Mengenal Jaringan Wireless atau Jaringan Wifi

Lebih Jauh Dengan Jaringan Wireless atau Wireless Network 802.11 atau Jaringan Wifi

Apa itu jaringan wireless?

Jaringan Wireless atau jaringan Wifi memungkinkan kita melakukan komunikasi tanpa melalui kabel jaringan. Akan tetapi piranti jaringan pada Jaringan ini masih perlu berkomunikasi dengan piranti lainnya yang ada pada jaringan kabel LAN. Jaringan wifi menawarkan banyak keuntungan yang tampak (yaitu tanpa kabel) dan juga beberapa hal lain yang mungkin tidak pernah kita pertimbangkan.

Yang paling nyata adalah sifat praktisnya – mudah dibawa-bawa. Anda bahkan bisa browsing disisi kolam renang anda, di teras rumah, di gazebo anda, di pendopo anda (wah ini kayak rumah di sinetron aja …??), jika memang ada Jaringan Wireless atau Wifi di rumah anda. Atau bahkan dengan laptop, anda bisa browsing internet di café, di airport, dan banyak lagi tempat-2 yang menyediakan hot-spot layanan Internet gratis demi kenyamanan anda.




 

Wireless Local Area Network (WLAN)

Secara teknis jaringan wifi disebut sebagai jaringan wireless LAN atau istilah kerennya WLAN (Wireless Local Area Network), jadi pada dasarnya adalah jaringan local LAN dengan beberapa koneksi antar host menggunakan koneksi gelombang radio.

Tidak bisa disangkal lagi bahwa pembuatan jaringan wireless menjadi kegiatan yang banyak dilakukan dewasa ini mengingat sifat praktisnya dan juga semakin mudah dilakukan bahkan oleh orang awam sekalipun, baik dirumah, kantor kecil bahkan sampai jaringan enterprise. Dengan mudah didapatkannya macam macam perangkat wifi yang ada dipasaran dan harga semakin terjangkau, maka wifi network menjadi semakin menguntungkan dan membuat peralatan electronic utamanya yang bersifat mobile menjadi semakin berguna dan praktis.

Menggunakan gelombang radio

Komunikasi wifi terjadi di-mana-2 disekitar kita, seperti telpon rumah tanpa kabel (cordless) yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara telpon cordless anda dengan base unit telpon adalah karena menggunakan gelombang radio. Mirip juga yang terjadi antara telpon cellular GSM anda yang juga mengunakan gelombang radio untuk berkomunikasi kepada jaringan tower transmitter dan receiver disekitarnya. Bahkan remote control TV anda juga memperagakan dasar komunikasi wifi dengan mengunakan gelombang infra merah.

Komunikasi Jaringan Wifi menggunakan bentuk energy elektromagnetik yang merambat melewati ruang. Energy merambat melalui udara pada berbagai panjang gelombang. Tergantung dari panjang gelombang itu sendiri, gelombang energy bisa kelihatan kasat mata ataupun tidak kelihatan. Pada dasarnya energy elektromagnetik dapat menmebus melalui materi, akan tetapi tidak jarang materi memantulkan energy pada beberapa derajat dan menyerap sebagian energy juga. Beberapa panjang gelombang energy memerlukan suatu komunikasi untuk bisa terjadi jika berada pada satu garis saling lihat karena panjang gelombang tersebut tidak bisa menembus atau melalui materi itu dengan baik. Sebagai contoh, sebuah remote control televisi anda yang menggunakan gelombang infra merah pada umumnya memerlukan komunikasi segaris lurus, tidak terhalang.

Halangan bisa melemahkan gelombang

Tidak seperti gelombang inframerah, gelombang radio lainnya yang dipakai pada telpon cellular tidak memerlukan komunikasi segaris dengan Tower BTS disekitarnya, akan tetapi berpengaruh juga terhadap ketebalan materi penghalang. Di suatu daerah yang penerimaan sinyal cellular ini kurang, terkadang kita akan mencari-cari tempat yang agak tinggi atau bahkan disamping bangunan untuk mendapatkan sinyal yang bagus – karena dalam kenyataannya bagian dari bangunan tersebut menyerap sebagian energy dan ada juga yang memantulkannya.

Keuntungan dan kerugian wifi

Jaringan Wireless atau jaringan wifi menjadi begitu sangat popular untuk dipasang dirumah-rumah atau di kantor-2. Keuntungan dari komunikasi wireless adalah tidak (boleh dibilang kurang) memerlukan perkabelan dalam jaringan.

Kerugian / kekurang jaringan wifi

  1. Keamanan

Tidak seperti jaringan kabel, jaringan wireless sangat rentan terhadap penyadapan. Segala upaya penyusupan bisa dilakukan tanpa harus melakukan koneksi secara fisik.

  1. Interferensi dan attenuasi

Rentan terhadap interferensi dengan peralatan-peralatan industry yang menggunakan standard frequency band yang sama. Ketebalan tembok, benda-benda terbuat dari metal bisa melemahkan juga.

  1. Kecepatan

Sinyal wireless mempunyai kecepatan terbatas. Dengan standard wireless 802.11n paling akhir kecepatan wireless sampai 150Mbps. Perkembangan teknologi wifi berkembang pesat dari standard wireless n kini sudah mencapai standard wireless ad yang bisa menembus gigabit speed sampai total bandwidth 7200Mbps (tiga band).

Topology Jaringan Wireless

Dalam jaringan komputer, istilah topology umumnya merujuk pada pola kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer2. Jaringan Wifi tidak menggunakan kabel, akan tetapi masih mempunyai topology, yang mendefinisikan bagaimana perangkat wifi berinteraksi pada layer physical pada model OSI. Pada layer Phyisical, Jaringan berbasis wireless standard 802.11 /g/n menggunakan komunikasi spectrum yang menyebar secara berurutan pada frequency 2.4 GHz, dan standard 802.11ac pada band 5Ghz dan piranti-2 tersebut berkomunikasi satu sama lain menggunakan dua dasar topology: ad hoc dan infrastructure.

Jaringan Ad Hoc

Suatu jaringan Ad Hoc terdiri dari dua atau lebih piranti wireless yang berkomunikasi secara langsung satu sama lain. Sinyal yang dihasilkan oleh interface adapter Jaringan Wifi adalah berarah Omni keluar ke rentang jangkauan yang dipengaruhi oleh faktor-2 lingkungan, dan juga sifat dari piranti yang terlibat. Jangkauan ini disebut sebagai suatu area layanan dasar (BSA – basic service area).

Jika dua perangkat wifi berdelatan pada jangkauan satu sama lain, mereka bisa berkomunikasi satu sama lain, dan segera membentuk 2 node jaringan. Piranti jaringan yang berada pada area layanan dasar disebut suatu set layanan dasar (BSS – basic service set).

Jaringan Ad-Hoc tidak transitif
Jaringan Wireless Ad Hoc

Jaringan Wireless Ad Hoc

Jika ada satu lagi piranti wireless mendekat masuk dalam jangkauan BSA ini juga bisa berpartisipasi dalam jaringan. Akan tetapi jaringan Ad Hoc tidaklah transitive , artinya jika dua piranti A dan B saling berkomunikasi dalam jangkauan piranti A, maka jika ada satu piranti C masuk dalam jangkauan piranti B tetapi tidak masuk dalam jangkauan A, maka piranti C tidak bisa berkomunikasi dengan piranti A.

Jaringan infrastructure

Suatu jaringan infrastructure menggunakan suatu piranti Wifi yang disebut Access Point (AP) sebagai suatu bridge antara piranti wireless dan jaringan kabel standard. Suatu Access Point (yang berisi transceiver wireless compliant) adalah suatu unit yang menghubungkan ke jaringan Ethernet (atau jaringan kabel lain) oleh suatu kabel. Jika ada piranti Wifi lain masuk dalam jangkauan wireless Access Point ini maka ia bisa saling komunikasi dengan jaringan kabel, layaknya mereka terhubung dengan kabel saja. Fungsi dari Access Point adalah seperti bridge transparan, yang secara effektif memperpanjang kabel jaringan dengan memasukkan piranti wireless didalamnya.

Client berkomunikasi dengan AP

Dalam jaringan Infrastructure ini, piranti Wifi berkomunikasi dengan access point; nereka tidak berkomunikasi satu sama lain secara langsung. Makanya walaupun jika kedua piranti wireless berada satu jangkauan mereka masih harus menggunakan Access Point untuk bisa saling berkomunikasi.

 

Jaringan Wireless / Wireless Network IEEE 802.11

Jenis yang paling popular dari Jaringan Wireless alias wifi network sekarang ini adalah yang berdasarkan standard 802.11, yang disebut secara informal sebagai jaringan Wifi. Spesifikasi 802.11 mendefinisikan bagaimana dua piranti atau lebih bisa saling mengirim dan menerima data.

Wifi adalah shared LAN

Komunikasi Jaringan Wireless adalah merupakan shared LAN – berbagi satu jalur LAN yang sama karena hanya ada satu station saja yang secara effektif dapat mentransmit data pada satu waktu. Standard 802.11 secara effective bisa menjangkau areal sejauh 100 meter saja. Akan tetapi dengan beberapa teknologi khusus sinyal ini juga bisa menjangkau areal lebih luas sampai 300-400 meteran.

Jaringan wifi pada umumnya terdiri dari satu atau beberapa komputer yang dilengkapi adapter wireless, plus satu atau lebih wireless access point (WAP). Fungsi dari WAP ini adalah menjebatani atau mengarahkan traffic dari Jaringan wifi ke jaringan kabel LAN dan sebaliknya. Gambar dibawah ini adalah diagram dari komunikasi computer dengan adapter wireless dan access point.

 

jaringan komputer dengan wireless

 

Access point dilengkapi dengan dua buah antenna, yang merupakan komponen dari wireless yang digunakan untuk men-transmit dan receive sinyal radio wireless. Sementara dua laptop juga dilengkapi dengan adapter wifi yang juga mempunyai antenna internal yang memancarkan gelombang radio.

Catatan bahwa 802.11 tidak lagi menggunakan IEEE 802.2 LLC ataupun format address yang didefinisikan 802.3; 802.11 menggunakan header MAC yang berbeda dari 802.3. Sehingga untuk melewatkan traffic, si access point cukup menukar header 802.11 dengan header 802.3 dan sebaliknya menggunakan address MAC yang sama. Access point mengarahkan traffic dari Wifi network ke jaringan kabel.

 

Standard wireless 802.11

Ada banyak standard wireless 802.11 yang digunakan secara industri yaitu:

1. Standard wireless-B 802.11b

  • mentransmit pada rate kecepatan sampai 11 Mbps menggunakan frequency band 2.4 GHz, berbagi jaringan dengan keluaran maksimum biasanya secara real terpatok sekitaran 7 Mbps.
  • 802.11b mempunyai range yang bagus akan tetapi bisa dipengaruhi oleh interferensi sinyal radio. Banyak dipakai untuk jaringan dirumahan dan banyak kelemahan disisi keamanan.

2. Standard wireless 802.11a,

  • beroperasi pada frequency band 5 GHz dengan transmisi sampai maksimum 54 Mbps.
  • Sangat cocok dan bagus pada aplikasi konferensi dan video.
  • Bekerja dengan bagus pada populasi yang padat
  • Tidak bisa beroperasi pada standard 802.11b/g

3. Standard wireless-G 802.11g

  • Pengembangan dari bersi 802.11b dengan rate kecepatan sampai 54 Mbps
  • Jangkauan yang lebih pendek (beberapa jenis piranti wireless-G dikuatkan dengan technology yang bisa mencakup area yang lebih luas seperti technology MIMO)

4. Standard wireless-N 802.11n

  • Bisa mencapai speed sampai 450 Mbps dengan tiga spatial data streams secara teoritis dengan kondisi ideal
  • Dengan teknologi MIMO bisa mencakup area sampai 300-400 meteran.

Disamping kecepatannya jauh lebih tinggi dan juga jangkauannya lebih luas, wireless-N ini dilengkapi dengan standard keamanan wireless terkini yaitu Wi-Fi Protected Access (WPA dan WPA2).

5. Standard wireless AC 802.11ac

802.11ac adalah standard (masih draft) teknology wifi generasi kelima yang bisa menembus kecepatan sampai 1300Mbps. Banyak sudah diproduksi perangkat wifi dengan teknology wireless ac ini diantaranya Netgear dengan R6300 wireless ac dual band, Asus RT-AC66, TP-link Archer dan lain-lain.

Apa yang akan terjadi di sepuluh tahun kedepan? Bagaimana teknology jaringan wifi akan dibangun dirumah atau dikantoran? Kita tunggu saja, sementara ini kita sudah mendapati teknology wireless AD misal diterapkan pada TP-link Talon AD7200 router.

Salam, KG

Lihat juga:




You may also like...

9 Responses

  1. nurdin says:

    Di artikel ini sepertinya ada yg salah dengan para komentatornya deh.
    buat KI Grinsing…tolong diperbaiki dong,soalnya saya suka sekali Artikel2 yg anda posting,terutama seputar tanya jawab di commentnya.

    salam kenal

    Nurdin

  2. Ki says:

    Oh ma’af bang Nurdhin, itu mereka yg nge-backlink ke site ini. Gimana yach agar gak masuk di comment tanpa harus men-delete …ada yang tahu gak para blogger yg pakai WP?

  3. himawan says:

    knapa setting printer dari laptop yang menggunakan wireless gak bisa connect ke dalam komputer admin kantor. padahal udah bisa masuk ke dalam jaringannya. saya telah cek IP na n udah bisa connect. semua folder n printer na telah di sharing, but kagak bisa mw tambah printer gak bisa. mohon di berikan solusinya. terima kasih

  4. Ki says:

    himawan .. apa ada error message?
    apa printer sharing sudah bisa diakses pc lain (konfigurasi sudah benar)?system jaringan pake apa – Windows server ato workgroup biasa?
    more detail …!

  5. arys says:

    dikantor pakai modem adsl-wireless tp link td-w8101g. dan acces point tp link wa701nd..
    bisa ap (tp link wa701nd)ini djadikan reperter,dilantaai 2
    mohon petunjuk

    • admin says:

      bisa, anda bisa configure sebagai repeater ato bridge … tapi kalo ke lantai 2 sebagai repeater ato bridge agak lemah signalnya …coba saja sebagai AP dg narik kabel ke lantai 2, akan lebih reliable …

  6. yusuf bahtiar says:

    om g’mna caranya klo kita punya ap di tower tree angel,
    lupa scuirity key’y dan passwordd. sedangkan saya tidak bisa memanjat tower,
    apakah bisa di riset dengan software’y apa harus manual?

    mohon pencerahanya…….

  7. Andi says:

    Kalau saya mempunyai wireless router dual band 2.4 GHz dan 5 GHz, bagaimana membagi channel nya dengan baik ? Perlu penggunaan video conference dikantor, makanya dibeli mode TP-Link WDR 4300 dual band. Mohon pencerahannya tentang pembagian sinyal ini. Karena waktu penggunaan, ping ke satu IP yang sudah di reservasi rata2 4 digit, alias lemot…Thank you…

  8. potter says:

    Pak, saya punya 2 komputer, 1 laptop,
    2 komputer sy sambung lewat kabel LAN, untuk sharing+internet+print tidak ada masalah,

    kemudian ketika mau sharing di Laptop yg menggunakan WiFi, antara (komputer dan Laptop)tidak terkonek, masalahnya apa ?padahal nama jaringan sudah muncul di network,

    komputer1=windows7
    komputer2=XP
    laptop=windows7
    sambungan=modem router TP LINK TD-W8151N bawaan speedy,

    kalo komputer antar kabel LAN bs sharing+internet,
    kalo laptop antar laptop (wiFi) juga bisa,
    tapi untuk Komputer antar Laptop(LAN-Wifi) masih belum bisa konek,

    Apa ada yg salah dgn settingannya, mohon sarannya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.