Model Processor dan Motherboard untuk CPU Server

Ikhtisar

Pilihlah processor server yang sesuai untuk kebutuhan anda. Motherboard server juga harus disesuaikan dengan CPU server anda. Intel memperkenalkan berbagai macam processor Xeon sementara AMD mengeluarkan model Opteron untuk kebutuhan server khususnya yang mendukung datacenter anda.

Kenapa processor dan motherboard server

Untuk kebutuhan IT bisnis kecil menengah mesin yang anda pakai haruslah berbasis server. Syarat mesin anda agar bisa dijadikan sebagai computer server maka berikut adalah syarat mesin server yang bisa memberikan:




 

  • Platform agar bisa beroperasi 24jam x 7hari dalam memberikan kehandalan dan keamanan data
  • Kinerja yang bagus untuk menjalankan beberapa applikasi bisnis secara bersamaan
  • Hemat daya dan opsi-opsi remote management agar bisa menghemat biaya

Apakah semua processor bisa dijadikan sebagai server? Yach bisa saja, akan tetapi apakah processor tersebut bisa memberikan performa yang semestinya dan mendukung datacenter anda? Datacenter masa kini adalah yang bisa memberikan dukungan virtualisasi sehingga bisa terintegrasi dengan public cloud dan lebih penting lagi bisa mendukung high availability (Clustering) dan disaster recovery secara automatis. Intel dengan Xeon dan AMD dengan Opetron adalah jenis processor server yang mendukung untuk itu.

Processor server Intel Xeon

Untuk jajaran processor besutan Intel untuk kebutuhan server anda, Intel mengeluarkan keluarga processor server Xeon dan Itanium.

Keluarga Xeon mempunyai banyak varian dari Intel Xeon E3; E5; E7 dan 5000 sequence. Disamping itu juga diperkenalkan keluarga Intel processor Itanium yang dirancang khusus untuk kinerja tinggi virtualisasi dan bersifat scalability.

Intel Xeon processor server

Untuk server bisnis kecil

Untuk kebutuhan bisnis kecil anda keluarga Xeon E3 sudah bisa dihandalkan dari yang berbasis 2 core 4 threats; 4 core 4 threats atau 4 core 8 threat. Dari speed clock 1,8GHz pada E3-1230LV3 sampai speed clock 3.70GHz pada E3-1290V2.

Core adalah istilah hardware yang menjelaskan jumlah processing unit yang berdiri sendiri dalam satu chip CPU tunggal. Sementara threat adalah istilah software yang menjelaskan rangkaian instruksi dasar yang berurutan yang bisa diproses oleh satu CPU core tunggal. Motherboard server anda biasanya disesuaikan dengan jumlah chip CPU; bisa tunggal; dual atau Quad.

Pastikan 64-bit dan VT

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih processor server Intel ini adalah pastikan processor anda ber fitur VT (virtualization technology) dan tentunya berbasis 64 bit. Dan memang semua Intel Xeon berbasis 64 bit. Hal ini untuk memastikan bahwa server anda siap untuk Microsoft Windows server 2008; 2012 dan memastikan mendukung virtualisasi baik untuk private datacenter maupun public cloud integration.

 

Bagaimana dengan CPU server AMD?

AMD mengeluarkan keluarga processor server Opteron dengan seri AMD 6000; AMD 4000 dan juga AMD 3000. Dua seri yang pertama yaitu 6000 dan 4000 di rancang untuk mendukung virtualisasi sementara seri 3000 tidak. Jadi pastikan memilih seri 4000 atau 6000 untuk datacenter anda. Opteron dirancang dengan arsitektur modular core next generation yang mengoptimalkan performa per watt daya untuk frequency tinggi.

AMD Opteron CPU server

AMD-V technology

Opteron juga mendukung fitur virtualisasi dengan dukungan technology AMD-V. Pastikan AMD Virtualization™ (AMD-V™) technology ada pada chip CPU server AMD anda jika berharap bisa mendukung virtualisasi dalam datacenter anda.

CPU server untuk bisnis kecil seri AMD 4000 sudah mencukupi untuk kebutuhan small bisnis anda. Motherboard server yang digunakan adalah socket C32 untuk keluarga processor Opteron 4000 series ini.

Semoga bermanfaat.

Lihat juga artikel terkait:




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *