Troubleshooting Koneksi Jaringan Di Rumah

Pendahuluan

Membangun jaringan wireless komputer sederhana dirumah atau dikantor kecil adalah cukup mudah dilakukan dengan tersedianya berbagai macam perangkat jaringan terutama wireless router yang sudah terintegrasi dengan modem seperti Asus DSL-N10 atau DGND3300 NETGEAR, bahkan seri terbaru besutan Netgear dengan teknology wifi generasi ke lima (5G) sudah bisa anda dapatkan – D6200 DSL modem wireless ac gateway. Akan tetapi terkadang tidak sesederhana seperti dalam teorinya, masalah jaringan kerap kali terjadi yang memaksa kita sendiri harus melakukan troubleshooting jaringan tersebut.

pekerjaan ini kebanyakan adalah melakukan serangkaian langkah-langkah untuk mengeliminir potensi-potensi masalah satu per satu sebelum akhirnya kita menemukan sumber masalah tersebut. Pada dasarnya ada tiga langkah pokok dalam melakukan troubleshooting jaringan wireless di rumah atau dikantor yaitu: mengisolasi masalah; troubleshooting masalah; dan bila perlu menghubungi technical support yang tepat.




 

Mengisolasi Masalah

Sebelum melakukan troubleshooting jaringan, kita perlu melokalisasi atau mengisolasi apa yang menjadi akar dari masalah tersebut. Artikel ini dikhususkan pada jaringan wireless dirumahan atau dikantor kecil, walaupun teorinya bisa diterapkan pada metoda troubleshooting masalah jaringan di corporate network juga. Umumnya pada jaringan wireless dirumah atau dikantor kecil, terdapat tiga layer seperti terlihat pada gambar diagram dibawah ini, yaitu Internet, modem / router, dan komputer pada jaringan. Kita harus bisa mengisolasi di layer yang mana masalah tersebut berada sebelum kita melakukan troubleshooting jaringan dengan efektif.

Layer Jaringan untuk isolasi masalah jaringan di rumah

Layer Jaringan untuk isolasi masalah jaringan di rumah

Walaupun mungkin saja kita bisa memperbaiki hampir semua masalah jaringan, mengetahui di layer mana akar masalah nya adalah sangat membantu kita jika seandainya situasinya memaksa kita harus menghubungi technical support misal ke vendor atau ke ISP jika sudah mentok tidak bisa memperbaikinya setelah kita melakukan troubleshooting jaringan tersebut.

Menentukan layer masalah

Bagaimana cara mengetahui di layer mana akar masalah nya, kita bisa mengikuti langkah berikut dengan asumsi komputer kita menggunakan Windows XP / Vista.

  1. Click Start => Control Panel => Click Network and Internet Connections
  2. Dibawah Network and Internet Connection => Click Network Connection
  3. Sekarang kita bisa melihat status dari koneksi NIC network adapter pada komputer kita dibawah Network Connections window dengan kemungkinan status sebagai berikut:

Pada Windows 7 anda bisa langsung ketikkan pada “search programs and files” pada Start program di pojok kiri bawah dan ketikkan “network connection” dan akan ditampilkan beberapa pilihan pilih “View network connection”.

A > Status adalah Connected akan tetapi tidak bisa akses internet

Connected Status

Connected Status

Status ini menunjukkan bahwa komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna, yaitu terhubung kepada router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas. Jika jaringan wireless, maka komputer terhubung kepada wireless router dengan baik. Hal ini menunjukkan ada masalah pada layer atas yaitu Internet.

Untuk bisa melakukan troubleshooting jaringan dengan status ini, kita bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Pastikan terlebih dahulu dengan membuka browser internet kita dan check ke website tertentu misal saja ke www.google.com atau kemanapun. Jika anda bisa mengkases website tertentu akan tetapi website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah pada sisi jaringan anda. Masalah terletak pada fihak ISP yang mungkin salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa membuka internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
  2. Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.
  3. Lepaskan sambungan wireless router dari modem (sambungan antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router), tunggu beberapa saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai perangkat terpisah antara wireless router dan modem.
  4. Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan akses website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya lambat sekali sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari dua komputer dalam jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang lain sedang mengkonsumsi bandwidth sangat intensive mungkin sedang streaming HD media dari internet atau banyak melakukan sharing files dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain tersebut beberapa aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara untuk memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan langkah berikut ini.
  5. Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah, cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet. Jika anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan wireless router anda.
  6. Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada masalah dengan IS P anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada masalah dengan layanan Internet.

 

B > NIC atau wireless adapter status disabled

Disabled status

Disabled status

Jika gambar status diatas ini buram abu2 maka dipastikan bahwa adapter dalam keadaan Disabled. Ada seseorang yang secara tidak sengaja men-disabled nya atau mungkin anda sendiri yang iseng coba-coba klik sana sini dan klik Disable. Klik kanan icon tersebut dan pilih Enable.

 

C > limited or no connectivity Status

Limited or no connectivity status

Limited or no connectivity status

Kondisi limited or no connectivity pada dasarnya tidak ada masalah dengan komputer anda, koneksi ke router atau modem juga tidak ada masalah, akan tetapi konfigurasi wireless router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan konfigurasi DHCP pada router tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem dan internet (jika fihak ISP memberikan layanan DHCP kepada clients).

Troubleshooting jaringan dengan status limited or no connectivity ini disebabkan beberapa masalah berbeda termasuk koneksi internet yang gagal, wireless router atau adapter yang tidak dikonfigure dengan benar. Ikutin petunjuk berikut ini untuk troubleshooting jaringan dengan status ini.

  1. Klik kanan adapter tersebut dan pilih Repair. Perhatikan apakah sudah normal connected atau masih limited. Langkah ini memastikan untuk mendapatkan IP address dari DHCP server.
  2. Buka property TCP / IP dari adapter anda dan pastikan bahwa TCP/IP konfigurasinya adalah obtain IP address automatically.
  3. Putuskan koneksi ke modem, tunggu sebentar dan koneksikan lagi.
  4. Jika ada wireless router terpisah dengan modem, putuskan koneksinya – tunggu beberapa saat dan hubungkan lagi.
  5. Restart komputer anda
  6. Sampai langkah ini masih juga status limited, maka lihat konfigurasi router atau apakah konfigurasi DHCP nya sudah enabled.
  7. Restart komputer anda. Jika status masih Limited or no connectivity , dan jika wireless komputer dan modem terpisah, cobalah putuskan modem dan router terus koneksikan komputer anda langsung ke modem. Restart komputer dan periksa apakah status sudah berubah.
  8. Jika masih juga status limited, hubungi ISP anda. Status ini menunjukkan adanya DHCP gagal fungsi tidak bisa memberikan IP address ke clients. Biasanya fihak ISP memberikan konfigurasi DHCP kepada clients.

 

D > Cable terputus atau lepas

Status kabel jaringan terputus

Status kabel jaringan terputus

>

Kondisi ini menunjukkan koneksi kabel terlepas, tidak ada koneksi ke router / modem.

  1. Periksa apakah ada kebel terlepas
  2. Jika kabel sudah terhubung sempurna ke router / Switch, cobalah swap ke port lain pada router / Switch. Anda juga bisa memeriksa status lampu pada router atau switch saat kabel terhubung ke komputer nomor berapa port tersebut terhubung, biasanya lampu akan berkedip jika ada hubungan ke wireless router / switch pada port yang bersangkutan.
  3. Jika masih juga status terputus, cobalah ganti kabel jaringannya dengan yang baru atau coba pinjam dengan kabel yang terbukti jalan dari komputer sebelah.
  4. Jika masih status terputus, sementara komputer lain jalan – maka anda bisa mencurigai adapter anda rusak. Gantilah dengan yangbaru.

 

E > Wireless adapter tidak dapat terhubung kepada wireless network

Status ini menunjukkan koneksi wireless adapter anda terputus dengan jaringan wireless anda. Ada dua kemungkinan, adapter wireless anda tidak bisa terhubung ke wireless network anda, atau koneksi wireless intermittend.




Baca juga artikel berikut:

You may also like...

77 Responses

  1. saleh says:

    guru…!, apa penyebabnya dan gimana solusinya jika server replay k client tapi client tidak mau replay (request time out) k server, help me guru…ohya tadinya sudah trbentuk domain dan saling terhubung tah kenapa jaringan ini troble…

  2. admin says:

    nah lho kenapa hayo?
    anda pakai domain AD Win2000/2003? Yg dimaksud bisa replay saat logon atau hanya di ping IP?
    1. pastikan jaringan sudah benar – kalau pakai hub baiknya diganti switch saja …jika pakai switch pastikan STP enabled untuk menghindari broadcast storm …
    2. pastikan terlebih dahulu address jaringan sudah benar, IP address dan subnet mask, pastikan DHCP berjalan sempurna dan semua clients mendapatkan konfig. IP, default gateway, subnet mask dan DNS jaringan
    3. ini dulu ..he..he..cari cluenya dulu akar masalahnya dimana …

  3. azmi says:

    Master, saya menginstalkan windows 2003 enterprise untuk LAN di labor smk saya. Tapi driver2 XP bawaannya gak sempurna terinstall (ACER VERITON M460). HDD Portable saya tidak bisa tampil jd drive. Trus apa beda caranya setting Windows server ini dgn yang lain?. Tujuan saya sebenarnya adalah untuk memantau pembelajaran dan webserver (localhost). mohon solusinya…

  4. Ki says:

    azmi, kok bingubf sy, install W2003 tapi kok driver XP gak terinstall sempurna …maksudnya apa yach…?

  5. youdhie says:

    boleh nanya ga???
    cara membuat desain sistem keamanan jaringan pada server, gmn cara’y/ alamat blog,,

  6. Fajar says:

    Master, I critanya mo pake modem dari sumittomo corp namanya megabeat pertama coba ko ga smudah tp link ya ?

    • admin says:

      ini modem (sumiitomo kayak apa …?) connect ke mana …? ke speedy ato dial-up biasa?
      Ip automatis tetep gak connect bisa jadi dhcp modem tsb (kali ada) belum enable …ato blm dikonfigure dg baik …
      coba cek lagi …!

  7. Fajar says:

    Trus kalo IP kita obtain kenapa ga konek y? Kalo d ksh IP asal nyambung putus2, konfigurasinya baru coba aj 2 PC ke hub. dan anehnya hubnya nyala trus dicolok ataupun ga ( Newbie ) nee

  8. Riko says:

    Saya pernah kejadian pada Point C > limited or no connectivity Status
    Udah utak atik sana sini tetep aja ga bisa.. terus saya minta bantuan sam yang ahli CISCO… sampe sore diutak atik sama dia..juga tetep sama hasilnya…!!Udah mentok akhirnya say telpon ke Pihak Tekhnisi ISP… Tetep aja ga bisa… Akhirnya karena patah semangat udah minta bantuan sana-sini saya install ulang aja… Baru Bisa conect ke jaringan.. baik wireless ataupun LAN…
    Kira-kira kenapa ya…???Thanks

  9. Ki says:

    Kebanyakan memang masalah Windows yg udah mulai corrupts …karena mungkin sering install/uninstall software, windows yg tidak update sempurna, registry yg udah pada banyak kacau …makanya banyak ditawarkan software fix pc registry. kalo kita gak tahu yg mana yg harus diapain biasanya reinstall bakal beres …tapi sebelumnya bisa di scan diagnostic dulu …
    start => help and support => pick a task => Use Tools to view your computer information and diagnose problems =>Network Diagnostics …anda bisa melihat mana yg berstatus “failed” …dari sana bia dianalisa apa masalahnya …
    tapi terkadang hal ini pun bukan jadi cerminan masalah sebenarnya kalau memang windows system udah mulai banyak corrupt …

  10. chaid says:

    gmn cranya membuka koneksi wireless yang terkunci oleh firewall
    mksh…

  11. Ki says:

    maksudnya how to hack getu? bagaimana menembus jaringan wireless yg anda tidak punya authorisasi? he…he…

  12. bakhtiar says:

    MAKASIH ATAS BANTUANNYA

  13. joko says:

    salam kenal bos, saya mau tanya nih. di tempat saya ada 8 unit komputer yg terhubung dg hub tetapi salah satu dari komputer tersebut kok gak bisa sharing printer atau folder, dan internet padahal yg lainnya normal, padahal local area networknya menunjukkan connected tetapi gambar simbol local area networknya menyala satu saja, sedangkan komputer lainnya 22nya menyala kenapa ya? mohon solusinya bos terimakasih

