Troubleshooting Masalah Jaringan

Prakata

Boleh dibilang sebagian besar anda dirumah tidak memiliki alat atau tools untuk melakukan troubleshooting masalah jaringan seperti LAN tester, Multi-meter atau sejenisnya. Kita tahu bahwa jaringan komputer kita tidak selamanya akan berjalan sesuai dengan harapan kita untuk berada pada performa terbaiknya. Suatu saat ada kalanya kita mengalami suatu masalah jaringan yang mengharuskan kita melakukan troubleshooting untuk mencari masalahnya dan mengembalikan jaringan seperti normalnya.

Alat troubleshooting

Jika dalam suatu jaringan kelas enterprise yang complex, seorang atau beberapa engineer jaringan menggunakan tools untuk melakukan troubleshooting masalah jaringan misal dengan network management tools untuk mendeteksi titik kerusakan, LAN-tester, multi-meter dll. Sementara untuk jaringan dirumahan anda tidak memerlukan atau tidak ada tools tersebut untuk memperbaiki masalah jaringan anda.




 

 

Diagram konsep jaringan

Gambar 1 berikut ini menunjukkan diagram jaringan LAN dirumahan yang biasa digunakan untuk membagi sambungan internet seperti Speedy atau jaringan Cable lainnya dimana perangkat jaringan yang umum digunakan adalah modem-router yang terhubung ke Internet lewat ISP anda, sebuah Switch LAN, kabel jaringan penghubung antara modem-router dengan Switch, dan beberapa komputer. PC-A terhubung ke Switch (port#1) dengan menggunakan kabel jaringan –A dan PC-B dengan kabel jaringan-B ke Switch port#7.

 

Diagram troubleshooting masalah jaringan

 

Dalam kenyataannya diagram seperti diatas tidak baku persis, akan tetapi kebanyakan perangkat yang ada dipasaran menggabungkan fungsi modem dan router menjadi satu perangkat. Pada jaringan Speedy biasanya banyak yang menggunakan wireless ADSL gateway sebut saja TP-link TD-W8960 atau sejenisnya yang mana juga memiliki port Ethernet untuk computer berjumlah 4 baik 100Mbps atau yang Gigabit. Selain itu juga memberikan layanan koneksi wifi lewat gelombang udara yang bisa menghubungkan laptop dengan wifi adapter, dan beberapa jenis smartphone atau tablet computer baik berbasis Android, Blackberry, iOS (Apple phone) maupun Windows phone.

 

Beberapa macam masalah jaringan

Ada beberapa situasi dimana anda mengalami gangguan koneksi internet yang mengharuskan anda melakukan troubleshooting jaringan.

 

A> PC-A tidak bisa mengakses internet tapi PC-B bisa

Dalam scenario ini, PC-A mengalami gangguan tidak bisa koneksi ke internet, sementara PC-B tidak bermasalah sama sekali. Ini bisa disimpulkan sebagai berikut:

  1. Layanan Internet dari ISP tidak ada gangguan
  2. Kemungkinan Switch atau port bermasalah
  3. Modem tidak bermasalah

Troubleshooting masalah jaringan yang bisa anda lakukan adalah mencurigai ada masalah pada adapter NIC komputer, port Switch bermasalah, atau kabel jaringan-A bermasalah.

a. NIC disabled

Pastikan bahwa NIC adapter PC-A anda tidak di disable secara tidak sengaja. Anda bisa melihat tanda icon local connection (gambar komputer kembar) dipojok kanan bawah layar monitor anda. Jika biasanya anda bisa melihatnya sekarang anda tidak melihatnya, anda patut mencurigai kalau NIC adapter anda dalam kondisi disabled. Dalam XP/7 Masuk ke control panel: Klik Start > Control Panel > double klik network connection > lihat apakah ada icon local connection adapter anda dalam kondisi disable yang biasa ditandai dengan warna samar abu-abu seperti dalam gambar 2 berikut.

 

lan connection icon dan status nic disable

Gambar 2 – Local connection icon dan NIC adapter disabled

 

Jika terlihat samar abu-abu, klik kanan icon tersebut dan pilih Enable. Jika sukses, maka anda bisa melihat lagi gambar komputer icon dipojok kanan bawah monitor anda.

Gunakan “ipconfig /all”

Anda juga bisa melakukan testing dengan menggunakan command ‘ipconfig /all’ pada command line. Masuk ke command line interface dengan menekan tombol ‘gambar windows’ dan tombol ‘R’ secara bersamaan dan pada Run Command ketik CMD dan tekan Enter. Atau anda bisa menggunakan klik Start > pilih Run > ketik ‘CMD’ dan tekan Enter. Pada command interface ketik:

Ipconfig /all <tekan Enter>

Maka akan muncul sederetan konfigurasi seperti pada pesan berikut ini:

Windows IP Configuration
Host Name . . . . . . . . . . . . : TOWER
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Internal LAN:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2
Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.25
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.134.1.10
Gunakan “ping localhost”

Atau anda juga bisa menggunakan testing menggunakan command ‘ping localhost’ atau ‘ping 127.0.0.1’ yang berfungsi untuk memastikan konfigurasi TCP/IP anda sempurna, lihat apakah anda mendapatkan respon bagus. Jika anda mendapatkan RTO (request time out) maka bisa dipastikan bahwa konfigurasi TCP/IP anda tidak benar atau NIC adapter anda dalam kondisi disabled.

b. Switch Port Bermasalah

PC-A tidak bisa mengakses ke internet bisa jadi karena port dimana PC-A tersebut terhubung bermasalah alias mati. Pada umumnya sebuah Switch dilengkapi dengan lampu LED yang mewakili masing-masing port. Jika port tersebut aktif / terhubung ke komputer yang lagi On, maka lampu akan menyala alias berkedip cepat.

Periksa kabel jaringan-A mengarah ke port nomor berapa (dalam hal ini port#1) dan lihat apakah lampu LED port #1 berkedip cepat atau mati. Jika anda dapati lampunya mati, coba terlebih dahulu melepas dan memasukkan lagi dengan kuat dikedua PC-A dan juga di Switch dan lihat apakah ada respon. Jika masih tetap mati, maka pindah kan kabel jaringan-A ke port yang masih kosong misal port#2 dan lihat apakah ada respon. Jika port#2 ternyata hidup dan PC-A bisa konek ke internet, maka anda bisa memastikan port#1 rusak. Tandai port#1 ini dengan tanda ‘tusak’ atau tutup dengan isolasi.

c. Cable Jaringan Bermasalah

Jika pada langkah b diatas anda tidak berhasil, maka langkah berikutnya adalah memastikan bahwa kabel anda bermasalah. Tukar kabel-A dengan kabel jaringan-B dari komputer B dan lihat apakah ada reaksi dengan LED yang nyala dan PC-A bisa koneksi ke internet. Jika ternyata bisa menyelesaikan masalah maka anda bisa memastikan bahwa kabel jaringan-A bermasalah. Tandai kabel tersebut dengan ‘rusak’ dan ganti dengan yang baru.

 

B> Semua PC tidak bisa Konek ke Internet

Jika anda mendapati bahwa semua PC tidak bisa koneksi ke internet, kemungkinan anda mempunyai masalah:

  1. Dengan Switch anda, atau
  2. Dengan modem-router anda, atau
  3. Kabel koneksi antara Switch dan modem, atau
  4. Masalah terletak pada ISP anda.

Jika anda mendapati semua Switch dalam keadaan mati, patikan power terpasang dengan baik, dan jika masih tidak mau On, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan Swicth anda. Ganti dengan yang baru atau bawa ke bengkel elektronik.

Jika lampu power dan semua port yang aktif (port#1 dan port#7 dalam scenario ini) ternyata On, maka coba pastikan koneksi kabel jaringan antara Swicth dengan modem-router terhubung dengan baik. Lepas dan masukkan lagi di kedua sisi ujung kabel di Switch dan di sisi modem dan lihat apakah ada perubahan. Jika ternyata koneksi internet bisa kembali normal, maka sambungan koneksi anda tidak sempurna.

Jika sambungan koneksi anda bisa memastikan bagus, maka coba ganti kabel tersebut dan lihat apa menyelesaikan masalah atau tidak. Jika berhasil, berarti kabel tersebut bermasalah, tandai dengan tanda ‘rusak’.

Jika ternyata masih bermasalah, maka anda bisa menelpon operator ISP anda kalau ada masalah dengan layanan internet.

Tahapan troubleshooting masalah jaringan ini umum digunakan untuk dirumahan walaupun konsepnya bisa diaplikasikan pada jaringan kelas bisnis dan enterprise besar.
By Ki G

Lihat juga artikel berikut:

 



You may also like...

172 Responses

  1. andrian says:

    bagaimana jika di computer telah terpasang deepfreeze sehingga tidak tersambung konesksi TCP/IP….????

  2. admin says:

    apakah pc ini sebelum di install deep freeze connect ke jaringan? apakah sebelum di install koneksi ke jaringan Ok?
    apakah sebelum di install deepfreeze konfigurasi IP tcp/ip nya automatic …check ipconfig /all sebelum dan sesudah di install …apakah ada perubahan ip address, dns, wins …?

  3. abdulrshman says:

    bolekah anda membantu saya ..?????

  4. surya says:

    bolehkah saya ikut membantu

  5. pairus says:

    sy parus, agak bingung nih salah 1 pc workstation (sebutlah pc10) dia bisa konek kemana2 (ke semua pc yang ada dalam jaringan) tp kebalikannya semua pc yg ada dalam jaringan itu tidak bisa buka koneksi pc10.

    sy sudah cek apakah firewall jaringan aktif, sudah sy uninstall, sy bikin network baru (ulang untuk pc10) stelah restart masih jg ga bisa dikonek teman2 lain. mungkinkah virus? atau sesuatu yng blm sy tau, sy jg da ganti lan cardnya hasilnya juga nihil …..waduh….pusingg…sampe sekarang masih cari tahu … bisa bantu mas??

  6. Ki says:

    1. pc ini pake XP atao apa?
    2. kalo dilihat di IPCONFIG /all apakah IP address berada pada jaringan yang sama dan subnet mask sama dengan PC2 lainnya pada jaringan yang sama?
    3. dari PC lain apa bisa ping ke pc tersebut?
    4. apakah pd property TCP/IP PC tsb “file and print sharing dicontreng apa nggak?
    5. coba dulu firewall yang diproperty windows TCP/IP di disable dulu …kalau ada firewall software – disable juga sementara
    6. kalau ini w2k3 coba ditambahin add route ke address jaringan yang sama ..

  7. pairus says:

    to Ki

    thanks we pake xp sp2, masalahnya pake wireless card tetep juga ga mau. ok we coba dulu saran mu ki… mudah-mudahan ok.

    terus hari ini we copot itu hd dan di-scan di pc lain terdapat virus seperti berikut bernama “Trojan W32/VBTroj CEPA” pada folder :
    E:\Document And Setting\NetworkService\Local Settings\Temporary
    Internet Files\Content.IE5\718V5MJA.\a11(1)tx

    drive E (awalnya C karena hd ini dijadikan objek untuk di scan di pc lain). Sampai saat scan masih berlangsung belum tahu nantinya usai scan apa bisa normal ato tidak soal jaringan di pc10 ini yg tidak bisa dikonek oleh pc lain meski pc10 ini bisa konek ke pc lain).

    thank’s ilmu sharenya Ki.

  8. supranto says:

    ki grinsing mo tanya.
    pc dikantor koneksinya sering ga konek, pas dicari ternyata karena dijaringan belum diseting keluar ( ada pemberitahuan network not yet started)
    jadi saya buat new conection bla bla bla sampai masuk ke workgroup dan stetlah selesai direstart bisa konek tapi ga nyampai 2 jam sudah tidak konek dengan masalah yang sama dan ini terjadi di beberapa komputer yang koneksi jaringan..
    mohon penjelasannya ki. matur nuwun.

  9. Ki says:

    pertama perlu digali dulu …
    1. apa ada layanan DHCP server pada jaringan tersebut?
    2. jika ada DHCP, apakah pool IP address tidak habis …?
    3. Saat gak connect coba dilihat dapat IP berapa dg command ipconfig /all …?
    4. Coba juga check apa anda memakai Switch atau Hub? Kalau hub satu atau lebih ada kemungkinan terjadi broadcast storm …
    5. kalau pakai Switch lebih dari satu …lihat apakah anda membuat sambungan redundancy …jika yes ..pastikan STP protocol enable semua pada kedua switch …

    coba periksa artikel saya di STP dan juga troubleshooting DHCP

  10. supranto says:

    wah lengkap dan banyak yang perlu digali nih, makasih ki, saya coba dulu mudah mudahan bisa…

  11. pairus says:

    Ki master network,

    sampai tgl hari ini, pc10 blm bs dikonek dari pc lain

    IP kita gunakan model 192.168.0.2 dst

    TCP/Properties Filtering isinya:
    enabled TCP/IP Filtering Call Adapter (status : enabled)

    Permit All (TCP Ports) status : permit all
    Permit All (UDP Ports) status : permit all
    Permit ALl (IP Protocols)status : permit all

    Oh…ya ..pada administative tools –> service –> workstation sudah kita automatic, juga manual…restart hasil belum ada tuh ……

    bagaimana caranya supaya tidak diformat, anehnya pada mynetwork place–>properties terbaca Local Connection Area 5 yang artinya seperti pembuatan ulang sudah mencapai yang ke-5
    yang tampak hanya 1 itu (local connection area 5) mestinya mgkn ada local connection area 1,2,3,4 dst…

    Ada yang salah, apa harus diformat padahal tidak ingin diformat….

  12. Ki says:

    kalau gak tahu persis susah aku ngeraba2 jadinya…
    coba untuk pc yg bisa saling connect dilihat IP addressnya ..ketik saja di c:>ipconfig /all …apakah IP address mempunyai network yang sama misal 192.168.0.X dan subnet mask harusnya 255.255.255.0 …
    terus lihat juga di PC10 berapa network addressnya ..harusnya juga sama …192.168.0.x (x harus unik di semua PC) dan lihat apakah subnet masknya juga 255.255.255.0 ..
    Saya masih perlu tahu apa anda menggunakan DHCP server …kalau pakai tentunya dengan setting TCP/IP automatic obtain IP address …harusnya tidak masalah …

    coba test ke diri sendiri …ketik di comment prompt c:> ping local host atau ping 127.0.0.1 apakah ada reply dengan 0% lost. Ping localhost untuk memastikan kalau konfigurasi TCP/IP sudah benar …dan perlu dipastikan semua PC pada jaringan yang sama dan subnet mask yang sama (misal 255.255.255.0)

  13. pairus says:

    Ki master Network
    Apa yg sy alami ini murni benar adanya dan diluar pengetahuan dan pengalaman sy sendiri.

    ipconfig /all reportnya sama dengan unik nomor serta subnet masknya 255.255.255.0.

    ping pc10 ke ping pc lain melalui dos prompt is ok all reply begitu sebaliknya dari pc lain ping ke pc10 is ok all reply.

    sy coba cari persamaan dari tiap pc tentang setting LAN-nya properties dll. Pc10 telah test ping 127.0.0.1 is ok all reply.

    Bagaimana cara mengetahui bhwa kita pake DHCP server, sy benar-benar alami masalah sesulit ini baru kali ini…. ya anggaplah baru kena masalah berat tp sy pantang nyerah tentunya berusaha cari tahu melalui berbagai informasi termasuk kepada Ki master network…

    ada apa nih ……

  14. Ki says:

    dari keterangan anda, konfigurasi TCP/IP PC10 is OK no problem semua bisa ping dari dua arah. Berarti masalah system nich …kalau ngelihat IP anda 192.168.0.XXX itu kayaknya anda pakai DHCP dari Speedy mungkin …?Sebab kalau gak ada DHCP pati IP nya 169.254.0.1 until 169.254.255.254 ..

    1. anda pakai workgroup windows tanpa server misal server windows 2000/2003?
    2. kalau workgroup, jika user PC lain gak bisa buka apakah ada sharing enabled di PC10? Jika ada sharing siapa saja yg boleh masuk?
    3. jika pakai infrastructure windows server 2000/2003 … apakah ada setting group policy untuk PC tersebut khusus …?di AD bisa dilihat group policy untuk PC10 apakah memang khusus. Biasanya khusus PC10 ada di container tersendiri kalau ada group policy applied to this PC.

  15. pairus says:

    Ki master network,

    pakai DHCP speedy dengan DNS 202.134.0.5 dan 202.134.2.5 tidak juga menggunakan server langsung via hub 24port.

    sebelumnya juga terbesit dipc10 sharenya sudah disabled tetapi stlah dicek masih ada sharing full, bahkan kita buat share baru di folder lain juga full, restart pun dan berusaha mengkonek pc10 via browse entire network belum membuahkan hasil dengan report :(rasanya sudah bosen membaca pesan ini).

