Bagaimana Setup Wireless Router

Sulitkah membangun suatu jaringan wifi dengan menggunakan wireless router itu? Tentunya bagi kebanyakan orang yang awam terhadap jaringan komputer mungkin sulit. Akan tetapi perangkat jaringan dibuat mudah untuk disetup bahkan oleh siapa saja dengan hanya menggunakan buku manualnya.

Kenapa jaringan Wifi

Alasan kenapa orang-orang membangun jaringan wireless di rumah atau dikantor adalah sifat praktis dan nyaman dipakai. Dengan jaringan wireless dirumah, anda bisa membuat panggilan telpon international ataupun interlocal dengan Wi-Fi (Skype) phone anda dari area mana saja di rumah tanpa harus menyalakan komputer anda. Anda juga bisa berselancar di dunia maya dengan laptop anda di sisi kolam renang anda atau di gazebo, atau dikamar nomor 214 atau dimana saja (kayak rumah di sinetron) tanpa harus repot menarik kabel jaringan. Kebutuhan akan perangkat wireless dan pengetahuan tentang cara setup wireless router pun menjadi suatu kebutuhan yang sering menjadi topik diskusi sekarang ini.

Bagaimana langkah setup

Bagaimana anda melakukan setup jaringan wireless di rumah? Alasan umum kenapa anda mempunyai jaringan wireless di rumah adalah untuk berbagi koneksi sambungan broadband Internet dengan beberapa komputer di rumah. Dan perangkat utama yang anda butuhkan adalah modem dan wireless router, sementara wireless clients (Wi-Fi) umumnya sudah terintegrasi dengan laptop anda, dan untuk komputer desktop anda bisa menggunakan adapter wireless USB. Cara melakukan setup wireless router menjadi suatu pekerjaan yang paling kritis dalam membangun jaringan wireless di rumah.




 

Langkah utama

Sebelum melakukan setup wireless router yang merupakan bagian yang paling kritis dalam melakukan setup jaringan wireless, pada prinsipnya setup jaringan wireless adalah melakukan empat langkah pokok yaitu:

  1. Memilih perangkat wireless anda
  2. Menghubungkan wireless router
  3. Konfigurasi wireless router
  4. Mengkoneksikan client komputer kedalam jaringan wireless

Keempat langkah inilah yang akan kita lakukan dalam melakukan setup jaringan wireless.

1. Memilih Perangkat Wireless

Langkah pertama dalam melakukan setup jaringan wireless adalah memilih perangkat wireless yang anda perlukan dan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pada umumnya anda memerlukan dua macam perangkat wireless yaitu wireless router dan wireless adapter. Jika anda memakai komputer dengan basis Windows, maka pastikan menggunakan perangkat wireless dengan logo Windows (XP/Vista/7/8/10) compatible. Perhatikan salah satu contoh pada gambar berikut ini.

wifi certified dan wps

 

Disebelah kiri adalah logo tanda certifikasi Windows 7 (yang berarti bisa versi sebelumnya – XP; Windows 2000; Vista), dan versi sekarang ini bisa Windows 8 sudah ada. Yang ditengah adalah tanda Wi-Fi certified – certifikasi dari Wi-Fi Alliance bahwa lulus certifikasi untuk compatibility dengan perangkat wireless a/b/g/n dan juga versi wireless ac (biasa untuk perangkat wireless dengan fitur dual-band). Sebelah kanan adalah tanda teknology wifi generasi ke lima (5G) atau umum disebut wireless AC. Ujung kanan terakhir tanda Wi-Fi Protected Setup (WPS) yang merupakan standard kemudahan dalam setup koneksi dengan security standard dalam wireless.

Jika anda membangun jaringan wireless router dari awal, ada baiknya anda memilih standard wireless 802.11n minimum atau wireless ac yang merupakan jaringan wireless tercepat yang ada dipasaran sekarang ini, walaupun masih ada versi wireless ad yang lebih cepat. Tentunya memilih perangkat wireless –N dengan label Wi-Fi Certified seperti pada logo diatas. Atau sekalian saja yang berbasis wireless ac jika budget besar dan untuk rumah besar dan banyak perangkat wifi yang terhubung termasuk Smart-phones Android; iOS atau tablet computer laiinnya.

Simultaneous dual band router

Jika dalam aplikasi nantinya anda akan banyak bergerak dalam bidang streaming High Definition Video, atau Gaming maka pilihlah yang versi dual band (bekerja pada frequency baik 2.4 GHz maupun 5 GHz) misal Linksys EA4500 atau Netgear 4500. Atau yang berbasis wireless ac seperti Netgear C6200 atau Linksys EA6900 tentunya sesuai kebutuhan jaringan wifi anda besar atau kecil saja.

Dengan memilih frequency pada 5 GHz band, maka jalur anda adalah jalur dengan frequency bersih dari gangguan interferency 2.4 GHz yang umum dipakai oleh perangkat wireless umumnya seperti cordless phone, microwave oven, wireless security camera, dan lain-lain.

Kelak teknology wifi semakin berkembang, dan di generasi wifi ke lima (wireless AC) dikenalkan teknology Beamforming dan MU-MIMO (multi user MIMO). Beamforming memberikan signal kuat dan focus kepada client dan teknology MU-MIMO memberikan sekaligus data kepada beberapa client dengan tidak antri satu persatu.

wireless N/AC clients

Jika anda menggunakan laptop, maka untuk laptop versi terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat Wi-fi baik yang support wireless standard 802.11b/g maupun yang terbaru support wireless 802.11n dan 802.11ac. Jika anda membeli laptop baru, pastikan adanya Wi-Fi yang support Wi-Fi standard 802.11n atau Wireless –N atau Wireless ac. untuk desktop komputer tentunya anda memerlukan perangkat wireless external yang umum adalah dari wireless USB adapter, atau versi ac misal ASUS USB-AC53 Nano USB WiFi Adapter Dual-Band, Linksys wireless mini USB AE6000, atau TP-link AC600 (Archer T2U) USB adapter.

Anda juga bisa memilih dari adapter wireless jenis PCI jika anda tidak keberatan membuka casing komputer untuk memasang adapter tersebut. Tentunya PCI tidak gampang hilang kalau di kantoran, kalau dirumahan mendingan pakai yang jenis wireless USB lebih praktis dan gampang.

 

2. Menghubungkan wireless router

Sebelum melakukan setup wireless router dan konfigurasinya, anda perlu menghubungkan wireless router kepada modem, baik Cable modem ataupun DSL modem. Untuk mengetahui apakah modem anda jenis DSL atau Cable, perhatikan kabel yang terhubung di port WAN / Internet pada modem. Jika terhubung ke line Telpon, maka anda berlangganan Internet xDSL (misal Speedy) sementara jika kabel terhubung menggunakan cable coaxial seperti pada Televisi, maka anda berlangganan Cable internet.

diagram wireless network dengan adsl modem

Untuk setup wireless router ini koneksi kan port RJ-45 modem dengan label LAN terhubung kepada port RJ-45 dengan label WAN / Internet / WLAN pada sisi belakang wireless router. Gunakan kabel UTP bawaan dari router (yang biasanya jenis cross cable) untuk menghubungkan keduanya.

Kemudian colok ke power wireless router tersebut. setelah satu atau dua menit maka lampu LED Internet, WAN, atau WLAN pada router tersebut akan menyala yang menunjukkan wireless router berhasil terhubung kepada modem anda.

Akan tetapi, untuk kebanyakan pelanggan Speedy Telkom, hampir tidak digunakan jenis cable DSL tanpa ada fitur routernya. Jadi yang diberikan adalah jenis DSL modem dengan fitur router dalam satu kemasan. Bahkan anda bisa membeli sendiri jenis wireless ADSL router seperti TP-link TL-W8960ND atau versi baru TL-W8980 dual band.

Dalam hal ini perangkat tunggal wireless ADSL modem router sangat simple, hanya koneksi dari kabel telpon langsung ke port RJ-11 dalam modem.

Saat ini Telkom sedang giat mengupgrade layanan internet dengan menggunakan kabel fiber optic (FO) yaitu IndiHome yang memberikan pelanggannya dengan wireless gateway – perangkat ini biasanya berbasis wireless ac150. Kabel FO masuk ke port perangkat ini dan ada 4x port Ethernet LAN untuk koneksi kabel UTP ke PC atau perangkat laptop anda.

3. Konfigurasi wireless router

Langkah berikutnya dalam setup wireless router adalah konfigurasi router. Jika anda menggunakan komputer yang berbasis Windows ada dua cara dalam melakukan konfigurasi wireless router: menggunakan Windows Connect Now untuk WIndows lama Xp dan Cara manual.

Jika wireless router anda support Windows Connect Now (WCN), maka anda akan beruntung. Banyak perangkat wireless sekarang ini sudah di beri label WCN, yang berarti compatible dengan utilitas yang diberikan oleh Windows – Windows Connect Now (WCN). Dengan adanya WCN ini, anda bisa melakukan setup wireless router dengan cepat dan mudah dengan mengikuti instruksi di article Windows Connect Now (WCN).

Akan tetapi kebanyakan sudah disertakan software CD yang bisa diakses lewat PC untuk konfigurasi nya. Atau bahkan untuk router versi terbaru sudah cukup diakses lewat browser anda dengan mengetikkan URL tertentu, atau menjalankan software bawaan router misal Netgear Genie atau Linksys smart-wifi software.

WCN itu model lama, dan yang sekarang biasanya wireless router dilengkapi dengan tombol WPS (wireless protected setup) sehingga untuk perangkat wireless clients yang sudah dilengkapi dengan WPS maka koneksi kedua perangkat cukup dilakukan dengan menekan tombol WPS masing2 router dan client.

Konfigurasi manual

Jika wireless router anda tidak support WCN, maka anda harus melakukannya konfigurasi secara manual dan hampir semua router memberikan manual untuk konfigurasi manual seperti pada langkah berikut ini:

    1. Untuk sementara koneksikan computer anda (dengan menggunakan kabel jaringan UTP bawaan dari wireless router saat anda beli) kepada salah satu port LAN pada router tersebut (port LAN yang bukan di beri label Internet, WAN, atau WLAN).
    2. Hidupkan komputer anda dan secara automatis komputer akan terhubung kepada router.
    3. Buka browser Internet anda dan ketik address router anda untuk memulai konfigurasi router tersebut seperti yang dijelaskan dalam buku manual router tersebut. pada table berikut ini menunjukkan default IP address dari beberapa jenis wireless router yang terkenal berikut username dan password defaultnya.
      Router Address Username Password
      TP-link http://192.168.1.1 admin password
      Belkin http://192.168.2.1 (kosongkan)
      D-Link http://192.168.0.1 admin (kosongkan)
      Linksys http://192.168.1.1 admin admin
      Netgear http://192.168.0.1 admin password
    4. Ketik user name dan password seperti pada table diatas atau lihat buku manual.logon windows
    5. Wireless router akan menampilkan halaman konfigurasi router anda. Hampir semua default pabrik sudah mencukupi, akan tetapi ada tiga hal yang perlu anda perhatikan yaitu:
    6. Seting nama jaringan wireless anda (umumnya disebut SSID) menjadi sesuatu yang unik yang tidak memberikan identitas pribadi anda.
    7. Aktifkan encrypsi Wi-Fi Protected Access 2 (WPA2) untuk membantu anda dalam melindungi jaringan dari tamu yang tidak diundang untuk terhubung kepada jaringan wireless. WPA2 hanya ada pada jaringan wireless terkini dari standard draft 802.11n dan wireless –G yang diperkaya fitur WPA2 ini.
    8. Set password admin anda dengan password yang sangat kuat, agar tidak ada penyusup yang melakukan konfigurasi wireless router anda.

 

Langkah tepatnya tentunya tegantung jenis wireless router anda, anda bisa melihat di buku manual bawaan router tersebut. Setelah anda selesai melakukan konfigurasi inkripsi yang dipakai WEP/WPA/WPA2, dan juga nama jaringan SSID dan juga password, jangan lupa untuk meng klik Save Setting, Apply, atau OK untuk menyimpan setiap perubahan yang dibuat.

Nama jaringan Wireless (SSID)

Suatu SSID (service set identifier) mengidentifikasikan jaringan wireless. Sebagai best practicenya anda seharusnya memilih nama yang anda yakini tidak ada yang memakai dengan nama yang sama di sekitar anda, suatu nama sederhana dan bukan nama yang rumit.

Administrative Password

Langkah terakhir dalam setup wireless router anda adalah mengubah password admin wireless router anda. Suatu password yang bagus adalah password yang tidak gampang ditebak dan setidaknya memiliki kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka, karacter simbol, dan minimum 8 character.

Untuk lebih jauh masalah keamanan password, klik guideline kemanan password disini.

Sekarang anda sudah selesai melengkapi setup wireless router serta konfigurasinya seperti memberi nama jaringan (SSID), setting encryption, memberi password, maka anda sudah siap dengan tahapan terakhir: meng-koneksikan wireless clients kepada jaringan.

4. Menghubungkan Wireless Clients kepada jaringan

Setelah selesai melakukan setup wireless router dan konfigurasinya, sekarang anda sudah bisa menghubungkan wireless clients kepada jaringan wireless anda. Pada umumnya wireless router mempunyai 4 port RJ-45 LAN Switch yang bisa anda pakai untuk menghubungkan komputer secara kabel dengan menggunakan kabel jaringan – untuk komputer yang tidak mempunyai adapter wireless.

Jika komputer anda tidak mempunyai wireless adapter built-in (biasanya dektop computer tidak dilengkapi wireless adapter), maka anda perlu membeli wireless adapter seperti USB wireless adapter. Wireless USB ini sangat diminati karena sangat praktis dibandingkan dengan wireless PCI untuk desktop karena anda tidak perlu membuka casing komputer untuk instalasinya. Windows XP/Vista akan secara automatis mendeteksi adanya adapter baru dan mungkin saja meminta anda untuk memasukkan CD driver dari adapter tersebut. instruksi dari layar akan membimbing anda dalam menyelesaikan proses konfigurasi.

Walau tidak harus dilengkapi dengan service pack 2 pada Windows XP anda untuk jaringan wireless, akan tetapi dengan adanya SP2 keatas maka setting akan menjadi lebih mudah. Windows XP SP2/SP3 juga membantu anda dalam melindungi virus, worms, dan juga penyusup dari internet. Langkah berikut ini jika anda menggunakan Windows XP SP2/SP3. Windows XP akan menunjukkan diketemukan adanya jaringan wireless.

Penemuan jaringan wireless oleh Windows

Penemuan jaringan wireless oleh Windows

 

Untuk menghubungkan komputer anda pada jaringan wireless
  1. Klik kanan icon wireless network pada sisi kanan bawah dilayar komputer anda, dan kemudian klik View Available Wireless Networks. Perlu dicatat: jika ada masalah anda perlu menghubungi dealer dimana anda beli wireless adapter tersebut untuk bantuan teknis.147-wireless-router-setup-3
  2. Akan muncul windows Wireless Network Connection dan menampilkan jaringan wireless dengan SSID yang anda bisa pilih. Jika tidak kelihatan nama jaringan wireless anda, lakukan refresh dengan meng-klik Refresh Network List pada pojok kiri atas seperti gambar berikut ini. Setelah itu pilih jaringan wireless anda dan kllik Connect pada pojok kiri bawah.setup client

 

Setelah komputer anda terhubung pada jaringan wireless, maka tutup windows Wireless Network Connection. Sekarang komputer anda sudah siap untuk browsing internet secara wireless dimana saja di area rumah selama masih dalam jangkauan signal wireless. Anda dengan beberapa komputer yang lain sudah bisa saling share file, document, game online, dan juga share printer.

Artikel terkait lainnya:




You may also like...

50 Responses

  1. Wow I have to say this is great. Even writing that post must have taken you a seriously long time. Thanks for your effort!

  2. adam says:

    mohon bantuannya donk.. saya pake laptop compaq 510. susah banget untuk konek internet pake wifi padahal wirelessnya udah konek..mohon di bantu thx.

  3. Ki says:

    Hi adam, pulau tidungnya mantap …discound dwonk …

  4. ardika says:

    ini yang tak cari selama ini, thanks ilmunya boz.

  5. benny says:

    saya menggunakan dlink dir-600, masalah yg saya hadapi adalah bila router tidak terhubung ke laptop/pc menggunakan kabel lan (walaupun laptop dlm posisi off) maka wifi tidak bisa berfungsi. Bagaimana caranya agar masalah bisa diatasi, wifi bisa berfungsi tanpa router hrs dihubungkan ke laptop/pc dg kabel lan?

  6. Ki says:

    gw pingin tahu dulu konfigurasi dan setting anda kayak apa …? anda terhubung ke internet dg koneksi ke modem? atau gimana?

    jangan2 anda salah pasang kabel antara WAN port ke PC/laptop.
    port WAN mengarah ke modem (port RJ-45) bukan ke pc/laptop …kelihatannya sich anda salah masang …

    periksa lagi …sukses@

  7. toge says:

    bagus bos thenks ya ilmunya ,kalo bisa lebih banyak lagi ya masukin tentang jaringan komputer thenks

  8. cepy says:

    Minta Tolong dong
    Saya ingin memasang wireless router TP Link 3220
    Kondisinya adalah:
    dalam ruangan saya sudah terpasang sebuah switch 4 port dengan setting DHCP
    saya ingin menambahkan TP 3220 yang mempunyai 4 port dengan maksud untuk menambahkan jumlah client serta menambah wireless connection….

    mohon penjelasan mengenai konfigurasiya

    terima kasih

  9. ki says:

    @Cepy: tp-3220 bisa 3g ato koneksi ke adsl/cable modem. Nah agan pakai koneksi kemana? 3g ato modem adsl. Sebenarnya keduanya secara default bisa langsung jalan baik wired maupun wireless. Kalo sudah ada switch ya bisa di ekstensi ke router.

  10. Muhammad Rizal says:

    saya lupa nama dan paswod saya gimana cara menyetingnya lagi??????? mohon bantuannnya gan.

  11. ki says:

    biasanya tiap router punya tombol reset dibelakangnya …coba direset dengan menombolnya pakai pensil, maka semua konfigurasi kembali ke default …router apaan gan?

  12. mshidee says:

    hai , saya nak buat buat rangkaian internet di rumah. skrg saya ada dlink modem wireless ADSL outer dan wireless router dlink dir-300.cuma saya nak tahu kenapa rumah jiran saya yg jarak lebih kurang 50 meter, signal hanya 2 bar shaja .adakah saya perlu tukar wireless AP .sekian terimajkasih

  13. ki says:

    Modemnya apa? Dlink modem wireless ADSL kan sudah ada fitur routernya (wireless ADSL gateway), jadi gak perlu ditambah DIR-300 yang merupakan wireless router. Mestinya ditambah wireless repeater untuk menjangkau lebih jauh misal TPlink TL-WA5210G yang bisa sampai kilo meter.

  14. May says:

    Halow… saya mau tanya.. mengapa HP saya walaupun connect wifi, tapi tidak bisa inetan apabila pc saya tidak nyala, sedangkan klo pc saya nyala, wifi bisa digunakan untuk inetan di HP saya.. untuk kabel WAN port sudah nyambung ke modemnya (bukan pc)… saya menggunakan TP-Link WR340G..sedangkan sebelumnya walaupun pc off, saya masih bisa wifi-an tanpa kendala.
    terimakasih

    • Ki says:

      TP-Link WR340G ini wireless router yang emang konek ke modem baik adsl maupuan Cable, emang ISP nya pakai apa, speedy ato apa? Terus PC-nya konek ke router ato gimana? yang jadi dhcp router ato pc?

  15. riand says:

    Maaf, mo tny. Sy pny router adsl dlink dsl2750e. Bisa ga ya dikoneksiin k cable modemnya firstmedia? Kalo ya….tolong caranya. Thx

    • Ki Gr says:

      dsl2750e itu untuk layanan broadband DSL, sementara Fastnet itu layanan Cable. jadi dsl2750e tidak bisa dipakai untuk layanan cable. Kalo yang model all-in-one gini buat Cable bisa pakai Motorola SBG6580

  16. yuda says:

    om mohon bantuan , kalau usb wifi adapter untuk nangkap hotspot wifi di hubungkan langsung ke router bisa ga ya ?

    • Ki Gr says:

      usb adapter wifi dikoneksikan ke router maksudnya?

      Yach USB wifi dipasang di kompi ato laptop dan koneksi jaringan wifi ke router. Itu kah maksudnya?

  17. Dika Ayu says:

    saya baru beli D-link N150, saya pake modem Bolt dan kata yg jual, Dlink ini bisa utk repeater, saya bingung cara setup nya supaya wifi modem ke Dlink nya connect itu gimana yah??
    mohon info step nya mas.
    makasiihh 🙂

    • Ki Gr says:

      Dlink N150 ini adalah wireless router dan harus connect ke modem murni (tanpa router) untuk bisa memberikan layanan wifi. Modem bolt ini sudah termasuk router nya nggak? Kalau memang sudah ada routernya dan ada port Ethernet maka port ini dikoneksikan ke wireless access point. Kalau modem ini ada wifi nya yach memang untuk memperpanjang jangkauan harus dikasi wireless range extender.
      Setahu saya sich router ini adalah wireless router N150, saya dari spec data kok gak ada informasi bisa disetup sebagai wireless range extender.

      • Dika Ayu says:

        Iya mas, kata yg jual bisa sebagai repeater makanya saya beli.
        modem bolt saya hanya wifi aja, bkn router.

        Yg jadi masalahnya, stelah saya connect Dlink nya ke laptop via wireless, trus saya buka IP 192.168.0.1 dr broser (sesuai petunjuk) tetapi malah website is not available.

        Itu kenapa yah mas?
        makasih 🙂

  18. arsyah says:

    Saya pakai jaringan speedy dan saya sudah beli router d link n 150, kenapa ko tidak bisa terkoneksi dri modemnya spedy k d link nya ya ? Dstu masih down saja pa, sudah di setting oleh teknisi spedy mah blm bisa jg.

    • Ki Gr says:

      modem dari speedy itu bukan modem murni, akan tetapi sudah include didalamnya router. Sementara dlink n150 itu wireless router, jadi router ketemu router tidak bisa, harusnya router ketemu wireless access point. Mendingan ganti saja dengan Tplink w8961nd pengganti modem speedy sekaligus menjadi wifi.

  19. James says:

    Halo mas, maaf mau tanya, saya baru beli d-link DSL-2750E untuk ganti modem bawaan speedy TP-LINK TD_8817,saya sudah ikuti wizard setting via Cd, juga sudah coba setting via kabel Ethernet tanpa Cd, password dan username speedy sudah benar, tapi tetap gak mau Connect Internet, bisa bantu solusinya mas? Terimakasih sebelumnya mas

    • Ki Gr says:

      Ada yang diset khusus dari Telkom selain user dan password speedy ada yang namanya PVC dan VCI/VPI. yang biasanya bernilai 0 dan 35. Akan tetapi bagusnya telpon ke 147 minta di guide bisa saja nilai VPI dan VCI itu beda.

  20. anam says:

    maaf pak numpang tanya…
    saya punya pc dengan koneksi internet melalui wifi tetangga saya,,saya menggunakan tp link tl w722n,,
    tetapi saya ingin membuat hotspot sendiri dari pc itu,,
    kira” yang diperlukan hardware apalagi ya pak..
    mohon bantuannya dan penjelasannya..

  21. iwan says:

    mohon info nya. pemasangan wife dengan akses internet nya ke LAN apakah bisa ? dan apa saja perangkat yang harus di siapkan.Biasanyakah akses internet via telp.

  22. atok says:

    Pak, sy mau tanya.
    Kalo mau buat warnet misalnya 36 komputer, pakai alat apa aja? Soalnya belum ada jaringan telepon. Tolong pencerahannya n cara kerjanya masing-masing alat tsb? Pake jaringan LAN atau gmn baiknya?

  23. Yuan says:

    Saya ingin bertanya pa.

    Apakah bisa melakukan seting router tanpa pc (pake android saja)?

    Karena pc hilang dan yang ada sekarang hanya hp android (s3 mini).

    Rencananya ingin membeli modem usb dan router wireless tapi apa bisa di konfigure hanya melalui smartphone tanpa menggunakan pc?

    • ki Grinsing says:

      Ada beberapa model wifi router terbaru semua bisa dilakukan lewat smartphone seperti linksys seri ea…dan juga TP-link yg ada Tether app…semua bisa dilakukan lewat android.
      Sebentar ini untuk modem cellular 4g atau speedy?

  24. kiki says:

    F660 bisa diperluas jangkauan wifinya dgn menambahkan netgear dgn1000ss? Caranya bgmana. Mksh.

    • ki Grinsing says:

      setahu ane dua2nya modem dech …dgn1000 emang adsl wifi, mestinya bisa dijadikan range extender. Coba lihat aja di menunya apa bisa di konfigure sebg range extender ….?

      • kiki says:

        Sudah dicoba pake kabel. Bisa connect, setelah di matikan berikutnya tdk bisa connect lagi. Kira2 mslhnya dimana ya.mksh ki.

      • ki Grinsing says:

        kalo koneksi pakai kabel bukan range extender itu …setahu ane sich dgn1000 hanya sebagai adsl modem router saja tidak bisa digunakan sebagai range extender…

  25. ar fen says:

    malam ki.. komputer di kantor koq tiba2 minta security code, dikantor pake d-link tapi gak tau yg tipe apa.. ada solusi gak ki? sy newbie kl soal jaringan,,, makasih

    • Ki Gr says:

      tiba-tiba minta password …ini wifi ato apa..? Bisa aja emang wifi ber ‘password – protected, dan di laptop ente profile wifi hilang atau password diubah ..oleh admin …tanya admin nya dingk…

  26. tutorialsmu says:

    saya punya wireless extender tetapi kenapa tidak mengeluarkan jaringanya sendiri yah ??
    jadi saya tidak bisa melakukan setting,,

    lalu kenapa ketika saya melakukan reset pada wifi extender tidak terdeteksi melalui komputer yah ??

  27. tifani says:

    mau tanya di cisco packet tracer, wireless router bisa terkoneksi/mengirim pesan ke router namun dari router ke wireless router tidak bisa. apakah memang begitu? jika router tidak bisa terkoneksi /mengirim pesan dengan wireless router

  28. lorock says:

    hmmmmmmmmm…………………………….cisco packet tidak tersedia, dia paling hemat dengan wifi d-link

  29. Seputar IT says:

    bagus gan lengkap pembahsanannya, rekomendasi untuk ilmu jaringan ni blog, sukses gan.

  30. William F.W says:

    sangat membnatu

  31. Aditya.O says:

    sangat membantu

  32. Edy says:

    Bagaimana cara mengembalikan tcp/ip v4 yg hilang di windows xp.
    Saya pakai fiberhome telkom dengan modem zte AN5506-04-FG.
    Terimakasih.

    • Ki Gr says:

      Windows XP coba masuk ke konfigurasi TCP/IP dan tambah protocolnya ‘tcp pokoknya ada disekitaran add protocol, tambah tcp

  33. Alfa saifi says:

    Kenapa d link dir 600m yang Saya aktifkan sebagai WiFi repeater suka hilang sinyalnya. Tapi kemudian muncul kembali. Sehingga android yg konek ke Situ jadi putus nyambung sendiri.
    Terima kasih atas jawabannya.

    • Ki G says:

      d link dir 600m itu wireless N150 router kalo tak lihat di datasheetnya dan bisa dipakai sbg repeater
      connect ke mana mungkin saja tdk compatible sbg repeater ke wifi lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.