Konfigurasi TCP IP

Instalasi Dan Konfigurasi TCP/IP Pada Komputer

Secara default, TCP/IP sudah diinstall dan di configure untuk menerima IP address secara automatis saat anda melakukan install Windows server 2003 atau yang terkini Windows server 2008 R2 dan Windows server 2012 family dan kompoter clients pasangannya Windows XP atau Windows 7 ataupun Windows 8 bahkan versi terbarupun Windows 10 juga. Windows 7, 8 dan 10 di rancang khusus agar bisa secara maksimal berinteraksi dengan Windows server 2008 atau 2012.

Bahkan jika anda yang bergerak dalam small bisnis, pilihan untuk menggunakan Windows server essentials 2012 adalah sangat cocok jika clients komputer menggunakan Windows 7,8 dan 10. Apa saja kehebatan yang bisa anda dapatkan jika membangun small business menggunakan Windows server 2012 Essentials bisa anda baca di jaringan komputer bisnis kecil disini.

Tidak masalah jika opsi networking apapun yang anda pilih saat intslasi WIndows, anda bisa melakukan install dan konfigurasi protocol TCP/IP setelah instalasi Windows selesai.




 

Instalasi protocol TCP/IP

Walau sudah terinstall automatis, protocol TCP/IP mungkin saja tidak ada karena satu atau lain hal mungkin ter-uninstall secara tidak sengaja, akan tetapi anda selalu bisa kembali dan menginstallnya lagi. Bagaimana anda melakukannya?

1. Pada window “network connection”, klik kanan “network connection” pada LAN card yang ingin anda konfigurasi (jika ada lebih dari satu NIC) kemudian pilih property.

2. Pada tab “General” (untuk koneksi local connection) atau Networking tab, jika “Internet Protocol (TCP/IP)” tidak ada pada list komponen yang terinstall, lakukan yang berikut:

a. Klik “install”

b. Klik “protocol” kemudian klik “Add”

c. Pada kotak dialog “Select Network Protocol”, klik “Internet Protocol (TCP/IP)” dan klik OK

d. Pastikan bahwa kotak check Internet Protocol (TCP/IP) tercontreng dan klik Close.

 

Konfigurasi TCP/IP

Saat anda mau setup konfigurasi IP addressing pada suatu komputer, anda bisa memilih apakah anda mau configure untuk menerima IP secara automatis atau memberikan IP address secara manual. Pada gambar dibawah menunjukkan property TCP/IP yang telah tersetup untukmenerima IP secara automatis baik IP dari skema APIPA ataupun IP dari DHCP server. APIPA berada pada range IP address antara 169.254.0.1 sampai 169.254.255.254. mulai Windows XP keatas, APIPA akan terinstall automatis jika dalam suatu jaringan tidak tersedia IP address dari DHCP server.

Klik gambar komputer yang ada di pojok bawah sebelah kanan > klik property > pada tap gemeral pilih Internet Protocol (TCP/IP) > klik Property

Automatic tcp-ip property

Perhatikan bahwa saat anda memilih konfigurasi IP secara automatis maka akan muncul tab “Alternate Configuration”. Jika anda memakai notebook dan sering berada di dua tempat dimana salah satu tempat/kantor anda memerlukan IP address manual sementara diluar anda juga sering memakai IP address automatis, maka konfigurasi IP address manual pada tab “Alternate Configuration” bisa dipakai. Perlu juga diketahui bahwa untuk bisa melakukan konfigurasi TCP/IP anda harus logon sebagai system administrator atau anggota administrator group dari local komputer tersebut.

IP Address statis

Jika anda ingin meng-konfigurasi IP address secara manual maka sebelumnya anda harus sudah mempunyai daftar IP address yang mau dipakai; subnet mask; default gateway; DNS server IP address ataupun WINS server. Pilih tombol radio “Use the following IP addressing” dan juga jika ingin setup manual DNS server dan WINS, pilih juga “Use the following DNS server”. Ketik IP address, subnet mask, default gateway dll dikolom yang disediakan sesuai dengan daftar konfigurasi yang ada pada anda.

 

Konfigurasi tcp-ip manual

 

Misal IP address adalah 192.168.1.25
Default gateway: 192.168.1.1
Prefered DNS server: 202.134.1.10
Alternate DNS server: 202.134.0.155

Dalam upaya anda untuk melakukan setup pada komputer atau piranti jaringan anda, memberikan IP address adalah salah satunya.

Bagi anda pengguna browser chrome  (browser ini sangat cepat mungkin karena dikemas minimalis tapi fitur lengkap juga) mungkin sering mengalami masalah dengan DNS yang sering tidak bisa akses website tanpa tekan refresh berkali-kali seperti “error HTTP 404 – File not found” atau yang paling sering “( The server at www.google.com can’t be found, because the DNS lookup failed…dan seterusnya)” …dan petunjuk dari chrome tidak ampuh untuk menyelesaikan masalah kecuali ganti DNS prefered dan alternate dengan DNS dari google sendiri yaitu: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, coba dech pasti ojosss.

 

Konfigurasi Back-to-back Dua Komputer

Sebagai contoh sederhana adalah menghubunkan dua piranti yaitu sebuah PC komputer A dan sebuah laptop komputer B. keduanya dihubungkan dengan sebuah kabel jaringan UTP Cat5 cross cable back-to-back dengan masing-2 konfigurasi IP sebagai berikut:

 

Konfigurasi TCP/IP PC ke PC

Konfigurasi TCP/IP PC ke PC

  • Komputer A IP address = 192.168.100.1 dan subnet mask = 255.255.255.0
  • Komputer B IP address = 192.168.100.2 dan subnet mask = 255.255.255.0

 

Buka masing-2 property TCP/IP di masing-2 komputer dan pilih “Use the following IP address” lalu ketikkan IP address masing-2 dan juga subnet mask yang sama, dan kosongkan kolom lainnya. Setelah selesai anda bisa verifikasi apakah konfigurasi sudah benar dengan jalan masuk ke command prompt (tekan tombol gambal bendera dan huruf R secara bersamaan lalu tekan tombol OK untuk masuk ke command promp) dan ketikkan dari komputer A:

C:\> ping 127.0.0.1 <Enter>

Jika konfigurasi TCP/IP anda sudah benar maka akan muncul ping statistic dengan 0% loss seperti gambar dibawah ini.

Ping Local Host

Ping Local Host

IP address 127.0.0.1 adalah localhost pada komputer. Untuk memastikan kedua komputer bisa terhubung dengan benar lakukan ping ke komputer B dari komputer A dengan cara ping address berikut:

C:\> ping 192.168.100.2 >Enter>

Dan jika konfigurasi kabel sudah benar maka akan ada respon ping dengan statistic paket loss = 0%.

Command ping ini sangat membantu anda dalam upaya troubleshooting jaringan. Anda juga bisa menggunakan command ipconfig /all dari command promp untuk melihat konfigurasi TCP/IP secara keseluruhan dari suatu komputer.

Salam, KG




You may also like...

92 Responses

  1. wongbulu says:

    Tolong penting, XP saya tidak bisa konek hanya limited or no conectivity karena ip addressnya terisi dari APIPA bukan dari DHCP server. sudah semua cara dicoba tidak bisa tolong pencerahannya trims.

  2. arie says:

    cara setting bagimana

  3. Ki says:

    buka property TCP/IP dari LAN Connection ..coba di artikel membangun jaringan komouter sederhana disana dijelaskan cara setting.

  4. EEP says:

    Konfigurasi clien server gak mau koneksi aja saya mengunakan HUB Dlink 24 Port, untuk tersambung dari server ke 20 cline setingan meneruskan bekas orang lain, sya harus mulai dari mana! membereskannya! solusinya dong

  5. Ki says:

    maksudnya apa bro …? Gak mau koneksi ke semua kompi gitu?
    ato namba Hub (atau Switch? beda lho) tapi gak nyambung semua gitu?
    mengingat harga Switch sekarang gak mahal, mengganti semua HUB dengan Switch …biar cepat.
    Kalau ada DHCP server dengan IP pool cukup, semua PC cukup di konfigure TCP/IP nya untuk “obtain IP address automatically”

  6. haho88 says:

    masih pusing bro cara setingnya…
    cara yang mudah ada ga bro..

  7. Ki says:

    wah ini yang paling gampang bro …he..he..ada gak yach lebih gampang …? rasanya sich yg lebih mahal banyak …:(-

  8. minan says:

    thanks ya
    jangan lupa kunjungannya

  9. djoedy says:

    wah bagus eyy artikelna saya print ya buat tugas sekolah

  10. Budi says:

    saya mau tanya,ip sudah saya set manual tapi di status tetap kosong itu apanya yah??dan cara nya gimana utk benerinnya.thx’s

    • admin says:

      Hi Budi@ anda connect ke jaringan gak? yg dimaksud status apanya…? tuk mastiin konfigurasi tcp/ip anda bagus …cek di dos promp dg command “ping localhost” atau “ping 172.0.0.1” kalo dpt respon dg 0% paket loss berati konfigurasi sudah benar ….
      anda membuat koneksi dua pc ato apa …?

  11. omad says:

    Mas mau tanya.. saya kan pake USB wireless (Yes Optus) nah cara membatasi speed clients tu gimana ya? apa ada 3rd party application ?biar saya mudah mengaturnya?

