Pengertian Sistem Jaringan Komputer

Dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat dasar jaringan computer, semacam pengenalan jaringan computer untuk memahami secara umum bagaimana system jaringan computer itu sebenarnya.

Apa itu jaringan komputer (Jarkom)?

Pada dasarnya jarkom adalah sekumpulan perangkat jaringan yang bisa saling berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan baik lewat media kabel atau lewat media gelombang radio (yg kita kenal dengan jaringan wifi) untuk membentuk jaringan local (LAN) antar computer dalam suatu tempat terbatas secara fisik. Satu jaringan local disatu tempat ini bisa saling berhubungan dengan jaringan local lain ditempat lain baik antar kota, antar propinsi atau bahkan melintasi geografis yang membentuk jaringan wide area network (WAN).

Pengenalan Dasar

Pengenalan dasar atau pengertian dasar jarkom kita bisa membuat jaringan paling sederhana yang terdiri dari dua komputer yang dihubungkan dengan kabel jaringan satu sama lain, atau terdiri lebih dari dua PC dengan menggunakan switch Ethernet atau lewat jaringan wifi dengan menggunakan wireless access point (WAP), dan juga jarkom dengan kebutuhan koneksi internet lewat sebuah modem.




 

Perangkat koneksi

Sebuah computer memerlukan perangkat jaringan bisa berupa Ethernet card (kartu jaringan) atau adapter wifi baik PCI atau USB untuk menghubungkan satu PC ke PC lain baik lewat sebuah switch Ethernet (dengan Ethernet card) atau lewat jaringan wifi (dengan wifi adapter) . Lihat berbagai macam wifi jaringan.

Perangkat jaringan bisa meliputi PC itu sendiri yang didalamnya ada kartu jaringan yang merupakan interface ke media transmisi baik berupa koneksi kabel ataupun lewat gelombang radio (atau jaringan wifi), perangkat Switch ethernet, ataupun modem serta router yang menghubungkan jaringan local private kita dengan dunia luar (alias internet atau WAN).

Perangkat jaringan berupa wireless router, adapter wifi

Jaringan komputer awalnya merupakan jaringan local yang terikat pada jarak yang pendek saja yang hanya sekitaran 100 meter (jika menggunakan kabel UTP Cat 5 / Cat6) atau paling jauh 500 meter saja (menggunakan coaxial) atau bahkan lebih jauh dengan menggunakan fiber optic (FO) dan ini disebut jaringan lokal (LAN). Untuk kemudian berkembang saling terhubung satu sama lain membentuk jaringan global (WAN) lewat koneksi internet.

Untuk memahami lebih detail, bisa juga klik disini apa itu jaringan komputer

Bagaimana komunikasinya

untuk memahami, pengenalan dan dasa system jaringan computer bagaimana mereka bisa berkomunikasi satu sama lain maka ada beberapa point yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan bahasa yang sama antar PC agar bisa saling berkomunikasi, dan juga perlu identitas yang berbeda atau identitas yang unik dari setiap PC yg saling berkomunikasi.

Bagaimana dasar jaringan computer yang memungkinkan semua computer bisa saling berkomunikasi ini memerlukan pemahaman terori2 dasar jarkom meliputi protocol, IP address, infrastruktur fisik dan local jaringan, dan secara umum software system jaringan computer baik Windows server 2012, Linux, Unix dlsb.

Untuk lebih jelasnya klik disini untuk memahami bagaimana komunikasi jaringan computer.

Manfaat dan keuntungan jaringan computer

Satu hal yang sering dipertanyakan dalam suatu system apapun itu adalah untuk apa semua itu dibangun termasuk manfaat dan keuntungan dasar jaringan komputer. Dalam kaitan dengan jaringan computer pun kita akan sering ditanyakan oleh sebagian besar orang untuk apa sich jarkom itu dibuat?

Apa keuntungan, manfaat dan mungkin kerugian dari suatu system jarkom itu dibuat. Tentu saja wajar hal ini dipertanyakan mengingat bagi sebagian orang khususnya pemilik suatu bisnis dari mulai bisnis kecil, menengah sampai perusahaan besar yang tidak mengerti fungsi dan manfaat dari jaringan maka anda harus bisa meyakinkan keuntungan dan manfaat dari jaringan computer itu sendiri, apalagi jika dalam hitungan ada biaya yang terkait dari mulai membeli sebuah router, switch dan system perkabelan untuk menghubungkan satu computer dengan laiinya agar bisa saling berkomunikasi.

Untuk bisa memahami lebih jelas apa manfaat dan keuntungan serta kerugian jaringan computer silahkan ikutin link tersebut untuk memahami lebih jelas masalah ini.

Pengenalan Praktis Jaringan Komputer

Bagi sebagian orang awam yang tidak mempunyai background teknis tentang jaringan komputer akan sangat sulit memahami apa itu jarkom dan kenapa juga harus membuat suatu jaringan serta kapan kita butuh suatu jaringan.

Urgensi pembuatan suatu jaringan utamanya bagi kantoran atau pengguna rumahan yang mempunyai lebih dari satu komputer dengan hanya satu sambungan internet misal Speedy, IndiHome atau layanan internet Cable lainnya adalah sangat mendesak mengingat beberapa keuntungan dalam suatu jaringan.

Keuntungan suatu jarkom adalah sangat dirasakan diantaranya:

  1. Untuk berbagi satu sambungan internet
  2. Setiap user dalam jaringan bisa melakukan tugas masing-masing dengan salingberbagi data lewat jaringan
  3. Pengamanan system keamanan secara sentralisasi
  4. Bermain multiplayer game online atau antar kolega dalam jaringan local
  5. Berbagi perangkat jaringan misal printer

jaringan komputer local di rumah

Untuk pengguna rumahan ada baiknya anda memahami system jaringan praktis dengan menggunakan perangkat yang sudah jadi dipasaran seperti wireless router atau wireless ADSL modem (biasanya untuk koneksi Speedy Telkom) yang bisa kita instalasi tanpa harus mempunyai pengetahuan detail tentang jaringan, cukup pasang dan ikuti pentunjuk dari buku manualnya maka system akan jalan secara instan.

Pelajari lebih detail pengenalan jaringan praktis komputer  ………..

Jaringan Komputer untuk perusahaan

Belajar dasar jaringan computer tidak lepas pada akhirnya kelak bisa memahami bagaimana system jaringan computer dipakai dalam bisnis, atau digunakan untuk menunjang kelangsungan produktifitas dalam perusahaan.

Dengan daftar keuntungan dari system jarkom seperti sebagian telah disebutkan diatas, tentunya sebuah perusahaan mempunyai urgensi untuk membangun system ini untuk menunjang produktifitas dari semua pelaku roda perusahaan dengan segala kebutuhan penunjangnya.

Jarkom sudah menjadi suatu kebutuhan yang pada urgensinya menjadi suatu infrastructure baik secara fisik maupun logical menjadi critical asset dari suatu perusahaan yang harus selalu ada. Kalo jaringan komputer untuk kebutuhan rumahan biasanya diperuntukkan setidaknya untuk browsing internet secara bersamaan dan paling berat kalo sudah bermain game online atau streaming video walau kebutuhan untuk menunjang bisnis rumahan tidak bisa dipungkiri sangatlah bergantung pada koneksi internet.

Jaringan komputer perusahaan

Sementara pada jarkom untuk kebutuhan perusahaan dimana system menjadi suatu kebutuhan kritis yang tidak boleh ada downtime setidaknya tingkat downtime system ditekan ke level seminimum mungkin, kebutuhan akan system keamanan menjadi prioritas utama agar memenuhi prinsip High Availability (HA); Integrity dan Confidentiality atau lazim disebut segitiga CIA (confidentiallity, integrity dan availabilitity).

Baca lebih detail jaringan komputer untuk perusahaan ……………..

Cheers, Ali H




You may also like...

2 Responses

  1. metanus soll says:

    saya sengang belajat di jaring
    komputer di smk 8malang

  2. ucu fatek says:

    terima kasih artikelnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.