Windows Connect Now

Windows Connect Now Technology adalah technology yang memudahkan anda menambahkan piranti jaringan wireless kedalam jaringan wireless yang ada sekarang atau membangun jaringan wireless pertama kali, dengan mudah dan aman dengan menggunakan flash disk.

Teknology Windows Connect Now merupakan bagian dari Windows XP Service Pack 2 (SP2). Dengan technology Windows Connect Now akan memudahkan anda menambahkan piranti wireless seperti printer atau router kedalam jaringan wireless yang ada, atau jika anda ingin membangunnya dari awal.

Wireless Network Setup Wizard yang baru didalam Windows XP SP2 memberikan dua metoda untuk membuat jaringan wireless yaitu dengan cara automatis dengan flash drive USB atau dengan cara manual. Yang paling gampang dan aman adalah dengan menggunakan USB Flash drive, akan tetapi anda harus mempunyai perangkat jaringan wireless yang compatible dengan Windows Connect Now untuk bisa memanfaatkannya, misal saja router D-Link DIR-855 wireless router.

Jika anda tidak mempunyai flash disk untuk dipakai dengan metoda Windows connect now, Wireless Network setup wizard masih bisa membantu anda men-setup wireless network dengan lebih aman dengan mengikuti langkah-2 yang diperlukan untuk setup manual.

Apa yang anda perlukan

Sudah banyak produk-produk jaringan baru dipasaran saat ini yang support dengan teknologi Windows Connect Now. Apa saja yang anda perlukan:

  • Sebuah komputer yang running Windows XP SP2
  • Sebuah USB Flash drive, jika anda memilih cara automatis
  • Perangkat seperti router, printer, atau lainnya yang mendukung technology Windows Connect Now. Perhatikan jika anda membeli perangkat ini, periksa pada kotak pembungkus atau manual nya kalau mendukung Windows Connect Now. Sudah banyak produk baru dipasaran terutama dalam bidang wireless yang mendukung technology ini. Pastikan mempunyai label Windows connect now pada produk tersebut.

Untuk men-setup wireless network lakukan langkah berikut ini:

  1. Klik Start dan kemudian klik Control Panel
  2. Jika anda menggunakan tampilan Category pada control panel, klik Network and Internet Connections, kemudian klik Wireless Network Setup Wizard. Jika anda menggunakan tampilan Classic control panel, klik Wireless Network Setup Wizard.
  3. Ikuti langkah yang ditampilkan dilayar.
Windows Connect Now - Memudahkan setup wireless dan aman

Windows Connect Now – Memudahkan setup wireless dan aman

Wizard akan menuntun anda melalui langkah berikut ini:

  • Memasukan USB flash drive kedalam komputer anda. Wizard ini akan menyimpan setting configurasi wireless network kedalam flash drive ini.
  • Memasukkan flash drive kedalam masing-masing komputer atau perangkat (yang compatible dengan Windows Connect Now) yang ingin anda koneksikan kedalam jaringan wireless ini.
Windows Connect Now - anda bisa memilih manual atau automatis

Windows Connect Now – anda bisa memilih manual atau automatis

Wireless Setup Wizard akan memberikan dua metoda untuk membuat suatu jaringan wireless. Tentunya dengan menggunakan flash drive akan lebih mudah dan aman.

Untuk menambahkan sebuah komputer atau piranti yang compatible kedalam jaringan wireless, lakukan langkah berikut ini:

  1. Klik Start dan kemudian klik Control Panel.
  2. Jika anda menggunakan tampilan Category pada control panel, klik Network and Internet Connections, kemudian klik Wireless Network Setup Wizard. Jika anda menggunakan tampilan Classic control panel, klik Wireless Network Setup Wizard
  3. Klik Next untuk lanjut
  4. Pilih Manually assign a network key untuk menambahkan perangkat kepada jaringan wireless yang ada saat ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun wireless network, ikuti artikelnya mengenai tip-tip memperbaiki performa wireless network.

Check juga Troubleshooting jaringan

Source: Microsoft

You may also like...

2 Responses

  1. lentera says:

    Om, gimana cara share printer dr win 7 agar konek di pc lain dg win xp/8/dst?
    kmrn sy pake workgroup, skrg troubel network tdk kedetek

  2. Ki Gr says:

    Untuk masalah printer jaringan pada Windows silahkan cek disini memahami printer jaringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *