MEBR3500 Mobile Router

By Ki Grinsing

Melongok produk Netgear MEBR3500 – Satu router untuk broadband internet dan juga jaringan 3g. Ma’af barang ini sudah dicoret dari Netger …failed product ….!

Solusi Internet 3G

MEBR3500 Netgear Mobile routerUmumnya kita menggunakan broadband router untuk membuat jaringan wireless agar bisa men-sharing koneksi internet baik dari ADSL ataupun Cable broadband di rumah atau dikantoran kecil. Sementara untuk sharing Internet dari jaringan 3g atau Cellular kita menggunakan 3g atau cellular router. broadband router dan cellular router adalah dua router yang mempunyai peran beda, mereka tidak bisa di-saling tukarkan. Akan tetapi Netgear MEBR3500 bisa berfungsi baik sebagai broadband router dan cellular router.

Latar Belakang

Ketika anda membangun suatu jaringan wireless untuk men-sharing koneksi internet dari layanan broadband ADSL ataupun Cable, yang anda perlukan adalah sebuah broadband router yang dikoneksikan kepada modem yang ada melalui port Ethernet yang disediakan. Hal ini bisa dilakukan kalau ditempat anda tersedia layanan ADSL atau Cable dari ISP anda.

Bagaimana jika di area anda tidak tersedia layanan ADSL atau Cable? Jika diarea anda bisa mendapatkan akses 3g atau jaringan cellular, maka anda bisa menggunakan router 3g atau router cellular untuk men-sharing koneksi internet dari layanan 3g anda dengan beberapa komputer disekitar jangkauan Wi-Fi anda.

Router 3G

Membangun jaringan Wi-Fi dengan memanfa’atkan ketersedian jaringan 3g / cellular, anda membutuhkan router 3g yang bisa mendukung modem 3g seperti DIR-451 dari D-Link. Anda tidak bisa menggunakan router ini untuk membangun hotspot dari layanan DSL/Cable broadband internet, ini beda. Disisi lain anda juga tidak bisa mengunakan broadband router untuk membangun jaringan Wi-Fi atau hotspot dengan memanfa’atkan layanan jaringan 3g. Kedua jenis router ini berbeda, walaupun mereka bisa dipakai untuk membuat jaringan Wi-Fi. Kedua router ini mempunyai input internet yang berbeda.

Perlu modem 3G

Router cellular atau router 3g memerlukan modem 3g untuk menangkap akses internet dari jaringan cellular atau jaringan 3g dari base tower cellular terdekat (BTS) dengan medium udara. Kemudian dari router 3g, akses internet di kembangkan dengan jaringan Wi-Fi agar bisa di sharing dengan beberapa komputer dalam jangkauan. Sementara broadband Cable dan ADSL menggunakan modem khusus yang terhubung dengan kabel jaringan (local loop) kepada kantor ISP terdekat. Anda terikat dengan jaringan kabel untuk mendapatkan akses broadband internet ini. Sementara dengan 3g, anda bisa membuat jaringan Wi-Fi dengan absennya layanan Cable atau ADSL dimanapun, kapan saja asal anda bisa mendapatkan akses 3g diarea anda berada.

Untuk broadband internet anda memerlukan broadband router, untuk jaringan 3g anda memerlukan 3g router. pertanyaannya: ada nggak satu produk router yang bisa dipakai baik untuk Wi-Fi dari layanan broadband Internet maupun untuk layanan 3g atau jaringan cellular? Ada, dan dia adalah NETGEAR MEBR3500 mobile broadband router dengan 802.11n, gigabit LAN-Switch, dan Gigabit WAN port.

Apa Kehebatan Produk Ini?

Netgear MEBR3500 cellular router adalah sebuah solusi tunggal router untuk membuat jaringan Wi-Fi atau hotspots baik dari layanan 3g ataupun dari broadband DSL atau Cable. MEBR3500 cellular router mempunyai fitur berikut ini:

  • Tersedia port USB WAN untuk koneksi modem data 3g yang compatible hampir 20 model modem 3g
  • Untuk koneksi modem broadband (DSL/Cable) tersedia port Gigabit Ethernet
  • Untuk koneksi komputer dengan kabel jaringan anda bisa memanfa’atkan 4 buah port Ethernet Gigabit
  • Untuk jaringan Wi-Fi didukung dengan wireless access point 802.11n dengan WPS
  • Firewall Untuk proteksi jaringan dari ancaman internet
  • Dan masih banyak fitur premium dari router ini

MEBR3500 cellular router ini sangat fleksible. Dirumah dengan layanan DSL atau Cable anda bisa menggunakannya untuk layanan Wi-Fi agar bisa sharing internet dengan beberapa komputer anda dirumah secara wireless. Sementara itu dengan router yang sama ini, saat anda bepergian di area dimana anda tidak mendapatkan layanan ADSL/Cable, anda bisa memanfa’atkan akses jaringan 3g untuk membuat hotspot Wi-Fi. Satu router untuk semua kondisi, praktis bukan?

Koneksi 3G atau broadband

Dengan router ini anda bisa mendapatkan keuntungan dari akses internet kecepatan tinggi dari DSL /Cable dan juga mendapatkan man’faat saat anda berpergian. Dengan cellular / 3g router anda bisa mendapatkan keuntungan serta keluwesan router seperti berikut:

  1. Internet akses bagi commuter yang sering bepergian untuk keperluan bisnis. Dengan menginstall router 3g di kereta api, bus, atau bahkan kapal wisata, anda bisa memungkinkan penumpang mengakses internet dari laptop mereka, PDA, atau menelpon Skype sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan saat bepergian.
  2. Event-event khusus: dengan router 3g anda bisa mensharing koneksi internet 3g anda dengan team anda saat anda dalam perjalanan untuk bisnis atau untuk bermain. Apakah anda dalam acara konvensi industry, meeting off-site, peliputan sports, atau kegiatan concert di latar belakang, 3g router anda memungkinkan team anda selalu terhubung ke dunia luar walau tanpa ada DSL atau Cable.
  3. Access jaringan private: Karyawan pemerintah atau corporate user bisa membuat akses Wi-Fi dan memberikan kolega nya akses ke jaringan private secara aman
  4. Emergency response: apakah anda sedang memberikan suatu layanan darurat bencana alam, atau evakuasi pendaki gunung yang tersesat hilang digunung, anda bisa men-setup jaringan Wi-Fi dengan cepat.

MEBR3500 cellular router memberikan koneksi internet instan dengan atau tanpa jaringan kabel dan bekerja dengan peralatan Wi-Fi adapter anda baik dari standard 802.11b/g ataupun peranti 802.11n anda. Dengan modem USB 3g anda, router ini bisa memberikan koneksi sharing internet secara langsung atau secara wireless, selalu on. sementara saat dirumah dengan sambungan kecepatan tinggi DSL atau Cable anda juga bisa memanfa’atkannya.

By Ki Grinsing

Lihat juga artikel sebelumnya:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.