Membuat Website Pribadi Dengan WordPress

Artikel ini dibuat mengingat banyaknya temen bertanya bagaimana cara membuat website pribadi dengan domain kita sendiri dengan wordpress?




 

Latar belakang

Dewasa ini sangat banyak sekali orang ngeblog dengan konten beraneka ragam dari mulai konten personal sampai konten untuk bisnis dengan menggunakan blog gratisan seperti Blogspot atau wordpress. Memang sangat mudah sekali membuatnya, akan tetapi yach sponsor masih menempel didomain anda seperti domain_anda.blogspot.com atau domain_anda.wordpress.com. Namanya juga gratisan, jadi kita kudu nurut domain yang punya alias kagak bisa mesti domain_anda.com, yach harus ada embel-embel blogspot.com. Lah kalo mo personal atau untuk kepentingan bisnis, masa iyach pakai yang gratisan? Kagak mutu, kagak keren alias kagak bonafide. Nah dalam artikel ini menjawab banyak nya pertanyaan cara membuat website pribadi atau bisnis dengan menggunakan wordpress dengan domain ente sendiri. Banyak sekali bisnis rumahan yang menggunakan wordpress seperti halnya dalam peluang bisnis pulsa ini dari skala kecil sampai menengah.

Langkah yang diperlukan

Kebanyakan keperluan akan website pribadi atau bisnis skala rumahan lebih banyak dikerjakan di rumahan dengan jaringan internet seperti Speedy atau sejenisnya. Ane kagak bahas jaringan komputer dan internet disini, baca saja artikel ane di link tadi.

Jika anda tidak mau repot bikin website kayak gene, serahkan pada kami saja ….dimulai jasa dengan harga Rp.350.000,- saja anda bisa mendapatkan website pribadi. Call 0823 3141 0751

Ada beberapa langkah pokok yang sangat diperlukan dalam membuat website pribadi dengan menggunakan wordpress yang sangat fleksibel dan didukung dengan plugg-in dan theme yang banyak pilihan dan yang penting gratis. Jadi yang gratis applikasi website wordpress bukan domain nya.

1. Download file yang diperlukan

Langkah pertama adalah download file-file yang diperlukan dalam membuat website personal atau bisnis anda diantaranya adalah software gratis wordpress.

Download wordpress disini: http://wordpress.org/download/

Pilih download wordpress 3.8 (saat artikel ditulis Jan 2014 versi 3.8 adalah yang terkini), setelah selesai periksa di folder download di favorites area di computer anda. Kebanyakan setting default untuk lokasi file unduhan anda adalah pada favorites/downloads dan cari file yang barusan diunduh dengan nama wordpress-3.8 seperti gb.1 dibawah ini.

file wordpress

Uncompress file tersebut dengan cara klik kanan pilih saja ‘extract here’.

extract file wordpress

File kedua yang anda butuhkan adalah file Filezilla yang juga gratisan yang berfungsi  untuk meng-upload file dari computer anda ke web hosting tempat anda menyewa domain dan webhosting. Gunakan link dibawah ini untuk download filezilla:

https://filezilla-project.org/download.php

setelah di download jalankan software ini di komputer anda dengan cara dobel klik seperti biasa dan akan muncul wizard yang membimbing anda dalam instalasi sampai selesai.

2. Beli domain pribadi dan webhosting

Disini emang bedanya antara gratisan dan yang beli. Masa kalo mo ngejalanin bisnis sendiri ato website pribadi pakai yang gratisan, yach kagak bonafide lah. Nah beli nama domain dan sewa web hosting nya alias server dimana domain dan website kita akan di tempatkan. Domain harganya mulai 80 rebu pertahun untuk domain .COM atau kalau CO.ID agak rumit karena harus ada banyak syarat termasuk nama perusahaan dan NPWP.

Tips memilih nama domain

Nama domain penting dan terkait dengan bisnis atau yang bersifat personal. Misal ente nich seorang artis terkenal Ariel Noah maka pilih domain ariel-noah.com. Atau nama band anda Peterken maka pilih domain peterken-band.com begitu seterusnya.

