adalah beberapa wireless router yang dilengkapi dengan port USB untuk sharing printer atau storage external.

 

TP-link WDR4300 N750 Router

Salah satu wireless router paling ekonomis dengan dua port USB adalah TP-link WDR4300. Wireless router ini mewakili router dengan standard wifi 802.11N dengan tenology dual band dengan total bandwidth sampai 750Mbps.

TP-link WDR4300

Fitur utama

  • Berbasis technology wifi 802.11N dengan simultaneous dual band dengan tiga antenna luar yang bisa dilepas
  • Speed sampai 450Mbps dalam band 5GHz dan sampai 300Mbps dalam band 2.4GHz
  • 4x Gigabit Port LAN dan 1x Gigabit Port WAN
  • 2x USB 2.0 port untuk berbagi koneksi printer dan storage, FTP dan media server
  • Dukungan fitur guest network tiap band untuk jaringan tamu agar tidak masuk jaringan private anda

 

Untuk sebuah rumah kecil sudah sangat mencukupi untuk melayani beberapa desktop, laptop dan perangkat mobile anda baik Android, iOS maupun Windows phone.

Klik disini untuk spec WDR4300 dan harga

Pesaing dikelas ini adalah Asus RT-N66U yang sangat popular di Amazon Amrik sono, yach tapi harganya cing dua kali lipat lebih dibanding TP-link WDR4300. Dibanding dengan TP-link memang ada sedikit kelebihannya yaitu dari sisi speed, Asus RT-N66U dikemas dengan technology N900 dengan total bandwidth sampai 900Mbps (450Mbps tiap band).

Netgear Nighthawk R7000

Untuk mewakili kelas wireless AC yaitu wireless technology generasi ke 5 (5G Wifi) dengan standard 802.11AC kita ambil wireless router yang paling popular di Amazon dan menjadi best seller – Netgear R7000. Tentunya wireless router ini sangat mahal karena buatan Amerika, bukan buatan Ame Bini dibanding produk serupa buatan China.

Dikemas dengan tiga antenna luar yang kokoh router ini sangat cocok untuk rumah yang luas dengan jangkauan sinyal yang kuat dan solid dengan total bandwidth sampai 1900Mbps. Dua port USB yang dibekalkannya adalah satu por USB 3.0 (1x) yang merupakan USB berkecepatan 10x lipat dibanding standard USB biasa (v2.0).

TP-link Archer C9

TP-link Archer C9

Fitur utama

  • Berbasis technology wireless AC1900
  • Dual band simultaneous – speed sampai 1300Mbps (5GHz band) dan sampai 600Mbps (2.4GHz band)
  • Dibekali processor dual core 1GHz
  • Tiga antenna luar dengan high power amplifier dukungan technology Beamforming untuk sinyal yang kuat dan jangkauan luas
  • Fitur advance untuk gaming yang bebas lelet
  • Bisa prioritas bandwidth untuk streaming video dan music
  • Dilengkapi software backup automatis dan dukungan Time Machine untuk Mac
  • Gigabit ports LAN dan WAN
  • 1x USB 3.0 dan 1x USB 2.0

Untuk anda yang mendambakan wireless network dengan sinyal yang solid dan jangkauan rumah besar inilah wireless router anda dengan dua port USB untuk printer dan storage. Mengingat harganya sekitaran 3.7 jutaan, maka pesaing dikelas ini adalah TP-link Archer C9 dengan fitur yang hampir sama. Cek disini artikel Archer C9 TP-link.

Untuk spec lengkap Netgear R7000 klik disini.

 




By Ki Grinsing

You may also like...

1 Response

  1. Hendrik says:

    apa ada perbedaan signifikan dari segi kestabilan, wireless print server dengan jaringan tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *