Mengenal Berbagai Macam Perangkat Wireless

Apa saja perangkat wifi yang perlu anda ketahui dalam kaitannya jaringan wifi dirumah atau dikantoran kecil anda?

Sekilas

Untuk memberikan akses internet secara wireless pada garis besarnya bisa dikatagorikan kedalam 3 kelompok. Pertama akses internet broadband tradisional (Cable atau ADSL) yang bisa di share dengan beberapa komputer di rumah atau di kantoran kecil. Kedua berbagi internet wireless akses jaringan cellular. Dan terakhir akses internet wireless untuk hotsposts. Saya hanya bicara soal standard 802.11 jadi tidak memasukkan WiMax. Masing-masing memerlukan jenis perangkat wireless yang khusus.




 

Ada banyak jenis peangkat wireless internet yang tersedia di pasaran saat ini yang bisa anda beli untuk bisa membuat suatu jaringan wireless agar bisa berbagi internet secara wireless kepada users. Akan tetapi perangkat wireless yang digunakan tentunya tergantung jenis layanan Internet yang digunakan, apakah broadband DSL/Cable, Jaringan cellular, atau jenis layanan hotspots lainnya.

Layanan Wireless Internet dari DSL / Cable

Perangkat wireless yang digunakan untuk berbagi layanan Internet Cable / ADSL meliputi sebuah modem, firewall / router, dan atau wireless access point. Pada umumnya untuk layanan internet DSL (misal Speedy), fihak operator memberikan modem yang sudah termasuk didalamnya fitur firewall / router dalam satu perangkat dimana sudah dilengkapi fitur penting seperti NAT dan DHCP services.

Kenali modem anda

Terlebih dahulu anda harus memeriksa apakah modem yang ada dirumah / dikantor saat ini sudah mempunyai fitur firewall / router atau tidak. Sebenarnya anda bisa bertanya pada ISP anda jenis modem apa yang mereka berikan kepada anda. Sebenarnya anda bisa memeriksanya sendiri jika anda mengerti secara teknis dari modem anda misal dari buku spesifikasi teknis.

Mengetahui jenis modem yang anda miliki sangat penting untuk bisa menentukan harus membeli apa – wireless router atau wireless access point. Walaupun saat ini sudah banyak dijual dipasaran sebuah wireless access point yang juga mempunyai router juga seperti TP-link Archer C7 Wireless AC1750 Router. Jika anda bisa memastikan bahwa modem anda sudah termasuk fitur firewall / router didalamnya (sperti kebanyakan modem Speedy), maka yang anda butuhkan adalah sebuah wireless access point.

Akan tetapi jika modem anda (sebagian layanan Cable Internet) tidak mempunyai fitur firewall / router, maka yang anda butuhkan adalah sebuah wireless router. Apa perbedaan prinsip antara keduanya, lihat artikel wireless access point Vs wireless router.

Sebenarnya banyak sekali jenis modem yang sudah termasuk didalamnya fitur firewall/router dan juga wireless access point. jenis ini sangat praktis karena anda hanya memerlukan satu perangkat wireless tunggal ini saja untuk berbagi internet secara wireless. Misal saja TP-link Archer D9 (untuk DSL) atau sebut saja produk baru besutan dari TP-link Archer CR700 wireless cable modem router (untuk Cable).

Wireless router yang mana

Jika wireless router yang anda butuhkan, maka wireless router yang mana yang anda butuhkan? Jika anda ingin membangun jaringan wireless dari awal, maka pertimbangkan wireless router yang mengusung technology wireless AC terbaru sebut saja TP-link Archer C7 yang mengusung standard final 802.11ac dengan kecepatan sampai 1750Mbps. Jika anda nantinya akan menggunakan jaringan anda untuk streaming HD media dan juga gaming, maka pertimbangkan wireless AC yang dual-band dengan fitur Quality of Services (QoS). Lihat juga artikel memilih jaringan wireless terbaik. Bagaimana membangunnya? Lihat artikel membangun jaringan wireless network.

 

diagram jaringan wireless router r6300 ac

Gb 1. Contoh diagram jaringan wireless router dan modem

 

Gambar 1 diatas adalah gambar diagram jaringan wireless dengan perangkat wireless (meliputi modem dan wireless router dan juga wireless network adapter) yang digunakan untuk berbagi layanan internet dari DSL atau Cable secara wireless. Dalam jaringan wireless router modern, wireless router mempunyai fitur dengan dukungan home theater misal yang paling gres terkini adalah wireless router dengan teknology 5G (802.11ac), sebut saja Netgear R6300 atau Linksys EA6500 wireless ac cloud router atau TP-link Archer C9. Pada diagram diatas r6300 support dua USB port untuk sharing storage dan printer sekaligus.

 

Cellular Networks

Jaringan Cellular 3g / 4g adalah suatu solusi yang sangat praktis untuk layanan internet nirkabel dari jaringan sellular saat anda bepergian atau jika tidak layanan broadband Cable atau DSL di area anda. Berbagi layanan internet secara wireless dari layanan internet sellular ini sangat menguntungkan jika tingkat mobilitas anda sangat tinggi, atau dibutuhkan suatu kolaborasi kerja di area terpencil yang tidak terjangkau layanan kabel telpon akan tetapi masih bisa mengkap layanan internet dari jaringan 3g/sellular. Sebut saja layanan 3, Smart dan sebagainya. Lihat jaringan sellular atau jaringan 3g dan bahkan sekarang sudah beredar jaringan 4G LTE yang banyak digunakan di smartphone terkini dengan dukungan 4G LTE.

Perangkat wireless yang anda butuhkan (disamping modem sellular anda) adalah wireless router sellular misal TP-link M5350 wireless cellular router. Router ini berbeda dengan wireless router pada umumnya yang digunakan pada jaringan Internet broadband tradisional DSL/Cable. Atau ada juga yang seri TP-link MR3020 3G router.

Diagram 3G

Diagram gambar 2 dibawah ini adalah jaringan Internet sellular yang bisa digunakan bersama dengan beberapa komputer (dengan Wi-Fi adapter) atau smartphone anda (yg berfasilitas Wi-Fi) meliputi perangkat Internet modem card, wireless router sellular, dan client komputer (dg adapter wireless).

MBR900 wireless cellular router diagram

Gb 2 Diagram jaringan cellular

 

Hotspots Internet Access

Pada umumnya akses internet hotspots diberikan secara Cuma-Cuma yang biasa di berikan di Café, Airport, Kampus, di hotel dan sebagainya. Perangkat wireless internet yang anda butuhkan untuk mengaksesnya tentunya laptop dengan Wi-Fi enable atau smartphone Wi-Fi anda. Untuk pemberi layanan hotspots mereka biasanya menggunakan layanan broadband internet dengan modem router yang disebar dengan beberapa wireless access point.

Jika notebook anda jadul yang tidak mempunyai perlengkapan Wi-Fi, maka anda bisa membeli USB wireless adapter seperti WUSB600 dari Linksys atau seri TP-link Archer T4U yang berbasis wireless AC1200.

Jika anda sudah mempunyai jaringan wireless sementara anda perlu memperluas jaringan nya anda memerlukan wireless range extender, sebut saja DAP-1360 dari D-Link. Jika untuk keperluan outdoor anda perlu memilih wireless access point yang memang khusus untuk outdoor sebut saja D-Link DAP-2590 atau produk TP-link TL-WA7510.

 




Lihat juga:

You may also like...

1 Response

  1. catalinggo says:

    Terima kasih atas informasi Perangkat Wireless Mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.