  12. Ki says:

    frankly gw gak pernah pake kecuali pernah pake ISA server …benarnya banyak bisa trial gratis coba aja salah satunya …bandwidth manager ato bandwidth controller

  13. Paul says:

    Salam kenal…
    Ana mau nanya Gan..
    Dah beberapa hari ini dikantor ana nggak bisa konek ke internet,
    padahal sebelumnya nggak masalah,setelah ana konfirm ke admint
    kantor katanya dah nggak boleh lagi,tapi klu untuk email nggak masalah,Tolong Gan solusinya biar ana bisa browsing lagi..
    makasih

    • admin says:

      kalau pake infrastructure server misal windows server dg AD yach bisa saja di setting seperti ituy oleh administratoirnya. System pake proxy dg authenticasi user-name ato IP address. Semua bisa di setting lewat group policy di windows AD. Jadi kalo ID anda tidak masuk dalam daftar pemakai Internet yach gak bisa …kecuali ngerayu adminnya …he..he…

  14. bogel says:

    klo menetralisir jaringan wireless gmn ya biar jaringannya stabil?????
    mohon d bantu…..thx

  15. marwadi says:

    mas aku mo tanya dong PC A aku ping ke Laptop hasilnya “reply” tapi pas laptop aku ping ke PC A hasilnya “request time out”.. kira kira kekurangan dan kesalahannya dimana ya.. mohon bantuan maklum amatir ke roemasha@gmail.com

    • admin says:

      #mawardi: coba periksa lagi konfigurasi kedua pc … apakah ip sudah dalam satu subnet …check pake c:> ping localhost ke masing-2 pc apakah reply …

  16. labib says:

    bagus nuih infonya..
    wat bljr ne praktek tkj.
    adainfo buat setting wireless linksys ga ?

  17. matthew says:

    bos ikutan nanya.. laptop ku aku share dengan kompi pake kabel utp, sharing koneksi internetnya masuk tp sharing file datanya kagak bisa. servernya pake laptop IP addres 192.168.0.1 tp kompinya ga mau kalo IP adressnya di isi 192.168.0.2 harus automatic… aku buka di “Entire network” – “Microsoft Windows Network” – “MShome” kosong ga mau Share data.. gmana bos solusinya. thanks. ( “Network Setup Wizart” ama “New Conection Wizartnya” udah ane jalanin ane juga uda coba di komnputer lain bisa jadi bukan kabelnya )thanks a lot bos…

    • admin says:

      sharing internetdari apa ? speedy ato USB 3g? kalo speedy biasanya 192.168.0.1 dipakai IP modem (sebagian modem)
      kalo diset pake ip selain .2 misal 192.168.0.25 mau nggak …? kalo koneksi komputer back to back …kabel harus cross kecuali jenis NIC adapternya adalah autosensing …bisa jadi komputer lain itu jenis NIC nya autosensing.
      kalo share pastikan dalam satu jaringan, satu workgroup name dan subnet yang sama …

  18. msAndiJaringan says:

    bisa kah ruter dimanfaatkan untuk menghungungkan antara clien dgn server layaknya menggunakan ethernet kabel menggunakan HUB. Jika bisa kecepatannya seberapa besar

  19. GduBRaaaaKK says:

    di pRiinT aaHH BuAd TuGaSS SCuLaah…..!!!!
    HeHeWW
    THX eAAh KaaGh!!!

  20. lenka nita says:

    kenapa ip adress di computer server saya suka berubah & apa artinya ip conflic,tolong cara mengatasi keduanya ya

    • admin says:

      kalo anda menggunakan jaringan misal windows server, tentunya IP server ada baiknya dibikin statis – artinya jangan diseting untuk dapat ip dr dhcp server.
      kalo dlm jaringan anda ada layanan server dhcp server, maka ada baiknya semua client (selain server) diseting untuk dpt ip address dr dhcp server – di konfigurasi tcp/ip anda di seting untuk “obtain ip address automatically”
      kenapa terjadi ip conflict? kalo dlm jaringan anda ada dhcp server, sementara ada cilent / server di setting dengan ip adddress statis – akan tetapi ip addresss tsb berada dlm zone ip pool dr dhcp server. Jadi ip statisc harus di “exclude” dlm ip pool dhcp.

  21. Rezz says:

    Ih, saya juga ngalamin masalah dengan tcp/ip di xp.

    Set pake DHCP atau manual selalu aja brantakan. kalo di cek pake IPCONFIG yang muncul cuma tulisan:

    Windows IP Configuration

    cuma itu tok. gak ada ip addr, net mask, gateway, dns nya. dah coba nimpa semua file ip*.* dan tcp*.* dari compu lain yang sehat juga gagal (dlm save mode tentu aja). Tolong dong!

    • admin says:

      Untuk ngetes apakah konfigurasi tcp/ip sudah sempurna belum, gunakan command “ping localhost” atau “ping 127.0.0.1”
      kalau respon bagus 0% paket lost, maka konfigurasi tcp/ip sudah benar. kalau nggak, coba install ulang driver NIC adapter anda, barangkali driver NIC out of date atau emang gak benar, baru mengunjak ke masalah dhcp. Jadi pastikan NIC konfigurasi anda bersih dulu.
      gUUd Luck

  22. alfarome says:

    mas Intrution Detection System (IDS) tuk windows server2003 yang baik apa yah?? saya pernah dengar yg namanya SNORT & Comodo.. bisa di jelaskan cara konfigurasinya tidak? tolong kirim ke email saya juga yah

    cakrawala_boy@yahoo.co.id

    • admin says:

      SNORT & Comodo? gak pernah denger …coba googling …kalo untuk small business network ..coba aja pake Cisco WRVS4400N ….firewall / vpn appliance untuk small business termasuk layanan Cisco ProtectLink

  23. gunung_abimanyu says:

    mg saya asus p5kpl-am se, sudah setting jaringan buwat ke internet, ip address dah benar semua, statusnya udah konek 100 mbps. tapi ga bisa baca komputer lain dan ga bisa konek ke internet, sedangkan komputer lain (3 unit) sudah bisa konek semua. minta solusinya donk… ane epusing neh mesti apanya lagi yg diseting, bahkan udah di format ulang…

  24. ki says:

    kurang jelas ! …assuming anda pake speedy dan switch ..3 kompi da bisa konnect internet …coba check pc yg gak connect:
    1. lihat konfigurasi ip check dg “ping localhost” atau “ping 172.0.0.1” dan lihat apa respon …test ngeping ke gateway (ipnya router) misal ping 192.168.1.1 …apa ada respon ..
    2. check apa ip berada pd subnet yg sama / jaringan yg sama misal 192.168.1.20 …. kalo dapet IP address antara 169.254.0.1 sampai 169.254.255.254. ini berarti pc tsb tidak dapet ip dari dhcp server …alias gak connect ke jaringan ..

    Ki

  25. graha says:

    Salam kenal. Saya mengelola jaringan wifi kurang lebih 2 tahunan, tadinya aman2 saja. Namun pada 1 bulan terakhir ini banyak komplain dari client krn tdk dpt mengakses Acces Point (AP), kadang bisa mengakses AP tp tdk dapat akses internet, kadang dapat akses internet tapi lambat/lemot. Sbg informasi saya gunakan mikrotik+speedy 2 MB dan bandwith manajemen USERMAN. Untuk mengatasi masalah tersebut saya hanya coba2 saja, yaitu: 1. Mencabut adaptor AP dan menancapkan lagi ke stop kontak PLN, 2. Mengangkat dan meletakkan kembali gagang telpon yg jadi satu dgn jaringan speedy (dipisah melalui spliter) dan semuanya berhasil, tapi hal itu sering terjadi pada 1 bulan terakhir ini, bahkan setiap hari dan sangat mengganggu saya, dimana kalau siang/sore saya/istri bekerja, anak2 sekolah, yg ada hanya pembantu dan anak terkecil. Yang menjadi pertanyaan, mengapa bisa terjadi? apa penyebabnya? dan bgmn solusinya. Sekian terima kasih dan mohon pencerahannya.

  26. Ki says:

    selama dua tahun aman-aman saja rasanya bukan masalah konfigurasi … bisa saja mengalami deteriorasi pada hardware ..mungkin pada sambungan antenna kurang pas atau kurang bersih. Pastinya anda pakai antenna external kan? Bersihkan sambungannya mungkin karatan …atau kabel sambungan antenna bila perlu ganti kabelnya mungkin kepanasan kehujanan (???)…dan juga perlu diperhatika masalah grounding listrik anda …apakah benar2 ada groundingnya dengan bagus (mendekati nol volt). Groudning kelihatan sepele tapi sangat berpengaruh …!
    Any idea…?

  27. gee says:

    gan kalo setting internet tp ga semua client bisa akses ke internet gimana yah?jadi ada yang bisa akses internet ada yang ga bisa maksudnya.os win server 2003 modem speedy asdl.tolong infonya

  28. Ki says:

    maksudnya mau setting clients tapi gak semua bisa akses internet ..bisa dipilih user mana bisa dan mana yg gak bisa gitu kah maksudnya?

    kalau skala bisnis dan udah pake w2k3 anda bisa aja pake proxy punya windows (ISA server). ISA server bisa diconfigure sebagai proxy cache server. Dan anda bisa bikin group policy di AD windows 2k3 anda bikin group mana saja yg boleh akses internet. Tapi ini solusi mahal untuk business class network.

    kalau small offices anda bisa utak atik di adsl modem-router nya kalau modem tsb punya fitur access control. biasanya wireless routers sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur security access control, coba dech lihat di configurasi menu router-modem anda, login ke modem-router kalo tahu user-passwordnya. Address modem router adalah gateway anda.

  29. adie says:

    salam,
    gini gan, saya mau tanya gimana cara setting TCP/IP pada 2 laptop dan 2 komputer biasa, sewaktu bermain game 2 laptop dan 1 komputer bisa terkoneksi dan bisa maen game bareng, tapi setelah teman saya ikut maen ternyata tidak bisa join, padahal icon koneksi menunjukan sudah terkoneksi. 2 laptop A dan B terkoneksi dengan jaringan wifi sedang C terkoneksi dengan kabel. A,B dan C bisa terkoneksi dan bisa maen LAN game. karena terbatasnya biaya kita cm bs beli 2 kabel. secara gampangnya A->B lewat wifi B->C lewat kabel dan B adalh HOSTnya, A->D lewat kabel, nah disini masalahnya D tidak bisa join game.
    maaf gan agak semrawut dan mohon bantuannya
    terima kasih.

  30. adie says:

    maaf gan kelupaan,
    ip yang kami gunakan 192.168.0.1 pada jaringan wifi dan 192.168.1.1 pada jaringan LAN

  31. Ki says:

    sepintas masalah anda adalah masalah ip address.
    coba ikin ip manual misal
    A = 192.168.1.1
    B = 192.168.1.2
    C = 192.168.1.3
    D = 192.168.1.4

    Semua subnet mask adalah 255.255.255.0
    di D diberi route dari prompt dos ketik command route berikut:
    C:>route add 192.168.1.0 mask 255.255.255.0 192.168.1.3

    coba ini dulu …

  32. Deden says:

    Permisi mau tanya,
    saya ada kebingungan gimana caranya ya untuk setting IP address agar bisa dua dalamn satu komputer, misal kita punya IP address Speedy

    1. JAringan IP Address Speedy

    IP Address : 192.168.0.2
    Subnet Mask : 255.255.255.0
    Default Gate way : 192.168.0.1
    Preferred DNS Server : 192.168.1.1

    2. Jaringan IP Address VPN
    IP Address : 192.168.195.2
    Subnet MAsk : 255.255.255.0
    Default Gate Way : 192.168.195.1
    Preferred DNS Server : 192.168.0.31
    Alternate DNS Server : 192.168.10.7

    kalo kita setting ulang ip address di network adapter nya kan jadi ribet bulak balik. gimana kalo di satuin bisa ga ?? terimakasih mohon bantuannya.

  33. MitaSen says:

    Mohon bantuan gan… setelah kita install /format ulang komputer apakah no IP komputernya berubah?

    mohon untuk membalas ke email saya: supriadi.nad@gmail.com

    terimakasih atas jawabannya

  34. yuna says:

    abang-abang,
    ada yang bisa menjawab kasus ini.
    disebuah gedung ingin dibuat jaringan baru dengan koneksi wifi D-LINK AP 1360,
    tapi kenapa ga bisa konek internet terus ya? gimana penyelesaiannya?

  35. ki says:

    @Yuna: kenapa emang? konfigurasinya kayak apa?dap1360 dikonfigurasi sbg apa: WPA, wifi clients, wireless bridge ato apa? dan gimana koneksinya? langsung ke modem atau ke LAN?

  36. sukiman says:

    Laptop saya pakai kabel jaringan di kantor untuk internetan, saat serching ke google bisa masuk misal ttg berita akan tetapi semua isi yang udah muncul di serhching tsb tidak bisa di buka isinya, trims sebelunya atas bantuannya

  37. ofi says:

    bos mau nanya,.
    server saya menggunakan ip
    198.168.1.10
    255.255.255.0
    192.168.1.1
    client
    202.134.1.17
    202.134.0.155
    suatu hari tryata billlingx client g conect keserver
    akhirx saya ganti ip yg no 3 mjdi 192.168.1.2 diserver, tryta semua clien bs conect kebilling server, internetx pun jg bsa,,, sedangkan serverx malah internetx mati,. tp msih conect ke client,.
    gmn carax agar semua conect

  38. ofi says:

    bos mau nanya,.
    server saya menggunakan ip
    198.168.1.10
    255.255.255.0
    192.168.1.1
    dns
    202.134.1.17
    202.134.0.155
    sedangkn client
    198.168.1.10
    255.255.255.0
    192.168.1.1
    dns
    202.134.1.12 ato 13 ato ada yang 14 dll
    202.134.0.155
    suatu hari tryata billlingx client g conect keserver
    akhirx saya ganti ip yg no 3 mjdi 192.168.1.2 diserver, tryta semua clien bs conect kebilling server, internetx pun jg bsa,,, sedangkan serverx malah internetx mati,. tp msih conect ke client,.
    gmn carax agar semua conect

    • Ki says:

      saat client g connect itu karena ip conflict sama dg server 192.168.1.10. Itu client pakai dhcp ato nggak? Internet dari modem speedy ato apa?

      Kalo di modem speedy sudah aktif dhcp server, pastikan clients pakai dhcp client …bukan ip manual, sementara di server pakai ip static saja manual.

  39. rena says:

    pagi pak n minta tolong aku mw nanya ni bgmn cara seting jaringan lan server ke client n cara set ip adress server ama clien klw hanya tuk jaringan local aja ga internet global n makasih sebelumnya pak

    • Ki says:

      pagi juga rena …maap lambat balas nich…kalo punya server, server pakai apa Windows server atau apa? Jaringannya kayak apa? Kalo pakai wifi access point dia sudah ada fitur DHCPnya kok …

  40. Njoonk_LD says:

    Permisi gan,
    Numpang nanya, tab sharing pada properties wireless modem tidak ada, jadi saya ga bisa bikin wifi hotspot tanpa aplikasi pada laptop saya. Minta tolong petunjuknya gan…
    -Win7 user

  41. djtechwork says:

    Saya ingin membangun jaringan yang menghubungkan 3 gedung. Saat ini di masing-masing gedung sudah terdapat jaringan LAN yang menghubungkan beberapa komputer.
    Alat apa saja yang dibutuhkan untuk menghubungkan ketiga gedung tersebut secara wireless sehingga antar gedung bisa sharing data dan intranet (di salah satu gedung terdapat apache server)? Bagaimana pula setting IP-nya di masing-masing gedung?

    • Ki Gr says:

      Untuk koneksi antar gedung jika wifi suatu keharusan maka yang bagus adalah menggunakan wireless bridge point-to-point, banyak dipasaran yang bisa didapet baik dari TP-link maupun D-link.
      Setting IP yach tergantung dari design subnetnya, apa tiap gedung mau dibedakan sebagai jaringan subnet sendiri atau ketiga gedung dalam satu jaringan subnet. Misal jumlah host ketiga gedung tidak sampai dari 250 hosts yach pakai satu subnet saja class C.

  42. Narnia says:

    pak saya nerusin warnet lama dimana seting ipnya automatic jadi sudah di seting dari modemnya. yang saya tanyakan gimana cara seting billingnya untuk di kasir karena disini tidak ada yg namanya server dengan dua Nic card. jadi semua pc konec langsung ke hub dengan satu nic onboard. dan bagaimana seting ip di kasir supaya tidak berubah terus ipnya tiap kali di restart supaya komputer lain yang dipasang billing clien tidak disconect. karena IP servernya gak ketemu.
    Mohon Pencerahannya. Wasallam. Narniatama

    • Ki Gr says:

      ma’ap untuk billingnya ane kagak ngerti gimana konfigurasinya, apa butuh ip statik ato dinamis. Mestinya kan ada buku panduan software billingnya …coba dilihat bagaimana persyaratan setting IP nya.

  43. Candelaria says:

    I read a lot of interesting content here. Probably you spend a
    lot of time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online
    tool that creates high quality, SEO friendly articles in minutes,
    just search in google – laranitas free content source

  44. rizky says:

    mas di kantor saya jaringan komputer nya gak bisa lebih dari 10 komputer itu knp ya?apakah karena pake windows xp yg katanya cuma memang membatasi hanya sampe 10 komputer?mohon pencerahannya karena kebetulan komputer saya yg jadi workstation nya

    note: tidak semua koneksi menggunakan kabel LAN sebagian komputer menggunakan wifi untuk konek ke jaringan

    apakah saya perlu mengganti switch?

    • Ki Gr says:

      @rizky: jaringannya apa? ada server, speedy, atau apa nich? apa ada dhcp server atau IP address manual saja? untuk koneksi wifi apa ada wireless router atau access point dan connect ke modem atau jaringan local saja…?

      Biasanya kalau jaringan pakai wireless router atau wireless access point, dhcp setting range IP addressnya perlu diperlebar misal 50 IP address…let me know..Ki Gr

  45. yuar says:

    gan. mohon bantuannya,, kom ku baru aja ku install ulang,,, terus driver internetnya juga udah ku instal,, dilayar tanda internet udah terkoneksi,, ip addrees juga udah dapat,, tapi begitu buka google,, malah gak bisa,, itu penyelesaiannya gimana ya????????

    • Ki Gr says:

      compi ini koneksi kemana, ke modem speedy atau apa?

      Asumsi ke speedy, jika NIC adapter sudah diinstal ngetestnya pakai command dos saja “ping localhost” jika ada response dan paket lost 0% berarti konfigurasi udah benar, terus coba ping ke gateway (ke modem), modemnya pakai apa? biasanya modem tertentu IP defaultnya 192.168.1.1 (tergantung jenis modem), coba ping ke sini sukses nggak.

  46. tomy says:

    saya mau nanya ko ngshrae tidak bias ya terus dari server ke client tidak bisa reply begitupun sebaliknya > padahal uda satu jaringan

    • Ki Gr says:

      kalo mmo ngshare pastikan semua kompi bisa saling ping dulu, terus patikan “file and printer sharing for micorosoft network” sudah di contreng di konfigurasi tcp/ip. Ini pakai WIndows 7 atau 8?

  47. heri says:

    bro.. mau nanya neh… knp y wifi dirmh ku klu ada perangkat lain yg mau connect hrs minta diksh ip br bs connect.. mohon info… mksh sblmnya…

  48. heri says:

    oy untuk info lg.. aku pakai speedy.. settingan mdm dhcp sdh di disable

    • Ki Gr says:

      dhcp fungsinya memberikan ip address secara otomatis kepada client yang mau konek ke router. jadi kalau di disbale yach client minta ip address manual. Jadi dhcp server penting untuk administrasi ip address pada jaringan

  49. heri says:

    mohon info …
    makasih sblmny…

  50. bata says:

    master..slmt pagi sy mau bangun jaringan kantor mohon petunjuknya…apakah switch dengan switch bisa di sambung(digabung) supaya bnyk portnya dan tdk mangunakan hub..terus pengaturan ipnya bgmana server ipnya berapa dan switch jg kan modem sdh pake 192.168.1.1 dan mikrotik ipnya berapa dan cara merubah ipx…soalnya sy mau bangun jaringan telepon ke modem ke mikrotik ke server ke switch ke client,,..mohon pencerahaannya….

    • Ki Gr says:

      dua switch bahkan lebih bisa digabung. tergantung type switch, biasanya ada dua port khusus untuk cascade dua switch yang biasa menggunakan kabel cross untuk koneksi antar switch. Kalau modem sudah ada IP 192.168.1.1, maka IP jaringan gunakan yang sama 192.168.1.0/24. Modem gateway biasanya sudah ada DHCP server yang bisa diaktifkan, bikin scope antara 192.168.1.100 sampai 192.168.1.200. Untuk switch kasih IP diluar scope DHCP misal 192.168.1.50 dan 51…dan server juga kasih IP static…misal 192.168.1.52 …Gateway sama 192.168.1.1 dan subnet mask 255.255.255.0 untuk jaringan class C satu subnet.

      • bata says:

        Jadi server sy pake 192.168.1.52 ataukah bisa 192.168.1.2..terus clientx apa bisa sy beri ip 192.168.1.3 sampai 192.168.1.99 klw ada 80 client..mohon petunjuknya master…

        • Ki Gr says:

          yach bisa saja …tapi kan untuk clients kan harus pakai dhcp server yang dari modem atau dari router kan bisa diaktifkan dhcp server …susah administrasinya jika tidak ada dhcp server.

  51. agis says:

    assalamualaikum.
    kang saya mau nanya. kan kompi saya di install ulang. terus wkt di sambungin kabel lan dari tp-link speedy di rumah malah limit. terus wkt di install menggunakan cd tp-link tersebut waktu pengecekan koneksi malah gagal atau failed. artinya penginstallan gagal saat pengecekan koneksi karna limit. saya menggunakan win 8. bisa tolong dikasih solusinya kang?!

    • Ki Gr says:

      Wa’alaikum salaam,
      kalo pakai kabel ke speedy modem gak perlu install cd-tplink, yang perlu adalah driver dari NIC adapter di PC dan tterus di konfigure agar bisa menerima dhcp ip automatis. Coba install ulang drivernya, atau jangan2 pakai kabel speedy yang cross? Pakai kabel straight saja

  52. steven says:

    permisi gan, ada yg ingin sya tnyakan.

    klau printer sharing, kelemahanya jika komputer server berganti ip, mka setingan yg sdah dilakukan sdah tidak berlaku. seperti msalah di kantor sya, kompter server mendpatkan akses ip secara dhcp dri miktotik. sya sdah ganti ip scara statik sma dengan setingan ip yg didapat scara dinamik. walaupin bsa ngeprint dri komputer lain, nmun komputer yg dijadikan server tidak bsa akses internet anehnya, krena user managernya dri mikrotik tidak muncul waktu kita mangil ip melalui browser dan ingin memasukan id dan pass kita kedlam mikrotik. namun jika komputer server printer sya ubah kembali kedynamic, bru bsa masuk ke login user manager mikrotik namun akan kesulitan ngeprint jika akan berubahnya ip pda komputer server krena setigan dynamic. Nah yg ingin sya tnyakan gimana biar komputer server dapat bsa dijadikan komputer server print tnpa meghilangkan koneksi buat internet krena user manager yg tidk muncul jika diseting static

    • Ki Gr says:

      ini server pakai Windows atau apa? Kalo pakai winodws 7/8 kan bisa pakai homegroup saja, walau PC pakai dhcp ip dynamic tidak masalah. Tapi ini pakai mikrotik yach …gimana kalo printer atau server tetep pakai dynamis tapi pakai reserver MAC ip address untuk server tersebut? bisa nggak di mikrotik dhcpnya menggunakan MAC ip untuk server?

  53. Dadang Darmawan says:

    Assalam mualaikum WR.WB
    Ki mau nanya, pc dirumah sebelumnya ngak ada masalah dengan Preferred DNS server sama Alternate DNS server, karena setelah saya setting secara manual saya konci folder C nya dengan Shadow Defender, nah sekarang Preferred DNS server sama Alternate DNS server nya jadi kosong ngak ada setingannya, hilang otomatis, walaupun saya buka Shadow Mode nya, terus saya isi kembali, terus saya kunci lagi folder C nya, pas direstar jadi kosong lagi setingannya, mohon bantuannya, terima kasih Ki..

    • Dadang Darmawan says:

      Owh iya Ki, setelah saya kotak katik ternyata Preferred DNS server sama Alternate DNS server hilang sendiri, walaupun enggak saya restar, mohon pencerahan nya Ki..

