Netgear WNDR4500 dan TP-Link WN2543ND Wireless N900 Routers

Rilis produk baru Netgear

Technology wireless sekarang ini berkembang sangat pesatnya. Dari technology standard wireless 802.11b dengan speed 11Mbps beberapa tahun yang lalu sampai sekarang ini dengan standard 802.11n dengan speed 150Mbps standard. Dalam perkembangannya, technology wireless menggunakan system technology antenna 3×3 MIMO antenna yang bisa mencapai kecepatan 3 kali 150Mbps – yaitu 450Mbps.

Note:

Netgear pada era wifi generasi ke 5 atau dikenal dengan wireless ac yang bisa menembus kecepatan gigabit kable memperkenalkan beberapa seri wireless ac router diantaranya adalah netgear R6300 wireless ac1750 dan juga yang paling gress adalah R7000 wireless ac1900 router.




 

WNDR4500 N900 router

Setelah beberapa bulan sebelumnya Netgear merilis WNDR4000 dengan technology N750 yaitu speed 450Mbps pada 5GHz band dan 300Mbps pada 2.4GHz band dengan total bandwidth 750Mbps untuk kedua band saecara simultan, kini Netgear mengeluarkan WNDR4500 dengan technology N900. Ini artinya router tersebut bekerja secara simultan untuk masing-masing band dengan speed sampai 450Mbps tiap band dengan total speed 900Mbps untuk kedua band.

TP-link TL-WR2543nd

Tidak lama berselang TP-Link juga mengeluarkan jenis wireless router yang sama seperti WNDR4500 yaitu TL-WR2543ND dengan technology N900 juga. Ini adalah produk TP-Link pertama yang menggunakan technology dual band, bahkan sekaligus menggunakan technology tercepat wireless N900. Apa perbedaan dari kedua router ini? Berikut adalah table perbandingan specifikasi kedua router.

 

Speed

Kedua router dibesut dengan technology wireless yang sama yaitu N900 dengan total speed untuk kedua band adalah 900Mbps. Ingat ini adalah speed fisik ideal secara teori, dalam kenyataannya banyak factor yang mempengaruhi. WNDR4500 mempunyai antenna internal sehingga kelihatan rapi, sementara TL-WR2543ND dilengkapi dengan tiga buah antenna luar yang keduanya menggunakan 3×3 MIMO technology – tiga spatial data streams.

Kedua router juga dilengkapi dengan Gigabit Ethernet port baik pada LAN switch (4x) maupun pada interface WAN (1x) sehingga anda bisa manfa’atkan untuk koneksi kabel ke computer dengan NIC gigabit adapter untuk maksimum data transfer tentunya gunakan kabel UTP Cat5e ataupun Cat6.

USB Port

Untuk jaringan wireless yang digunakan untuk mendukung koneksi perangkat home theater (meliputi XBOX, Blu-Ray player, HDTV dll) anda, maka kebutuhan akan storage yang bisa diakses sharing oleh semua client yang ada dalam jaringan adalaha sangat penting. Untuk itu kedua router dilengkapi dengan USB port yang bisa dipakai untuk sharing external hard disk atau sebuah USB printer. Untuk WNDR4500 dia dilengkapi dengan dua buah port USB sehingga anda bisa hosting kedua storage dan printer sekaligus. Kedua nya dilengkapi dengan built-in media server dengan DLNA compliant sehingga memudahkan koneksi antar router dengan semua jenis perangkat DLNA.

Tabel perbandingan

Netgear WNDR4500 TP-Link TL-WR2543ND
Wireless technology Wireless N900 dual band Wireless N900 dual band
Antenna Internal antenna 3×3 MIMO antenna technology 3x external antenna dengan 3×3 MIMO teknology
Ethernet Ports Gigabit: 4xLAN dan 1xWAN ports Gigabit: 4xLAN dan 1xWAN ports
USB Ports 2xUSB Ports untuk sharing storage dan printer 1x USB Port untuk sharing storage atau printer
Media server Built-in media server dengan certifikasi DLNA Built-in FTP dan media server DLNA compliant
Security
  • WiFi Protected Access® (WPA/WPA2—PSK) dengan WPS
  • Double firewall protection (SPI dan NAT firewall)
  • Mencegah serangan Denial-of-service (DoS)
  • Parental control
  • Guest network
  • Wireless Security 64/128/152-bit WEP / WPA / WPA2,WPA-PSK / WPA2-PSK
  • Access Control
    – Parental Control, Local Management Control, Host List, Access Schedule, Rule Management
  • Firewall NAT and SPI
  • Firewall Security: DoS, SPI Firewall,  IP Address Filter/MAC Address Filter/Domain Filter
  • IP and MAC Address Binding

 

IPv6 support Yes Tidak diketahui
Memory Flash=128MB; RAM=128MB Tidak diketahui

 

Diagram

Secara umum kedua router bisa disetup seperti pada gambar berikut ini dimana anda bisa koneksikan port WAN router ke port Ethernet dari modem cable atau DSL. Catatan: modem yang digunakan adalah modem tanpa router.

Diagram koneksi router tp-link tl-wr2543nd

Terlihat digambar router terhubung dengan Cable modem (misal Motorola Surfboard SB6120 docsis 3 cable modem) sementara beberapa perangkat home theater terhubung ke Universal  internet adapter.

Lihat artikel terkait:

 




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.