Mengenal Kartu Jaringan

Bagaimana anda memperlakukan Kartu Jaringan anda?

Apa itu kartu jaringan?

Kartu jaringan atau NIC (Network Interface Card) adapter merupakan komponen penghubung antara client PC atau laptop dengan infrastructure jaringan local anda. Walaupun tidak terbatas pada computer dan laptop, hampir semua piranti jaringan dilengkapi dengan NIC adapter. Kartu jaringan bekerja pada layer Physical pada model referensi OSI. Saya tidak bicara detail masalah ini, anda bisa dapatkan informasi definisi teknis lengkap di Wikipedia (lihat Ethernet). Artikel ini masih berhubungan dengan artikel jaringan komputer sebelumnya, jadi masalah praktis untuk menunjang scenario jaringan komputer pada sebuah perusahaan tambang.




 
Selain arsitektur jaringan Ethernet yang bisa dipakai, jaringan lain  seperti arsitektur jaringan TokenRing juga bisa dipakai, akan tetapi dalam scenario ini saya menggunakan arsitektur jaringan Ethernet yang sangat luas dipakai dan murah.

Masalah teknis

Ada beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan dalam upaya untuk menghubungkan kartu jaringan ini kedalam jaringan komputer anda.

1. Gunakan kabel UTP Cat 5e atau Cat6 yang mendukung untuk jaringan cepat Gigabit.

Walaupun jaringan anda hanya akan memakai jaringan Ethernet 100BaseT, ada baiknya menyiapkan jaringan kabel yang nantinya mendukung jaringan Gigabit ethernet. Siapa tahu beberapa tahun kedepan anda perlu upgrade ke jaringan gigabit, maka jaringan kabel anda masih support Gigabit.

2. Gunakan aturan warna sesuai standard industri saat crimping ke jack konektor RJ-45

Sambungan menggunakan kabel UTP seharusnya menggunakan urutan warna sesuai standard industry saat di crimping di konektor RJ-45. Lihat artikel mengenai kabel jaringan untuk lebih jelasnya.

Koneksi pin-pin kabel utp cross

3. Pastikan anda mempunyai backup adapter

Pastikan anda mempunyai backup PCI adapter in case ada kerusakan di salah satu PC setidaknya 2 cards cadangan untuk setiap 100 computer. kebanyakan computer sudah datang dengan NIC adapter on board, akan tetapi slot PCI masih tersedia untuk dipasang kartu jaringanPCI jika NIC adapter onboard rusak. Dan pastikan juga anda tahu bagaimana cara disable NIC onboard, walaupun tidak selamanya bermasalah tapi adakalanya kartu jaringan rusak yang di onboard akan konflik jika dipasangin card pada slot PCI. Dan pastikan pula NIC on board yang rusak lubang connectornya ditutup agar tidak salah dalam memasang kabel LAN ke lobang adapter yang tidak berfungsi.

4. Maksimum 100m

Pastikan sambungan kabel UTP dari computer anda ke Switch tidak lebih dari 100 meter dan minimum 0,6 meter, dan jangan sampai dibelokkan dengan tajam 90 derajat saat dalam instalasi kabel ini.

5. Pastikan kabel UTP dari kartu jaringan ke switch adalah type straight through cable.

Sementara sambungan antar switch adalah cross cable. Walaupun beberapa jenis Switch yang baru sekarang ini sudah bisa autodetect jenis kabel, jadi anda tidak perlu report harus memakai kabel cross atau straight-through atau disebut dengan autosensing.

6. Untuk clients PC

Untuk clients PC konfigurasi IP address seharusnya diset automatic untuk mendapatkan IP dari DHCP server.

7. Actifkan satu NIC saja

Jika network lan anda juga menyediakan wireless access point untuk melayani koneksi jaringan wireless, pastikan computer (kebanyakan laptop mempunyai kedua kartu jaringandan wi-fi card) hanya menggunakan salah satu antara kartu jaringan atau wi-fi card. Hal ini akan bermasalah jika IP pool dari DHCP anda terbatas, karena kedua NIC adapter dan wi-fi card tersebut membutuhkan satu IP dari DHCP pool IP anda.

Perlu diperhatikan kalau anda menggunakan server untuk jaringan, anda perlu memilih server yang mempunyai spesifikasi kartu LAN Gigabit. Pada umumnya specs server yang baru sekarang ini sudah dilengkapi dengan Gigabit adapter. Dan juga Switch yang dipakai untuk koneksi ke server adalah Switch yang support Gigabit. Hal ini sangat menguntungkan pada perkembangan bisnis anda nantinya dimana mengharuskan anda melakukan backup lewat jaringan. Dan lagi dalam jaringan Windows server 2012 sudah memberikan fitur network teaming yang bisa menggabungkan beberapa port Gigabit menjadi satu port tunggal kecepatan tinggi biasanya memang untuk koneksi storage NAS atau koneksi backbone.

Berikut adalah contoh beberapa wireless PCI adapter yang ada dipasaran:

TL-WDN4800 450Mbps Wireless N Dual Band PCI Express Adapter

Tidak seperti pada Asus PCE-N15, TP-link TL-WDN4800 wireless PCI adapter ini dilengkapi dengan dual band dengan tiga buah antenna external yang bisa dilepas. Speed bisa sampai 450Mbps yang bagus untuk environment wireless router dengan teknologi N900 seperti Netgear WNDR4500 N900 router atau jenis terbaru Linksys EA4500 N900 cloud router.

Kartu jaringan WDN4800

Klik disini untuk TP-link WDN4800 PCI spec dan harga

Wireless adapter ini sangat cocok untuk streaming HD video dan online gaming dengan sangat halus tidak brebet. Tetepai yach terganmtung koneksi internet anda ke ISP, kalau bandwidth lebar yach bisa ojosss koneksinya.




Lihat juga artikel terkait:

  1. Jenis kartu jaringan – mengenal beberapa macam adapter untuk interface koneksi jaringan LAN
  2. Layer 3 Switching – kebutuhan minimum deployment
  3. TP-Link TL-MR3420 Wireless 3G Router
  4. Samsung Dp700a3b All-in-one Computer Yang Sangat Tipis
  5. Samsung Galaxy Tab 10 1 Vs Apple iPad 2

You may also like...

3 Responses

  1. Thanks for posting this. Saya suka membaca posting ini dan seperti bagaimana Anda menulis.

  2. Ki says:

    Just collect tons of stuff out there at the internet …tinggal comot sana-sini jadilah …how can you find this?

  3. Ulasannya cukup lengkap, dan mudah untuk dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.