Kalo untuk kepentingan internet marketing, atau nama domain anda adalah kata kunci yang anda bidik maka berhati-hatilah. Kenapa? Misal saja anda membidik kata kunci handphone yang sangat banyak sekali pencariannya dalam google, misal domain yang anda pilih adalah handphone.com dan ternyata konten atau isi website anda adalah ecek-ecek, abal-abal kagak mutu dan banyak njiplak sana njiplak sini maka bisa jadi domain anda bakal kena penalty algoritma google yang namanya EMD (exact match domain) dan website anda bakal tenggelam jauh di sekian puluh atau ratus halaman di index google.

Jika kata kunci yang anda bidik akan menjadi nama domain anda, ada baiknya anda bikin domain utama yang bukan kata kunci dan kata kunci yang anda bidik adalah subdomain anda. Misal saja bisnis anda membidik kata kunci mobil dan motor jangan semata mata memilih domain motor.com atau mobil.com, jika konten tidak bagus dan tidak unik maka website anda akan tenggelam. Mendingan pilih misal nama bisnis anda misal PT Mitra abadi, pilih domain mitra.com dan buat subdomain motor.mitra.com dan mobil.mitra.com.

Ok, sekarang cari webhoting untuk beli nama domain dan sewa space web hosting, googling saja ketik web hosting dan akan banyak muncul pilihan. Untuk ane saat ini pilih idwebspace.com, yach kebetulan aja sich waktu mo ganti provider dulu saat webhosting pertama ingkar janji sehingga bangkrut dan hampir 5 domain saya dan client lenyap begitu saja kagak keurus. Untuk hosting domain pilih yang murah saja dulu misal yang space 25Mb, harga variasi dari mulai 5 atau 10 ribu perbulan.

Dalam contoh ini ane ambil contoh domain wifi-lifestyle.com dan subdomain adalah gadget.wifi-lifestyle.com.

3. Membuat database

Setelah domain udah kebeli dan ente da dikasih link atau IP address server dimana domain anda bakal di tempatkan, langkah selanjutnya adalah logon ke cpanel dari domain yang anda pilih. Biasanya butuh waktu 2×24 jam agar nama domain kita dipropagasikan ke DNS secara global. Jadi ada baiknya jika menggunakan IP address terlebih dahulu jika belum dikenal untuk login ke Cpanel. Login ke cpanel dengan akses http://www.domain_anda.com/cpanel dan tekan Enter maka akan keluar address bar http:// www.domain_anda.com:2082/ (biasanya port 2082).

 cpanel anda

Masukkan user_id dan password yang diberikan oleh provider anda dan ganti password cpanel anda demi keamanan setelah anda berhasil masuk ke cpanel.

Ubah password

ubah password cpanel

Klik “Change password” dan ubah password anda, pilih yang sulit ditebak demi keamanan. Simpan password cpanel ini baik-baik setelah diganti dan nantinya akan digunakan dalam account FTP pada saat upload file ke website anda.

Buat subdomain gadget

Pada bagian cpanel cari bagian subdomain klik dan kemudian bikin subdomain baru, dalam contoh ini kita buat subdomain gadget dari domain wifi-lifestyle.com.

 create subdomain

Buat database baru dan user database pada bagian databases seperti pada gambar dibawah ini. Pilih “MySQL Database wizard” dan ikutin petunjuk nya saat wizard dijalankan.

create database

Pada kolom new database ketik nama database persis dibelakang wifilife_ yang merupakan nama user name anda plus garis bawah(_).

create databases

Klik Next dan beri user database dan password dan ingat catat password ini karena nanti akan digunakan dalam instalasi wordpress website anda. Dalam contoh ini username nya adalah wifilife_hape dan password diketik dua kali.

database wizard

Setelah menambahkan user kedalam database dan contreng “all privileges” kemudian klik tombol NEXT, dan sampai sini tugas anda di cpanel untuk membuat database selesai.

Ubah configurasi file wordpress

Ada satu file yang perlu diubah dalam directory wordpress yaitu wp-config-sample.php. Ganti atau rename file ini menjadi wp-config.php dan edit seperti berikut:

Pada baris sekitar 19 kebawah ada beberapa baris yang perlu diubah:

define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);

/** MySQL database username */

define(‘DB_USER’, ‘username_here’);

/** MySQL database password */

define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);

ubahlah beberapa baris diatas dengan mengganti nya sesuai dengan nama database, user database dan password anda seperti berikut ini:

ubah ‘database_name_here’ dengan ‘wifi_gadget’

ubah ‘username_here’ dengan ‘wifi_hape’

ubah ‘password_here’ dengan ‘password-anda’

Ingat ini adalah contoh dengan menggunakan domain saya wifi-lifestyle.com, anda kudu nyesuain database, user dan password domain anda sendiri.

Lakukan ftp file wordpress

Jalankan filezilla dan buat account koneksi ke website anda. Pada File pilih ‘Site Manager’ dan pilih New site dan pada kolom host ketik domain anda, dalam hal ini wifi-lifestyle.com dan pilih protocol FTP dan port 21. Logon type pilih normal dan ketik user-name anda dan passwordnya. Setelah itu click “connect”.

Catatan: Jika domain masih baru order, biasanya nama domain belum selesai dipropagasi secara global pada jaringan DNS. Gunakan saja untuk sementara IP address server yang diberikan oleh provider webhosting anda.

Pilih directory dimana file-file wordpress disimpan. Arahkan pada kolom kanan ke directory publi_html dan pilih gadget (subdomain anda). Upload semua file (tekan ctrl A) pada kolom kiri dan klik kanan pilih “Upload”.

upload wordpress file

Tunggu sampai semua file selesai di upload, dan mungkin akan sering terjadi putus koneksi dan minta konfirmasi apakah akan overwrite file tujuan maka pilih saja overwrite. Tahapan selanjutnya adalah hampir kelar, yaitu instalasi wordpress.

Instalasi

Masuk ke browser dan ketik domain anda dalam contoh ini adalah http://gadget.wifi-lifestyle.com/wp-admin/ tekan enter dan akan muncul:

instalasi-wp

Baru tekan Install kemudian akan muncul layar

instalasi sukses

Klik login dan masukkan user admin dan password yang tadi diketikkan diatas. Dan akan muncul ke dashboard bahwa anda selesai melakukan instalasi wp dengan sukses, email akan terkirim automatis bahwa anda sukses instalasi wordpress.

General settings

Langkah pertama lakukan ritual dimulai dari Settings pada dashboard paling bawah. Pilih general settings, disini anda bisa edit judul website anda dan tagline. Untuk URL ada baiknya biarkan saja apa adanya (default).

setting umum

Writing

Pada setting “writing” tambahkan pada kolom paling bawah yaitu “update services” dengan beberapa baris berikut ini:

http://rpc.pingomatic.com/

http://api.moreover.com/ping

http://api.my.yahoo.com/rss/ping

http://blogsearch.google.com/ping/RPC2

http://cullect.com/feed/ping

http://ping.bitacoras.com

http://ping.feedburner.com

http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php

http://rpc.blogrolling.com/pinger/

http://rpc.icerocket.com:10080/

http://rpc.technorati.com/rpc/ping

http://rpc.weblogs.com/RPC2

http://topicexchange.com/RPC2

http://www.blogdigger.com/RPC2

http://www.blogoole.com/ping/

http://www.popdex.com/addsite.php

http://www.wasalive.com/ping/

http://www.weblogues.com/RPC/

http://blogping.unidatum.com/RPC2/

dan satu hal lagi  yang perlu diubah, ini hanya kesukaan saja yang paling enak dilihat yaitu struktur kustom pada url artikel halaman anda. Pilih permalink dan ubah menjadi /%postname% seperti pada contoh dibawah ini.

permalink

Instalasi anda pada dasarnya sudah selesai. Langkah selanjutnya yach terserah anda, anda bisa pilih theme dan plugging yang sesuai kebutuhan. Atur widget kiri dan kanan bila perlu dan tempelin iklan google Adsense jika sudah punya atau daftar baru.

Semoga artikel ini menjawab berbagai permintaan tentang cara membuat website pribadi atau bisnis dengan menggunakan wordpress yang gratis di download.

Semoga bermanfaat, Wassalaam.

Ali H




Lihat artikel lain:

Jika artikel ini bermanfaat, sudilah kiranya di share ke jejaring social anda, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.