  54. ius says:

    selamat pagi pak,

    saya mengatur ip address pada jaringan LAN pada windows xp, komputer memang terhubung ke internet, tapi tidak bisa untuk browsing, dsb. tapi setelah saya ubah ke DHCP, komputer bisa digunakan untuk browsing internet.. mohon bantuannya.. terima kasih pak

  55. Nadia Maiha says:

    sebuah client server kalo gk pake hub bisa terhubung gk gan,..?

    butuh jwaban.n nih, dapet tugaz blom kelar2,.. 😉

    • Ki Gr says:

      nah kalo disitu ada wireless access point, misal ada wireless router dg modem speedy atau fastnet …kan server dan client bisa pakai wifi adapter…akan tetapi prinsipnya yach sama ada jaringan LAN..wifipun sebenarnya terhubung ke hub/switch di modem / router…jadi technically semua butuh swith untuk koneksi ethernet-based device…

  56. manarul says:

    Assalamualaikum gan, ada yang saya mau tanyakan.
    kalo server bisa ngeping ke klien tapi kalo sebaliknya enggak. kenapa yah gan

    • ki Grinsing says:

      kagak bisa ngeping bisa jadi emang tidak di ‘Allow’ protocol ini “echo request” di block. Ini Windows 7 kah?

      coba dicek di: Control Panel –> System and security –> Windows Firewall –> Advanced settings –> Inbound rules –> New rule –> custom rule –>

      disana cari Protocol: ICMPv4 dan customize pilih “Specific ICMP types”, contreng kotak “echo request”

      coba lihat dulu

  57. ruddy says:

    tolong dibantu penting, di kantor ada 2 pc, menggunakan 1 router alcatel lucent, sudah saya setting cuma 2 pc hanya bisa untuk internet, bagaimana cara supaya lan network saya bisa jalan, terimakasih

    • Ki Gr says:

      kayaknya kurang detail dech gan …coba router alcatel lucent model apa, internet nya apa, 2 pc koneksi ke router atau apa …bisa internet tapi tidak bisa network …maksudnya apa?

  58. irwan says:

    Mohon pencerahaannya bagaimna cara batesin komputer A..bisa internet..B tdik bisaninternet Dan C bisa internet.. melaluo windows server 2012 sy newby soalnya mohondi bntu

    • Ki Gr says:

      yang bisa melakukan manajemen user untuk akses internet bukan Windows server 2012, akan tetapi ISA server sebagai web proxy. Anda bikin grooup internet users di AD W2012 dan masukkan user2 yang mempunyai authorisasi akses internet. dan pada ISA server konfigurasi untuk allows Internet users saja.

  59. panji wijaya says:

    asslmualaikum.wr.wb
    gini mas , kan saya pake modem huawei ,akhir” ini koneksinya error , setelah saya liat TCP/IP nya kosong , trus saya cek di cmd , saya isi trus pas saya restart , saya cek lagi kok kosong , ini tulisan yg saya cek di cmd

    ppp adapter telkomsel volume based :

    connection-specific DNS suffix. :
    description………………………………….: telkomsel volume based
    physical address………………………..:
    DHCP enabled…………………………….: no
    autoconfiguration enabled………..: yes
    IPv4 address……………………………….: 10.175.44.182
    subnet mask……………………………….: 255.255.255.255
    default gateway………………………….: 0.0.0.0
    DNS server……………………………………: 192.168.39.28
    netbios over tcpip………………………..: disabled

    tolong min penjelasan sedetail”nya biar clear. TQ

    • Ki Gr says:

      kalo dilihat dari DHCP enaled ‘NO’ kok konfigurasi TCP/IP nya tidak di set automatic receive ip address from dhcp server …coba di cek di TCP/IP aktifkan dhcp nya untuk terima ip address automatic. karena disana ip address ada 10.175.44.182 yg kayaknya di set manual …dan juga dns juga diset manual…

      • panji wijaya says:

        cara aktifin DHCPnya gmna min ? , klo ip address yg automatic contohnya kyk gmna ? 1 lgi , klo ipnya udh di ganti auto , trus di restart jdi ilang gk ?

        TQ min

      • Ki Gr says:

        Di gambar artikel ini paling atas kan ada cara aktifin DHCP server…ini untuk di compi lho …bukan di huawei …konfigurasi TCP/IP tidak bisa hilang harusnya kalo tidak diubah …dan defaultnya memang automatis terima IP adderess dari dhcp nya router (huawei dlm hal ini)..atau bisa jadi Modem huawei perlu di restart …

  60. rio says:

    bang maaf nih ya, saya warnet pake smart billing, tapi akhir2 ini ada masalah jadi pc klien no 4 itu waktu mau masuk billing ada tulisan ip iddress conflict, setelah saya cari tau ternyata ada ip address yg sama dg pc lain (kata sebuah web\0 tapi waktu kucek ga ada ip yg sama tuh, tadinya normal2 aja semua billingnya tapi 3 hari ini ada masalah spt ini , gimana solusinya mas?

    • Ki Gr says:

      ip address conflict emang ada ip yng sama dalam jaringan itu, tapi ini kan masalah billing…di PC Windows sendiri kan gak ada masalah…karena kalo di Windows nya ada IP conflict maka tidak bisa connect ke billing …
      jadi coba cek dan lihat di menu billing kali saja ada admin nya misal bisa ngelihat ip yg masih ngambang belum mati sempurna habis dipakai …ane kagak tahu masalah billingnya…

  61. dwi wahyu says:

    mohon bantuannya,,,,komputer warnet saya default gateway nya setelah direstar kosong,,, begitu terus ga bisa save settingannya,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.