Wireless Dual Band USB Adapters Kecepatan Tinggi

Hindari botllenect

Logikanya dalam suatu koneksi jaringan komputer, data throughput akan maksimal jika kedua ujung piranti yang saling berkomunikasi mempunyai teknologi kecepatan tinggi dan jalur media yang memadai. Begitu juga piranti wireless kecepatan tinggi akan sangat terasa dampak kecepatannya jika terhubung kepada router kecepatan tinggi juga. Jika salah satu dari ujung komunikasi mempunyai bandwidth yang berbeda, maka data throughput maksimal tentunya mengikuti piranti yang mempunyai bandwidth yang paling rendah, yach bottleneck istilahnya.

Wifi Share bandwidth

Bandwidth pada jaringan komputer wireless dipakai secara share dengan semua wireless client yang ada pada jaringan. Jika ada tiga wireless client dengan speed 150Mbps, maka jaringan wireless yang menggunakan wireless N450 atau N900 router akan terpakai secara penuh jika ketiganya melakukan transfer data yang sangat besar secara inten pada saat yang bersamaan juga . Ini secara teori, dalam kenyataannya maksimum speed wireless tidak sesuai yang ada pada spec pabrik. Lagi pula dalam kenyataannya, pada jaringan wireless dirumahan penggunaan bandwidth tidak selalu terjadi secara optimum dalam waktu continue selamanya. Terkecuali dalam lingkungan industry dimana diperlukan data transfer secara continue dari waktu ke waktu. Akan tetapi untuk koneksi permanen dengan kecepatan tinggi dengan tingkat performa dan kehandalan yang tinggi, koneksi kabel jaringan akan lebih dipilih.

Perlukah upgrade laptop

Perlukah laptop atau desktop kita di upgrade kepada Wi-Fi adapter dengan speed tinggi? Kalau linkungan jaringan wireless dimana mereka terhubung tidak tersedia jaringan dengan kecepatan tinggi misal menggunakan Wi-Fi dual band dengan speed 450Mbps, tentunya tidak perlu diupgrade. Jika jaringan komputer dirumah kita menggunakan wireless router atau wireless AP berdasarkan technology N750 atau N900, ada baiknya diupgrade agar mendapatkan throughput maksimal.

Wireless USB speed tinggi

Berikut adalah beberapa Wireless USB adapter N900 yang sudah mulai dirilis.

Netgear WNDA4100 N900

Beberapa wireless router baru di rilis oleh Netgear setidaknya sejak awal 2011, sebut saja WNDR4000 wireless N750 router dan WNDR4500 N900 router. Sementara versi terbaru yang akan segera dirilis adalah WNDR4700 N900 HD storage router. WNDA4100 adalah wireless USB N900 adapter. Adapter ini adalah dual band dengan speed ideal sampai 450Mbps (secara teori fisik, real worldnya tidak akan pernah sampai speed ini). Adapter ini sangat cocok dipasangkan dengan router-router N900 diatas.

new Netgear WNDA4100 USB dual band N900 adapter

Fitur utama:

  • 450Mbps tiap band baik 2.4 atau 5GHz band, cocok untuk streaming HD video dan gaming
  • Setup sangat mudah dengan Netgear Genie installation wizard
  • Mendukung koneksi secure WPS (Wi-Fi Protected Setup)
  • Termasuk cradle dan extensi cable USB untuk memudahkan penempatan

Akan tetapi bentuknya yang lumayan besar menurut ukuran wireless USB apalagi kalau ditambah cradlenya, maka adapter ini tidak cocok untuk travelling. Lagian untuk apa travelling bawa-bawa USB adapter speed tinggi kalau susah mendapatkan hotspot speed tinggi.

Asus USB-N53 N900 USB Adapter

Kita tahu juga bahwa produk wireless router nya RT-N56U Black diamond mendapatkan respon yang sangat bagus dipasaran global dengan koneksi wireless N600 dual band yang sangat stabil. Begitu juga produk besutan ternarunya RT-N66U N900 juga mulai dirilis. Sayang nya firmware pertama bawaannya sangat mengecewakan, gagal koneksi ke internet. Akan tetapi firmware updatenya telah dirilis yang memperbaiki issue ini dengan baik.

Mengikuti suksesnya dua seri wireless router dual band ini, Asus juga merilis wireless USB adapter dual band USB-N53 N900 yang sangat ideal dipasangkan pada wireless N900 router untuk mendapatkan thoughput maksimal. Utamanya sangat cocok untuk keperluan streaming HD video dan gaming.

Asus wireless USB n900 adapter

Fitur utama:

  • Wireless adapter USB dual band – speed 450Mbps tiap band
  • Termasuk perpanjangan kabel USB yang bisa dibengkokkan sangat flexible
  • Koneksi secure WPS dengan WPA/WPA2 baik PSK maupun enterprise

Tentunya sama seperti WNDA4100, adapter ini tidaklah praktis, lumayan besar dan sangat tidak nyaman buat bepergian. Disamping wireless USB adapter, akan lebih praktis menggunakan Intel Centrino Ultimate-N 6300 yang merupakan PCI-express wireless N450 adapter yang bisa ditanam langsung kedalam slot PCI mini dalam laptop. Yach hanya teknisi yang handal yang bisa buka-buka laptop saja yang bisa ngerjain.

By Ki grinsing




Artikel terkait:

You may also like...

1 Response

  1. Ridwan says:

    salam
    terima kasih ,banyak ilmu yang kami dapat setelah membaca dari blog ini.
    terus berkarya….
    semangat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.