Jenis Piranti atau Perangkat Jaringan Komputer

Pendahuluan

Apa saja perangkat jaringan komputer itu? Secara garis besar bisa dijelaskan sebagai berikut:

  1. Hub kuno – berbagi bandwidth untuk semua piranti jaringan yang terhubung kepadanya
  2. Switch
  3. Router dan Firewall
  4. Modem
  5. NIC Adapter



 
Semua piranti tersebut kebanyakan beroperasi pada layer 1; layer 2 dan layer 3 pada model referensi OSI. Router Cisco beroperasi pada layer 3 dari model OSI. Sementara Bridge; Switch beroperasi pada layer 2 pada model OSI. Pengetahuan mengenai semua jenis piranti ini sangat penting bagi anda dalam merancang suatu system jarkom seperti pada scenario jaringan di tambang Guinea sebelumnya.

Berikut akan dijelaskan secara lebih rinci dari semua jenis perangkat jaringan secara garis besar.

 

1. Ethernet Hub

Hub merupakan salah satu perangkat jaringan komputer yang sudah dianggap kuno yang tidak bisa memanfaatkan bandwidth jaringan dengan efisien. Makanya kita tidak akan memakai perangkat Hub ini, akan tetapi setidaknya kita harus tahu kenapa piranti Hub ini tidak popular dan tidak direkomendasikan dalam infrastruktur system jaringan.

Ethernet Hub beroperasi pada layer 1 pada model OSI yang berfungsi sebagai repeater multiport atau hanya sebagai amplifier saja. Perangkat Hub memakai bandwidth terbatas (10Mbps) secara bersama-sama dengan semua piranti jaringan membentuk satu collision domain dan satu broadcast domain. Karena mekanisme kendali collision CSMA/CD dan juga keterbatasan berbagi Ethernet, Hub secara efectif hanya mengijinkan keluaran jaringan terbaik pada 30-40% saja. Bandwidth ini kemudian dibagi secara bersama-sama antar semua piranti jaringan dalam LAN. Pada trafik jaringan dengan transmisi rate yang sangat tinggi, pemakaian collision domain tunggal (topology Hub) menghasilkan statistic data collision yang sangat tinggi, terputusnya client; dan data transmisi yang berulang. 

 

Piranti Jaringan - Hub

Piranti Jaringan – Hub

 

Penggunaan Hub pada jaringan LAN berkecepatan tinggi akan menghasilkan kinerja jaringan yang sangat buruk, data collision yang berlebihan, dan berpotensi pada performa yang terputus-putus (time-out) bahkan putus sama sekali terhadap jaringan. Hubs juga memungkinkan data disusupi dan informasi sensitive bisa dicegat.

2. Switch

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang bisa menaikkan kinerja tingkat keluaran jaringan lebih besar. Switch memungkinkan kita mengupgrade atau migrasi ke jaringan campuran 10/100 Mbps atau bahkan lebih tinggi, dan jauh mengurangi pengaruh dari data collision pada jaringan.

Switch yang cerdas menawarkan berbagai kinerja dan keuntungan manajemen termasuk pendefinisian virtual LAN (VLAN) dan kemampuannya untuk melaksanakan kendali multicast (perlu dalam aplikasi konferensi video). Beberapa switch juga mendukung kemampuan untuk pelaksanaan agregasi link khusus yang bisa memberikan tambahan bandwidth kepada LAN jika diperlukan. Dalam Windows server 2012 OS memberikan fitur NIC teaming yang memungkinkan kita menggabungkan dua atau lebih NIC adapter menjadi satu bandwidth atau bersifat redundansi dan failover.

Switch mempunyai mempunyai karakteristik seperti berikut:

1. Mempelajari address MAC dari perangkat jaringan yang terhubung kepadanya.

2. Table address MAC dibangun dan dipelihara

3. Frame broadcast/multicast di lepas ke semua port

4. Spanning Tree protocol (STP) digunakan untuk menghilangkan bridging loops (yaitu suatu sinyal broadcast yang tidak berujung alias sinyal yang mulek).

Salah satu Switch jenis adalah TP-link TP-link TL-Sg3452. Switch ini harganya lebih ekonomis dibanding produk dari Cisco atau HP akan tetapi kinerja tidak perlu diragukan untuk mendukung jaringan korporasi anda. Switch ini memiliki port sebanyak 48 yang juga mendukung VLAN STP, dan juga port trunking.

Klik disini untuk spec detail TL-Sg3452.

Perangkat jaringan komputer Switch yang bagaimana yang direkomendasikan untuk diterapkan dalam suatu system jaringan?

1. Bisa memberikan koneksi switch minimum 100 Mbps kepada desktop

2. Bisa memberikan koneksi switch 1Giga kepada server atau inter-switch (uplink)

3. Mendukung command line, SNMP v2 dan Telnet

4. Mendukung Spanning Tree Protocol (STP)

5. Mendukung VLAN

6. Mendukung virtual trunking protocol untuk koneksi VLAN antar switch-switch

7. Mendukung protocol STP per VLAN basis

8. Bisa mendukung IP multicast

 

Piranti Jaringan - Switch

Piranti Jaringan – Switch

 

Perhatikan diagram jaringan diatas ini yang menggambarkan kebutuhan minimum sebuah switch dan koneksi ke server dan workstation atau desktop komputer dalam skala bisnis kecil. Antar server dan switch perlu koneksi Gigabit.

3. Router dan firewall

Piranti atau perangkat jaringan komputer yang bekerja pada layer 3 pada model OSI adalah Router. Router bisa memberikan koneksi inter-network dan memungkinkan membuat forwarding paket data menjadi lebih cerdas. Router dipakai untuk menghubungkan jaringan LAN ke layanan Wide area network (WAN) dan secara opsional memberikan keamanan jaringan melalui paket filtering (extended access-lists).

 

Piranti Jaringan - Router

Piranti Jaringan – Router

 

Hardware Router itu kayak komputer juga yang mempunyai komponen internal memory dari router yang seharusnya anda kenal:

1. ROM: sudah terprogram, memory yang tidak bisa ditulis yang menyimpan program bootstrap – yang merupakan system operasi dari router yaitu software IOS dan juga program Power-on-self-test (POST) yang merupakan program yang dijalankan saat router dihidupkan.

2. Flash: memory yang non-volatile tapi bisa diprogram yang menyimpan program paten system operasi Cisco (IOS).

3. RAM: merupakan memory volatile yang mengandung system operasi yang sedang beroperasi dan juga mentimpan konfigurasi dari router termasuk routing table.

4. NVRAM: memory yang volatile tapi bisa tetap, yang menyimpan salinan backup dari file configurasi startup (startup-config) dan juga register dari konfigurasi virtual.

Catatan: isi dari memory non-volatile (seperti ROM, flash, dan NVRAM) akan tetap tersimpan saat router dimatikan. Isi dari memory volatile (RAM) akan hilang jika router dimatikan.

Karakteristik sebuah perangkat router

Yang berikut adalah karakteristik dari router yang perlu anda fahami:

1. Untuk semua tujuan address dimana data akan dikirim, maka address layer 3 akan dipakai (yaitu address jaringan)

2. Pemilihan jalur selalu optimal

3. Forwarding paket berdasarkan data isian pada tabel routing. Jalur optimal dapat dipilih dari kemungkinan banyak pilihan jalur.

4. Router menggunakan protocol routing untuk menkomunikasikan informasi routing dengan roouter lainnya. Untuk jaringan-2 yang berskala besar sangat dianjurkan untuk memakai routing dynamic seperti RIP; EIGRP; OSPF.

5. Secara default, semua paket broadcast akan di blok.

6. Harus menggunakan kedua address layer 2 (MAC) dan juga address layer 3.

7. Security dan pengendalian dapat diimplementasikan pada layer 3 dengan menggunakan extended access-list.

 

Kebutuhan minimum sebuah router

Pemilihan perangkat jaringan komputer yang berupa router untuk infrastrucktur WAN anda haruslah memenuhi persyaratan standard berkut:

1. Mendukung IP routing

2. Seharusnya modular dan rack-mounted (hanya opsional)

3. Mendukung protocol routing OSPF untuk koneksi ke jaringan core global corporate WAN anda

4. Mendukung jenis koneksi WAN jika memang diperlukan seperti frame relayISDN; analog PSTN dan ATM.

5. Mendukung paket filter (extended access-list)

6. Untuk Cisco haruslah dengan IOS 12.1 keatas

7. Mendukung interface command line, telnet dan manajemen SNMP v2

8. Mendukung IP multicasting (CGMP, IGP dan PIM)

Fungsional internetwork sangat dipengaruhi oleh kinerja dan opsi konfigurasi yang diberikan oleh layanan interkoneksi WAN. Pada piranti router low-end yang tidak direkomendasikan, opsi seperti Quality of service (QoS), IP multicasting dan access-list extended kemungkinan tidak tersedia, sehingga aplikasi seperti VoIP dan kolaborasi message interactive menjadi tidak mungkin.

4.Modem

Modem in adalah satu perangkat jaringan komputer sebagai interface antara jaringan local di tempatkan dirumah pelanggan dengan jaringan local office penyedia layanan WAN / internet. Modem biasanya disediakan oleh penyedia layanan broadband internet anda (ISP) ketika anda menandatangani kontrak berlangganan internet. Kebanyakan modem mempunyai fitur NAT (network address translator) yang merupakan fitur sebuah router.  Modem yang mempunyai fitur NAT (router) memungkinkan kita berbagi sambungan internet dengan beberapa komputer yang ada pada jaringan.

Untuk modem murni (tanpa fitur NAT) anda perlu menambahkan sebuah wireless router untuk membuat suatu jaringan wifi, sementara modem dengan fitur NAT anda perlu menambahkan sebuah wireless access point agar bisa berbagi internet lewat koneksi wifi.

5. NIC adapter

Pada sebagian komputer kuno tidak dilengkapi dengan sebuah NIC adapter. sementara komputer jenis baru sekarang sudah dilengkapi dengan NIC adapter. NIC adapter adalah perangkat jaringan komputer yang merupakan interface penghubung antara komputer dengan perangkat switch agar bisa tergabung dengan jaringan. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini macam-macam kartu jaringan.

Semoga bermanfaat, Salam




You may also like...

11 Responses

  1. dion says:

    bisa minta keterengan2 yang lengkap tentamg piranti jaringan dan media transmisi??terimakasih sebelumnya….

  2. nens says:

    webnya asik n bermanfaat banget.
    aku mau bangun jaringan pada warnet, tapi aku ga terlalu ngerti jaringannya n seperti apa baiknya?
    komputernya ada 5. rencananya 1 sebagai server n 4 jadi clien.
    ngulas tentang cara2 membangun jaringan pada warnet donk… thx

  3. Ki says:

    Coba artikel yang ini Jaringan Komputer Sederhana mengenai konsep sederhana jaringan komputer dirumah.

  4. rudi says:

    wah lengkap banget, ikut numpang belajar ya,terimakasih

  5. himawan says:

    to: Admin

    Apakah bisa di jelaskan atau di berikan solusi gimana cara add printer dari laptop yang menggunakan wifi kedalam komputer n server di kantor.

    Teima kasih

  6. nizar says:

    malam MAs…

    saya mau tanya… punya link situs yang bahas rangkaian elektronika di dalam perangkat jaringan g mas….

    seperti rangakaian komponen switch, router, repeater dan lain2.

    makasih tolong mas… di kirim linknya ke email saya…

    terima kasih sebelumnya…

  7. intan says:

    terimakasih atas infonya…

  8. ditanbah lagi materinya yg lebih lengkap,,,,donkk

  9. Ki Grinsing says:

    kalo waktu senggang boleh lah ditambah …request materi pa’an?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *