Wireless Gaming Router

Bagaimana memilih wireless gaming router terbaik untuk jaringan wireless di rumah anda?

Kenapa mesti wireless gaming router?

Bermain game dirumah standalone dengan game console dipadu dengan layar LCD HDTV anda memang mengasyikkan. Akan tetapi banyak sekali permainan game yang bisa dimainkan dengan bersamaan atau multiplayer game secara online dengan pemain dari belahan dunia mana saja. Tidak seperti jaman dahulu dimana game dimainkan sendiri-sendiri di rumah, era kini para gamers membentuk komunitas game online.




 

XBOX Live

Sekarang ini anda bisa berlangganan XBOX Live untuk bermain game multiplayer online. Dengan XBOX Live, anda bisa bergabung dengan komunitas online games dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja dengan berbagai macam permainan game online. Untuk memungkinkan permainan game online dengan komunitas gamers, anda memerlukan suatu system yang handal dan aman – wireless gaming router.

Router yang bagaimana?

Tidak seperti game multiplayer dalam suatu group dimana anda terhubung secara local dengan sebuah Swicth LAN dengan beberapa teman, online game memerlukan koneksi broadband internet. Dan wireless gaming router adalah perangkat utama yang memungkinkan anda mempunyai suatu environment yang handal dan aman tentunya untuk jaringan internal anda untuk bisa bermain XBOX live baik wired maupun wirelessly. Untuk bisa koneksi wirelessly terhadap XBOX console anda tentunya anda memerlukan XBOX wireless adapter sebagai interface wireless adapter. Nah masalahnya sekarang adalah wireless gaming router yang mana yang terbaik untuk jaringan anda?

Wireless gaming router untuk online XBOX Live tentunya menuntut performa yang bagus dan aman untuk jaringan anda yang meliputi kecepatan tinggi, koneksi yang handal, low noise untuk koneksi wireless dan bila perlu idealnya bebas sinyal attenuasi, dan tentunya aman terhadap jaringan internal anda.

Koneksi Kecepatan Tinggi

Kita tahu bahwa gaming merupakan aplikasi yang memakai bandwidth dengan intensive yang menuntut koneksi wireless kecepatan tinggi baik wired maupun wireless. Umumnya game console dilengkapi dengan sebuah port Ethernet 100Mbps. Untuk koneksi wired terhadap jaringan local anda, koneksi 100Mbps adalah sangat mencukupi dan handal untuk koneksi kecepatan tinggi. Bagaimana jika koneksi anda adalah wireless? Anda memerlukan technology wireless kecepatan tinggi – yaitu standard draft 802.11n.

Wireless N atau ac technology

Wireless gaming router anda haruslah di usung dengan technology wireless –n. wireless –n adalah technology wireless generasi ke empat dan yang terbaru adalah generasi kelima (wireless ac) yang bisa anda cicipin sekarang dengan produk terbaru dari berbagai vendor diantaranya adalah Netgear R6300. Technology wireless ac ini memang masih belum final, akan tetapi hampir semua produsen wireless sudah mengadopsi technology ini pada jajaran produk mereka.

Hampir semua produk wireless –n router atau ac juga mengusung technology antenna MIMO. Walaupun banyak produsen tidak secara explicit mencatumkan technology MIMO, akan tetapi MIMO sudah diadopsi kedalam technology mereka dan terpadu dengan technology mereka sendiri seperti RangeMax oleh Netgear dan Xtreme N oleh D-Link. Kombinasi technology Wireless –n dan MIMO akan menaikkan performa system dan jangkauan wireless yang lebih jauh.

Untuk itu, dalam memilih wireless gaming router, anda harus memilih router dengan technology Wireless –n dan MIMO atau teknologi terpadu sejenisnya. Dan beberapa model terbaru menggunakan technology Smart Beam.

Quality of Services (QoS)

Aplikasi yang memerlukan bandwidth secara intersive menuntut koneksi kualitas layanan yang tinggi atau lazim disebut Quality of Service (QoS). Wireless gaming router anda harus mendukung technology QoS ini. Dengan QoS, system bisa memberikan prioritas aplikasi gaming diatas aplikasi lainnya seperti aktifitas browsing dan download. Tanpa QoS, satu komputer melakukan download lagu-lagu favorit, aplikasi gaming anda akan tersendat-sendat. Banyak wireless router memberikan fitur technology cerdas QoS untuk memberikan prioritas baik sambungan wired maupun wireless traffic internet untuk memungkinkan performa gaming yang sangat handal.

Support DMZ

Mengexpos suatu komputer kedalam internet adalah sangat rentan sekali terhadap segala serangan internet. Online gaming berarti mengexpose jaringan kedalam internet. Untuk itu diperlukan suatu system yang aman untuk melindungi jaringan internal anda terhadap segala macam ancaman internet. Suatu cara yang paling aman untuk melindungi dan memisahkan jaringan internal anda dari exposed host (XBOX anda) adalah dengan cara membuat security boundary. Fitur DMZ dalam router anda bisa digunakan untuk membuat security boundary untuk XBOX atau exposed host. Untuk itulah anda harus memastikan bahwa router anda mempunyai fitur DMZ.

Support Dual-band

Beberapa wireless router mendukung fitur dual-band yang bisa mendukung frequency band 2.4GHz (untuk wireless b/g/n standards) dan 5GHz (untuk wireless –a standards) baik yang selectable maupun yang simultan. Keuntungan dual-band adalah bahwa anda bisa bermain game / video streaming dengan menggunakan frequency 5GHz yang kebal noise dibanding frequency band 2.4 GHz.

Kita tahu banyak sekali sumber sinyal pelemah / interferensi disekitar kita yang menggunakan frequency band 2.4GHz seperti cordless phone, microwave oven, dan banyak lagi yang bisa menyumbang sinyal interferensi. Untuk itulah, wireless gaming router haruslah mendukung dual-band sehingga bisa memakai frequency band 5 GHz yg relative kebal terhadap interferensi.

DGL-4500 D-Link

Salah satu router yang tebaik yang didesign untuk gaming adalah D-Link DGL-4500 Xtreme N GameLounge. DGL-4500 ini memiliki semua yang anda butuhkan untuk permainan game online dengan performa tinggi, kecepatan, dan layanan serta mendukung fasilitas keamanan. Raouter ini diusung dengan technology GameFuel yang memenangkan Award untuk gaming yang lebih halus, dan juga diusung dengan technology dual-band wireless –n. tidak Cuma itu, semua interface port WAN dan 4 port LAN adalah port Ethernet Gigabit untuk keperluan gaming yang lebih cepat.

DGL-4500 juga diusung dengan technology GameFuel Priority yang memungkinkan anda mensetting traffic game untuk mendapatkan prioritas tinggi. DGL-4500 juga dilengkapi dengan aktivitas display agar kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi pada jaringan dan router kita termasuk aktifitas Internet, LAN, WAN, dan berbagai macam setting melalui screen display. Clock nya juga bermanfa’at untuk mengetahui berapa lama anda telah bermain game. Ada juga versi yang wireless –G dual-band yaitu DGL-4300. Lihat juga the best router.

Kesimpulan

Wireless gaming router requirements

Untuk memilih wireless gaming router, anda harus bisa mengidentifikasi router anda melalui spec pabrik yang mendukung wireless –n dual-band technology, QoS prioritas engine, MIMO atau technology terpadu serupa, dan juga fitur DMZ. DGL-4500 GamerLounge mendukung semua keperluan anda terhadap wireless gaming router berperforma tinggi dan aman.

Kini telah muncul wireless router mesh wifi yang mudah dipasang dan konfigurasi yang mudah, salah satunya adalah Google mesh wifi system

Lihat juga artikel:




You may also like...

9 Responses

  1. gapur says:

    Artikel Jaringannya bagus baget Mas, aku Feed yah…

  2. Dhani Bin Zain says:

    Nanya mas, kira2 wireless router tersebut bisa meng-handle berapa client/user? terima kasih…

    • admin says:

      sebanyak satu subnet class C, sekitar 253 user. Tapi sharing bandwidth tentunya, semakin tinggi densitynya ..semakin kecil bandwidth masing-2 user kalau transaksi bersamaan …

      • restser says:

        saya ga paham mas 😅 , saya kan punya warkop pengunjung saya rata2 maen mobillegend dan banyak yang bilang LAG pdhl ud spedy 20mb mohon bantuanya gan kalo emng harus seting wifinya yang mana juga

  3. ron says:

    mass… mau nanya, kok internet sy ga kuat buka internet (tp connect) klo lewat router, tp pass make cable, internet nya ga da cacat sedikit pun… lancar2 aja…..

    wireless router nya sy kirain bermaasalah, tp bisa maen lan game ama saduara sy, kok bsa ?

    • admin says:

      maksudnya pake router apa? internetx apa, speedy ato …?
      kalo pake router …apa pake wireless koneksix? standard wirelessx apa 802.11b/g atau n?
      kalo anda pake wireless b itu maksimum 11 mbps saja, kl pake 802.11g itu sampe 54 mbps. kenyataannya jauh lebih rendah dr standard tergantung banyak faktor …
      sementara anda pake kabel ..tergantung standard NIC adapter anda juga …apakah Ethernet (10Mbps) atau fast Ethernet (100Mbps) atau bahkan gigabit speed…tentu saja wired connection lebih stabil dam cepat …

  4. ron says:

    bang admin, thx uda di tanggapin, sy baru search2 di internet baru dapat masalah nya, cuman belom bisa di resolve nihh T.T

    gini2,

    saya make wrt120n linkys router, kalau mau online ga bsa connect lewat router…. biar make cable ethernet router juga ga bsaa….
    tp dari cable ISP saya , kalau saya colok di laptop / computer bisa connect ga da gangguan…..
    kalau baca2 review di internet, kata nya bisa dengan cara mac-clone address, tp sudah saya lakukan juga, masih ajah ga bsa…..

    thx yahhh bang admin atas tanggapannya….

  5. ki says:

    kalo tak perhatiin, anda pake modem yg punya fitur router dengan dhcp enable (yg dari ISP). wrt120n anda harus di-disabled dhcp-nya …jangan ada dua aktif ..dari modem-router dan juga dari wrt120n. kalo di wrt120n ada upnp, disable juga …sehingga dhcp hanya dari modem-router saja. Coba dech check lagi configurasi wrt120n anda …

  6. ron says:

    ki,

    saya ga make modem, sy cuman dapat cable langsung dari alat yg di pasng di atas rumah….
    truss, ni awal2 nya siihhh masih bisa connect, sekitar sebulanan gtuu…. bru aja tiba2 ga bsa connect lagi dari router.
    sy sudah set router nya kembali ke factory set , tapi mash tetap aja ga bsa connect 🙁

  7. ki says:

    Oh kirain speedy …lewat modem dulu. Kalo gitu coba cari tahu apakah ip address dari hotspotnya pake ip static atau dhcp. biasanya kalo setting default dr router adalah dhcp untuk sambungan internetnya.
    kalo dr laptop ada setting khusu nggak, misal masalah ip? kalo di laptop asal tancap bisa jalan berarti dr hotspot pake dhcp, setting di router harusnya juga dhcp. coba cek di router konfigurasi internetx mestinya pake ip dinamis dhcp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.