Macam Macam Wifi untuk Jaringan Komputer

Ada pertanyaan dari beberapa murid sekolah menengah atas (SMA/SMK) apa saja sich macam macam wifi. Ini pertanyaan yang sangat luas untuk dijawab, dari mainan anak dengan menggunakan remote control sampai peralatan canggih system keamanan rumah. Untuk itu kita harus batasi yang berhubungan dengan jaringan computer.

Jaringan wifi

Di era informasi ini kemudahan akses data dan informasi bisa dilakukan dari mana saja. Di jaman bahelu dulu ketika jaringan wifi masih dianggap mustahil, koneksi untuk pertukaran data dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan kabel data. Sebut saja computer dikantor anda dahulu hanya menggunakan kabel jaringan coaxial untuk koneksi ke computer lainnya atau ke server.

Jaman sudah berubah perkembangan technology sangat pesat, muncullah technology wifi dari mulai standard 802.11b dengan kecepatan 11Mbps sampai sekarang ada standard 802.11n dengan kecepatan sampai 600Mbps, 802.11c sampai 1700Mbps dan terakhir diterapkan 802.11d. kita batasi bahasan sejarah wifi ini, kita akan bahas macam macam wifi dalam kaitannya dengan jaringan computer.




 
Pertama kita batasi dalam pemakaiannya atau tempat dimana ada jaringan computer disana.

Apa saja dalam urusan jaringan wifi:

  • Jaringan wifi dirumah
  • Jaringan wifi perusahaan
  • Perangkat wifi clients

Kita mulai dari jaringan wifi dirumah, kemudian untuk kebutuhan bisnis untuk perkantoran dan kebutuhan client untuk bisa konek ke jaringan wifi. Lihat artikel terkait bagaimana membuat jaringan computer internet.

1. Jaringan wifi dirumah

Ada Jaringan computer dirumah baik jaringan kabel atau jaringan wifi dirumah ketika kita berlangganan jasa internet kepada jasa penyedia internet (ISP). Yang paling sederhana adalah langganan internet hanya dipakai untuk satu computer dengan koneksi modem koneksi kabel UTP ke satu computer saja.

Speedy

 

Jaringan Komputer wifi dirumah

Gb. 1 Skema jaringan computer dirumah

Misal dari jasa speedy maka biasanya diberikan modem tanpa wifi yang biasanya ada port Ethernet satu atau dua. Dalam kasus ini, macam macam wifi apa yang anda butuhkan untuk membuat jaringan wifi? Anda butuhkan wireless access point. Jadi bukan wireless router yang sering kebanyakan orang salah milih.

Lihat top 5 modem wifi speedy dipasaran

Speedy belakangan sudah memberikan modem yg sudah dilengkapi dengan wifi, maka tak perlu lagi menambah perangkat wifi tambahan kecuali perlu jangkauan yg lebih luas anda membutuhkan perangkat wifi yang namanya wireless extender.

IndiHome

IndiHome berbasis fiber optic selalu memberikan perangkat modem router plus wifi. Jadi tak perlu lagi perangkat wifi tambahan kecuali ingin menambahkan wireless range extender untuk memperluas jaringan.

Lihat artikel terkait beberapa model wireless extender

First Media

Firt Media memberikan layanan internet Cable dan biasanya memberikan pinjaman Cable Modem DOCSIS 3.0 yang mempunyai satu Ethernet port untuk dikoneksi kan ke wireless router. Kalau Speedy (yg tanpa wifi) anda perlu tambahan wireless access point maka Fist Media anda perlu wireless router untuk kebutuhan jaringan wifi dirumah.

Jaringan internet dengan wireless gateway

Jaringan wifi dengan jasa internet cable

Jadi perangkat macam macam wifi untuk kebutuhan Speedy dan Indihome (yg tanpa wifi) anda perlu wireless acces point, sementara First Media yg hanya memberikan modem Cable DOCSIS 3.0 anda perlu wifi router.

Lihat top 10 wireless / wifi router terbaik

2. Jaringan Wifi Perusahaan

Beda untuk kebutuhan jaringan wifi dirumah beda pula untuk kebutuhan jaringan wifi di perusahan dengan skala menengah keatas yang bisa meliputi koneksi clients yang sangat besar bisa ratusan bahkan ribuan.

Lihat solusi jaringan computer untuk perusahaan

Macam macam wifi apa saja yang bisa digunakan untuk kebutuhan perusahaan ini? Perlu diketahui bahwa untuk kebutuhan koneksi internet dengan bandwidth tinggi maka diperlukan jasa penyedia internet khusus yang biasanya memberikan IP address statis (walau tidak selalu) untuk bisa menjadikan IP jaringan perusahaan. Dan biasanya koneksi internet ini juga dipakai untuk koneksi antar jaringan global.

Perangkat yang disediakan oleh penyedia jasa internet ini adalah sebuah modem dan router. dan untuk membangun jaringan wifi anda membutuhkan satu atau beberapa wireless access point. Bukan wireless access point yang dipakai dirumahan seperti TP-link T-WA901ND atau TP-link AP500 akan tetapi gunakan wireless access point untuk binis sebut saja TP-link seri auranet EAP225, serie dari Ubiquiti UAP-AC-PRO dan juga EnGenius EAP1300 dst.

Model model seri wifi access point untuk kebutuhan bisnis tersebut dilengkapi dengan software utility untuk mengelola jaringan dan koneksi clients baik local maupun jaringan lintas site, lintas kota atau lintas benua.

Click disini untuk macam macam wireless access point

Hampir semua Smart-phones sekarang ini bisa terhubung ke jaringan wifi yang ada dirumah anda, di perkantoran, di hotspot dan dimana saja jaringan wifi terpasang. Dari laptop, computer desktop, perangkat mobile dlsb. Lihat juga jenis piranti jaringan computer.

3. Macam macam wifi cients

Hampir kebanyakan laptop baru sekarang ini sudah dilengkapi dengan adapter wifi terpasang, baik seri wireless 802.11b/g/n ataupun yang sudah 802.11a/b/g/n/ac. Bagaimana dengan perangkat computer / laptop yg masih belum terpasang perangkat wifi? Macam macam wifi adapter apa saja yang bisa digunakan?

  1. wifi PCI adapter

Kebanyakan computer desktop lama belum terpasang perangkat wifi, kecuali computer baru hampir sudah terpasang adapter wifi on board. Untuk computer yg belum terpasang wifi anda punya dua macam pilihan yaitu perangkat wifi USB adapter yg praktis atau memasang perangkat wireless PCI adapter.

Kartu jaringan WDN4800

Kekurangan dari wifi PCI adapter adalah kita harus membuka kasing kompi terlebih dahulu untuk memasangnya di slot PCI motherboard. Kelebihannya sangat aman dari pencurian tangan2 tak bertanggung jawab terutama diperkantoran.

  1. USB wifi adapter

Yang paling praktis adalah wifi USB adapter yang bisa dengan mudah dipasang di port USB yang masih kosong, mudah pemakaiannya dan gampang troubleshootingnya jika terjadi masalah. Akan tetapi dibanding PCI, wifi USB lebih rentan hilang dikutil jika dipasang diarea perkantoran yg banyak orang lalu lalang.

kartu jaringan mini usb

  1. Perangkat mobile anda

Siapa yang tak punya hape smartphone sekarang ini, hampir semua anggota keluarga dirumah sudah menggenggam perangkat Android atau iOS sebagai alat komunikasi dan bermedia sosial serta berselancar dalam segala kegiatan baik untuk kebutuhan pelajaran sekolah, kulian ataupun kegiatan social lainnya.

Hampir semua perangkat mobile tersebut sudah dilengkapi dengan macam macam wifi untuk bisa koneksi ke jaringan wifi baik di hotspot tempat2 umum, dirumah maupun diperkantoran. Dari mulai hape Android lawas yg biasa dilengkapi dengan standard wifi 802.11b/g sampai hape canggih yang sudah dilengkapi wifi standard wireless 802.11ac dual band.

  1. Perangkat camera

Disamping itu semua, camera monitoring sekarang sudah banyak dilengkapi dengan perangkat koneksi wifi untuk memudahkan koneksi ke jaringan internet di rumah, kantor atau dimana saja. Akan tetapi untuk kebutuhan koneksi yang kokoh banyak kamera yang lebih memilih koneksi POE untuk komunikasi data sekaligus power.

Bahkan sudah mulai banyak kamera wifi yang sudah dilengkapi dengan battery sehingga bisa terhubung ke jaringan tanpa perlu satupun kabel baik kabel jaringan maupun kabel power. Sebut saja kamera Arlo dari Netgear, Motorola Orbit dll.

  1. Perlengkapan keamanan rumah

Perkembangan technology semakin pesatnya terutama dalam bidang elektronik dan komunikasi data. System keamanan rumah sekarang sudah dibesut dengan kecanggihan technology wifi. Sebut saja Doorbell wifi yang juga banyak yang sudah dilengkapi dengan kamera misal Ring Doorbell.

Atau sebut saja TP-link yang mengeluarkan wireless router yang terintegrasi dengan peralatan canggih untuk Smart Home seperti Smart Motion Sensor MS100, Smart open closed sensor CS100 dan juga Kasa kamera wifi. Lihat referensi terkait TP-link Kasa Smart home router.

Kesimpulan

Banyak perangkat dengan macam macam wifi yang digunakan baik untuk memberikan jaringan wifi ataupun perangkat wifi yang bisa terhubung ke jaringan wifi. Perangkat wifi untuk layanan wifi bisa meliputi wifi router, wifi access point atau wifi range extender. Sementara untuk perangkat koneksi ke jaringan wifi bisa berupa perangkat wifi PCI, wifi USB untuk laptop/ computer ataupun perangkat hape Android iOs anda.




You may also like...

1 Response

  1. Semua serba Wifi sekarang lebih simpel tanpa kabel yang bisa bikin ruwet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.