Melihat Wireless Security Camera dari iPhone Anda

By Ki Grinsing

Monitor camera remotely

Beberapa waktu lalu, seorang mahasiswi bertanya tentang bisanya kita memonitor camera dikantor dari jauh atau dikendalikan dari rumah secara remote lewat jaringan telpon. Pertanyaanya sekitar bagaimana caranya, seberapa bandwidth yang dibutuhkan, dan apa bisa lewat telpon? Frankly saya belum bisa menjawab secara detail karena sangat teknis sekali dan dia akan menjadikan project ini sebagai bahan scripsinya. Sebenarnya technology itu sudah ada banyak dipasaran yang sudah siap kita gunakan dengan panduan teknis dari pabrikannya – yaitu dengan menggunakan wireless network security camera yang bisa dilihat lewat iPhone anda. Kelihatnanya menarik bukan?

airlink security camera

Click for spec details

Bayangkan saja anda sekeluarga berlibur dalam waktu yang lama keluar kota meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penjaga. Andai saja ada seorang pencuri yang masuk menyelinap rumah anda dan menyatroni rumah anda, maka anda tidak bisa berbuat apa-apa. Tentunya anda bisa merasa tenang kalau saja anda bisa memonitor rumah anda dari jauh secara remote lewat internet dengan wireless network security camera anda. Setidaknya anda bisa menelpon polisi atau petugas security perumahan anda untuk memeriksa kalau ada kucing garong sedang menyatroni rumah anda. Security camera yang mana?

Airlink Wireless security camera

Airlink menyediakan beberapa jajaran wireless security camera yang juga merupakan night vision camera dengan upgrade firmware terbarunya untuk bisa dimonitor lewat genggaman iPhone, iPad, atau iPod dari jauh asal ada jaringan Internet. Beberapa seri camera itu adalah AICN500, AICN500W, AICN747, AICN747W, and AICN777W dan juga seri yang akan datang berikutnya.

Diagram jaringan

Secara umum wireless security camera ini diintegrasikan kedalam jaringan wireless rumah anda yang tentunya sudah terkoneksi dengan broadband internet baik melalui Cable atau ADSL (missal Speedy).

Gambar berikut ini adalah suatu diagram jaringan wireless dirumah anda dimana anda juga memasang salah satu night vision camera dari Airlink dan juga Wi-Fi dari wireless router missal dari Airlink N300 wireless router juga atau wireless router lainnya.

Diagram jaringan wireless dengan nigh vision camera

Asumsi anda sudah berhasil setup jaringan wireless anda maka yang perlu anda lakukan berikutnya adalah menghubungkan wireless network security camera anda terintegrasi kedalam jaringan wireless.

Anda bisa memilih salah satu night vision camera Airlink yaitu AICN500, AICN500W, AICN747, AICN747W, atau AICN777W tentunya diupdate dengan firmware terkini dari Airlink agar bisa compliant dengan applikasi SkyIPCam dari iPhone anda.

Koneksikan Ethernet port dari camera ke salah satu port Ethernet dari wireless router anda dengan menggunakan kabel jaringan UTP. Kebanyakan wireless router dilengkapi dengan 4 buah Ethernet port yang autosensing – artinya anda bisa menggunakan baik kabel straight atau cross. Nyalakan camera anda dan pastikan bahwa kedua lampu Led power berwana solid kuning dan lampu link berwarna hijau mudah (lampu Link) terang dan berkedip.

Install SkyIPCam

Langkah berikutnya adalah menginstall software SkyIPCam utility kedalam salah satu PC anda (tentunya yang terkoneksi kedalam jaringan) yang merupakan utility untuk konfigurasi camera anda missal konfigurasi IP address dan mengubah password admin. Sampai tahap ini wireless network security camera anda sudah beroperasi lewat jaringan dan terkoneksi secara wireless. Panduan bisa dilihat / dibuka Quick Installation document yang runtun dan jelas untuk instalasinya.

Langkah terakhir adalah mengkonfigurasikan iPhone anda agar bisa melihat night vision camera anda secara remote lewat jaringan internet. Lewat iPhone, iPad, atau iPod anda bisa download applikasi SkyIPCam dari iTune Store gratis. Ikutan petunjuk instalasinya dan twuing anda bisa monitor rumah atau kantor anda lewat wireless security camera dari mana saja anda berada asal ada jaringan internet.

By Ki Grinsing

Lihat juga artikel lainnya:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.