Wireless Access Point Vs Wireless Router

Kenapa kita perlu tahu perbedaan antara wireless router dan wireless access point? Hal ini menyangkut masalah bisa tidaknya berbagi internet dirumah.

Router Vs AP

Wireless Access Point Vs Wireless Router, dimana letak perbedaannya? Banyak orang yang ternyata melakukan kesalahan dalam memilih antara keduanya untuk membangun jaringan wireless di rumah atau di kantoran kecil. Mereka ternyata salah dengan membeli Wireless access point untuk men-share sambungan internet broadband dirumah ketimbang harus membeli wireless router. Karena pada prinsipnya anda tidak bisa menghubungkan wireless access point ke sebuah modem murni. Kenapa?

NAT

Perbedaan utama antara Wireless Access Point Vs Wireless Router terletak pada fungsi firewall (NAT) disamping fitur security. Pada umumnya wireless access point tidak mempunyai fitur NAT atau fitur firewall, akan tetapi wireless roter mempunyai fitur NAT firewall dan security lainnya.




 

Apa itu NAT?

Dalam memahami Wireless Access Point Vs Wireless Router setidaknya kita sedikit memahami bagaimana cara NAT bekerja. Network Address Translation (NAT) adalah suatu fitur yang harus ada pada semua jenis routers. NAT merupakan suatu metoda utama untuk menterjemahkan IP address yang ada dibelakang router / firewall kepada suatu IP address terdaftar untuk bisa mengakses Internet.

Diagram

NAT berfungsi sebagai penghubung antara sebuah client computer yang berada pada jaringan yang tidak-tedaftar (jaringan private / internal) dan jaringan Internet. Gambar berikut menunjukkan diagram konseptual bagaimana komputer dengan IP address tidak terdaftar yang ada dibelakang firewall mengakses internet lewat sebuah firewall. Interface luar yang menghadap langsung dengan internet harus menggunakan IP public yang terdaftar di ISP anda.

ip nat

IP Public Vs private

IP address yang tidak terregister di Internal network kita umumnya menggunakan IP address private yang tidak bisa di route ke Internet. Sementara IP address yang terdaftar biasa digunakan agar bisa terjalin komunikasi dengan Internet. Jadi jika anda merancang jaringan internal anda (jaringan di belakang firewall) anda harus menggunakan IP address private ketimbang IP address public terdaftar.

Sementara untuk interface firewall yang menghadap ke internet langsung anda harus menggunakan IP address terdaftar.

Semua komputer yang berbagi koneksi internet yang sama di belakang firewall akan menggunakan satu IP address tunggal yang terdaftar untuk berkomunikasi dengan komputer lain di Internet. Begitu juga komputer lain yang ingin menghubungi komputer anda dibelakang firewall juga akan menggunakan satu IP address terdaftar yang ada di interface firewall anda yang menghadap internet. Lebih detail sialhkan baca di NAT dan SPI.

Daftar IP private

Table dibawah ini menunjukkan range IP address private yang bisa anda gunakan untuk jaringan internal anda (jaringan dibelakang firewall / router)

Class Type Start Address End Address
Class A 10.0.0.0 10.255.255.254
Class B 172.16.0.0 172.31.255.254
Class C 192.168.0.0 192.168.255.254

Hampir semua IP address bawaan dari pabrik dari wireless router menggunakan ip address private class C seperti yang ditunjukkan dalam table default IP address wireless router.

Router Address Username Password
TP-link http://192.168.1.1 admin admin
D-Link http://192.168.0.1 admin (leave blank)
Linksys http://192.168.1.1 admin admin
NETGEAR http://192.168.0.1 admin password
TRENDnet http://192.168.10.1 admin admin

Wireless router mempunyai fitur firewall (NAT) yang berfungsi untuk menterjemahkan banyak komputer dibelakang router kepada satu IP address tunggal yang terdaftar agar bisa melakukan komunikasi dengan internet. Sementara untuk wireless access point tidak mempunyai fitur fungsi NAT, sehingga mereka tidak bisa berbagi IP address terdaftar dari ISP dengan beberapa komputer dibelakang access points (dimana access point ini dihubungkan langsung dengan modem).

Sebelum anda memutuskan untuk membeli, periksa terlebih dahului dengan seksama apakah modem yang sekarang ini adalah modem murni yang tidak mempunyai fitur firewall atau sebuah modem dengan fungsi router / firewall. Jika anda mensetup wireless access point langsung kepada sebuah modem dengan harapan anda bisa berbagi koneksi Internet dengan beberapa komputer, maka anda akan hanya mendapati satu komputer saja yang bisa koneksi ke Internet.

Kesimpulan praktis

Untuk pelanggan Speedy Telkom, hampir semua modem yang diberikan oleh Telkom sudah termasuk fitur router. Jika modem ini belum ada wifi nya, maka untuk menambahkan jaringan wifi tambahkan sebuah wireless access point dan pastikan modem tersebut mempunyai port Ethernet. Contoh TP-link TL-WA901ND wireless N300 access point, atau D-link DAP-1360. Sementara yg sudah beralih ke IndiHome Telkom sudah tak repot lagi karena Telkom sudah membagikan modem yg sudah termasuk wifi N. Jika perlu menambah lebih luas jangkauannya tambahkan saja wireless range extender.

Klik disini untuk beberap model wireless AP indoor, outdoor dan bisnis

Untuk pelanggan Cable internet seperti Biznet atau FirstMedia, biasanya mereka memberikan Cable modem, dan jika anda ingin menambahkan wifi maka tambahkan sebuah wireless router. Banyak varian baru dari wireless router yang ada dipasaran dari yang berbasis wireless N seperti Asus RT-AC68U sampai terbaru generasi kelima wireless AC seperti Netgear R6300 atau Linksys EA6500.

By Ki G

Lihat juga artikel sebelumnya:




You may also like...

33 Responses

  1. arifab says:

    terima kasih infonya sanagat membantu.

  2. Hedon says:

    wah…mantap banget bro…makin ngerti ane masalah router

  3. iwan says:

    terima kasih gan.. informasinya sangat membantu

  4. aditya says:

    Terimakasih kasih sekali sangat membantu.

  5. dvd says:

    terimakasih infonya,,,,,,,,, tapi kalo lewat internet connection sharing di xp itu bisa ga??

  6. wawan says:

    terimakasih banyak mas… aku kebantu banget../

  7. bodong says:

    wow keren,,banyak sekali ilmunya nih,, boleh nambah setting Microtik yg menggunakan winbox

  8. inggrid says:

    makasih ya om ilmunya jadi nambah pinter nih….

  9. esra says:

    THANKS BANGET MAS , AKU MAKIN NGERTI.

  10. ben says:

    wireless router bisa dimanfaatkan sebagai access point, bridge dan repeater gak?

  11. ki says:

    ada beberapa jenis wireless router juga bisa dikonfigure jadi wireless AP misal dari Buffalo. Beberapa juga mensyaratkan konfigurasi teknis dg disable beberapa fitur seperti pnp. Beberapa portable mobile router juga bisa, misal saja dir-505 mobile companion

  12. iwangikaoemfals says:

    bang/emba,,,
    kloo access point gaa lagiii ngisi-ngisii pulsaa lgii yah???…

  13. taufik ridwan says:

    makasih ya bro, sangat bermanfaat. saya doakan biar masuk surga

  14. mas bro says:

    Terimakasih, bermanfaat banget buat saya..

  15. Nass says:

    Mas maaf kebetulan disini ada sedikit membahas tentang IP , saya mau tanya kalau IP Public tidak dapat di ping dari internet maupun dari internal (pc lokal) mohon pencerahannya. Terima kasih

    • ali h says:

      Ada emang ip dibuat tidak terima ping dari manapun atau hanya menerima ping dari suatu jaringan ip tertentu saja lewat konfigurasi router dimana host tersebut berada.

  16. Nass says:

    Jadi saya simpulkan bahwa jika ip tidak dapat di ping dari manapun itu disebabkan oleh (kesalahan) setting yang ada di router.Untuk settingnya ada dimana ya Mas ?
    Terima kasih, Jazakumullah

    • Ki says:

      bukan kesalahan, akan tetapi emang sengaja di blok oleh admin agar ip tersebut tidak bisa di ping dari fihak manapun alias ip tersebut disembunyikan dan biasanya ip dari suatu server business yang hanya boleh ip tertentu saja yg bisa ping. misal di konfigurasi cisco router ada command: access-list 120 deny icmp any any echo-request

  17. Nass says:

    Kasusnya adalah setelah penggantian satu perangkat modem di ganti oleh perangkat yang berfungsi modem + wifi ternyata ip public menjadi tidak bisa di ping, dan admin tidak melakukan pemblokiran apakah itu di blok oleh pihak provider ? atau kesalahan seting di perangkat router+wifi.Terima kasih

  18. Ambar says:

    Selamat pagi, saya ingin bertanya. dirmh saya berlangganan FirstMedia + wifi cisco e1000 dipasang dilantai atas, untuk dilantai bawah sinyal wifinya tidak memadai. saya harus memasang lagi access point atau range extender/Repeater? perbedaan apa ya?
    Terima Kasih.

    • Ki Gr says:

      Kasih aja range extender …linksys ada jajaran range ext., bagusnya tp-link lebih murah dan bagus misal wa750re …atau seri terbarunya wa850re…

  19. Arie says:

    mas, sebelumnya terima kasih sudah mw berbagi ilmu. Saya mw nanya,

    sy memasang speedy dengan modem bawaan merk ZTE yg sudah wireless router.

    kakak sy kebetulan rumahnya dibelakang rumah sy (nempel), tp signal wifi sangat lemah dirumah kakak sy.

    sy mw sy tanyakan,,apabila sy mw share koneksi speedy sy, ke rumah kk sy supaya dirumah kakak bisa membangun jaringam wireless sendiri.

    alat apa yg harus sy beli, Acces point atw Router.

    sebelumnya terima kasih.

    Salam
    Arie

    • Ki Gr says:

      di modem masih ada port Ethernet gak? kalau masih ada satu bisa saja tarik kabel kebelakang dan di pasang wireless access point.

      Jika narik kabel gak bisa / sulit atau tidak ada port ethernet di modem/router, dikasih wireless range extender saja …letakkan dibelakang rumah sekiranya masih bisa dapat sinyal …untuk diperkuat sampai ke rumah belakang…

  20. hammm says:

    Saya ingin buat hotspot di kamar kosan saya.
    Jarak ntar kosan dan sumber wifi id 4 km. Apa saja yg di butuhkan. Trimakasih. Tolong gunakan bahasa yg simple karna say bukan anak IT.

    • ki Grinsing says:

      Coba saja pakai long range wifi adapter usb …misal tplink TL-WA5210G sebagai client …dia bisa berkilo2 meter jaraknya ..kalau jauh dari wifi …kenapa gak pakai cellular saja …beli router 3g/4g dan beli modem cellular dan dipakai rame2 di cost2an …misal tplink mr3420

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.