WEC-600 ExpressCard Notebook Adapter

By Ki Grinsing

Linksys WEC-600 Dual-Band Wireless-N ExpressCard Untuk Koneksi Wireless Sangat Cepat dan Jangkauan yang Sangat Luas dari Notebook Anda

Linksys WEC-600 Dual-Band Wireless-N ExpressCard

Kenapa ExpressCard Wifi?

Jika disekitar anda ada suatu jaringan wireless network yang sangat handal – jaringan dual-band wireless N (atau yang versi terbaru generasi ke lima wireless ac), dan anda mempunyai notebook lama yang wifinya masih wireless G dan yang ada slot ExpressCardnya maka ada baiknya anda menggunakan wireless ExpressCard untuk mendapatkan manfaat optimal dari jaringan yang handal dan berkecepatan tinggi, itupun kalau Wi-Fi onboard anda hanya standard 802.11b/g saja.

Kalau notebook anda sudah dilengkapi dengan wireless N adapter built-in, rasanya tidak perlu. Atau jika anda ingin memulai membangun suatu jaringan wireless, maka perlu juga mempertimbangakan piranti yang anda punyai sekarang ini apakah bisa mendukung jaringan wireless yang akan anda bangun, jika notebook anda ada ExpressCard maka manfaatkan router dengan kemampuan wireless –N dual-band.

Dual band

Dengan dual-band anda bisa memanfaatkan kedua radio band 2,4 GHz dan 5 GHz. Dengan frequency band 2,4 GHz anda bisa memanfaatkan untuk browsing Internet, Email, bertelpon ria dengan Skype phone anda dan pada frequency band ini banyak sekali perangkat rumah tangga yang menggunakannya seperti telpon cordless, microwave oven, pembuka garasi automatis dan lain-2. Sementara untuk streaming high definition video dan game anda bisa memanfa’atkan frequency band 5 GHz dimana relative tidak banyak interferency gelombang pada frequency ini. Dengan memanfa’atkan notebook yang mempunyai slot expressCard, anda bisa mengambil banyak manfa’at dari technology ExpressCard dan juga manfa’at dual-band. ExpressCard bekerja pada kedua frequency band 2,4 GHz dan 5 GHz, dan bisa bekerja pada jaringan wireless-A, wireless-B, wireless-G, dan juga wireless-N.

Linksys WEX-600 ExpressCard

Linksys memperkenalkan WEC-600 ExpressCard dual-band wireless-N yang bisa mengangkat performa koneksi wireless notebook anda kepada jaringan wireless –N dual-band walaupun tidak terbatas pada hanya jaringan wireless – N dual-band saja, menjadi sangat cepat dengan jangkauan sangat luas.

Kenapa ExpressCard?

Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus (PCMCIA) adalah kenaikan bandwidth yang sangat significant, hal ini adalah kenyataan bahwa ExpressCard mempunyai koneksi langsung dengan system bus melalui kedua jalur PCI Express x1 dan juga USB 2.0, sementara CardBus menggunakan suatu interface controller yang hanya berinterface dengan PCI saja. ExpressCard mempunyai suatu throughput (aliran data) sampai 2,5 Gigabit per second melalui PCI Express dan 480 Mbps melalui USB 2.0 yang didedikasikan tiap slot ExpressCard. Sementara untuk CardBus harus share dengan slot yang ada hanya sampai 1.06 Gigabit per second bandwidth. Sebagai tambahan, standard ExpressCard menggunakan voltase lebih rendah dibanding slot CardBus (1.5 V dan 3.3V dibanding 3.3V dan 5.0V).

WEC-600 Dual-band Wireless –N ExpressCard adalah Wi-Fi Certified, ini berarti dia bisa beroperasi dengan semua jenis industry standard Wi-Fi termasuk wireless router dari standard baik 802.11a/b/g/n.

Flexible Power

Linksys WEC-600 Dual-Band Wireless-N ExpressCard bisa digunakan sangat fleksibel untuk bisa melakukan koneksi terhadap technology yang sangat maju saat ini yaitu wireless –N dual-band baik koneksi terhadap radio band 2,4 GHz maupun dengan radio band 5 GHz, sehingga anda bisa mengkakses kedua jenis wireless –N secara virtual di mana saja anda pergi. Bisa terhubung secara optimal terhadap Linksys dual-band seperti WRT610N ataupun WRT-320N, akan tetapi juga bisa terhubung dengan semua industrial standard wireless –G, wireless –B, dan wireless – A network.

Setup sangat mudah

Linksys WEC-600 Dual-Band Wireless-N ExpressCard begitu mudah sekali instalasinya dan cepat. Cukup masukkan kedalam slot ExpressCard dan ikuti petunjuk step-by-step setup wizard dari CD bawa’annya. Wizard ini compatible terhadap Microsoft windows Vista, XP, dan juga windows 2000.

Powerful Protection

Linksys WEC-600 Dual-Band Wireless-N Express Card adalah Wi-Fi certified yang menjamin bisa beroperasi dengan segala macam jenis industry standard wireless dan dukungan terhadap jenis keamanan enkripsi paling kuat yaitu Wi-fi Protected Access (WPA/WPA2) agar koneksi wireless anda terlindungi. Akan tetapi juga bisa menggunakan enkripsi jenis lama WEP yang lebih lemah tingkat keamananannya, jika terhubung dengan piranti router 802.11b/g yang tidak support WPA.

Jika notebook anda tidak support ExpressCard maka anda bisa menggunakan jenis adapter dari CardBus yang bisa dual-band seperti seperti WUSB600N Linksys Ultra RangePlus. Check juga perbandingan beberapa Wireless USB adapter disini.

 

Baca berikut:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.