    “…..is not accesible. You may have not permission to use this network resource. Contact the Administrator of this server to find out if you have access permission”.

    apa mungkin seperti yang saya kuatirkan ulah virus. lan card sudah sy pindah-pindah posisi, ganti lan card juga bahkan wireless card pun sudah sy coba semuanya nihil….

    masalahnya jk sy format, ada program accounting yg beresiko jk sy hapus…dan dikhawatirkan oleh usernya.

    Oke deh …barangkali ada pencerahan lain Ki master network?

  16. Ki says:

    seperti perkiraan saya sebelumnya ini memang masalah permission bukan karena masalah hardware setting atau masalah koneksi jaringan ..mungkin:
    1. Saya yakin anda sudah contreng di TCP/IP property “File and printer sharing for microsoft network” coba cek lagi …
    2. Program accounting itu bisa jadi mengubah system permission set dalam system ..anda bisa main-2 di Local policy setting. Anda tahu caranya…? Kalau belum coba step berikut:
    Pada run => ketik mmc => console root => pilih add/remove snap-in => klik add => pilih group policy object editor => klik ADD =>
    pada group policy object biar saja Local Computer => klik finish => pilih Close => di windows Add/remove snap in akan ada
    Local Computer Policy => Klik OK =>
    dari sini masuk ke Windows Settings => pilih security settings => local policies => User right assignment => lihat panel sebelah kanan
    disini coba mainkan: Access this computer from the network sama Deny access to this computer from the network (siapa saja yang di deny?)

    Kalau dari step ini tidak nemuin masalahnya …coba contact software Accountingnya …apa memang dg software ini harus di protect access dari network …

    Mungkin ini dulu bisa di coba …

    Ki

  17. pairus says:

    makasih Ki master network,

    program accounting tsb simply accounting rasanya tidak ada menu untuk protecting network sudah saya cek. masalah mmc polices windows setting sesuai petunjuk sudah saya coba dengan seksama, sayang sekali hasilnya masih saja nihil…alias belum berhasil….dan itu sudah sy coba berulang kali masih sama hasilnya.

    Acces this computer from the network isinya sbb:

    *s-1-5-21-1123561945-1390067357-839522115-1004 (baris 1) dst
    Administrator
    Backup Operator
    Everyone
    Power Users
    Users

    baris pertama itu kira saya mencurigkan sebab sy jg cek semua pc yang ada dalam 1 jaringan, semua isinya pada baris pertama tidak ada persis dipc10 ini. Saya remove, juga di deny acces to this computer ada juga sama, saya remove juga. setelah itu restart dan mencoba koneksikan dari 3 pc lain ke pc10 hasilnya sama saja.

    maaf sekali banyak merepotkan Ki master network ….. ah melepas penat dulu nih…dari pada pusing siapa tahu ada ide lain……

  18. pairus says:

    to Ki master network…

    akhirnya to do the best action with fully risk. Formatted that hardrive ………. is the only way maybe. Kini permasalahan sudah selesai alias kasus terpecahkan.

    Soal lain, Ki master sudah berbaik hati berusaha membantu walau belum berhasil….. inilah kali pertama saya menghadapi kepusingan masalah jaringan. Dan banyak ilmu yang saya dapati dari Ki Master Network……. semoga sukses selalu…. jangan pernah menyerah hadapi apapun ….!!!!

  19. Ki says:

    Orang yang sukses memang harus berani ambil resiko …dan terkadang harus berdarah-darah …he..he..
    sory not 2 help U de best I can … but you know what 2 do …Good luck buddy ..!

  20. badi says:

    to ki master network
    salam kenal ki,ada permasalahan mengenai data sharing, pada saat buka untuk share,file sharing tidak muncul,mohon arahannya.
    thanx

  21. Ki says:

    pastikan dulu di TCP/IP property = apakah “file and printer sharing for microsoft network” sudah di contreng …?Biasanya demi security reason kolom ini tidak dicontreng.
    Start=> control panel=>network connection=> pilih LAN connection => klik kanan =>pilih property=> tab general lihat apakah sudah di contreng file and printer sharing nya?

  22. dika says:

    to ki master network
    salam kenal, mw nanya niyh..

    klo saya ping ke google lewat command prompt, biasanya muncul reply klo udah sukses, tapi terkadang muncul “hardware error”. Nah yg mw saya tanya, “hardware error” itu apa? rusakkah NIC adapter saya?
    Oia saya menggunakan laptop dan XP SP3.

    Trims ki, mohon bantuannya.
    Regards,

  23. Ki says:

    hal ini kadang-2 saja ato all-the-time?
    coba pastikan terlebih dahulu configurasi TCP/IP dg command ping localhost apa ada respons?
    jika respon bagus, berarti konfigurasi bagus, terus patikan driver NIC sempurna. Bila perlu reinstall driver NIC dengan yg paling recent …biasanya kalau NIC rusak dia tidak respon sama sekali …

  24. dika says:

    kadang-2 tapi tiap selang beberapa jam, keluar notification bhwa “cable unplugged” tapi tiba-2 “connected” lg.
    Konfigurasi TCP/IP dg command prompt kadang-2 “reply”, kadang-2 “hardware error”.
    Driver NIC sudah saya re-install tapi tetap saja hal serupa masih sering terjadi. Kira-2 apa penyebabnya y? Bisakah disebabkan oleh spyware? karena kasus serupa pernah terjadi sebelum saya bekerja di perusahaan.
    Mohon bantuannya dan trims atas saran-sarannya.

    Regards,

  25. Ki says:

    kalo curiga malware ..asal Windows selalu diupdate dia bisa protect malware dg bagus, make sure aja Windows Update aktif dan terupdate …dan di scan dg antivirus update terbaru …

    kalau saya curiga masalah windowsnya, baru kemarin saya ngalamin PC temen kalo connect selalu bikin drop jaringan, ternyata windowsnya gak terupdate dengan bagus karena tidak lisence …saya ganti yg lisence jadinya bagus …lancar tanpa masalah …

    kalau masalah hardware bisa dicoba pakai USB card untuk ngetest memastikan saja …

  26. Pr says:

    Ditempat saya sering serices untuk server dan windows firewall/Internet conection sharing sering stop sendiri. sudah saya beri anti virus untuk menghentikan virus conficker yang katanya bisa menyerang svchost, namun tidak mempan. apakah ada solusi terbaik untuk mengatasinya ????

    Please help me

  27. sandy adi sastra says:

    weh..terimkasih yaw…berkat ini sya bissa lebih taw tenyang trobleshooting jaringan..suksma.

  28. fahmi says:

    permasalahanku, koneksi jaringan antara sent and receive pada status network muncul/ada, tapi koneksi ke situs ga ada . Udah saya ping ke google, tp rto, saya tes ke client yang lain juga rto. kira2 menurut mbah network opo ya? trims.

  29. Ki says:

    virus conficker ….hhmmm …coba disini kali saja bisa membantu …how to solve conficker

  30. Ki says:

    check ip configurasi anda kemana gateway anda di setting …di command prompt bisa dilihat c:>ipconfig /all …lihat konfigurais IP apa sudah benar …
    kalao yakin konfigurasi benar coba di trace dimana putus nya router dg c:> tracert google.com (misal ke google), dr sini bisa dilihat di hop mana paket putus …

  31. fahmi says:

    Trimakasih mas. saya akan coba……..mudah2an amal kebaikan mas diterima sama yang Maha Kuasa. Salam hangat.

  32. fahmi says:

    Bos, udah aku chek ipconfig masing2 client, semua nampilin ip dan gatewaynya, Tapi semua ga bisa conect. Cuma server aja ini yang connect. kira2 harus nelusur sebelah mana ya? Makasih. Semoga anda diberkahi.

  33. Hafiz says:

    gw mo nanya nui,, kalo LAN cuma bisa ngirim gag bisa nrima troubleshooting.na gmn ,???

  34. Ki says:

    Hi fahmi,
    Network address (bukan ip address) dan gateway di masing2 pc apakah sama yg ada di server …dlm arti satu segment?
    koneksi Internet anda pake apa..Speedy ato leased-line ato apa? apa anda pake Windows AD? apa pake proxy dg account policy? apa anda pake router dg policy tertentu …?
    kalo masalah gak bisa koneksi ke internet kebanyakan masalah resolusi name ..ada masalah penterjemahan DNS …(kalo koneksi sudah pasti ok)…ato memang ada konfigurasi policy tertentu dlm system jaringan …
    jadi harus detail …

  35. yudi says:

    Permaslahanku, seringkali status NIC di lab saya received ada tv sent 0 kenapa ya??

    • admin says:

      untuk memastikan konfigurasi tcp/ip pc local bagus coba di test ping ke diri sendiri di command prompt c:/>ping localhost atau ping 127.1.1.1
      ping berhasil dg 0% lost apa gak …kalau kejadiannya hanya kadang-2 saja …bisa jadi koneksi kabel jaringan gak sempurna …ato terjadi broadcast storm …coba cek apa masih pake hub ato switch …?

  36. manzah says:

    To Ki Master network…
    salam kenal..
    Permasalahan di tempat ku, ada beberapa komputer yang tidak bisa connect sama sekali, padahal baru beberapa menit sebelumnya masih bisa sambung satu sama lain (apa mungkin karena saya pake untuk program remote desktop “TeamViewer”) ? sedangkan cpu lainnya yang tidak saya install team viewer, tidak ada masalah…(saya pake Win XP SP2,gak pake DHCP,koneksi kabel jg normal, ip address jg sama semua )mohon bantuannya

  37. Ki says:

    perhatikan apa yg dilakukan TeamViwer sebelum dan sesudah di install terutama protocol tcp/ip nya …servicesnya …apakah dia mengubah services tertentu jadi gak actif?

  38. Togar says:

    kalau bisa dalam penjelasa nya….Disertai dengan gambar,agar pengunjung dapat lebih mudah dalam memahami…@@

  39. bejo says:

    boleh juga to idenya togar

  40. poe2nk says:

    buat ki master network atau admin ..

    ada pertanyaan neh, kabel lan yg biasa saya pakai di PC untuk koneksi inet saya pindah ke laptop saya dg settingan IP, subnet, gateway dan DNS saya samakan dg PC tentunya. tapi kok ga bisa browse inet ya? sedangkan untuk ping LAN pc laen bisa, tapi ketika ping ke DNS server keluar hardware error. lalu saya coba matikan firewall windows, lalu yg keluar RTO untuk ping ke DNS server dan sukses untuk ping pc laen (LAN). itu kira² kenapa ya laptop saya?

    makasih sebelomnya …

  41. Ki says:

    thanks bang Togar, dg gambar emang lebih comunicatife …masalahnya gw juga hrs irit bandwidth. dr sekian blog yg gw bikin, blog bhs Indonesia ini yg paling mahal …dan tidak profit – perlu subsidi silang. bulan lalu dg quota 10GB perbulan sempat terjadi overquota …seminggu gak bisa diakses …sempat tak pasangin iklan adsencamp dan kliksaya.com (biar ada masukan untuk biaya operasional) adi lemot banget …jadi sekarang tak biarin tanpa iklan …

  42. wildan says:

    salam kenal ki master network
    saya mau tanya nih, tentang LAN. Saya punya kasus yang lumayan membingungkan, di LAN kantor beberapa client tidak bisa konek ke server data, tapi bisa konek ke server system, di komputer yang lain, bisa konek ke server sistem, tapi tidak bisa konek ke server data, dan ada juga client yang bisa konek ke 2 server tersebut. Hal yang sudah saya lakukan dengan mengganti switch yang lama dengan yang baru, dan juga sudah saya cek kondisi kabel clientnya, tetapi tetap saja tidak ada perubahan.. mohon pencerahannya.!!
    hatur nuhun..

    • admin says:

      anda adminnya? anda yg design dr awal atau consultant?
      perlu diperjelas … jaringan anda pake apa windows server dg AD atau workgroup saja?
      kalo ngelihat kasus anda rasanya si admin yg design memang seperti itu menggunakan group policy jika anda menggunakan windows server dg AD.
      kalo workgroup, coba perhatikan konfigurasi IP jaringan …apa sudah properly setup and design, dns, gateway…?anda punya diagram networknya …?coba pelajari koneksi nya …diagram sangat penting untuk troubleshooting.

  43. wongindramayu says:

    bang togar sya lgi belajar Jarinagn..
    Di kntor baru saya d hubungkan dengan kantor lama saya, melalui jaringan WiFi..
    di kantor baru saya hanya bisa koneksi lokal saja sedngkan yg bisa berhubungan dgn kantor lama hanya satu komputer..
    minta pencerahannya dong?

  44. Ki says:

    @wongindramayu: kantr lama dan baru di hubungkan lewat wi-fi ..wi-fi ini pake apa …wireless bridge/ wireless AP?
    perhatikan yg bisa konnect itu dapat IP apa dan bandingkan dengan PC yg gak bisa connect, dapat IP apa …? kalau dpt IP APIPA (APIPA berada pada range IP address antara 169.254.0.1 sampai 169.254.255.254.) maka anda punya masalah dg DHCP server…perhatikan dhcp server apakah range ip pool mencukupi atau tidak …
    disamping itu perhatikan juga konfigurasi bridge / AP yg dipakai …apa sudah benar…

  45. abel says:

    ki saya mo nanya,sya menggunakan 10 klien tetapi klien 2 mengalami conflig ip,yaitu disconek pas sya ganti ip,,,,,bru bsa konek,truz,di workgroup ngeditek klien 2 tapi minta password,,,,apakah ada yg menggunakan ip klien 2 sya,,,,

  46. Ki says:

    @Abel: kalo gak makai dhcp yach emang rentan thd ip conflict kalo daftar ip tidak di register dg baik. dlm workgroup pastikan dlm satu group-name saja ..kl nanya password saat connect …berarti kan sharingnya di passwd …?

  47. MಠHèNDrಠ says:

    Assalammualaikum.
    Mas Ki Ato Mas Admin, saya mau bertanya!!
    Untuk Kuliah yang mendalami Jaringan Komputer itu Di FAKULTAS apa??
    Cz saya msh kls 2 mau berlanjut ke jenjang Kuliah

    • admin says:

      wah kalo mo kuliah yach mestinya banyak tentang jaringan … teknology informasi dan sejenisnya … TI sekarang nich lagi booming …

  48. dimas says:

    berapa harga minim buat ngerakit pc khusus buat game

    • admin says:

      walah kalo masalah harga kurang riset nich bro … kasarannya coba minimum dg Intel pentium IV, ram 1GB, dan video cardnya penting nich coba gforce 512 Mb/ 1Gb, DVD drive, dan hd 250GB. Mungkin sekitaran 3-4 jutaan lah

  49. MಠHèNDrಠ says:

    mas Admin.. tolong aQ kirimin buat cara² diagnosa ndek linux…
    Tugas wa bingung ni….. bls yah. makasih

  50. Robby Milo says:

    Bang….

    mau tanya, kalo internet suka drop tiba2, gak lama paling sekitar 30detik. interval setiap satu jam… pas drop kalo di mrtg itu bisa ngabisin bandwidth sampe 1MB.. trus normal lagi di kisaran 400KB..

    itu kenapa ya??

    • admin says:

      mrtg itu bisa nge trace sampai ke ip mana yg bikin rakus bandwidth …saya kira bisa dech …coba lacak PC mana yg bikin drop … jika curiga satu PC ..matikan pc tsb ..perhatiin ada efek nggak …bisa aja virus ato serangan dos ….

  51. edi says:

    please tlng y…
    kenapa komputer client d kantor g bisa d share k slah satu client y?
    tapi ke client yg lain bisa?
    tlng y please…

    • admin says:

      ini jaringan peer to peer ato windows server AD ?
      coba pastikan semua pc berada jaringan yang sama dan juga subnet yang sama …dan kalo workgroup juga samakan saja …

  52. nusa mandiri says:

    makasih mas infonya

  53. dyie says:

    mikum,,
    bang admin,,tolong kasih tahu saya pa ntu “troubleshooting” dong..
    jgn yg susuah susah yee penjelasan nya…
    kalo bisa sekarang..
    hehe…

  54. Prio says:

    Aku suka bgt…. tapi aku agak kesusahan… gimana gitoe.

  55. dedi ruhendi says:

    saya mau naya kanapa lan saya bermasalah kalau buat internet bisa tapi buat ngambil data di serper ga bisa knapa ya padahal ip ya dah benar

  56. Ki says:

    ambil data di server gak bisa …maksudnya access denied? kalo access denied yach memang account anda gak punya akses right.
    coba tanyakan kepada administrator anda apakah account anda emang dibatasi …

    Cheers,
    Ki

  57. Saya mengkoneksikan 2 komputer untuk internet sharing speedy, keduanya bisa sharing internet,files,printer & saling ping tapi nama keduanya tidak muncul di my network places, bisa kasi solusinya? terima kasih….

  58. admin says:

    Hi Abu, gimana anda bisa sharing kalau anda gak bisa ngelihat nama sharenya ….are u sure? he..he..blog yang bagus milik anda.

  59. Tonny says:

    kang mau nanya nih kalo jaringan intranet ga konek, local area connection status untuk sent nyala tapi received ga nyala kira” kendalanya apa,, haturnuhun

    • admin says:

      coba test ping localhost …ada lost packet nggak? kalo bagus ..check ip address …”ipconfig /all” perhatikan ip dapat dari dhcp apa nggak? ato ping ke gateway …ada respon nggak …? bisa saja karena masalah kabel … coba ganti …

  60. depe says:

    ass bang
    kondisi begini nih yg saya alami
    semua pc (ada sekitar 6) konek ke internet
    tapi antar pc ada yang tidak konek, ada juga yang konek .
    masalah dimana ya kira2 ?? depe

    • admin says:

      anatr pc connect kan karena ada sharing folder yg dibuka …coba periksa lagi, apakah protocl tcp/ip anda emang mengijinkan sharing file/printer? bika property tcp/ip pd windows anda, dan lihat apakah “file and printer sharing” sudah dibuka.

  61. Aris says:

    saya mau nanya kenapa semua komputer client warnet saya loadingnya hanya sampai di halaman awal billing explorer yang bisa di klik hanya admin dan panduan sementara yang lainnya tidak bisa

  62. sigit says:

    kalau koneksi sdh enable. sent jalan tp receive 0. ada tanda kunci. masalahnya dimana?

  63. Ki says:

    @sigit: ini terjadi pada jaringan apa? Coba check konfigurasi tcp/ip dg command “ping localhost” untuk memastikan konfigurasi anda sudah benar. Dan perhatikan ip address anda apa sudah berada dalam satu subnet dengan jaringan anda. Bisa saja beda subnet dia gak akan dapat packet dr jaringan anda.

  64. mia says:

    permisi mas admin..saya mau tanya…knp ya di komptr saya kadang2 gag konek,,n lw mau konek hrs di restart dulu…mksih

  65. ki says:

    banyak virus kali …coba scan dan bersiin … biasanya kalo windows da banyak bug ..perlu reinstall …

  66. Irwan says:

    nanya dong… kalau PC “A” bisa ngeping PC “B” tapi pc “B” tidak bisa ngeping PC “A”.. masalahnya apa ya… gue lagi pusing gara gara ini nih…

    lalu pernah terjadi kekacauan komputer name dengan ip nya…
    jadi waktu itu coba wireless… karena ip autodetect.. jadi bisa ganti ganti (komputer name nya “moni”) waktu pertama kali.. ip nya 192.168.1.250, waktu “ping moni”, berjalan normal.. besok nya ip nya berubah jadi 192.168.1.251 , lalu waktu ping moni, ip yang di tuju 192.168.1.250…. gimana caranya supaya merubah mapping network nya… thanks…

    • admin says:

      kalau anda pake windows, coba oprak di windows firewall disana ada advanced. lihat dibagian icmp = coba di contreng “allow incoming echo request” di pc yg gak bisa di ping.

      malsah ping yg selalu berubah emang terjadi kalau pc anda memakai dhcp yg merupakan layanan ip dinamis.
      kalau mau tetap bisa pakai ip address statis atau di reserved di dhcp reserved address dengan memasukkan mac address pc anda. coba dilihat di dhcp server anda kalau anda punya akses kesana …kalau nggak, hubungi administrator anda untuk minta ip address statis

  67. richie wismara says:

    engga ada solusi’a apa?

  68. Ki says:

    @richi: yg mana prend?

  69. jack says:

    ki, email komp saya gak bisa connect ke server remote, padahal di ping ke ip address server mail connect (pop3) hasilnya juga reply, kenapa yaa ki??? trus saya pindah ke komp lain pake setting email biasa bisa jalan normal, ada solusi ki???

  70. Ki Grinsing says:

    test di compi lain pada jaringan yg sama ato beda jarngan? ini pake outlook ato apa? pop3 email pake port berapa dan apakah port itu dibuka nggak di router?

  71. Triono says:

    mas aki/admin aq mau tanya :
    tempat kerja Q (teknisi sekulah)ada masalah sama jaringan neh. semua PC yg ada terhubung sama internet maupun WAN dinas Pendidikan. semua pakai IP static, tanpa server di sekulah.
    Pertanyaannya :
    Kenapa ya ada beberapa PC bisa akses ke internet maupun aplikasi dispendik(bisa ping ke local maupun router dispendik), ada yang gak bisa, padahal settingan IP Address, netmask,gatway sudah satu jaringan, untuk ping ke jaringan local bisa, tapi beberapa PC ping kerouter Aplikasi dispendik gak bisa. mungkin ada pencerahan?

    “kalo pakai Win7 bisa langsung konek semua, hanya ganti gatway aja”

    trims… 🙁Triono

  72. bhartezst says:

    Jika sambungan koneksi anda bisa memastikan bagus, maka coba ganti kabel tersebut dan lihat apa menyelesaikan masalah atau tidak. Jika berhasil, berarti kabel tersebut bermasalah, tandai dengan tanda ‘rusak’.
    bisa cari cara to triknya gak om… aku perlu banget… di sekolahku masalahnya kasusnya sama…
    Ok…
    Makasih…
    salam IT…

  73. gomez says:

    ki, mau nanya neh ane hari senin bsk ada test kerja bwt trouble shooting,,kira” yg ane pelajarin apa aja ya? klo bisa mnta dokumen lengkap trouble shootingnya ki. thx

  74. Ki Grinsing says:

    he..he..troubleshooting ..? yang penting ngerti IP addressing dan subnet; utility ipconfig; ping; tracert; kabel jaringan; ngerti dikit masalah dns ..terus apalagi yach …kalo WAN yach masalah routing harus faham …

  75. wahjoe says:

    bagus gan,
    kalo misal setting semua dah bner.,
    tapi blom conect troubleshootnya ap gan.,???

  76. fani suteja says:

    Permisi mohon ijin untuk bertanya, saya punya masalah dgn jaringan komputer di kantor, dimana komputer a dapat mengakses komputer b, tapi sebaliknya komputer b tidak bisa mengakses komputer a. Padahal fierwall windows dan anti virusnya sudah saya matikan. Demikian terima kasih.

  77. Ki Grinsing says:

    fani,

    gak bisa akses dalam arti sharing dokumen? Apakah dari b bisa “ping” ke komputer a? apakah ada dhcp server di jaringan? kalo gak ada, apakah konfigurasi tcp/ip masing-masing pc sudah benar misal dalam subnet yang sama?

  78. sella says:

    aq mw tanya mas,,, knpa ya jaringn komp client d tmp krjaq sering tiba2 terputus otomatis. pdhal smua kbel udah koneksi n pagturannya sering trputus sndiri.hanya 1 komp itu sja yg sering bermasalah?????

  79. ki says:

    coba ganti kabel jaringannya dg kabel kompi disebelahnya …kalo masih bermmasalah, coba update driver adapter NIC nya dan pastikan tcp/ip nya pake dhcp server (kalo jaringan ada dhcp).

  80. bagio says:

    Assalammualaikum.
    Mo nanya..di tempatku ada komputer yang bisa di ping (reply…) tapi kalo lewat.. run. (pake windows) saya ketikan ip nya ga bisa… nyambung
    too many connection katanya..

    giman solusinya …

  81. ki says:

    dari run pake command apa ..? kok langsung di ketik ip?

  82. aank says:

    tanya kenapaaa?
    ada satu komputer, jaringan lannya selalu bermasalah. sent packetnya selalu lebih dari 4.000.000.000, padahal cuma browsing saja, dan baru 15 menit.
    dicoba dipindah pake kabel yang lain juga tetep sama, dicoba diinstall ulang, masih tetep sama.
    tanya kenapaaa??

  83. ki says:

    Coba pindah port nya di switch, masih tetep sama nggak? Jangan-jangan NIC adapternya bukan duplex sehingga terjadi resent karena collision terus menerus. Coba ganti NIC nya …

  84. aank says:

    portnya udah dipindah juga masih tetep sama. dulu sih ga apa2, normal, baru akhir2 ini aja. NIC adapternya onboard, PC yg lain jg sama NIC adapternya, krn mainboardnya semua satu jenis..

