Mac atau Windows PC Mana Yang Terbaik

By Ki Grinsing

Bicara tentang computer selalu ada pilihan dan ada satu kebenaran dalam dunia komputer yaitu ada dua macam komputer. Ada computer Macs (Macintosh) dan ada computer Windows (PC). Tentunya kita tidak masukkan dunia komputer jaringan dimana disana ada Unix, Linux, dan OS jaringan lainnya.

 

MAC vs Windows PC

Apakah kedua jenis computer itu saling compatible?

Dalam beberapa aspek kedua jenis computer tersebut sudah bisa dibilang compatible. Misal saja pada jaringan komputer dengan wireless router sebagai pusat jaringannya, kedua jenis PC dan Mac bisa sekaligus terhubung kedalam jaringan. karena keduanya menggunakan protocol jaringan yang sama yaitu protocol TCP/IP yang sudah menjadi standard protocol dalam dunia internet. Begitu juga peripherals yang ada juga bisa saling dipertukarkan, sebut saja Camera dan Printer, tidak ada Camera atau Printer khusus Mac atau PC. Karena semua pabrikan selalu memikirkan compatibility dalam design produk mereka agar bisa dipakai oleh Mac dan PC. Sebut saja Microsoft Office juga ada tersedia buat Apple Mac disamping umum dipakai oleh PC. Begitu juga program-program penting lainnya.

 

JADI …apakah kedua PC dan Mac berbeda

Ada perbedaan utama yang bersifat inti antar kedua system yang mungkin saja tidak pernah bisa berubah. Jumlah PC jauh membludak didunia ini dibanding dengan Apple Mac. Yach wajar saja karena PC dibuat oleh ribuan perusahaan yang berbeda di dunia ini dan di assembling dalam jutaan cara yang berbeda. Bahkan anda pun terkadang memilih untuk merakit PC sendiri dirumah untuk menekan biaya sesuai dengan kantong tentunya. Misal saja kita bisa mengurangi  NIC adapter karena hanya dipakai untuk stand-alone tidak untuk terhubung kepada jaringan komputer. Yach lumayan hemat setidaknya 100 ribuan.

Single vendor Mac

Disisi lain Apple Mac, setiap proses pembuatanya betul-betul di kendalikan hanya oleh satu company saja walaupun mungkin pabriknya banyak. Dan lagi jangan ditanya kualitasnya jauh sangat bagus dan dengan performa yang sangat tinggi disamping itu tampilannya sangat cantik. Makanya jangan ditanya harganya, jauh lebih mahal dari kelas PC – kenapa? Karena Apple telah membuat reputasinya menjual komputer kelas mahal kepada para professional dan kelas bisnis. Dan ini menjadikan Apple Mac menjadi kelas exclusive dalam jajaran komputer didunia ini.

Universal dan Exclusive Computing

Program-program Windows telah menikmati tingkatan yang bersifat universal. Hamper setiap system bisa jalan di Windows PC, dan hampir para pembuat program pertama kali berkiblat kepada PC Windows mengingat pangsa pasar yang melimpah. Akan tetapi quality control sangat berbeda. Disisi lain Apple Mac menerapkan standard yang sangat ketat dan hanya membuat applikasi khusus untuk Mac saja dan dibuat dengan standard terbaik untuk memastikan qualitas terbaik buat platform Mac sendiri.

Segi keamanan

Salah satu sisi lain dimana Mac dan PC berbeda dilihat dari baiknya adalah bahwa proteksi virus dan keamanan tidak compatible. Secara virtual hampir semua virus yang ada di internet sekarang ini adalah mentarget PC bukan Mac. Hal ini dikarenakan Apple mengendalikan produk-produk nya dengan sangat ketat dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Dan lagi Apple mempunyai kendali departemen keamanan komputer pusat dimana setiap Mac yang terhubung kepada jaringan internet akan selalu mendapatkan perlindungan dari pusat Apple. Dan lagi OS Mac tidak ada dipasaran, karena produk Mac khusus dibuat untuk Mac. Tidak halnya dengan Windows yang bisa dibajak karena untuk komputer apa saja bisa jalan. Akan tetapi tentunya kedua jenis OS ini sama-sama rentan terhadap virus-virus jaringan social.

 

Mac computer vs Windows PC

Apakah keduanya akan bisa saling compatible?

Seperti disebutkan dimuka bahwa dalam beberapa sisi keduanya compatible, sementara disisi lain mereka tidak saling compatible. Dan dalam beberapa sisi memang tidak perlu mereka compatible. Dalam cita rasa secara umum, Windows bisa dikatakan satu langkah lebih maju, akan tetapi disisi lain Apple Mac mempunyai pijakan yang sangat kokoh. Mereka selamanya tidak akan compatible dalam beberapa sisi, karena Windows selalu berevolusi dan Apple akan mengubah kebijakan nya, akan tetapi interaksi keduanya berlanjut memberikan pengalaman computing yang bermanfaat kepada kita.

Salam,

Lihat juga:

You may also like...

1 Response

  1. Downno says:

    terimakasih ya infonya.,.., jangan lupa mampir kesini juga ya : http://candra.unsri.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.