    • admin says:

      hi Jok, pertama test dulu konfigurasi tcp/ip nya dg command line “ping localhost” atau “ping 127.0.0.1” lihat apa respon bagus 0% lost.
      terus coba pindah port di hub nya …ato ganti cable dari kompi yg jalan bagus …test lagi.
      coba cek di tcp/ip nya bandingkan dg yg lain …gateway, subnet, dns, dll …

  14. joko says:

    thks bos atas informasinya, saya juga mau tanya lagi nih mengenai komunikasi jaringan antar komputer, setiap komputer saya instal ipmsg, yaitu software untuk komunikasi seperti kirim data atau kirim pesan teks. yg saya tanyakan kenapa salah satu komputer kok gak bisa kirim pesan baik data maupun teks ke beberapa komputer, tetapi komputer tersebut baru bisa kirim dan menerima data kalau komputer yg lain kirim data atau teks terlebih dahulu. mohon solusi nya bos terimakasih atas waktunya.

  15. nia says:

    bos, aku punya warnet kecil dg 5 bilik. tp ada 1 PC client yg jadi trouble maker. tiap dia dihidupin langsung koneksi error. aku lihat di ping command, request timed out terus. kalo PC itu dimatiin langsung lancar lagi koneksinya.
    yang sudah dicoba, ubah dns. ubah computer name. tapi tetep aja. pdhl yang lain lancar2 aja. knapa ya pak bos…

    • admin says:

      NIC adapter pc ini dr jenis apa ..yg lama yg ada setting manual macam duplex …bisa saja dia broadcast storm ke jaringan …kalo mo coba, swap NIC adapter dr pc yg lain …coba jalan bagus gak …kalo masih tetep masalah ….coba reinstall driver NIC nya …ato bisa jadi Windows nya ngaco … update dg patch terbaru …mungkin servie Pack nya juga …

  16. wahyu says:

    Bos aq mau tanya nich, di kantor aq pk IPmsg v ga tahu kenapa tiba” g bisa terima pesan teks maupun file padahal sebelumnya bisa, dh di tes ping lancar v kenapa tidak bisa terima kiriman dr IPmsg yang lain.

    • admin says:

      waduh ipmsg …rasanya gw pernah sekali pake …. tapi gak ikutan install jadi gak nge …
      bagusnya sich reinstall aja kalo da mentok .. …karena dia kan jalan di tcp/ip paltformnya …

  17. eko says:

    bos kalau di master statusnyo digambar komnya itu ada gembok maksudnya apa dan bagaimana mengatasinya.terimakasih…………

  18. Admin says:

    aku kok ora mudeng maksudx …?

  19. adi says:

    Master… laptop aku was ke Local Area Connection…
    Trus Enable… tunggu 1-3 detik,, muncul tulisan Connection Failed… padah di komputer bisa…

    mohon bantuannya master..

    • admin says:

      pastikan konfigurasi tcp/ip properly …check dg “ping localhost” atau “ping 127.0.0.1” untuk test ke diri sendiri, kalao response 100% packet lost …ada masalah dg NIC laptop, bisa karena driver – coba reinstall driver …kalo da bagus test localhost …maka pastikan kabel ke jaringan bagus …

  20. scummyman says:

    bos mo nanya, kalo kejadiannya: LAN connected, buka folder yg di share jg bisa, tp pas mulai browsing internet atopun web intranet(pake IE atopun mozilla) gak pernah bisa, pesennya “page cannot be displayed” .

    • admin says:

      masalahnya bisa saja pc anda tidak punya akses ke internet oleh admin nya anda, atau dalal system jaringan anda ip atau user_name anda tidak punya akses ke internet

  21. Saepul says:

    bozz saya mau tanya kenapa yahh warnet ditempat saya komputer client tidak bisa connect ke server tapi bisa connet ke speedy…..
    dan biling juga tidak jalan dan tidak connect ke server…
    mohon penjelasannya……

    • admin says:

      gw gak tahu anda pake konfigurasi gimana, apa pake proxy berdasarkan account atau hanya connect ke speedy modem lewat Switch. Tanpa server pun kalo anda pake switch dengan modem-router dr speedy (hampir semua modem speedy berfitur router juga) semua client bisa connect ke internet, karena modem-router speedy menggunakan NAT untuk sharing koneksi internet., hanya pc yg berbeda jaringan saja yg gak dapet IP dr speedy.
      gw kira konfigurasi system biliing dan server adna belum properly setup.

      Ki

  22. Dhanny harakiri says:

    Maksaih Gan atas infonya,,,
    membantu banget buat para Pelajar seperti saya…

  23. puja kesuma says:

    Bos, sy pake notebook OS Win7 64 bit, coba connect ke hotspot terus tu notebook minta setup jaringannya, saya ikuti prnth di notebook, selesai. terus di “daftar jaringan”/ network conecction yang tdnya ga ada nm notebook sy jd ad nm notebook sy, ap itu ngaruh/ bkn error hotspot ap ga? trus gmn cara “membuang” nm notebook sy dr “daftar jaringan” Tlng bls ke e-mail sy ya bos, mkasih sblmnya.

  24. ki says:

    kalo di property tcp/ip disana anda klik “file and printer sharing” yang mengijinkan komputer anda bisa dibuat sharing pada folder tertentu …dan juga anda bisa sharing printer yg konek ke laptop anda … kalo mo gak kelihatan coba di hilangin contrengan file and printer sharing ….

  25. IcHa says:

    Hi, Need a help ni…d Kntr w pk modem n wireless router…klo 1 pc bs connect tp yg lainnya bs connect ga bs browsing, knp y? setelah diperhatiin, yg ga bs browsing tu default gatewaynya ga ada keterangan…mohon bantuan troubleshootingnya yaa…awam ni…thanks a lot…

  26. ki says:

    more data please …!
    anda pake modem and router apa? …terus router tsb apa dhcpnya enable? coba periksa pada pc yg bisa connect internet konfigurasi ipnya berapa …(pake command ipconfig di dos promp)misal didapat ip: 192.168.1.3 dan subnet 255.255.255.0 gateway=192.168.1.1 …
    Periksa pada pc yg gak bisa connect, konf ip nya gimana …?

  27. joniman says:

    om, tnya dunk.. laptop ku 3 hari ini limited network terus padahal sebelumnya lancar… sudah reinstal driver tetapi hasilnya tetap sama.. OS nya pakai win 7 ultimate..
    mohon bantuannya suhu….!!
    matur nuwun… 🙂

  28. Ki says:

    limited network connect ke mana …? hotspot? anda pakai speedy dirumah connect ke wifi? kalo di check pakai ipconfig /all dapet ip address berapa?

  29. edwaldus says:

    Pak ,kami menggunakan wereles tapi gambar pada sinyalnya amenunjukkan bagus sinyal tapi tidak bisa internet nya jalan
    terimakasih

  30. Ki says:

    @eduwaldus: ini kurang jelas, anda pakai apa, dirumah speedy, dikantor, konfigurasinya gimana…?

  31. Velda s'lalu berusaha says:

    Bozz, artikel diatas sangat membantu Saya.. Trims… (n_n)
    emm.. Kalo ngga’ keberatan neh, perbarui lg dunk artikel-artikel yg baru., ntah itu artikel isinya tentang “Cara Menjadi Seorang Programer Handal” ato “Langkah-langkah Menjadi Seorang Hacker(not a cracker)” dll…(request)
    Thank’s bgt… (^_^)

  32. dane says:

    lho kok bersambung….????
    (KAYA SINETRON AJA)

  33. antok says:

    komputer kantorku mempunyai alamat webset online, namanya SPPT. klu di facebook, bila mozella atau internet explorernya masih versi yang lama banget, maka facebook ataupun IE minta untuk program tersebut diupdate. nan kalau di komputer kantorku tidak boleh diupdate dikarenakan tidak bisa konek ke sever pusat dengan alamat webset tadi (SPPT) nya. terus bagaimana caranya klu salah satu ataupun semua program-program dikomputer tersebut terlanjur terupdate ataupun titambahi program baru? (bagaimana caranya supaya komputer tadi bisa terkonek kesever alamat webset tadi?)

  34. ojoy says:

    Tolong ane bos,laptop ane os nya XP,ane punya 2 kantor sama sama pake wireless,dikantor yang satu bisa masuk ke internet tapi dikantor yang ke dua ga bisa.padahal sama sama conected statusnya.apa yang harus di rubah.

  35. Ki Grinsing says:

    Ojoy: apa emang keduakantor connect ke internet? kalo connect pake apa – speedy? apa masing2 kantor PC lain bisa connect ke internet? Kalo pc lain bisa apa laptop tsb bisa connect ke jaringan wireless? cek berikut dg asumsi pc lain bisa connect internet:

    coba test pake ipconfig di laptop tsb, masuk ke command dos c:> ketik ipconfig /all Lihat berapa ip address yg didapet …apakah dapet subnet yang sama dg pc lain yg bisa connect ke internet, misal pc lain dpt 192.168.1.25 maka laptop anda ip nya harus berada pada 192.168.1.xxx (dimana xxx antara 1-254)coba dech check dulu ….

  36. ojoy says:

    Makasi atas sarannya laptop ane dah bisa masuk ke internet, setelah IP address sama gateway nya disamain sama PC yang lain setelah di klik “ok” tetep ga bisa bisa eh… ternyata setelan IP harus di rubah lagi ke posisi “IP address automatically”yg sebelum nya ketika kita akan merubah IP address itukan harus posisikan Manual.

  37. ojoy says:

    Bos mu nanya lagi ni,laptop ane yang dirumah jarang dipake merk axio 12 inc MM 2Gg HD 320 Gg
    os XP Ini ga bisa sama sekali connect ke wireless, klo di connect ke wireless keluar tulisan”windows is unable to connect to the selected network,the network may no longer be in range, please represh the list of available network and try to connect again” padahal sinyal wireless strengt .digambar wirelessnya ada gambar silang nya.tapi klo pake modem bisa. apa yang harus disetting?

  38. Ki Grinsing says:

    emang ada jaringan wireless di rumah, dan kalau di refresh ketemu jaringan wifi nggak? disitu kan ada tanda silang, berarti emang gak connect dan ato gak ada jaringan wifi

  39. erwin yg btuh pertolongan says:

    slam knal bos.. sya mau tanya neh krena sdang menghadapi msalah ini skrg saya… warnet saya mempunya 11 computer yg terhubung dengan hub.. dan salah satunya dijadikan server(host) buat client.. yg saya tnyakan knpa tiba2 semua client (10 cpu) tidak bsa mengakses jringan internet tpi cpu server(host) bisa(sama2 mlalui hub).. (status client connected dngan bill server dan ditiap bar conectivityna mreka conect).. mhon bntuanna.. salam hormat.

  40. Ki Grinsing says:

    @Erwin…coba periksa di server dhcp servernya enable nggak …atau cek di clients apa IP address berada pada 169.254.XXX.XXX maka biasanya dhcp bermasalah sehingga tidak bisa memberikan ip adddress ke clienst.

    atau check ip address di pc yg bisa connect internet dengan pc yng tidak bisa apa berada segment jaringan yg sama…? misal semua pada jaringan segmen 192.168.1.XXX subnet mask 255.255.255.0

  41. IRAWAN says:

    pak, apa masalahnya jika switch hub ga bisa transfer , saya mempunyai hub 5 di kantor saya yg kesmuanya terhubung dalam 2 jaringan isp,

    masalahnya jika hub tersebut tidak bisa transfer semuanya juga tidak bisa, padahal kalau p2p jalan dengan baik, mohon bantguannya

    terima kasih

  42. Ki Grinsing says:

    bisa lebih rinci dikit …gak bisa transfer gimana, ini transfer antar LAN atau gimana, p2p ke internet atau apa..?

  43. adit says:

    Pemula mau bertanya nech,mas dikantor saya kan menggunakan wireless..kadang koneksi nya suka putus tiba2 tapi sebentar,trus bisa konek lagi…tp putus tiba2 nya sering,permasalahannya ada dimana ya mas?

    mohon bimbingannya….

  44. ki says:

    Coba baca artikel ini masalah wireless

  45. Trias HS says:

    Bos, aku mau tanya masalah browser nih. Saya menggunakan mozilla firefox. Begini ceritanya saya kan misalnya mau ke website A, tapi kok si mozilla ini nyasar ke website lain, kenapa yah ? Contoh : saya mau ke http://www.dompetdhuafa.org tapi nyasar ke http://www.ihavenet.com,friendlyanimalvideos.com, atau berbagai alamat ngaco lainnya, itu kenapa ya? Barangkali Bos Admin bisa bantu saya, ditunggu lho jawabannya. Terima kasih sebelumnya …

  46. eyang says:

    Bos, aku mau tanya. Aku menghubungkan 2 pc ku menggunakan kabel UTP. Keduanya sudah konek. Saya ping sudah reply from … semua. Tapi untuk share folder kok g bisa knp Bos.

  47. irvanyale says:

    klo di rumah ane masang wifi, waktu konek banyak user sering dc, itu kenapa ya?

  48. nabila AA says:

    Kak mau nanya nih, langsung ya laptop aku selalu gabisa konek internet kalo di wifi.id, setiap ditekan connect selalu limited. Tapi kalo di jaringan lain tetep bisa konek. Bisa tolong beri pencerahan kak? Issuenya blg otomatis konek kalo ada di wilayah wifi.id. kira* bisa difahami nggak kata* aku? Tolong jawabnya😭😭

    • Ki Gr says:

      faham kok nak Nabila…. !
      Biasanya kalo limited itu biasanya masalah ip address dan tidak bisa menerima konfigurasi dr dhcp server dr wifi@id atau bisa saja laptop masih memegang ip address lama.

      coba lakukan berikut:

      Buka CMD (Command Promt). biasanya start=> run=> ketik cmd dan Enter. Setelah muncul layar hitam command c:/> ketik
      ” netsh int reset C:\resetlog.txt” (gak usah pakai ” lho yach)
      Setelah itu Restart laptop.

      biasanya kalo sering ginian…coba diupdate wifi drivernya.

      Klik Start => control panel => hardware and sound => Device and Printers klik Device manager, setelah terbuka daftar network card pilih wifinya dan pilih update driver – ikutin instruksinya saja.

      Nah coba dulu dech nak Nabila …happy browsing…!

  49. van says:

    siang gan,mau tanya nih masalah acces point di rumah pake tp link dengan format point to point agar mendapatkan acces internet local, namun kmrn cb dioprek pd hal acces point di aktifkan dhcpnya hingga pd pc tidak dapat di acces ke hal setting tp link,mohon pencerahannya agar dapat kembali masuk ke web ap nya, thank…

    • ki Grinsing says:

      point 2 point access bridge berarti kan mengenalkan MAC address masing2 perangkat AP. kalo di pc tidak konect ke tplink maksudnya tidak bisa akses ke perangkat untuk setting gitu? bukannya point 2 point perlu ip address statis biar bisa di manage, kalo berubah terus dinamis susah adminnya. Maksudnya gimana nich?

  50. Ryanda says:

    Gan, laptop saya bisa konek dgn wifi dgn sinyal full dan muncul internet access tapi gambarnya gak berubah jadi kayak monitor (garis2 sinyalnya full). Ipv6 nya not connected tp gak bs buka properties. Di cek di cmd, ipconfig not found.
    Browser yg dipake opera. Waktu dibuka, muncul tulisan the webpage not found. Unable to look up redir.opera.com.
    Driver wireless jg sdh di uninstall dan di install ulang jg gak bs.

  51. iland says:

    Ini gimana yah gan…
    Tulisan koneksi nya di laptop connect tapi pas di coba buka mozila kok gk bisa tulisan nya web page not available ini udah percobaan ke-2 make yg pertama coba juga gk bisa padahal tulisan nya connect ini wifi cisco 2100 yg bermasalah atau gimana nih gan
    Mohon bantuan nya

    • ki Grinsing says:

      Cisco 2100 ini cable modem, emang pakai layanan First media bukan …? Biasanya kalo ganti modem mesti tahu user-password nya …dan ada konfigurasi yg perlu di konfigure. Coba tlp layanan First Media dulu …

  52. andry says:

    kalo pake indie home speedy beda tidak bang ??

  53. ali says:

    Pak saya mau tya , aku pki modem Speedy jaringan internet nya normal tp kx g bs nyambg di komputer jaringanya , kemrn kn modem ya br di ganti yg baru cz yg lm rusak tp kx nich g bs nyambg pak , ap dr kabelnya ap yg lin’y pak , kt’y dr pihak yg benrn kabl’y g ap2 tp kx g bs connect di komptr ,

    • Ki Gr says:

      modem router speedy gak bisa sembarangan diganti tanpa di setup / di konfigur terus jalan begitu mengganti yg lama. Ada beberapa parameter yg perlu di setup dan paling pas yach telpon ke 147 Telkom nanti dipandu parameter apa yg harus di setup termasuk antum juga perlu ingat user dan password antum waktu berlangganan ke pseedy kan dikasih tuch … Tlp saja ke 147 ….

  54. asep says:

    mlm om ali
    mau minta bantuan nya om udah buntu ni 😀
    saya di kantor ada 2 pc dan 1 laptop,2 pc terhubung bagus ke lokal maupun ke internet karena koneksi memakai kabel,yang laptop 1 memakai koneksi wifi dan berhasil konek ke internet namun pas nyoba ping ke lokal/ping ke pc lokal ngga bisa,tadinya saya niatnya mau share printer dari pc lokal namun ping ke pc lokal ke laptop ngga bisa dari laptop ke pc lokal ngga bisa gimana mau share printer,tapi jika laptop tersebut memakai koneksi kabel bisa ping ke lokal dan internet,gitu om mohon om pencerahan nya saya udah 1 bulan bingung sendiri heheh maklum masih awam.

    • Ki Gr says:

      coba periksa ip address kalo pakai kabel di PC berapa nilainya misal …192.168.1.xx …dan kalo pakai wifi berapa ip nya …gunakan di dos command >ipconfig /all

      kali aja beda jaringan antara yg kabel dan yg wifi, wifinya pakai apa misah atau tidak maksudnya pakai AP atau modem router wifi jadi satu…?

  55. rani says:

    Siang, saya mendapat masalah di sambung wifi, tdi pagi bisa menyambung ke mifi smartfren lalu tba2 terputus ga tau knpa, sudah di restart tp tetap saja bgtu, apa yg hrs saya lakukan?? (Pakai win10 dan laptop baru beli bulan juli)

    • Ali H says:

      wadyh maaf….gak ada yg respon nich …
      laptop udah di restsrt …coba modemnya smartfrend yg di restsrt bisa nggak …kali aja masalah pd router modemnya …
      kalo masalah laptop biasanya restsrt juga udah bisa fix…atau di ujung bawah kanan pojok ada gmbr wifi di klik kanan terus pilih “troubleshooting problems” jika tidak mau restsrt.

  56. Muhammad Agis says:

    Mau tanya ni
    Modem saya ga mau konek ke laptop saya
    Tapi konek ke laptop kaka saya
    Saya udh unistal driver trus instal lagi
    Tetap ga bisa saat aunthetication
    Mohon pencerahannya saya pke modem advan jetz dt10

  57. Budi says:

    Router saya merek Cisco

    Jika sering mengalami “limited acsess / no internet connection” padahal wifii masih tersambung perangkat HP masih bisa internetan tapi hanya laptop / pc anda yg bermasalah..

    silakahkan coba : http://192.168.0.1/ cari Setup > Basic Settings > IP Management
    dikolom lease time ganti dengan angka “0” jika tidak bisa ganti dg “999999999”
    di router saya tertulis angka 3600 yg artinya tiap 3600detik / 1jam sekali saya akan mengalami masalah tersebut.. gantilah dengan angka 0 / 999999999… selamat mencoba..

  58. fiqry says:

    Gimana solusinnya kalau internet terhubung dan lancar browsing tapi hanya sebentar 10 menitan langsung nggak mau browsing lagi.
    Mohon pencerahan nya

    • Ki Gr says:

      bisa jadi masalah di modem wifinya.
      atau ada client yg broadcast terus2an yg bikin jaringan saturasi
      Coba reset modem wifi nya dan gunakan satu client saja satu persatu konek apa emang ada client yg bikin down

  59. Ratna etik widyawati says:

    Mau tanya min,wifi dirumah baru aja diganti routernya skitar 3/4 bln yg lalu tp ini wifi ga bisa tersambung katanya srh ganti router lagi giman ini min,pusing

  60. ryhn says:

    Bos ini modem saya sudah dihubungkan dengan router menggunakan kabel lan, tapi di modemnya lampu PC tidak menyala (biasanya nyala) hingga internet tidak terkoneksi. (Modem Cisco 2100 & router tplink)

    • Ki G says:

      Modem Cisco 2100 ini jenis cable modem, biasa dipakai Fastmedia. Koneksinya mestinya dr port Ethernet di modem ke port WAN di router TP-link. Lampu PC yg mana maksudnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.