Tips Untuk Windows File dan Printer Sharing

Checklist yang diperlukan

Checklist berikut adalah beberapa masalah yang sering dijumpai dalam kita bekerja dengan file sharing dan printer sharing dalam jaringan Windows workgroup peer-to-peer ataupun menggunakan domain jaringan.

1. Beri Nama Computer Dengan Benar

Dalam jaringan Windows peer-to-peer maupun domain, pemberian nama masing-masing computer ataupun piranti jaringan lainnya haruslah unik (tidak ada satupun yang sama) dan harus mengikuti penamaan yang direkomendaikan oleh Microsoft.




 

  • Pastikan semua nama computer adalah unik, tidak boleh sama
  • Pastikan bahwa nama komputert tidak lebih dari 15 charakter
  • Misal jangan menggunakan spasi dalam penamaan piranti jaringan mengingat versi Windows lama tidak support spasi
  • Hindari pemakaian character dalam nama, jika perlu hindari /\*,;’ @
  • Beberapa versi Windows yang lama membedakan huruf besar dan huruf kecil. Untuk itu ada baiknya semua penamaan memakai huruf besar.

Bagaimana memberikan atau mengubah nama pada computer? Gunakan account administrator anda. Klik kanan pada “My Computer” pilih Property atau buka control panel => System pilih “Computer Name”.

2. Beri nama setiap Workgroup (atau Domain) dengan Benar

Setiap Windows computer masuk dalam suatu Workgroup ataupun sebuah Domain. Untuk computer rumahan atau jaringan kantor kecil menggunakan jaringan peer-to-peer atau Workgroup. Sementara untuk kelas jaringan besar yang menggunakan Active Directory Windows server, maka Domain diperlukan. Pastikan bahwa semua computer yang ada pada jaringan mempunyai group yang sama baik Workgroup maupun Domain. Sharing files dan printer akan lebih mudah menggunakan Workgroup atau Domain yang sama untuk setiap computer dalam jaringan.

Klik kanan pada My Computer dan pilih computer name => klik change => disini anda bisa mengubah nama computer dan juga join domain jika ada dalam jaringan AD windows, ataupun ganti nama workgroup anda.

3. Install TCP/IP Protocol Pada Setiap Computer

TCP/IP protocol adalah protocol paling popular dalam jaringan dewasa ini dan hampir dipakai sebagai protocol wajib yang dipakai di hampir jaringan di dunia. Dibanding dengan NetBEUI atau IPX/SPX, TCP/IP jauh lebih kaya fiitur dan functionalitas. Pada jaringan anda sebaiknya di uninstall saja protocol NetBEUI atau IPX/SPX dan pastikan menggunakan TCP/IP jika memang tidak dipakai.

4. Setup IP Address dan Subnet Dengan Benar

Pada jaringan di rumah atau di small offices, hampir dipastikan mengunakan satu router / gateway saja yang berhadapan dengan internet. Semua computer pada jaringan haruslah menggunakan satu subnet mask yang sama dan masing computer dengan satu IP address yang unik, tidak boleh sama satu dengan lainnya. Biasanya subnet mask yang digunakan adalah satu subnet 255.255.255.0 dan umum menggunakan class C addressing. Lihat juga design IP jaringan dan cara menghitung subnet mask.

5. Pastikan File and Printer Sharing for Microsoft Network terinstall

Pada property Local Area Connection (pada NIC adapter) pada computer anda pastikan bahwa “File and Printer sharing for Microsoft network” terinstall (dicontreng) untuk bisa berpartisifasi dalam sharing file dan printer. pastikan bahwa service ini berada pada daftar services yang terinstall dan di contreng.

6. Pastikan Definisi Share Benar

Adakalanya kita men-sharing file / folder agar tidak bisa dilihat dalam daftar share dan  kita bisa lakukan dengan member akhiran $ pada nama sharing. Pastikan bahwa sharing name didefinisikan dengan benar pada jaringan. Geret file atau folder yang ingin anda share ke folder Shared Documents.

Pada system windows active directory, sharing folder dilakukan secara rapi meliputi security, group access right, sampai R/W access dan siapa saja yang oleh atau tidak boleh akses file / folder tersebut.




Lihat juga:

You may also like...

3 Responses

  1. bob says:

    minta penjelasan bro, untuk cara berbagi printer via wifi.
    mohon untuk balas ke bobi.harminto@yahoo.co.id
    Trimz..

  2. tribudivj says:

    mohon penjelasanya ya..untuk pc yg tidak join domain ( Windows Vita Home Edition ) supaya setiap kali ingin mengeprint ke Printer yg terconnect ke PC yg join domain tidak di connect ulang dan tidak selalu meminta password admin AD bagaimana ya caranya?

    Apakah Selalu begitu ya apabila salah satu PC tidak join domain untuk koneksi printernya selalu harus di connect ulang dengan memasukan username dan password Admin AD?

    Trims..

  3. Ki Grinsing says:

    kalau sudah join domain maka dia ikut security yang berlaku. Vista home gak bisa join domain, jadi harus authentikasi selalu. Tapi coba bikin object di AD dengan mendaftarkan IP statis / MAC vista bisa gak …coba aja dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.