TP-Link TL-MR3020 Portable 3G-3.75G Wireless N Router

Membangun jaringan wifi di rumah dengan tplink TL-MR3020 dengan modem 3g

Pendahuluan

Banyak orang bertanya, jika kita punya modem USB cellular (dengan berlangganan 3g tentunya) yang biasa disisipkan ke port USB dari laptop untuk memungkinkan akses internet, bagaimana agar bisa berbagi internet dengan beberapa laptop atau computer dirumah atau dimana saja? Tentunya yang dimaksudkan adalah membangun jaringan komputer Wi-Fi dirumah tanpa perlu knowledge yang banyak.

Otak-atik jaringan 3g

Banyak praktisi IT yang suka otak-atik networking tentunya lebih suka cara teknis yang murah meriah dengan menggunakan command script pada Windows XP atau Windows 7 dengan menggunakan command “netsh”. Untuk lebih jelasnya ikutin diskusi di Kaskus mengenai hotspot dengan command netsh ini (netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=”kaskus hotspot” key=selamatdatang).

Router 3G TP-link

Saya hanya mengulas produk baru dari TP-Link TL-MR3020 yang merupakan salah satu produk TP-link yang lagi hot dipasaran ini sangat praktis.

Note: Saat ini TP-link memberikan produk baru untuk cellular ini yaitu M5350 yang dilengkapi battery, mungil dan sangat cocok untuk kebutuhan outdoor. Klik artikel TP-link M5350 disini.

tp-link tl-mr3020 3g router wireless N

Main features:

  • Berbagi koneksi 3G dan compatible lebih dari 130 UMTS/HSPA/EVDO 3G USB modems
  • Compact dan kecil bisa dibawah kemana-mana
  • Kecepatan Wireless sampai 150Mbps
  • Bisa beroperasi dengan mode 3G Router, WISP Client Router dan Travel Router (AP Mode)
  • Mendukung failover

Kenapa TP-link?

TP-link terkenal dengan produknya yang handal dan terjangkau dibandingkan dengan produk lainnya. Buat para eksekutif tentunya router cellular  ini sangat praktis untuk dipakai saat melakukan perjalanan bisnis dengan kolega dan team untuk bisa berbagi sambungan internet dengan beberapa laptop dengan satu koneksi modem USB 3G. Router ini terbukti dilapangan atas dukungannya sampai 130 macam modem USB. Dengan piranti router ini, kita dengan mudah membuat jaringan computer atau hotspot Wi-Fi dengan cepat.

wireless N150

TL-MR3020 ini diusung dengan technology Wireless 802.11n standard dengan speed ideal sampai 150Mbs. 3G router ini bisa beroperasi dengan berbagai modus operasi antara lain sebagai router, WISP (wireless ISP) client ataupun sebagai AP. Router ini dilengkapi dengan sebuah switch untuk berbagai modus operasi.

Multi fungsi operasi

Dirumah jika kita mempunyai modem ADSL, router 3G ini bisa dibuat untuk sharing broadband internet. Ada satu port Ethernet yang bisa digunakan sebagai port WAN jika dihubungkan dengan modem ADSL (modem yang tidak mempunyai fitur routing). Konfigurasi ini berfungsi sebagai router. Dan bagusnya lagi, port USB juga bisa digunakan sekaligus bersama broadband WAN dengan fitur failover. Jika koneksi broadband WAN terdapat gangguan atau gagal beroperasi maka koneksi 3G berfungsi jadi tidak sampai kehilangan koneksi internet.

Mengingat modem ADSL kebanyakan modem yang sudah dilengkapi dengan fitur router, maka TL-MR3020 harus digunakan dengan mode operasi sebagai wireless AP. Geser switch kearah modus AP.

 

3G router TP-Link TL-MR3020 ini di US sana bisa disamakan dengan produk Apple Airport Express generasi terbaru. Cuma bedanya Airport Express tidak dilengkapi dengan fitur 3G router. Dan lagi Airport Express dilengkapi adapter power yang menjadi satu sehingga penempatan router bisa ditempelkan pada power outlet. Sementara TL-MR3020 diberi power lewat USB.

Berikut adalah diagram koneksi jaringan computer Wi-Fi dengan menggunakan router 3G dari TP-Link ini.

diagram 3g router dengan tl-mr3020

Produk ini termasuk laris manis dipasaran, dan sekarang harganya sudah mulai turun hanya 200 ribu saja.

Banyak model 3G router ini berada dipasaran saat ini sebut saja D-link Dir-412 3G mobile router atau dari produknya China seperti Tenda dan Prolink.

Lihat juga artikel terkait:

  1. Samsung Dp700a3b All-in-one Computer (AIO) yang sangat tipis
  2. Samsung Galaxy Tab 10 1 Vs Apple iPad 2 (perbandingan fitur)
  3. Netgear WNDR4500 dan TP-Link WN2543ND Wireless N900 Routers
  4. Jaringan 3G/4G – jaringan cellular



You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *