Solusi Komunikasi Cisco UC-300 Series

By Ki Grinsing

Salah satu solusi komunikasi terpadu untuk bisnis kecil adalah Cisco 300 Series VoIP Gateway.

Kebutuhan komunikasi

Sebuah bisnis kecil atau yang sedang tumbuh tentulah membutuhkan dukungan system komunikasi terpadu yang mudah dioperasikan, mudah dikelola, dan tentunya terjangkau. Dan lagi implementasinya mudah tanpa  harus mempunyai skill tinggi walau memang perlu sedikit pengetahuan tentang jaringan computer.

Cisco UC300 seriesSystem komunikasi bisa melibatkan kebutuhan akan system komunikasi data dan voice baik untuk komunikasi email, telephone PABX ataupun fax. Kebutuhan itu semua memang ditujukan untuk menunjang kesuksesan bisnis anda. Bagaimana anda bisa mengimplementasikan semua kebutuhan dasar komunikasi baik data ataupun video tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi dan tentunya tidak harus membayar system engineer atau konsultan yang mahal?

Cisco 300 Series

Buat anda yang sedang menjalankan bisnis kecil tak perlu kawatir harus membeli system komunikasi canggih layaknya perkantoran besar. Untuk koneksi system jaringan internet agar bisa diakses oleh seluruh client computer pada kantor anda maka perlu suatu router, firewall, switch ataupun wireless access point jika anda menghendaki akses wifi kepada client perangkat mobile anda baik Android, iPad ataupun laptop ringan anda.

Untuk itulah Cisco mengerti kebutuhan komunikasi bisnis kecil anda dengan memperkenalkan perangkat Cisco UC300 unified communication yang merupakan system komunikasi terpadu VoIP gateway.

Apa hebatnya produk ini?

Bentuknya kompak kotak persegi dengan warna hitan kelam layaknya router kelas bisnis.

Fitur utama

Cisco series UC300 VoIP Gateway ini mempunyai fitur lengkap untuk kebutuhan voice dan data anda dengan fitur berikut:

Untuk Data

  • Termasuk satu port gigabit WAN untuk koneksi ke broadband modem
  • Sudah termasuk 4xGigabit port LAN yang kelak bisa dikoneksikan keSwitch Cisco ESW500 atau manage switch 300 series untuk ekspansi lebih besar dikemudian hari
  • Dual VLAN untuk segmentasi jaringan local anda
  • Terintegrasi dengan wireless b/g/n access point

Untuk kebutuhan data anda sudah sangat mencukupi untuk jaringan local kantoran anda baik jaringan kabel maupun jaringan wifi.

Dengan kelengkapan empat buah port gigabit bisa anda manfaatkan untuk koneksi langsung computer desktop dengan menggunakan kabel jaringan UTP Cat5e. Jika nantinya bisnis anda berkembang dan jumlah desktop bertambah, maka bisa ditambahkan Switch Ethernet tambahan seperti ESW500 atau sejenisnya.

Untuk menunjang gaya hidup anda secara mobile maka koneksi wifi terhadap beberapa perangkat gadget anda seperti BB, Android, iPad dan laptop lainnya bisa diwujudkan karena UC300 Cisco ini dilengkapi dengan built-in wireless AP dengan standard 802.11b/g/n.

Untuk Voice

  • Mendukung sampai 24 phones lisence
  • 4 buah port built-in PSTN line (FXO) dan bisa digunakan untuk 2 Cisco SPA8800 IP Telephony Gateways untuk maksimum sampai 12 FXO trunks
  • SIP trunks: bisa maksimum sampai 12 panggilan active trunk
  • 1 analog phone atau fax (FXS) dengan fitur FXS-FXO failover dan bisa digunakan untuk dua Cisco SPA8800 IP Telephony Gateways agar bisa memberikan sampai tambahan 8 port telpon analog
  • Bisa mendukung voice mail termasuk notifikasi voicemail ke email
  • Bisa digunakan layaknya system PBX atau key telephone dengan shared line

Integrasi dengan Windows SBS

Untuk solusi terpadu dengan kebutuhan manajemen data bisnis kecil anda bisa memadukan Cisco UC300 ini dengan solusi Windows Small Bisnis Solution (SBS). Anda bisa memanfaatka kedua fitur VLAN untuk memisahkan kebutuhan jaringan data dan voice IP anda. Perhatikan solusi terpadu dari Cisco UC300 series ini dengan Windows SBS seperti terlihat pada gambar diagram berikut ini.

Cisco UC300 terpadu dengan Windows SBS

 

Terlihat pada diagram bahwa jaringan dibagi menjadi dua segmentasi jaringan VLAN dengan jaringan 10.1.1 untuk voice sementara untuk jaringan 192.168.80 untuk jaringan LAN baik kabel maupun wifi. Tambahan Switch ESW500 agar bisa leluasa menambah koneksi IP phones dan computers.

Bagi anda yang berkeinginan untuk membangun jaringan bisnis kecil menengah, anda juga bisa menggunakan versi terbaru dari small business Windows server essentials 2012. Apa kebutuhan jaringan komputer dalam bisnis kecil anda, bisa hubungi kami.

Semoga bermanfaat

You may also like...

3 Responses

  1. Nisa says:

    Pak, saya mau tanya, saya pakai firstmedia internet , lalu saya ada 2 modem sisco yg tipe seri 2 kalo ga salah sama yg dpg 3828, nah karna model utamanya di dalam kamar yg mungkin ke halang tembok jd signalnya , bahkan untuk di kamar depan pun ga terlalu bagus , apalagi di lantai bawah (rmh bertingkat , modem utama lt 2)

    Yang mau saya tanyakan, apakah ke 2 cisco itu bisa dipergunakan agar signal lebih bagus sebahai extender atau apa.. saya kurang ngerti istilahnya hehe..
    Kalau bisa , tolong diberi tau caranya ya pak.
    Makasih

    • Ki G says:

      DPC3828 ini adalah wireless gateway dg DOCSIS 3 cable modem didalamnya. Kalo dilihat specnya dia tidak bisa difungsikan sbg wireless AP atau range extedner. Kalo mo nambah extender cari yg wireless N juga krn model 3828 ini berbasis wireless N. Ato sekalian saja ganti yg wireless AC misal dr TP-LINK Archer CR700 AC1750 DOCSIS 3.0 Cable Modem Router atau sejenisnya.

      • Nisa says:

        Oo pantesan saya buka setimgannua ga ada apa2 hehe
        Trs pak, saya ada modem zte zxv10 w300s ex speedy jaman dahulu (ogi saya pak mau pakenya yg ada aja)
        Kalo zte bisa pak?
        Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.