Koneksi Internet Broadband dan PSTN

Koneksi Broadband vs Analog modem (PSTN)

Umumnya ada dua jenis koneksi ke Internet yang tersedia dan ditawarkan kepada public dari penyedia layanan internet (ISP), yaitu koneksi Broadband (xDSL atau Cable) dan analog modem. Tentunya tidak dimasukkannya layanan Internet 3G lewat telpon celluler.




 

Koneksi Layanan Broadband

Koneksi broadband (xDSL dan Cable) menawarkan suatu bentuk layanan koneksi Internet yang baru dan sudah masuk ke Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini. Era layanan ini menawarkan koneksi kecepatan tinggi (relative dibanding suatu koneksi modem analog) atau layanan bandwidth lebar ke internet lewat suatu penyedia layanan internet (ISP). Layanan internet kecepatan tinggi ini harusnya aman betul jika akan dipakai sebagai layanan internet kepada perusahaan anda dengan menggunakan system firewall dan penerapan policy keamanan yang kuat.

 

Kecepatan tinggi

Solusi broadband ini menawarkan internet kecepatan tinggi yang bisa digunakan untuk koneksi WAN corporate tetapi harus melalui suatu tunnel VPN yang terencrypsi (iVPN). Kocepatan koneksi, ketersedian dan biaya komunikasi akan bervariasi tergantung penyedia layanan dan kontrak. Karena dengan memakai jasa layanan yang melewati jaringan public, maka pengiriman data lewat broadband ini haruslah memakai enkripsi untuk data perusahaan yang kritis. Host yang ada di jaringan private haruslah di lindungi dengan system firewall yang sesuai dengan policy keamanan yang memadai.

 

Menggunakan jaringan telpon

DSL atau xDSL adalah suatu keluarga dari technology yang memberikan transmisi data digital melalui jaringan kabel telpon local yang sudah ada. DSL merupakan kepanjangan dari Digital Subscriber Loop, walau dalam beberapa tahun terakhir istilah Digital Subscriber Line lebih luas digunakan sebagai istilah yang mempunyai nilai marketing untuk ADSL ini, yang merupakan versi paling popular untuk konsumen DSL. Bagusnya dari jaringan broadband ini adalah pemakaian jaringan kabel telpon yang sama dengan telpon regular, karena menggunakan frequency tinggi sementara telpon menggunakan frequency rendah sehingga bisa menggunakan kabel yang sama tanpa saling mengganggu. Anda masih bisa memakai telpon secara bersamaan dengan layanan internet DSL ini tanpa saling mengganggu.

 

Downstream sampai 24Mbps

Tergantung technology DSL yang dipakai, kecepatan download berkisar antara 256 Kbps sampai 24.000 kbps, tentunya juga tergantung kondisi jalur kabel dan implementasi tingkat layanan. Umumnya kecepatan upload adalah lebih rendah daripada kecepatan download untuk Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) sementara untuk Symmetric Digital Subscriber Line (SDSL) yang jarang dipakai adalah sama antara download dan upload.

 

Standard kebutuhan

Jika anda harus menggunakan layanan broadband ini untuk layanan dalam jaringan corporate anda, maka persyaratan minimum standard berikut ini perlu dipertimbangkan:

  • Technology broadband xDSL dan Cable modem dapat digunakan sebagai koneksi inter-site WAN melalui Internet, walau mungkin saja layanan ini kurang bisa diandalkan mengingat sifatnya untuk internet public.
  • Jika diperlukan sebagai koneksi inter-connection site maka enkripsi menggunakan iVPN haruslah dipakai untuk melindungi jaringan data anda.
  • Sebuah system firewall dengan policy keamanan yang sangat kuat harus lah dipakai untuk melindungi internal host atau jaringan private anda.

Mengingat pemakaian broadband ini secara luas dipakai sebagai di kalangan rumahan, pemakaian router terutama yang berjenis wireless router mulai banyak dipakai. Sudah banyak sekali produk wireless router yang ada dipasaran yang sangat praktis dipakai untuk dirumahan yang sudah meliputi modem, switch, firewall, router, access point dalam satu piranti yang praktis, dari mulai D-Link, Linksys, 3Com sampai Netgear. Standard wireless yang dipakai pun sudah mulai banyak yang menggunakan standard wireless tercepat sekarang ini yaitu Wireless-N walaupun masih belum final – masih Draft, akan tetapi semua produk wireless-N bisa compatible dengan standard wireless-G dan wireless-B.

Modem analog (PSTN)

Modem analog atau Public Switched Technology Network (PSTN) menggunakan Plain Old Telephone Services (POTS) untuk koneksi ke remote site menggunakan standard koneksi dial-up telpon dan analog modem. PSTN dengan analog modem menawarkan kecepatan sampai 28.8 Kbps. Bandwidth yang lebih lebar bisa dicapai dengan menggunakan technology kompresi yang menawarkan koneksi asymmetric dengan kecepatan sampai 56 Kbps.

