Mengenal Ancaman Keamanan Internet

Memahami beberapa istilah ancaman internet – dan urgensi penggunaan software perlindungan dari ancaman internet

Pendahuluan

Saat kita berselancar di dunia maya, komputer kita terexpose ke dunia internet dimana banyak sekali berbagai macam ancaman keamanan dari internet, walaupun tidak secara langsung dan sudah terlindungi dengan baik dari system firewall yang dikonfigurasi dengan system policy yang memadai di system infrastructure jaringan corporasi. Sebenarnya masih ada celah jika pengguna tidak memahami ancaman yang datang dari internet, apalagi computer kita yang di rumah yang tidak dilindungi secara sempurna, maka sangat rentan terhadap ancaman (threats) keamanan internet yang mungkin berupa program yang ikut di download dari internet.

Mengenal internet threats

Definisi beberapa program threats

Komputer di design untuk menjalankan dari satu instruksi ke instruksi lainnya. Instruksi-2 ini biasanya menjalankan suatu tugas yang berguna seperti kalkulasi nilai, memelihara database, dan berkomunikasi dengan user dan juga system lainnya. Bahkan terkadang system yang dieksekusi oleh komputer tersebut malah menimbulkan kerusakan. Jika kerusakan itu disebabkan oleh kesalahan program, maka biasa kita sebut sebagai bug software. Bug mungkin penyebab dari banyak nya performa system yang tidak diharapkan.

Akan tetapi jika sumber kerusakan itu berasal dari seseorang yang memang disengaja agar menyebabkan perlakuan system yang tidak normal, maka intruksi software tersebut kita sebut sebagai malicious code, atau suatu programmed threats. Hal ini lazim disebut dengan istilah malware untuk software malicious tersebut.

Ada banyak macam programmed threats. Para ahli memberi klasifikasi threats berdasarkan cara threats beraksi, bagaimana threats tesebut di trigger, dan bagaimana mereka menyebar. Beberapa tahun terakhir ini kejadian-2 dari programmed threats ini telah didiskripsikan secara seragam oleh media sebagai virus dan (lebih teknis) worms. Sebenarnya kurang tepat juga sebagai sinonimnya kalau dikatakan bahwa semua penyakit yang menimpa manusia disebabkan oleh virus.

Para ahli mempunyai definisi formal mengenai berbagai macam software threats ini, walau tidak semuanya setuju dengan difinisi yang sama.

Tool keamanan dan toolkits

Bisasanya digunakan oleh para professional untuk melindungi system jaringan mereka, akan tetapi justru oleh tangan yang tidak bertanggungjaab dipakai untuk me-mata-matai system jaringan orang lain untuk melihat adanya kelemahan system mereka. Ada juga rootkits yang merupakan toolkits yang dikemas ulang menjadi alat serangan yang juga menginstall Back Doors kedalam system anda sekali mereka bisa menembus keamanan superuser account.

Back doors

Back Doors juga terkadang disebut sebagai Trap Doors, yang mengijinkan unauthorized access ke dalam system anda. Back Doors adalah code-code yang ditulis kedalam aplikasi atau operating system untuk mendapatkan akses programmers tanpa melalui jalur authentikasi normal. Back Doors ini biasanya ditulis dengan maksud sebagai alat untuk monitoring code applikasi yang mereka develop.

Hampir kebanyakan Back Doors disisipkan kedalam applikasi yang memerlukan procedure authenticasi yang panjang atau setup yang panjang, yang memerlukan user memasukkan banyak macam nilai atau parameter untuk menjalankan program / aplikasi. Saat menjalankan debugging, programmers menjalankan akses tanpa melalui / menghindari procedure authentikasi yang normal. Programmer juga ingin meyakinkan bahwa ada suatu metoda aktifasi program jika sesuatu ada yang salah dengan procedure authenticasi yang sedang dibangun dalam aplikasi. Back Door adalah code yang mengetahui beberapa urutan input khusus atau proses yang ditrigger oleh user ID tertentu, yang kemudian mendapatkan akses khusus.

Back Doors menjadi ancaman (threats) jika digunakan oleh tangan programmers yang bermaksud mendapatkan akses un-authorized. Back door juga menjadi masalah jika sang programmer / developer program tersebut lupa melepas Back Doors setelah system di debug dan kemudian programmers lain mengetahui adanya Back Doors.

Logic bombs

Logic Bombs adalah suatu feature dalam program yang menjadikannya mati / tidak berfungsi jika suatu kondisi tertentu dipenuhi. Logic Bombs adalah programmed threats yang biasa digunakan oleh suatu software yang dijual, dan mungkin sebagai demo pemakaian dalam sebulan – jika lewat sebulan maka program tersebut akan jadi tidak berfungsi dan memerlukan suatu aktifasi khusus untuk mengaktifkannya kembali.

Trojan horses

Trojan Horse adalah program yang nampaknya mempunyai satu fungsi saja, akan tetapi dalam kenyataanya mempunyai fungsi-2 lain yang kadang membahayakan. Seperti dalam cerita Yunani kuno dalam kuda Trojan yang mempesona yang ternyata mengankut pasukan penyusup.

Analogi dari cerita kuda Trojan ini lah, suatu program dimasukkan kedalam sebuah program yang mana si pemrogram menginginkan bahwa sisipan program tersebut akan dijalankan misal pada logon, suatu game, sebuah spreadsheet, atau editor lainnya. Sementara program ini berjalan seperti yang diinginkan si user, akan tetapi tanpa sepengetahuan user sebenarnya ada program lain yang berjalan yang tidak relevan dengan program seharusnya. Bahkan program sisipan ini bisa sangat merusak dan berbahaya pada system komputer anda.

Viruses

Suatu virus adalah sederetan code yang disisipkan kedalam program executable lain, yang mana jika program normal tersebut dijalankan maka viral code juga akan dieksekusi. Viral code ini bisa menggandakan diri kepada program-2 lainnya. Virus bukan lah program yang terpisah, dia tidak bisa berjalan sendiri, biasanya ada program lain yang mentrigernya agar bisa jalan.

Worms.

Worms adalah programs yang bisa merambat dari satu komputer ke komputer lainnya lewat suatu jaringan, tanpa harus memodifikasi program lainnya pada mesin yang ditarget. Worms adalah program yang bisa berjalan secara independen dan berkelana dari satu mesin ke mesin lainnya. Mereka ini tidak mengubah program lainnya, walaupun bisa saja membawa kuda Trojan dalam perjalannya melalui koneksi jaringan, ini yang sangat berbahaya.

 

Advetorial buat professional: BitDefender Internet Security 2009

BitDefender Internet Security 2009 menjaga koneksi internet seluruh keluarga anda tanpa harus menurunkan kinerja komputer anda. BitDefender mengunci viruses, hackers dan spam, sementara secara bersamaan memberikan perlindungan firewall dan juga memberikan pengawasan / kendali orang tua terhadap anak-2.

Dengan BitDefender anda bisa percaya diri dalam download, share dan buka file dari teman-2, keluarga, co-workers dan bahkan dari orang asing sekalipun.

  • Scanning semua web, traffic e-mail dan instant messaging, dari viruses dan spyware, secara real-time.
  • Secara proaktif melindungi diri terhadap penyebaran virus baru menggunakan teknik heuristic tingkat tinggi.

Melindungi identitas personal anda saat berbelanja online, transaksi perbankan, mendengarkan, mengawasi secara private dan aman.

  • Mem-blokir usaha pencurian data identitas personal anda (phising)
  • Mencegah kebocoran informasi personal anda lewat e-mail, web atau instant messaging

Mengawal percakapan anda dengan jalur inkripsi paling top.

  • Inkripsi instant messaging
  • File Vault secara aman menyimpan data personal atau data sensitive anda

Koneksi kepada jaringan secara aman, baik di rumah, di kantor, atau saat travelling

  • Secara automatis memodifikasi proteksi setting firewall untuk menyesuaikan lokasi
  • Monitor Wi-fi membantu mencegah akses unauthorized kepada jaringan Wi-fi anda

Melindungi keluarga dan komputer mereka.

  • Memblokir akses website dan email yang tidak sepantasnya
  • Menjadwal dan membatasi akses anak-anak kepada internet dan applikasi

Bermain dengan aman dan smooth

  • Mengurangi beban system dan menghindari interaksi permintaan user selama game
  • Mengguankan system resources yang relative kecil

Ada banyak cara sebenarnya yang bisa anda ambil untuk melindungi anda dari programmed threats, termasuk menggunakan anti-virus software, selalu patches system, dan memberi pelajaran kepada user baghaimana berinternet yang aman. Semua itu harus anda lakukan untuk melindungi system anda. Kalau tidak maka anda akan menjadi korban. Sebenarnya sangat banyak ancaman dari internet. Untuk itu agar anda yang sangat ingin melilndungi asset informasi anda, baik data perusahaan yang sangat sensitive dan kritis – bisa secara aman dimana saja dan kapanpun untuk ber internet ria – maka anda bisa percayakan kepada BitDefender internet security yang secara proactive melindungi komputer anda.




Lihat juga artikel:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *