Memperbaiki Kinerja Jaringan Wifi

10 Tip Untuk Meningkatkan Performa Jaringan Wireless Anda di Rumah atau di Kantor

Bagaimanan meningkatkannya?

Dalam suatu jaringan wireless di rumah atau dikantor, tentunya kita berharap bahwa koneksi komputer kepada jaringan wireless handal dan kuat tanpa putus-2. Jika anda sering memperhatikan lemahnya sinyal wireless di komputer anda, seperti yang ditunjukkan di pojok kanan bawah di layar komputer layaknya sinyal telpon GSM, ini menunjukkan bahwa kekuatan sinyal tidak sekuat seperti yang anda harapkan.

10 Tips

Jika anda ingin memperbaiki stabilitas dan kekuatan sinyal wireless dirumah atau di kantor, tip-tip berikut ini bisa anda coba untuk memperbaiki performance jaringan wireless anda.




 

Tips #1 Posisikan wireless router atau wireless access point di tengah-tengah lokasi

Jika memungkinkan, posisikan wireless router atau wireless access point anda di tengah-2 rumah atau pusat lokasi. Jika wireless router ada disisi sebelah tembok, maka disisi sebelah yang lain akan menjadi sedikit melemah. Jika terasa tidak mungkin untuk memposisikan di tempat yang lebih central, maka coba tip yang lain berikutnya.

Tip #2 Pindahkan router dari lantai dan jauhkan dari tembok-tembok dan object yang terbuat dari metal.

Metal, tembok, dan lantai akan berinterferensi dengan sinyal wireless router anda. Semakin dekat wireless router anda dengan object-2 tersebut, semakin kuat tingkat interferensinya, dan akibatnya adalah semakin melemahnya koneksi.

Tip #3 Ganti antenna router anda

Antenna bawaan dari wireless router di rancang untuk arah Omni, artinya broadcast kesemua arah disekitar router. jika wireless router anda berada disisi dalam tembok luar rumah anda, maka separuh atau sebagian besar kekuatan sinyal akan mengarah ke luar rumah dan sia-sia terbuang. Kebanyakan dan sebagian besar router tidak memungkinkan anda untuk memperkuat power keluaran, akan tetapi anda bisa memanfa’atkan nya menjadi lebih baik. Upgrade antenna anda menjadi antenna yang high-gain yang bisa memfokuskan kekuatan sinyal wireless hanya ke satu arah saja dan diarahkan ke area yang paling banyak dipakai saja.

 

Hi-Gain USB Antenna

Hi-Gain USB Antenna

Tip #4 Gantilah adapter network wireless computer anda

Sinyal-sinyal jaringan wireless harus dikirim dan diterima dari dan ke komputer. terkadang sinyal wireless bisa diterima sangat kuat dari komputer anda, akan tetapi komputer anda tidak cukup kuat mengirim sinyal kembali keluar dari komputer ke router. untuk meningkatkan kekuatan sinyal dari komputer, gantilah adapter wireless di laptop anda dengan suatu wireless adapter USB yang menggunakan suatu antenna external. Misal, anda bisa mempertimbangkan USB wireless adapter dari Hawking, yang menambahkan high-gain antenna external ke komputer anda yang secara significant memperbaiki jangkauan sinyal.

Laptop yang mempunyai Wi-fi built-in biasanya mempunyai kualitas yang sangat bagus, dan biasanya tidak memerlukan upgrade.

Tip #5 Tambahkan suatu wireless repeater

Wireless repeater / range extender memperluas jangkauan wireless network anda tanpa memerlukan tambahan kabel. Letakkan di pertengahan antara wireless router dengan komputer anda maka akan didapatkan kecepatan yang sangat bagus kepada kekuatan sinyal wireless anda.

Tip #6 Ubahlah channel wireless anda

Wireless router bisa broadcast menggunakan beberapa channel yang berbeda, seperti halnya channel pada station radio dengan channel-2 yang berbeda. Mungkin saja anda akan mendapatkan salah satu channel mempunyai kekuatan sinyal yang kuat, melebihi dari channel yang lain. Hal ini bisa anda lakukan dengan mengubah konfigurasi pada router anda dan perhatikan apakah ada perubahan pada setiap channel yang berbeda. Adapter wireless biasanya secara automatis mendeteksi perubahan channel ini.

Tip #7 Kurangi interferensi wireless

Jika anda menggunakan cordless telpon, maka komputer anda akan terganggu karena sinyal telpon cordless yang menggunakan freqyuency 2,4 GHz ini. Disamping itu, microwave oven juga mempengaruhi interferensi sinyal router ini. Ada baiknya dalam design awal, anda menggunakan wireless router yang menggunakan fitur dual-band – menggunakan baik frequency band 2,4 GHz maupun 5 GHz. Dengan fitur dual-band, anda bisa browsing, email, chatting menggunakan frequency band 2,4 GHz, sementara untuk streaming high definition video yang memerlukan layanan berkualitas (QoS), anda bisa menggunakan frequency band yang relative tidak mempunyai banyak interferensi – frequency band 5 GHz.

Banyak sekarang ini wireless router yang menggunakan fitur dual-band seperti TP-link Archer C9, Asus RT-AC86U, maupun NETGEAR Nighthawk X8 wireless AC router yang yang merupaka wifi router dual / three band router berbasis wireless AC.

Sementara untuk wireless adapternya anda juga bisa menggunakan yang ber fitur dual-band, misalkan WMP600N Linksys Wireless –N PCI Adapter, ataupu WUSB600 Linksys USB wireless adapter.

Tip #8 Update firmware dari wireless / wifi router dan wireless adapter anda

Produsen router / wireless adapter selalu merilis update firmware secara gratis untuk didownload untuk salah satunya memperbaiki performa dari router. beberapa jenis wireless router akan meng-update sendiri secara automatis jika ada rilis update terbaru saat di koneksi kan ke internet.

Sama halnya dengan windows yang juga bekerja sama dengan beberapa vendor wireless adapters untuk merilis update lewat windows update yang disebut sebagai driver update. Update ini biasanya memperbaiki performa dan reliabilitas dari adapter ini. Untuk melakukan driver update dari windows lakukan yang berikut ini:

Untuk windows XP keatas: kunjungi Microsoft Windows update di https://update.microsoft.com/microsoftupdate/ klik custom dan tunggu sementara Windows mencari udate terbaru komputer anda.

Tip #9 Gunakan satu vendor tunggal untuk semua wireless device anda

Walaupun hampir semua piranti wireless sudah mendapatkan standard sertifikasi dari Wifi Alliance yang berarti bisa bekerja terhadap standard industry wireless manapun yang bercertifikasi yang sama. Akan tetapi performa akan lebih meningkat hampir dua kali jika menggunakan piranti wireless dari vendor dan technology yang sama. Seperti Linksys dengar RangeBooster technologynya, atau Netgear dengan RangeMax technologynya, dan sebagainya.

Tip #10 Upgrade standard Wifi 802.11b anda kepada 802.11G ataupun 802.11N

Jenis lama dari wireless adalah 802.11B dengan yang banyak dipakai, akan tetapi sekarang ini sudah banyak memakai standard 802.11G yang mempunyai kecepatan hampir 5 kali dari standard 802.11b. Bahkan standard terbaru adalah 802.11n yang secara teori bisa mencapai speed sampai 300 Mbps dengan kondisi ideal. Jika anda selama ini menggunakan piranti wireless dengan standard 802.11b, gantilah dengan standard 802.11G atau bahkan paling bagus gunakan technology terbaru dan tercepat dari wireless network – 802.11n sampai 802.11ac. Tak perlu kawatir dengan masalah tidal compatible karena teknology wifi baru selalu compatible dengan teknology sebelumnya.

Disamping itu, anda juga bisa mempertimbangkan tip-2 instalasi wireless saat ingin membangun wireless network di rumah atau dikantor.

Check beberapa Wireless USB adapter disini

 

TP-link Deco M5 mesh wifi system

Untuk mereka yang berbasis layanan internet Cable misal FastNet / Firt Media yang biasanya memberikan pinjaman cable modem DOCSIS 3.0 maka ada baiknya mengganti wireless router anda dengan mesh wifi router misal Linksys Velop atau TP-link Deco mesh wifi router sehingga tidak perlu lagi wireless extender.




You may also like...

2 Responses

  1. mastor sepang says:

    wach infonya keren abis..thanks ya
    kunjungi juga blog sya di
    video collection

  2. joni14jbi says:

    Tulisan yang sangat membantu saya.
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.