Samsung Galaxy Tab 10 1 Vs Apple iPad 2

Loyal terhadap brand

Banyak orang loyal terhadap suatu merek tertentu dalam memilih suatu produk termasuk gadget dan computer. Misal saja di Amerika, kebanyakan orang sana gandrung banget dengan namanya produk Apple. Apapun keluaran produk baru besutan dari Steve Jobs selalu ditunggu kemunculannya dan bahkan untuk suatu rilis produk baru mereka rela antri berhari hari di satu gerai untuk mendapatkan produk perdana dari suatu produk Apple. Sebut saja produk keluaran iPad Air dan iPhone 6S, mereka selalu rela antri untuk produk perdana bahkan sampai berhari-hari mengantri sambil menginap. Sungguh gila menurut saya sich … just wasting the time.




 

Catatan: Situs ini banyak membahas masalah jaringan komputer, masalah dan cara troubleshootingnya. Klik disini untuk pengenalan jaringan komputer. khusus untuk bahasan mengenai Smartphone dan perbandingan klik disini Gadget dan Smartphone anda.

Tapi masih banyak juga orang yang tidak hanya memilih produk berdasarkan merek atau branderd tertentu, akan tetapi mereka sabar menunggu dan membaca review dari mereka yang sudah terlebih dahulu membeli produk tersebut sambil membanding bandingkan dengan produk pesaingnya.

Spec iPad Vs Galaxy Tab

Saya tidak akan sedang membahas iPhone 4S akan tetapi memberikan perbandingan spec dan fitur dua produk terkenal dipasaran yaitu iPad 2 dan Samsung Galaxy Tab 10.1. Bagaimana anda bisa melihat perbandingan antar kedua produk yang selalu dalam persaingan di pasaran ini? Sebenarnya ketenaran iPad tidak terbendung di pasar seluruh dunia, terbukti dari data penjualan iPad terjual menembus sampai 30 juta. Ini hal luar biasa dari suatu produk yang tidak tergolong murah harganya untuk ukuran kebanyakan orang Asia / Indonesia utamanya yang dipatok sekitaran $490 an per unit.

Samsung Galaxy Tab 10.1

Table berikut anda bisa lihat perbandingan fitur dan spec kedua produk untuk memudahkan anda memilih apa hebatnya suatu produk.

Apple iPad 2

Performance

Samsung Galaxy tab 10.1, seperti halnya produk tablet computer pada umumnya, diusung dengan processor mobile NVIDIA Tegra dual core 1GHz dengan 1GB RAM dan diusung juga dengan OS Android honeycomb 3.1. Apple iPad2 diusung dengan processor khusus untuk Apple yaitu dual core A5 processor. Android adalah open source OS, sementara Apple iPad menggunakan iOS 5 yang merupakan OS berbasis Unix,  proprietary dari Apple sendiri. Dengan platform iOS 5, maka ada sekitaran 140,000 applikasi tersedia khusus untuk iPad yang bisa anda gunakan untuk iPad anda. Dengan Android, karena merupakan open-source, setiap program developers bisa membuat applikasi berbasis Android ini.

Keduanya menggunakan processor dual core, artinya processor yang bisa bekerja / berproses dua tasks secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan dibanding dengan hanya single processor.

Apple iPad tidak menspesifikasikan berapa internal memory yang di pasang di iPad, akan tetapi Samsung (dan juga hampir sebagian besar table computer) menggunakan memory internal 1GB. Sementara internal storage bisa antara 16GB sampai 64GB. Tentunya anda tidak berharap mempunyai internal storage kayak computer desktop atau laptop anda yang bisa mempunyai hard disk sampai 1 tera-byte atau bahkan lebih, karena iPad atau Samsung bersifat mobile device yang bisa dibawa kemana-mana dalam tas anda.

Tapi masalah storage, Apple memperkenalkan iCloud yang memudahkan anda menyimpan semua document anda termasuk file multimedia yang anda beli dari iTune untuk disimpan di layanan iCloud dan bisa diakses kapan saja bahkan oleh semua perangkat Apple anda termasuk iPhone, iTune dan iPad, disimpan secara wireless dan samar.

Tidak seperti iPad dengan iCloud nya, Samsung menawarkan Samsung media hub app yang sudah di preload pada gadget anda sehingga anda bisa menikmati koleksi filem dan TV shows dan program favorite anda lainnya secara instant – sehari setelah program tersebut on air bahkan program musim-musim sebelumnya.

iPad dikemas dengan battery yang tahan sampai 10 jam, sementara Samsung Galaxy sampai 8 jam dengan menggunakan Lithium-polimer.

User Interfaces

Kedua Apple iPad dan Samsung Galaxy menggunakan display layar yang dilengkapi dengan kepekaan touchpad tapi dengan density yang sedikit berbeda. Samsung mempunyai density yang lebih padat yaitu 150dpi (dot per inch) disbanding iPad yang hanya 132dpi. Tentunya mata kita sulit membedakan perbedaan ini, tapi yang jelas Samsung lebih unggul.

Untuk koneksi ke Internet, keduanya dilengkapi dengan Wifi adapter yang support dual band baik 2.4 maupun 5GHz band. Keduanya memang diutamakan untuk bisa menampilkan streaming video yang halus dan juga gaming yang sangat responsive, makanya dilengkapi dengan Wifi dual band dimana 5GHz band adalah ideal untuk keperluan streaming dan gaming karena relative lebih kebal terhadap interferensi disbanding 2.4GHz band. Maka untuk jaringan Wifi di rumah, maka gunakan wireless router yang support dual band juga missal Linksys E4200 N750 ataupun Netgear WNDR4500 N900 yang baru.

Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari table berikut ini Samsung galaxy Tab Vs iPad 2.

 Tabel perbandingan

  Samsung galaxy Tab 10.1 Apple iPad 2
Price (MSRP) Mulai  at $499.99 mulai at $499.99
Processor NVIDIA® Tegra™ 1.0GHz dual-core CPU Dual core A5 chip Processor
Memory 1GB RAM Tidak diketahui
Storage Internal 16GB / 32GB Tersedia dari 16GB sampai 64GB
Display 10.1” Widescreen HD WXGA TFT Display (1280×800) 9.7-inch widescreen with IPS technology

1024x768p at 132 ppi

Fingerprint-resistant oleophobic coating

OS Android 3.1, Honeycomb iOS 5
Connectivity Dual band 802.11a/b/g/n Wi-Fi adapter; Bluetooth 2.1+ EDR Connectivity Wi-Fi: 802.11a/b/g/n

Bluetooth 2.1 + EDR technology (3G for 3G version)

Camera Depan 2.0 Megapixel
Belakang  3.0 Megapixel Auto Focus dengan Flash
 

Depan camera: Video recording, VGA up to 30 frames per second with audio; VGA-quality still camera

Photo and video geotagging over Wi-Fi

Dimension (W x H x D) 10.1×6.9×0.34 inch (256.54×175.26×8.64mm) 7.31×9.50×0.34 inch (185.7×241.2×8.8 mm)
Berat 19.9 Ounces (oz) / 565.16 Grams (g)  

  • With Wi-Fi: 21.28 Ounces (oz) / 601grams
  • With Wi-Fi + 3G: 21.37 Ounces (oz) / 607 grams
Battery Li-Polymer, 7000 mAh 7-8 hours Model dengan Wi-Fi saja:

  • Built-in 25-watt-hour rechargeable lithium-polymer battery
  • Up to 10 hours of surfing the web on Wi-Fi, watching video, or listening to music

 

Model dengan Wi-Fi + 3G:

  • Up to 9 hours of surfing the web using 3G data network

 

User interface No SD; No USB 30-pin dock connector port

3.5-mm stereo headphone mini-jack

Built-in speaker

Microphone

Micro-SIM card tray (for Wi-Fi + 3G model)

Language Supports Up to 34 languages worldwide



Lihat juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *