Kartu Jaringan Wifi Terbaik dan Terlaris Dipasaran

Dalam suatu jaringan wifi baik dirumah maupun dikantoran, keberadaannya memberikan banyak manfaat terkait dengan akses jaringan tidak terbatas pada panjangnya kabel jaringan. Dan dijaman sekarang dimana semua smart-phone baik Android maupun iOS (produk Apple), iPad dan segala jenis tablet computer, hampir semua dilengkapi dengan perangkat Wifi untuk kemudahan koneksi ke jaringan lewat koneksi media gelombang udara alias koneksi tanpa kabel.

Untuk sebagian besar laptop keluaran baru sudah tentu dilengkapi dengan perangkat jaringan wifi baik dari standard wireless G maupun wireless N, baik yang masih single band 2.4GHz maupun yang dual band 2.4 / 5GHz. Begitu juga kalo kita beli desktop computer keluaran baru juga sudah dilengkapi dengan wifi adapter, walau sebagian besar tidak dilengkapi dengan kartu jaringan wifi.




 
Bagaimana jika computer anda baik laptop atau desktop belum dilengkapi dengan kartu jaringan wifi, bagaimana untuk koneksi ke jaringan wifi? Tentunya anda butuhkan kartu jaringan wifi atau wireless network adapter baik yang jenis USB ataupun yang PCI.

Kartu Jaringan PCI

Untuk computer desktop biasanya dibutuhkan kartu jaringan PCI atau USB. Desktop computer keluaran terbaru bukan lagi dilengkapi slot PCI biasa akan tetapi PCI Express yang jauh lebih cepat data rate throughputnya. Jenis adapter PCI ini agak ribet karena harus ditanamkan kedalam slot PCI di motherboard computer, harus buka kasing dan kebanyakan dilakukan oleh seorang yang setidaknya mempunyai background teknisi atau yang hoby ngoprak perangkat computer.

Berikut adalah beberapa jenis kartu jaringan wifi PCI atau PCI express yang popular dipasaran setidaknya terlaris dipakai oleh pengguna dari pabrikan TP-link.

TP-link merupakan pabrikan perangkat jaringan baik modem, router, switch maupun wireless adapter. Harganya boleh dibilang bersaing dipasaran dan kualitas jangan dikata, boleh diandalkan sejajar dengan produk dari vendor terkenal termasuk Cisco dan Linksys.

TP-LINK TL-WDN4800

Kartu jaringan ini adalah jenis PCI Express dengan fitur dual band dan berbasis wireless N. Sangat cocok untuk dipakai pada slot PCI express (PCI-e) desktop computer generasi baru yang tersedia slot PCI-e. tidak cocok untuk computer model lama yang hanya tersedia slot PCI biasa.

Kartu jaringan WDN4800

Fitur utama:

  • Dikemas dengan technology wireless N900 dual band
  • Speed bisa sampai 450Mbps masing-masing band baik band 2.4 maupun 5GHz.
  • Bisa mode ad-hoc ataupun jaringan infrastructure
  • Dukungan security wifi 64/128 WEP, WPA /WPA2/WPA-PSK/WPA2-PSK(TKIP/AES), supports IEEE 802.1X

Kartu jaringan wifi PCI-e ini sangat popular dan bahkan di Amazon mendapatkan customer rating 4.3 dari 5 bintang sungguh sangat bagus sekali dan jadi best seller #1 untuk kategori computer networking card.

Sangat ideal untuk koneksi kejaringan wifi dari wireless router kecepatan tinggi seperti wireless N900 atau bahkan router berbasi wireless AC. Sebut saja TL-WDR4900 wireless N900 keluaran terbaru dari TP-link, atau bahkan koneksi ke router berbasis wireless AC misal TP-link Archer C7 atau Linksys EA6900.

Kartu jaringan wifi USB

Lain halnya dengan adapter PCI, wireless USB lebih fleksibel bisa digunakan baik pada desktop maupun laptop yang ada port USB nya.  Dibanding PCI, USB tidak perlu membuka kasing computer untuk memasangnya, dan hampir semua orang bisa melakukannya. Kartu jaringan wifi apa saja yang terbaik dan laris dipasaran?

TP-LINK TL-WN725N

Bentuknya yang sangat kecil dan mini ini menjadikan kartu jaringan USB wifi ini sangat digemari untuk digunakan pada laptop atau desktop yang masih belum mempunyai perangkat wifi untuk upgrade laptop lama anda yang masih berbasis wireless G. Pada laptop atau netbook, anda bisa selipkan di port USB selamanya dan tersamarkan seakan sebagai bagian dari body laptop. Apalagi diselipkan pada port USB desktop computer hamper tersamar keberadaannya.

kartu jaringan mini usb

Fitur utama:

  • Berbasis wireless N150
  • Speed sampai 150Mbps lumayan cepat untuk browsing internet maupun streaming
  • Setup mudah dengan software utility 14 bahasa
  • Dukungan security wifi 64/128 WEP, WPA, PA2/WPA-PSK/WPA2-PSK(TKIP/AES)
  • Dukungan berbagai macam OS Windows 8/7 atau dibawahnya
  •  SoftAP Feature

Kartu jaringan ini mempunyai fitur software SoftAP untuk membuat hotspot local jika hanya tersedia satu koneksi kabel internet. Computer anda bisa membroadcast hotspot wifi kepada beberapa Smart-phone anda termasuk Android dan iOS tablet dan sebagainya. Hal ini biasanya dilakukan di hotel yang hanya mempunyai satu sambungan internet kabel di kamar hotel sehingga semua Smart-phone anda disekitarnya bisa koneksi internet.

Adapter ini dengan speed sekitar 150Mbps, untuk speed tiga kali lipatnya ada bisa memilih kartu jaringan yang berbasis N900 berikut ini.

TP-LINK TL-WDN4200 N900

Tidak seperti adapter diatas yang bentuknya mini, yang satu ini bentuknya panjang hampir tiga kalinya, kelihatan menonjol jika diselipkan di port USB laptop atau desktop anda. Yach wajar saja karena dikemas dengan technology wifi wireless N900.

kartu jaringan usb N900

Fitur utama

  • Berbasis technology wifi N900
  • Dual band simultan baik 2.4GHz maupun 5GHz yang bisa anda pilih untuk koneksi ke jaringan router dua band
  • Speed masing-masing band sampai 450Mbps
  • Tersedia tombol WPS untuk kemudahan koneksi ke router
  • Dukungan Windows 8 dan dibawahnya
  • softAP software untuk local hotspot

banyak dipasaran wireless router yang berbasis wireless N900 seperti TP-link TL-WDR4900 dual band gigabit router. Atau yang laris dipasaran dari Asus RT-N66U wireless N900 router atau yang versi ADSL router DSL-N55U.

Kartu jaringan USB  ini sangat cocok untuk kinerja berat misal untuk streaming video dan online gaming yang cepat dan halus. Atau anda bisa menggunakan yang versi wireless ac berikut ini.

TP-LINK Archer T4U AC1200

Kartu jaringan wireless ini dirancang dengan menggunakan technology USB 3.0 yang mempunyai speed 10x lipat dari jenis USB 2.0. dan lagipula, model adapter ini berbasis wireless AC yaitu technology wifi generasi kelima.

kartu jaringan wireless ac usb

Fitur utama

  • berbasis technology wifi 5G – wireless AC1200
  • dual band 2.4GHz dengan speed 300Mbps atau 5Ghz dengan speed 867Mbps
  • technology USB 3.0 SuperSpeed
  • dukungan WPS untuk kemudahan inkripsi keamanan wireless
  • dukungan mode Ad-Hoc / Infrastructure
  • tombol WPS untuk kemudahan koneksi client dengan security tinggi

banyak sudah beredar dipasaran sekarang ini wireless router atau access point yang berbasis wireless AC (wifi 5G) sebut saja TP-link Archer C7 wireless AC1750 router; Linksys EA6500 wireless AC1750 dsb. Koneksi optimum bisa anda dapatkan jika kartu jaringan USB wireless ac ini terhubung ke jaringan wifi berbasis dual band wireless AC.

Lihat artikel lainnya:




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *