New Linksys E-4200 N750 Dual Band Gigabit Router

By Ki Grinsing

Linksys E-4200 N750 adalah produk baru dengan dual band simultaneous gigabit technology yang merupakan router Linksys pertama dengan technology N750 dengan kecepatan maximum 450Mbps.

Linksys E4200 N750

Click for spec details

Apa hebatnya produk ini

Linksys E-4200 diusung dengan technology wireless 802.11N terkini dengan dukungan dual band simultaneous untuk kedua band 2.4GHz dan 5GHz sekaligus. Router ini masih bisa mendukung clients dengan technology kuno 802.11b/g, jika anda masih mempunyai client wireless ini masih bisa terhubung dengan speed maximum yg bisa didapat dari client wireless tersebut.

Kecepatan Tinggi

Perbedaan utama router Linksys E-4200 ini dengan pendahulumya Linksys E-3000 adalah kecepatan nya. Sama sama dual band simultaneous, maximum speed yang bisa diusung dari E-3000 adalah 300Mbps (ideal) baik untuk 2.4GHz band dan 5GHz band atau lazim disebut dengan technology N600 (300Mbps + 300Mbps).  Sementara untuk Linksys E-4200 ini kecepatan ideal maximum adalah 450Mbps untuk 5GHz band dan 300Mbps untuk 2.4GHz band. Teknology ini lazim disebut N750 (450Mbps + 300Mbps).

QoS

Untuk jangkauan maximum dan kehandalan router Linksys E-4200 ini dilengkapi dengan technology antenna 3×3 MIMO. Dengan kecepatan tinggi dan jangkauan yang jauh serta dukungan fitur Quality of Services, router ini memberikan performa yang tinngi untuk jaringan wireless dirumah untuk gaming dengan respon yang bagus serta sangat ideal untuk streaming HD video atau multimedia file lainnya. QoS (Quality of Services) adalah technology yang memungkinkan system memberikan prioritas kepada traffic streaming video atau gaming diatas data lainnya.

Disamping Linksys, NETGEAR juga lebih dahulu memperkenalkan produk barunya pada pameran CES 2011 lalu yaitu WNDR4000 N750 dan WNDR3800 premium edition yang mempunyai Spec yang hamper sama dengan Linksys E-4200. Ketiganya diusung dengan Gigabit interface baik pada port WAN (1 port) dan LAN port (4 port). Dengan gigabit LAN interface anda bisa memanfaatkan computer anda yang dlengkapi dengan NIC gigabit untuk applikasi kecepatan tinggi.

Jika anda berlangganan Cable internet, mungmin bisa menggunakan cable modem DOCSIS 3 yang beberapa sudah dilengkapi dengan port gigabit untuk koneksi optimal antara modem ke router seperti Surfboard SB6120 cable modem.

USB Port

Linksys E-4200 ini dilengkapi dengan sebuah port USB dengan dukungan UPnP Media Server untuk anda bisa gunakan sharing storage agar bisa diakses lewat jaringan local atau lewat internet dengan secure tunneling. Dengan built-in UPnP Media Server anda bisa streaming media HD ke device media lainnya termasuk XBOX, PS3, Blu-Ray player, dan HDTV (dengan Ethernet enabled).

Sayangnya anda tidak bisa memanfa’atkan USB port ini untuk sharing printer USB anda seperti yang bisa dilakukan oleh Apple Extreme Base Station atau Trendnet TEW-673GRU. Jadi jika dalam jaringan anda membutuhkan sharing printer maka anda harus membeli print-server atau melakukan konfigurasi sharing manual di computer anda.

Dibanding dengan Netgear WNDR3800 pemium edition, walau kecepatan maximumnya (ideal) adalah 300Mbps, akan tetapi anda bisa memanfa’arkan USB portnya untuk sharing baik storage ataupun printer.

Advanced Security

Seperti fitur wajib tentang security pada wireless routers pada umumnya seperti WPA/WPA2 wireless enkripsi, WEP (untuk legacy clients), NAT&SPI, Linksys E-4200 mendukung secure Guest Access, anda bisa create SSID tersendiri untuk tamu anda dengan akses terpisah dari jaringan anda demi keamanan tanpa harus bisa mengakses jaringan local computer anda. Linksys E-4200 ini juga mendukung RADIUS jika dalam jaringan business anda menggunakan RADIUS server untuk Authentication dan Authorization secara terpusat.

Tidak semua home wireless router mendukung Guest access. Guest access ini bisa dienable sehingga anda bisa mengijinkan sampai 5 client tamu untuk bisa akses terbatas pada internet tanpa harus bisa mengakses jaringan local anda.

Fitur-fitur harus lainnya seperti DHCP juga ada dalam router ini termasuk parental control untuk filter content demi keamanan berinternet bagi anak-anak anda.

Gambar berikut adalah diagram umum dari jaringan computer wireless di rumah dengan menggunakan Linksys E-4200 ini dan Ethernet converter WLI-TX4-AG300N AirStation Nfiniti yang memungkinkan anda menghubungkan Blu-Ray player, XBOX, dan HDTV Ethernet anda sekaligus karena adapter ini berisi 4-Ethernet port.

wireless network diagram dengan Linksys E-4200

Jika anda menghendaki jaringan wireless dirumah untuk performa yang sangat bagus buat streaming HD media dan gaming dengan responsive dan halus, maka Linksys E-4200 adalah router anda.

 

By Ki Grinsing

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *