TP-Link TD-W8980 N600 ADSL2 Modem Router

Mengenal lebih dekat TP-Link TD-W8980 N600 Wireless dual band gigabit ADSL2 modem router untuk jaringan computer wifi dirumah anda

Pendahuluan

Tahu nggak jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai hampir 55 juta pengguna dan teruuss bertambah baik melalui smart-phone maupun layanan dirumah yang menggunakan layanan DSL dari Speedy atau Cable broadband lainnya.

Untuk layanan di rumah sebagian besar menggunakan jasa layanan broadband internet ADSL dari Speedy karena terintegrasi dengan layanan telpon yang ada dirumah pelanggan. Jika ente mo berlangganan Speedy biasanya Telkom memberikan sebuah modem gateway dengan 4-port switch atau sebuah wireless modem gateway untuk jaringan computer atau wifi dirumah.




 
Jika saat ini mas Bro masih menggunakan modem gateway standard tanpa wifi sementara ente menginginkan jaringan wifi dirumah maka mas Bro mbak Sis bisa menggunakan salah satu produk wireless gateway dan salah satunya adalah produk baru dari TP-link yaitu  TD-W8980.

 

Apa hebatnya produk ini?

TP-Link TD-W8980 adalah modem ADSL yang terintegrasi dengan wireless router. Dibanding dengan modem gateway dan wireless router TP-Link generasi sebelumnya yang terkesan dengan model yang sederhana, produk TP-link generasi kini mempunyai model yang ciamik, manis dan anggun. TP-link 8980 ini juga dirancang dengan model berbeda warna hitam kelam dengan garis pemanis dan beberapa lampu indicator menambah manis penampilannya.

Fitur utama

  • Produk all-in-one paduan antara modem ADSL2, router, gigabit switch dan wireless N access point
  • Dual band yang bekerja bersamaan untuk 2.4GHz dan 5GHz band dengan kecepatan sampai 300Mbps tiap band
  • Tombol On-Off untuk wifi dan power
  • Dua port USB
Solusi All-in-one

tplink 8980 panel

Untuk pelanggan Speedy, produk ini sangat cocok mengingat untuk membangun jaringan computer atau wifi dirumah yang anda butuhkan hanya satu perangkat tunggal ini saja, sangat praktis kan? Kagak usah repot instalasi dan konfigurasinya karena mas Bro hanya perlu telpon 147 untuk membantu ente, simple kan? Untuk lebih jelasnya mas Bro bisa baca artikel ane tentang membangun jaringan wifi dirumah.

Kecepatan tinggi

Modem router TP-Link TD-W8980 ini memang dikemas dengan technology N600, artinya apa? Modem router ini bisa beroperasi dengan menggunakan dua band secara bersamaan dengan total bandwidth sampai 600Mbps dari masing-masing band 300Mbps.

Enaknya dual band sich da jelas, semua wireless client baik yang berbasis 2.4GHz atau 5GHz band bisa diakomodasi oleh modem gateway ini. Dan bagusnya kalo ente gunakan untuk applikasi streaming atau gaming gunakan band 5GHz yang emang lebih jernih dari interferensi dibanding 2.4GHz band.

tplink td-w8980

Nah untuk koneksi pakai kabel, modem gateway ini dilengkapi dengan empat buah port Gigabit. Dah pasti cepat cing …10 kali lipat kecepatan koneksi fast Ethernet biasa. Tapi tentunya computer ente juga harus Gigabit juga biar bisa ngimbangin, biar kecepatannye bablas wuuss… emang untuk running applikasi apaan kok butuh kecepatan gigabit?

Dua port USB

Ini dia kelengkapan yang sangat berguna pada modem router TP-Link TD-W8980, kagak perlu beli print server. Satu port USB koneksikan ke Storage disk external dan satunya koneksikan ke printer USB dan bisa diakses rame-rame lewat jaringan computer wifi dirumah, keren nggak cing! Bukan Cuma itu, USB ini juga mendukung media server dan FTP server,

Port EWAN

Ini dia yang kagak ada di model modem TP-link sebelumnya, adanya satu port EWAN yang bisa digunakan baik untuk port LAN bersama tiga port lainnya, port EWAN bisa digunakan untuk koneksi ke modem Cable jika kagak pakai layanan DSL. Port ini ada pada fitur modem lain dari Linksys X3000 atau Netgear DGND37000.

IP based bandwidth control

Nah kalo ente seringa ngalamin koneksi WAN yang lelet karena orang lain pada computer lain sedang download filem-filem ato lagi streaming video berat, ente bisa atur PC pada IP mana mempunyai prioritas bandwidth.

Modem router TP-Link TD-W8980 sangat ideal untuk jaringan computer wifi dirumah mas Bro and Mbak Sis kalo berlangganan Speedy, tinggal colok, pelajari menu konfigurasi dan wuuss …da bisa dipakai akses wifi dengan seisi rumah dan juga tetangga bisa ikutan akses, kalo ente rela …kalo gak relay ach tinggal diaktifkan security WPA dengan password yang kuat, beres dah.

Semua laptop ato ultrabook tipis dengan wifi aktif, smart-phone termasuk Android dan iPad dan tablet computer lainnya da pasti bisa akses wifi dengan mudah. Dan kalo mo yang paling canggih untuk koneksi speedy ini silahkan lihat TP-link Archer D9 AC1900 yang bisa memberikan total abndwidth sampai 1900Mbps secara teori dengan teknology 5G wifi (wireless AC).

Lihat juga artikel terkait:




You may also like...

5 Responses

  1. natalia says:

    Kakak. .mw tanya. Kok hp ku gk biaa Connecting ke wifi ya. Internet tidak terdapa pada AP yg di pilih..sedngkan yg stnya hanya bisa menerima alamat aja. Gak bisa nyambung. Jwab ya. .tengkiiiuuuuuu

    • Ki says:

      biasanya AP nya tidak di broadcast sehingga kagak kelihatan namanya SSID nya …jadi kudu diketik manual nama netwroknya kalau tahu dan passwordnya…

  2. win says:

    dear KI,
    saya bingung ketika men-setup TD W8980 untuk useeTV.
    Petunjuk setup yang saya miliki utk TD W8951 >>di situ tertulis petunjuk untuk mendefine VLAN Group.. >> ,menu ini tidak ada pada TD W8980..
    Punya saran?

    tks

    • Ki says:

      apa emang harus setup VLAN group untuk useeTV? Saya pakai TD8961 saja gak ada VLAN group juga bisa nonton useetv. Coba setup biasa saja, kalo pake speedy telpon saja ke Telkom (147) nanti digiring setupnya.

  3. win says:

    useetv yg sy maksud adalah useetv yg IPTV, yang pakai cable dan set top box. ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.