  85. ki says:

    @aank: bisa jadi bermasalah sama NIC onboard, kalo ada external NIC adapter coba yg di onboard di disable di BIOS dan pasang NIC adapter PCI atau sejenisnya.

  86. indri says:

    maaf,,aku mau tanya mas, laptop saya ada masalah nih…
    setiap nyalain komputer slalu muncul peasan eror yg isisnya”one of the application component is damaged or missing.unableto execute.please re-install application”..
    solusinya gmna yach…
    terus untuk cari aplikasi yg erornya to gmna?
    please tolong yach..
    mksih

  87. ki says:

    Biasanya program / app yg di running awal itu ada di start – programs – startup. Coba cari di sana. Kalo mo lebih detail lihat di event viewer. Click kanan di my computer – pilih manage – disana ada Computer management – pilih system tools – pilih event viewer – disana ada windows log dan cari di bagian application …Good luck mate! Cheers ….Ki

  88. johan riyan says:

    hai admin.. saya mau tanya kenapa sharing printer dikantor saya statusnya sering unable to connect sama acces denied.. solusinya selalu di \\printernames atau direstart. bahkan drive yang dishare oleh server tidak connect padahal sudah disharing. ya solusinya selalu di restart sama di pancing dulu baru nongol.
    saya menggunakan windows server 2003 untuk servernya.
    gimana sih caranya supaya tidak seperti itu terus.
    terima kasih

    • annasnd says:

      itu pake printer yang pake colokan usb ya?
      di kantor saya dulu pernah terjadi karena user penuh untuk printer dg kabel usb max 10 user kalau tdk salah. cb ke pc yang di install printer->computer->klik kanan-manage-share folder-session-> hapus semua user yang ada di folder session-refresh pc yang unable to connect. semoga membantu

  89. Cin Lie says:

    @Johan Riyan; coba dicek kompienya bermasalah atau tidak gan, terus kabel LANnya masih bagus apa kagak :D, klo misal 2 diatasnya ndak bermasalah printer diadd ulang , n disharing lagi 😀

  90. ujo says:

    nanya mas, kompi a bs ping ke ip sendiri, kompi b pun sm bs ping ke ip sendiri, sy set ke-2 sama 1 kelas, hanya sj ga bs ping dr kompi a ke ip kompi b, bgitupun sbaliknya, winfirewall masing2 kompi sdh di offkan, kabelnya pun 0% loss, mhn pencerehannya mas..

    • Ki Gr says:

      koneksi satu kmpi A ke kompi B back to back mestinya pake kabel UTP cross …coba pelajari kabel jaringan

      • ujo says:

        kabel emang sdh cross, tp tetep ga bs diping mas..
        oya mas, sy nyoba lg sharing file antar 2 laptop dmn msg2 laptop-a & b pake win-7, sdh bs saling ping, sdh jg saling share to everyone, hanya sj saat msk utk melihat isi share folder msl dr laptop-a ke b tdk bs mas.. pdhal sdh diceklist jg share file and printernya dibagian dkt tcp/ip, mhn pencerahannya ni, thx ya

        • Ki Gr says:

          masing2 kompi setting ip nya gimana? tentunya udah dibedakan kan misal kompi A 192.168.1.1 dan kompi B 192.168.1.2 subnet mask 255.255.255.0 …
          Untuk share WIndows 7 kalo yang starter tidak bisa, minim Win 7 professional ato enterprise…

          • ujo says:

            iya mas, ke-2 kompi memang sdh diset ip 1 kelas a 192.168.100.1 b 192.168.100.2 beserta subnet masknya. apa mgkn kena virus ya mas?

            Terkait win-7, laptop-1 (win7 ultimate) laptop-2 (win7 home edition), sy juga sdh cek control panel – choose homegroup and sharing option – change advanced sharing – public, turn on semuanya terkait dgn share sy ceklis, trus sdh sy buat 1 workgroup, kira2 ada hal lain yg perlu sy cek mas?

  91. azka says:

    mau tnya ?
    kenapa ya di kantor sya pc yang satu ga bisa liat pc yang lain dari networt, padahal pc yang lain bisa,

    pernah bisa tapi pas di buka folder c lain langsung loading lama dan muncul not responding,

    Minta bantuannya ?

    Trima kasih

    • Ki Gr says:

      yg tidak bisa lihat computer running WIndows XP/W7 atu W8?

    • Ki Gr says:

      Biasanya “Network discovery” setting didisable.
      Buka advanced sharing = Start => control panel => Network and sharing center => Change advanced sharing setting => klik Turn on network discovery => save changes

  92. asep sopa says:

    saya mau bertanya ,, masalah sharing,
    komputer A ke komputer B bisa sharing (OS WIN 7)
    tapi sebaliknya komputer B ke komputer A TIDAK BISA sharing
    sudah di ping Komputer A ke B connect Begitupun sebaliknya connect..

    mohon bantuannya..

  93. siska says:

    mau tanya nih. gimana cara ngerubah settingan mode jaringan monitor ke mode jaringan nirkabel? karena saya habis restart tiba tiba gabisa dapet sinyal wifi dan icon signal malah berubah jadi icon monitor. trims

    • Ki Gr says:

      tidak ada mode monitor atau mode wifi. Gini, coba gb monitor itu di klik kanan terus pilih open network and sharing center. Terus pilih “change adapter setting” disana nanti ada satu atau beberapa network connection. Kalau ada koneksi kabel biasanya gab. monitor, atau gambar wifi jika ada wifi adapternya. Perhatikan mana yang aktif biasanya yang tidak aktif ada tanda silang merah.

  94. cak says:

    min, laptop saya udh terhubung ke wifi tapi pas mau searching gabisa. server not found terus. padahal sinyal udah nyantol. gimana tuh?

    • Ki Gr says:

      server not found itu ada masalah dengan DNS serevr yang gak ketemu. Coba diisi di DHCP server DNS server entah dari speedy Telkom atau mana saja …

      Atau coba saja pakai DNS server dari Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 …coba dech …

  95. Lucky Dewa S says:

    cara setup tl-wa5110g menjadi repeater tapi akses point mengunakan mikrotik bagaimana caranya tolong kasih tahu please?

  96. slamet subiyanto says:

    saya bekerja d kantor menggunakan jaringan lan, ketika tiba2 mati lampu, komputer sy tidak mati karena menggunakan UPS, Tapi setelah lampu hidup, komputer saya tdak konek ke komputer lain, saya harus me restart komp saya untuk bisa konek kembali, itu penyebabnya apa ya???
    bingung saya

    • Ki Gr says:

      di kantor pake jaringan apa, windows server atau hanya speedy atau cable? biasanya ketika hidup jaringan switch atau router belum siap. Tidak usah di restart kalau emang gitu, coba saja di dos command ketik “ipconfig /renew” untuk memperbaiki ip address dari server dhcp

      • slamet subiyanto says:

        server 2008, tp kbetulan kompter yg sy pke msih XP, speedy jg pke, kabel,

        kalau internet saya tetep bisa buka, tpi g bsa buka workgroup, terus sya pke SQL Server 2000 & database nya ad d kompter sy, jd kompter lain jga g bsa bka data..

  97. shinta says:

    dear mas ki,,
    gini mas aku pake windows 7,,isp king..
    kenapa ya mas loodingannya komputer saya lama bgt jika pake swith hub Dlink 24 port,,klo saya tukar swith hun yg 8 port loodingannya lancar jaya mas,,
    lalu klo saya ganti swith hub yg baru lagi bukan yg sesudahnya loodingannya lama lg mas ki,,tolong pencerahannya mas ki,,udah 1 bulan seperti ini trs mas ki,udah panggil teknisi jaringan n teknisi saya pun tak mampu mengatasinya..terima kasih

    • Ki Gr says:

      Emang kedua switch beda speed ato gimana, yg 8 port itu speed 10/100 terus yg 24 port itu 10/100/1000 Mbps atau gimana? D_link yg 24 port itu typenya apa?
      Switch yg bikin lambat biasanya bisa terjadi masalah di kabel jenis cat5 yg jika dikoneksikan ke switch gigabit bisa terjadi bottleneck. ganti saja kabelnya jenis Cat5e atau cat6

  98. deddy says:

    salam pak ki
    mas aku mau nanya, di kantor saya pakai modem adsl tp link TD-W8961ND, nah masalahnya kadang ada laptop yang tidak bisa konek ke wifi, muncul pesan unidentified network connections, sudah saya rubah ip nya pakai manual, tetap gak bisa, malahan saking kesalnya windows saya install ulang, driver wireless saya download yg versi terbaru, tapi tetap aja gak bisa konek, laptop merk lenovo core i7, ada juga dell core i3, tapi kadang bisa konek, padahal gak di utak-atik, besoknya gak konek lagi, restart modem saya sdh lakukan bahkan reset modem pun saya lakukan, tapi kalau si empunya laptop datang lebih dulu trus lebih dulu konek, nah itu baru bisa konek, agak siangan dikit tuh laptop gak mau konek lagi, tapi klo pakai modem gsm (Bold), via wireless si laptop lancar2 saja konek nya, sdh stress saya utak atik, tiap hari itu saja problemnya, tolong dikasih saran dan masukan, Terima kasih

    • Ki Gr says:

      deddy, SSID nya sudah diubah belum? Coba ganti nama SSID nya kali saja disekitar situ ada jaringan wifi dengan SSID yang sama, bisa conflict. Atau jika ada configurasi channel diubah juga …biasanya channelnya pakai 11, coba ubah channel lain…

  99. erik says:

    Salam pak
    Saya mau nanya
    Ada 10 komputer yang mau dihubungkan ke jaringan LAN
    Terus 9 komputer saya hubungkan ke LAN bisa tapi komputer yang terakhir bila di hubungkan ke jaringan lan maka seluruh komputer yang terkoneksi ke jaringan LAN mengalami putus koneksi
    itu kenapa ya pak
    Terima kasih

    • Ki Gr says:

      Coba ganti kabel UTP nya kali saja masalah bikin drop. Atau coba IP nya kali aja conflict dengan komputer lain atau konflict dengan IP nya router. Atau bisa saja masalah dengan NIC adapter dari kompi tsb.

  100. icomp says:

    nice tips n share, barangkali ada yang butuh jasa instalasi jaringan komputer & cctv area kota jogja. visit http://www.icompjogja.com untuk profil perusahaan kami. 🙂

  101. panji says:

    ki mau tanya, kok network adapter di laptop saya ga bisa kebuka ya ?
    solusinya ki .

  102. annasnd says:

    salam master,

    pak mau tanya, akhir2 ini jaringan di kantor mengalami masalah terutama yang OS win7. sering rto untuk ping ke luar (WAN) tapi untuk ping ke dalam (LAN) tidak mengalami masalah. kasus ini hanya terjadi di os win7.untuk os xp tidak mengalami masalah baik ping wan dan lan . Mohon pencerahannya ki.

    kabel sudah saya cek normal.

    • Ki Gr says:

      coba gunakan command di command line > ipconfig /flushdns agar bisa menghapus dns local yang mungkin salah … terus coba ping lagi…

  103. ki master says:

    salam knal ki, saya indra sy pnya mslh pd laptop wins7 ultimate.windows saya mnta di update setelah saya update dan instal lalu restat.kemudian icon wifi berubah jadi kabel lan.bagaimana cara mengembalikan icon wifi agar dpt di pergunakan kmbali untuk internet menggunakan wifi.sy mnta tlng solusinya trmkh bnyak atas sarannya

    • Ki Gr says:

      Indra, kejadian yang sama terjadi ama laptop gw nich habsi diupdate …tapi habis dimatiin hidupin lagi udah bisa kembali normal. Belum diotak-atik malah. Coba dech … atau klik kanan aja di gb wifi /compi di pojok kanan bawah dan pilih “open network and sharing center” dan pilih change network setting cek apa wifinya aktif ato enggak, kalo kagak coba disconnect and connect lagi

  104. randy says:

    min mau nanya, ini knpa modem aku ga bisa baca ping google.com ya ? jadinya ga bisa browsing, sedangkan ping 202.134.0.155 bisa, jadinya kalo di pake maen game online bisa, tapi kalo browsing ga bisa, apa modem aku yg bermasalah ya ? mohon pencerahanya makasih sebelumnya

    • Ki Gr says:

      emang gateway udah mengarah ke modem belum? itu ngeping ke 202.134.0.155 punya siapa, telkom atau apa? jangan2 game online mengubah port router.
      coba kalo ngeping ke 8.8.8.8 bisa nggak, kalau bisa ubah saja dns kearah 8.8.8.8 ini yg merupakan dns punya google.

  105. annasnd says:

    Dear Ki GR,

    Ki, mau nanya lagi. saat file saya tekan tombol print /ctrl+p itu keluarnya settingan print lama -+ 10m(sampe bisa buat ngopi2 juga ki). proses print normal.

  106. erwinsyah says:

    Selamat subuh pak,…..
    hehehe……….. Jam segini belum clear juga masalah saya, mohon bantuannya pak. Seluruh pc saya sebelumnya nggak masalah dgn internet maupun ping nya. – ini warnet pak-, Tetapi baru2 ini saya pakai program gacape, yg di remote oleh IT gacape sendiri. Permasalahan saya saat ini seluruh pc nggak masalah dgn browsing, game maupun konek ke server billing. tetapi “Ping” ke komputer lain nggak bisa request time out. Mohon pencerahannnya pak…. Sudah saya tanyakan ke bagian IT gacapenya sendiri, katanya program mereka nggak ada untuk menolak menolak ping. terima kasih pak atas bantuannnya..

    • Ki Gr says:

      yach mungkin saja emang mereka setting echo di off. Coba di command line c:/> ketik “Echo On”. Kalau semua lancar kan gak apa, hanya ping nya saja yang mati, biasanya emang dimatikan kalau gak bisa …

  107. Resa says:

    Permisi gan, mau tanya..

    Sekitar 7 bulan lalu saya instal jaringan di warnet. Pada awalnya semua brjalan lancar, sharing file & printer, koneksi lokal maupun koneksi internet semua tanpa masalah..

    Namun akhir-akhir ini salah satu PC mengalami ‘RTO’ 3-4 baris secara berkala (setiap 30-40 baris), sedangkan PC lain tdk mengalami trouble apapun. Anehnya, hal ini tidak terfokus pada satu PC, di hari berikutnya mslah tersebut terjadi pada PC lain.

    Misal :
    Hari Senin : PC 1 – 9 Normal; sedangkan PC 10 Putus-putus.
    Hari Selasa : PC 1 – 6, PC 8 & 9 Normal; sedangkan PC 7 Putus-putus.
    Hari Selasa : PC 1 – 4, PC 6 – 10 Normal; sedangkan PC 5 Putus-putus.
    Hari berikutnya, pindah lagi ke PC lain (random).

    Masalah tersebut sudah saya alami selama 1 pekan terakhir, dan setiap hari selalu bergantian.

    Demikian dari saya, mohon pencerahannya bwt para masta. Terima kasih.

  108. kang arif says:

    mohon bantuan nya..
    saya mengalami sedikit masalah,
    katakan yg saya pake PC1 ingin konek ke PC 2, dari pc 2 konek ke pc 1 g ada masalah apapun, sedangkan klo pc 1 mau konek ke pc 2 kadang g bisa, muncul dialog ” Not Enought server storage to acces…”
    mohon bantuan nya dari teman teman semua

    • Ki Gr says:

      error ini ” Not Enought server storage to acces…” kan mestinya masalsh disk yang di PC2 …bisa saja hard disknya sisa kecil lebih kecil dari Paging filenya …kalau RAM pada PC2 haus pada kepakai maka lari ke paging file, jika paging nya habis di disk spacenya biasanya muncul error ginian …coba periksa di disk PC2

  109. riski agustina says:

    Mohon bantuannya ya..
    Jaringan komputer di kantor saya tidak stabil saat komouter saya terhubung dengan LAN di kantor.
    Saat komputer saya tidak terhubung (kabel unplugged), koneksi LAN di kantor lancar. Saya coba sambungkan kabel LAN ke komputer saya, beberapa hari normal, tapi mendadak LAN down lagi,sehingga semua komputer tidak bisa mengakses internet/intranet.
    Hub yang terhubung ke komputer sudah 2x diganti.. Tapi tetap tidak normal..
    Kira2 apakah penyebabnya memang LAN card di komputer saya atau apa ya?
    Mohon bantuan penjelasan dan solusinya.. Thx

    • Ki Gr says:

      kalo switch udah diganti, focus pada NIC adapter compi anda. Coba dulu ganti kabel nya dulu kali aja kabel LAN masalah, pinjam ato tukar dg kabel UTP lain dan test. Jika masih masalah, coba update driver dari NIC adapter kompi anda, jika masih ada masalah coba ganti NIC adapter ato tukar dg kompi lain yg jalan bagus, jika ganti NIC bagus berarti masalah NIC anda. Jika masih masalah, coba bersihkan system kali aja ada trojan virus …ato install ulang. Cheers

  110. nedi says:

    siang kak,
    speedy dikantor kami masih mengalami trouble koneksi dari speedy ke router
    untuk koneksi via wifi, koneksi berjalan normal, dari kabel lan speedy ke pc langsung koneksi berjalan normal

    tapi setelah kabel lan speedy di sambung ke router, lan yang dari router ke semua pc mengalami no internet acces kak

    kira-kira ada yang bisa bantu gak kak

    • Ki Gr says:

      konfigurasinya sbb:

      kabel tlp ke modem = jika modem => jika butuh akses wifi maka tambahkan wireless Access point bukan wireless router karena modem speedy itu sudah ada routernya….jadi yach gak bisa kalau dikonek dari modem ke wireless router, harusnya pakai wireless AP.

  111. Lion says:

    Mohon Bantuannya ya,admin
    Shared file area mapping,sering hilang foldernya atau tidak ketemu…
    dari Client ke Server…
    gimana cara mengatasi nya ya???

    • Ki Gr says:

      kebiasaan folder hilang pada share folder akibat dari ketidak sengajaan user yang punya akses full. Hal ini biasa tergeret ke dalam atau keluar folder…coba search saja …dan batasi akses right full kepada user yang kurang ???

  112. dina says:

    masalah atau solusi pada jaringan lan ketika semua settingan host sudah dilakukan dari awal sampai akhir tetapi host tetap tampil pada server

  113. dina says:

    masalah atau solusi pada jaringan lan ketika semua settingan host sudah dilakukan dari awal sampai akhir tetapi host tetap tidak tampil pada server

    • Ki Gr says:

      kalo semua host tidak tampil??
      kalau ini jaringan peer-to-peer biasanya karena host tidak dalam satu workgroup. Sebelumnya juga perlu diketahui ini jaringan server WIndows 2008/2012 atau apa…? kalau WIndows server host akan tampil jika sudah di join -domain ke jaringan / domain server ….

  114. Lion says:

    Cara search Akses Full kepada user gimana ya Pak admin dari server 2008??
    Saya sangat pusing kondisi seperti ini… setiap pagi harus restore terus computer nya,habis direstore bisa baca foldernya…next bbrpa hari kemudian penyakitnya datang…
    apa ada solusi lain tidak ya???
    gimana supaya maapingnya tidak hilang dari client?
    Thank’s

    • Ki Gr says:

      Di server 2008 kan ada security setting dan user, serta group user. Untuk folder lihat saja klik kanan kan ada securitynya …

      Bikin saja group untuk full akses ke folder ttt, dan juga group untuk read only ke folder … dan di folder tersebut dibuat securitynya dengan group full dan group read only.

      Dan untuk mapping buat saja di logon scriptnya untuk map ke folder tersebut. …misal dengan command berikut “net use x: \\nama_server\nama_share” dan sebelumnya delete dulu dengan “net use x: /delete” agar waktu running command “net use x tidak keluar error drive exist…

  115. Lion says:

    Eror Kode 0x800704cf
    di Settiap komputer harus di restore baru bisa connect maaping area..

  116. Lion says:

    Mohon minta bantuannya ya,admin
    Terima kasih

  117. teddy says:

    Mohon bantuannya ki Master
    Problem hampir sama pairus December 30, 2009 at 12:24 pm
    akan tetapi ini kasus yang berbeda
    kasus saya begini :
    Saya punya 10 pc ni
    trus koneksi internet pada pagi hari itu it’s ok no problem untuk game online no lag ping gak RTO
    nah pas udah siang nya semua akses ke game online terasa berat bahkan tak mau koneksi ke game online tersebut
    ping itu nyampe 180ms saya tes di browser awal nya inet saya 2mbps sekarang menjadi 0,16 mbps
    setau saya masalah nya ada di salah satu pc cuma saya tak tau penyebab nya menjadi lemot koneksinya gara gara apa
    bahkan membuka facebook saja lola(loding lambat) padahal saya atur untuk operator pada router full speed
    provider Speedy
    Mohon bantuannya Ki Master
    sudah hampir 3 minggu Jaringan saya begitu melulu
    sudah saya cari solusi Install ulang ganti rj-45 pada cabel nya takut ada yang bermasalah
    alhasil Nihil
    Ditunggu ki master jawabannya

    • Ki Gr says:

      kalo curiga di salah satu PC coba dulu di disconnect …test seharian apa masalah selesai, jika memang satu pc coba gantian di test mulai dari kabel jaringan UTP diganti; terus ubah di port di switchnya; terus update driver NIC adapter d pc tersebut; bila perlu curigain virus atau malware lainnya ..scan dg antivirus yang bagus ….

      • teddy says:

        untuk sekarang make antivirus avast sebelumnya eset
        udah di scan gak ada virus yang terdeteck malah crack software di lewat aja
        update nic ? gimana mas ? (blm pernah update kayak gitu) biasa pake driverpack
        kabel utp udah diganti
        port switch pada hub udah di pindah posisi
        pc nya kalo di tes satu satu gak ada masalah nya kalo hidup nya barengan baru jaringan inet nya lelet

        • Ki Gr says:

          nah kalau internet emang Share bandwidth, semakin banyak client yg berbagi internet yach tentunya semakin lelet. Pada peak disaat banyak sekali yg menggunakan internet tetunya semakin lelet …

  118. Ariya Karma Vipaka says:

    Dear admin,
    sy ada masalah ini min, di kantor sy semua konek dalam 1 jaringan, tapi ada 1 komputer yang ga terdeteksi dalam network yang ada d explorer, dy jg ga bs make print yg udah sy shared. padahal di ping bs, buat internet jg bs, firewall ga ada masalah. dy pake win XP sy pke win8.. tapi komputer laen jg ada yg pke xp ttp bs masuk..itu knp y min?
    mohon pencerahannya..terima kasih

  119. Ariya Karma Vipaka says:

    kok ga ada tanggepan min?

    • Ki Gr says:

      Ma’af sob agak repot, Ok kendala:

      Kompi ada di network
      kompi dalam satu workgroup
      firewall no problem
      ping bisa

      Coba apa NetBIOS sudah di enable pada TCP/IP belum?

      • Ariya Karma Vipaka says:

        dimananya itu ki settingan Net BIOS nya?

      • Ariya Karma Vipaka says:

        yang enable netBIOS over TPC itu bukan ki? tapi komp yg win8 yg sy pke ga di enable komp win xp yg laen ttp bs connect ki?

        • Ki Gr says:

          iyach coba dulu …kalo masih juga kagak bisa pakai regedit …editor registry …ini step yg bahaya jika salah bisa kacau windows ente…

          Start => Run => regedit klik OK

          cari HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\NetBt\Parameters

          disisi kolom kanan editor hapus nilai berikut ini:

          NodeType
          DhcpNodeType

          setelah itu quit dan restart …

  120. chandra says:

    pak , mau tanya cara seting domain ke server lengkap , tanks bantuannya

  121. prass says:

    gan mau tanya dong, di kantor saya, ada satu ruangan menggunakan satu printer sharing. nah printer di ruangan ini setiap pagi selalu tidak bisa print, device printer dan pc sudah di restart tetep tidak bisa, jalan satu2nya konekin ulang printer sharing. saya bingung ini masalah ada dimana? ada solusi lain? supaya setiap pagi tidak harus konekin ulang sharing printer. mohon bantuannya mastah

  122. atma aji says:

    misi ki mau tanya kalau ada problem gak bisa ping dari 2 komputer, misal komputer A dan komputer B, sama sperti sbaliknya. setelah saya cek dari modem ping ke kedua komputer bisa .,., satu pakai win server 2003, satunya pakai win 7 ultimate
    mohon pencerahan ki
    thx

    • KG says:

      apa kedua pc ada dalam satu jaringan yg sama? misal A ada di 192.168.1.xx dan pc B ada di 192.168.2.xx sementara subnet mask 255.255.255.0?
      biasanya kalo gak masalah address jaringan yg tidak sama bisa juga masalah firewall pc, coba diorak disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *