Mengenal Asus DSL-N10 Wireless N ADSL Modem Router

Mengenal Asus DSL-N10 Wireless N ADSL Modem Router – wireless N router dengan modem ADSL didalamnya dan 4SSIDs

ADSL Modem router


ADSL Internet di Indonesia (Speedy) adalah sangat mendominasi hampir diseluruh pelosok negeri ini dimana Telkom sangat gencar mengkampanyekan nya. Kalau dihitung dalam sebulan saya bisa terima tawaran layanan Speedy sampai empat lima kali lewat telpon (spamming bukan?) walau saya sudah memakainya. Salah satu perangkat yang dipakai untuk berbagi sambungan internet ini adalah dengan menggunakan ADSL modem router yang menggabungkan jaringan wired dan wireless. Asus mengeluarkan produk DSL-N10 yang sangat menarik untuk di lihat.




 

Asus DSL-N10 Wireless N modem router merupakan perangkat tunggal yang bisa anda gunakan untuk membangun jaringan wireless baik dirumah maupun dikantoran kecil anda. Piranti ini sangat ringkas yang menggabungkan semua kebutuhan anda akan jaringan wireless yang melliputi ADSL modem, router / firewall, 4-port Switch dan wireless access point yang dikemas salam satu piranti tunggal.

 

All-in-one

Pertama adalah ADSL modem yang merupakan perangkat interface anda yang menghadap langsung kepada penyedia layanan (Telkom) anda. Kedua adalah fungsi router dengan fitur dual firewall (NAT dan SPI) dimana Network Address Tranlsation (NAT) membantu menyembunyikan jaringan internal anda terhadap jaringan public / internet. NAT juga berfungsi untuk membagi sambungan tunggal internet dengan beberapa computer dirumah atau dikantor anda. SPI (Stateful Packet Inspection) memeriksa packet data dari internet secara lebih seksama atas kemungkinan adanya packet data berbahaya.

Asus DSL-N10 adsl modem router

 

4xEthernet Port

Ketiga adalah dilengkapi dengan 4 buah port 10/100Mbps Ethernet yang bisa anda gunakan untuk sambungan langsung kepada computer anda. Sayangnya tidak dilengkapi sekalian dengan Ethernet port Gigabit untuk kecepatan maksimum. Itupun kalau computer anda dilengkapi dengan gigabit NIC adapter. Kalau toch memang computer anda dilengkapi dengan gigabit NIC, apakah memang anda memerlukan kecepatan gigabit ini untuk aplikasi anda. Jadi saya kira 10/100Mbps adalah sangat mencukupi untuk kebutuhan rumah anda, terkecuali memang anda menggunakannya untuk sambungan langsung kepada server yang akan diakses banyak user tentunya anda memerlukan sambungan gigabit.

 

N150 Wireless Access Point

Yang terakhir Asus DSL-N10 Wireless N modem router dibesut dengan technology wireless 802.11n terbaru dengan kecepatan satu stream sampai 150Mbps dalam kondisi ideal. Tentunya anda tidak akan pernah sampai pada kecepatan ini dalam kenyataannya. Modem router ini dilengkapi dengan sebuah antenna 5dBi (pada umumnya 2dBi) yang bisa dilepas ganti untuk menambah kekuatan sinyal dan daya jangkau. Dengan adanya jaringan wireless ini anda akan mendapatkan kemudahan akses jaringan dari laptop anda bahkan kemudahan akses dari iPad, iTune dan smart-phone lainnya.

 

4 Buah SSIDs

Kalau anda faham betul dengan VLAN pada jaringan LAN, maka pada jaringan wireless anda bisa membuat virtual network (SSID) yang oleh Asus DSL-N10 ini memunkinkan anda bisa membuat virtual SSID sampai empat virtual network. Hal ini buat kantoran kecil kadang sangat berguna untuk memudahkan anda membagi / segmentasi jaringan sesuai kebutuhan berdasarkan kelompok user misal, untuk kelompok accounting jaringan SSID tersendiri, clerk dan admin lainnya sendiri dan seterusnya sampai empat jaringan virtual.

 

Diagram jaringan

Diagram pada gambar berikut adalah jaringan umum yang bisa dipakai dirumah atau di kantor kecil. Anda juga bisa menambahkan pada XBOX atau game console lainnya wireless adapter untuk bisa bergabung dengan jaringan wireless.

 

skema jaringan DSL wireless modem router

Cons dan Pros

Pros:

  • Piranti compact menggabungkan modem, router, switch dan wireless AP dalam satu piranti demi kemudahan dan ringkas serta tidak ribet
  • Dukungan sampai 4 SSIDs untuk kebutuhan segmen jaringan

Cons:

  • Kecepatan 150Mbps wireless, mencukupi untuk kebutuhan rumah tapi technology yang ada sudah sampai 450Mbps (3 spatial streaming)
  • Tidak dilengkapi dengan USB port untuk shared storage atau printer

Asus DSL-10 wireless n adsl router ini adalah sangat ideal buat kantoran kecil yang memungkinkan anda bisa membagi jaringan sesuai kebutuhan anda. Untuk melihat specifikasi detail dari Asus DSL-10 klik link ini.

TP-link Archer D9

Asus DSL-N10 ini adalah boleh dibilang model ADSL gateway yang sudah kuno jika dibandingkan dengan model terbaru yang sudah dibesut dengan teknology wireless standard paling cepat yaitu wireless AC. Salah satu wireless gateway yang paling canggih saat ini adalah TP-link Archer D9 yang juga merupakan perangkat all-in-one yang terdiri modem ADSL, switch gigabit (4x RJ45 port), dan wireless access point dengan teknology wifi terkini yaitu wireless AC1900.

TP-link Archer C9

Tentunya sangat jauh perbedaan performa dari wireless N150 menjadi wireless AC1900 dual band simultaneous. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat spec detail Archer D9.

Lihat juga artikel berikut:




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.