Standard Wireless G Yang Sudah dianggap kuno

Pendahuluan

Standard 802.11g atau umum disebut sebagai Wireless G  adalah yang paling banyak dipakai dan merupakan standard wireless paling popular beberapa tahun yang lalu sebelum munculnya draft wireless N (802.11n), bahkan sampai saat ini masih banyak perangkat wifi berbasis wireless g yang sudah dianggap kuno ini masih tersisa. walaupun technology wireless masa depan draft 802.11ac sudah mulai banyak diadopsi oleh hampir semua pabrikan wireless.

Produksi wireless G

Sama seperti saat ini dimana draft wireless ac masih belum diratifikasi secara penuh sudah banyak perangkat wifi berbasis wireless ac ini dilepas dipasaran.




 
Saat standard 802.11g belum diratifikasi secara formal sebagai standard wireless paling cepat saat itu, dimana pasar saat itu didominasi oleh standard wireless 802.11b, technology yang menjanjikan saat itupun walau masih draft tidak bisa membendung para pabrikan untuk melepas kepasaran produk menggunakan technology yang menjanjikan saat itu – wireless G.

 

Hal sama terjadi pada wireless N

Hal sama wireless n terjadi lagi beberapa tahun lalu, dimana hampir semua pabrik telah melepas ke pasaran produk wireless mereka yang menggunakan draft 802.11n – wireless-N network. walaupun masih belum final, standard 802.11n ini sudah bisa kita rasakan kehebatannya untuk bisa memberikan kecepatan sampai 300Mbps (tentunya dengan kondisi ideal teoritis) sebut saja WRT610N dari Linksys yang bisa (secara teoritis ideal) mencapai 270Mbps dengan 802.11n: 12dBm (typical) @ 130Mbps (HT20), 270Mbps (HT40), atau dari D-Link DIR-855.

 

Ratifikasi wireless G

802.11 Wireless G standard diresmikan oleh IEEE.802.11g menggunakan encoding OFDM dari 802.11a pada frequency band 2.4 GHz, dan juga menggunakan encoding mundur kebelakang DSSS untuk menjaga compatibility dengan sinyal radio 802.11b. Ini berarti bahwa kecepatan ideal 54Mbps (20-25 Mbos data) bisa dicapai pada frequency band 2.4 GHz, dan mempunyai backward compatibility dengan piranti 802.11b.

 

Speed wireless G

Piranti berbasis 802.11 G begitu popular sekali selama bertahun-tahun sampai sekarang ini. Technology ini berhenti pada kecepatan standard 54 Mbps pada kondisi ideal, akan tetapi dengan pengembangan technology antenna MIMO yang diterapkan pada standard Wireless G ini, kecepatan bisa dipacu lebih tinggi lagi sampai mendekati 108 Mbps hampir menyamai standard jaringan kabel Fast Ethernet.

 

Produk wireless G

Sebut saja D-Link dengan produknya Gamer Lounge wireless 108G router yang dirancang khusus bagi para maniac game, memberikan kecepatan sampai ideal 108 Mbps dengan Teknology MIMO dan juga di kemas dengan technology GameFuel Priority yang secara cerdik mengelola dan memberikan prioritas traffic secara automatis agar bisa mengeksekusi applikasi dengan intensitas bandwidth yang tinggi termasuk aplikasi multimedia dan VoIP. Atau sebut saja produk dari NETGEAR WPN824 RangeMax wireless router yang juga bisa memberikan kecepatan ideal 108 Mbps.

 

Pros dan kontra

Pro

  • Standard 802.11 Wireless G memberikan kecepatan sampai 54 Mbps ideal. Perfroma sebenarnya tentunya bisa bervariasi tergantung kondisi seperti kapasitas jaringan wireless yang lebih rendah, rate kecepatan data troughput, jangkauan.
  • Performa wireless tergantung pada banyak faktor, kondisi dan variable, termasuk jarak ke access point atau base station, volume traffic jaringan, materi dan konstruksi bangunan yang dilewatinya, berbagai macam produk vendor, dan juga interferensi.
  • Wireless G mempunyai sifat backward compatibility dengan piranti kuno 802.11b standard, memberikan kemudahan dalam proses upgrade untuk user yang ada.
  • 802.11 wireless G menggunakan frequency band yang sama seperti standard 802.11b, sehingga antenna yang ada bisa dimanfa’atkan. Beberapa produk memanfa’atkan technology pengembangan seperti MIMO dan juga menggabungkan standard 802.11a agar bisa mendukung dual-band baik 2,4 GHz maupun 5 GHz. Sebut saja produk wireless access point seperti D-Link DWL7100AP atau Game adapter DGL3420 keduanya mendukung dual-band frequency.

Contra

  • Sedikit lebih mahal dibanding 802.11b, akan tetapi seperti kita ketahui harga elektronik selalu turun apalagi jika diproduksi masal dan sudah ada technology masa depan seperti standard wireless-n 802.11n. Apalagi sekarang dengan technology N600, N750, N900 bahkan technology terbaru wireless ac sampai speed 1300Mbps
  • Karena wireless G menggunakan frequency band 2,4 GHz, maka akan rentan terjadi interferensi dengan piranti wireless lainnya seperti cordless telpon, microwave oven, automatisasi pembuka garasi dll.

 

Recommendasi

Jika anda ingin membuat jaringan wireless dari nol, maka sangat disarankan memakai standard wireless paling cepat saat ini, yaitu wireless-n 802.11n atau bahkan wireless ac (draft). mengingat sifat compatiblenya, maka user yang menggunakan wireless G dan B masih bisa terus jalan, sementara untuk user yang menggunakan 802.11n akan bisa memanfa’atkan kecepatan standard yang bisa diberikan 802.11n.

802.11 G ini akan dianggap kuno dengan diperkenalkannya technology masa depan draft 802.11ac. akan tetapi anda jangan khawatir, investasi anda pada standard 802.11 G dan B masih terjamin dengan sifat backward compatibility dari 802.11n ataupun draft wireless ac.

Catatan saaat ini hampir dipenghujung 2016, TP-link merilis sebuah wireless router berbasis standard masa depan – wireless 802.11AD yaitu TP-link Talon AD7200. Lihat artikel disini TP-link Talon AD7200




You may also like...

2 Responses

  1. dhayat says:

    wireless Super-G Router 4 port ini bermasalah. setiap mau login, kadang minta user name, dan kadang juga halaman tidak apat terbaca. nah, untuk login tanpa direset itu gimana?? dan kalo muncul kotak dialog perintah untuk mengisi user name, itu diisi apa?? mhon jawabannya. trima kasih

  2. admin says:

    Dhayat connect ke wireless yang diberi akses WEP kayaknya, setting keamanan untuk authorized user. Kalau memang mau dibebaskan tanpa security yach dihilangkan saja securitynya…tapi semua orang bakal bebas masuk jaringan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.