Perlu diingat bahwa kecepatan kompresi sampai 56 Kbps ini kadang jarang dicapai pada wilayah tertentu dimana noise begitu kuat sekali bahkan kecepatan sampai 28.8 Kbps saja juga terkadang sulit dicapai. PSTN menggunakan technology kompresi data asymmetric dengan kecepatan download sampai 56 Kbps, akan tetapi untuk kecepatan upload hanya terbatas sampai 23.8 atau 38.0 Kbps. PSTN menggunakan SS7 (Signaling System 7) yang merupakan standard protocol ITU-T.

Untuk kepentingan koneksi antar site tentunya jaringan PSTN ini tidak bisa diandalkan dan tidak dianjurkan.

  • Modem analog (PSTN) meupakan layanan bandwidth rendah sampai 56 Kbps (jika menggunakan kompresi) atau sekitar 28.8 Kbps jika tanpa kompresi.
  • PSTN adalah layanan bandwidth rendah dan tidak sesuai untuk dipakai pada layanan jaringan kecepatan tinggi atau layanan dengan tingkat latensi rendah.
  • Untuk layanan koneksi multi user maka layanan ISDN lebih dianjurkan daripada menggunakan layanan PSTN.



Mengingat koneksi broadband sekarang ini mulai murah dan dengan layanan bandwidth yang jauh lebih lebar dan sangat cepat, dan juga tersedianya ber-macam-2 jenis wireless router, maka layanan internet modem analog sudah mulai banyak ditinggalkan. Apalagi layanan speedy dari Telkom sudah banyak tersedia di kota-2 besar dan lagi layanan internet 3G yang banyak diminati lewat telpon cellular 3G.

 

You may also like...

8 Responses

  1. dwie says:

    salam kenal mas…

    aya pny tgs kuliah dr dosen buat aplikasi monitor ruangan via saluran telepon lokal.

    Rencananya nanti ada:
    – 1 pc buat monitor sama control.
    – kamera yg terhubung lewat saluran telepon rumah/kantor.

    Jadi, kita bisa akses kamera itu dgn cara menelepon nomor telepon rumah/kantor tsb. Contohnya utk mati/hidupin kamera.

    Pertanyannya:
    – apa bandwith saluran telepon cukup buat transfer data video?
    – kamera apa yg pas buat disambungkan lewat saluran telepon?

    Mohon bantuannya…

  2. Ki says:

    saya kira sich di kantor tersebut dipasang gateway / router yang support VPN pass-through. jadi kalo mo akses host di private networknya bisa dari mana saja lewat internet. Dan tentunya kalo mo ngidupin lewat trigger telpon itu hanya sebagai trigger ngidupin si firewall ato router tadi beserta modemnya untuk ngaktifin sambungan DSL ke ISP (misal speedy). Sebab kl B/W pstn cuma paling tinggi 56Kbps gak mampu dech. Kl broadband dg B/W 384 Kbps mungkin bisa bagusan. Jadi kendali host/PC dirumah / dikantor lewat sambungan VPN dg sambungan broadband yg sudah diaktifkan lewat kontrol tlp tadi. he..he..kok ngguruin …just another idea, jd camera CCTV apa saja gak masalah ..intinya kendali PC lewat VPN, dan kendali triger telpon unutk ngidupin sambungan broadband. Well U de expert mate …do de best.

  3. shashe says:

    hmm.., mas.., akses internet menggunakan perantara (modem, gadged, dll) apa sih yang saat ini lg digandrungi?
    mungkin mas nya bisa kasih explanation
    ak tu ge bingung nentuin “produk akses internet” untuk judul skripsiku
    huff.., streees mas..,
    mohon bantuannya y mas..,
    klo bs reply atw ksh kbr dari email ak mas
    ak dkejar wkt.., domo arigato gozaimasu

  4. gilang says:

    Semoga tiada henti, dalam membagi ilmu. maju terus pantang mundur. Hidupkan IT Indonesia

  5. ozi says:

    Kami memiliki klient yang cukup banyak dan tersebar, kami ingin sekali data klien kami berada pada Data center yang akan kami miliki namun kendala yang dihadapi adalah jaringan komunikasi yang saat ini sangat mahal… pertanyaannya : apakah jaringan VPN bisa digunakan pada jaringan komunikasi telepon biasa / Speedy kalau bisa kira-kira peralatan apa saja yang harus kami persiapkan…

    Terima kasih atas bantuannya semoga jalan terus

    ozi

  6. Ki says:

    VPN memang dimungkinkan dimana anda bisa akses internet. Speedy bisa dipakai dirumah anda asal memang ada vpn client software yg bisa dipakai coneksi ke pusat vpn server anda. Masalahnya kalau client anda harus mengakses data di pusat, seberapa besar data tsb harus diakses. tergantung bandwidth yg ada dan terantung aplikasi yg harus diakses remotely …bisa lelet atau wajar dan cepat …

    di central anda pakai apa …Windows server 2003 keatas? firewall VPN appliance? dan seberapa besar business anda…misal saja anda bisa pakai pakai Cisco RV082

  7. Erli says:

    Permisi numpang tanya
    1. Perbedaan analog pstn dan digital pstn apa yah? Macam2nya apa saja
    2. Saya msih bingung mengenai fxo ports dan fxs ports, apakah ini dalam bentuk fisik atau seperti apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *