Jaringan Komputer Sederhana

Jaringan Komputer Sederhana Untuk Berbagi Koneksi Broadband Internet Dengan Beberapa Komputer Di rumah

Kebutuhan

Cara membangun suatu jaringan komputer sederhana dirumah anda pada umumnya dimaksudkan untuk berbagi koneksi Internet seperti Speedy Telkom dengan beberapa komputer di lingkungan rumah anda baik jaringan kabel ataupun jaringan wireless. Saat anda berlangganan broadband Internet misalkan dari Speedy, maka fihak Telkom akan memberikan anda sebuah modem-router sederhana yang mempunyai minimum port-2 brikut ini:

1. 1 port RJ11 yang dipakai untuk koneksi ke kabel telpon, dimana port ini sebagai penghubung modem-router anda ke Internet.

2. 1 port USB yang bisa dipakai untuk menghubungkan modem-router anda langsung ke komputer menggunakan port USB dari komputer anda.

3. 1 port RJ45 sebagai port LAN 10/100 Mbps, anda bisa memanfaatkan port LAN ini untuk di koneksikan ke Switch sederhana 8 atau 12 port. Atau jika komputer anda mempunyai port NIC adapter, daripada menggunakan port USB – lebih baik menggunakan port LAN ini untuk koneksi ke NIC adapter komputer. Atau jika anda menggunakan wireless router atau Access Point, maka anda bisa memakai port ini sebagai input ke Access Point atau wireless router anda.




 

Konfigurasi dengan switch

Pada umumnya modem yang diberikan oleh fihak Telkom sudah merupakan modem yang termasuk didalamnya fungsi router dan juga mempunyai fungsi sebagai DHCP server juga untuk memberikan IP address pool kepada komputer yang terhubung kepada jaringan. Secara default fungsi DHCP ini adalah aktif jadi anda tidak perlu mengubahnya jika anda tidak faham betul dengan konfigurasi DHCP server.

Gambar berikut adalah modem-router paling sederhana yang biasanya diberikan fihak Telkom saat anda memulai berlangganan Speedy.

Fihak Telkom akan memberikan splitter – pembagi line menjadi dua line, satu line kabel untuk menghubungkan router-modem dan satunya lagi kearah telpon. Kedua piranti modem dan telpon ini bisa bekerja bersamaan tidak saling mengganggu satu sama lain karena menggunakan frequency yang jauh berbeda.

modem dsl port

Dengan menggunakan modem-router yang paling sederhana dari Telkom tersebut sudah bisa menghubungkan dua komputer sekaligus, satu komputer dihubungkan dengan menggunakan kabel dan port USB, satu lagi menggunakan kabel UTP cross dari LAN port router ke NIC adapter dari komputer. akan tetapi jika anda ingin menghubungkan lebih dari dua komputer anda memerlukan sebuah switch sederhana 8 atau 12 port.

Bagaimana konfigurasinya? Konfigurasi bisa diikuti menurut diagram pada gambar dibawah berikut ini.

Diagram komputer jaringan dengan switchSetelah teknisi dari Telkom melakukan konfigurasi dari nodem-router, sebenarnya jaringan anda sudah siap dan anda tinggal menghubungkan port LAN RJ45 dari modem-router ke Switch dengan menggunakan kabel UTP yang datang bersamaan dari modem (Telkom) yang biasanya adalah merupakan kabel cross. Anda tinggal menghubungkan beberapa komputer dari Switch ke masing-2 interface NIC dari komputer dengan menggunakan kabel straight-trough.

Dari sini sebenarnya anda sudah siap, dan masing-2 komputer yang terhubung dengan Switch sudah bisa mengkases Internet Speedy secara bersamaan.

Bagaimana masing-2 komputer mendapatkan konfigurasi IP address?

Pada dasarnya modem-router anda secara default sudah aktif berfungsi sebagai DHCP server yang akan memberikan IP address secara automatis kepada komputer yang terhubung kepada switch tersebut. Yang anda perlu pastikan adalah bahwa semua komputer tersebut harus dikonfigure untuk menerima IP address secara automatis. Bagaimana caranya? Jika komputer anda sudah diinstall dengan Windows XP atau Vista, secara default dia sudah terkonfigurasi untuk menerima IP address secara automatis. Terkecuali jika anda sudah meng-utak atik konfigurasi TCP/IP nya dengan IP address manual.

Bagaimana anda melakukannya? Lakukan tahapan seperti pada kolom tabel berikut ini.

1. Pada bagian bawah kanan dilayar komputer anda perhatikan gambar komputer kembar dipojok kanan bawah.2. Jika anda tidak mendapatkannya, anda bisa melakukan tahapan berikut: Klik Start => pilih Control Panel => cari ikon ‘Network Connection’ dan lakukan dobel klik => lompat ke step 4 jaringan-komputer-sederhana-i
3. Klik kanan ikon “lan connection” dan pilih ‘Open Network Connection’. Atau anda cukup klik saja ikon tersebut. jaringan-komputer-sederhana-2
4. Klik kanan ikon “lan connection” dan pilih “Property” => kemudian pilih Internet Protocol (TCP/IP) => klik “Property” jaringan-komputer-sederhana-3
5. Pastikan pada tab “general” kedua tombol radio di klik pada “obtain an IP address automatically” dan juga “obtain DNS server address automatically” jaringan-komputer-sederhana-4

Sampai disini sebenarnya masing-2 komputer anda sudah bisa terhubung dengan Internet Speedy secara bersamaan.

Bagimana jika ingin menggunakan wireless Access Point?

Tidak jauh beda dengan konfigurasi yang menggunakan Switch, anda tinggal mengganti posisi Switch dengan posisi Access Point dengan mengunakan kabel UTP yang sama.

wireless network dengan wireless access point

Secara default tanpa harus melakukan konfigurasi apapun biasanya Access Point tersebut sudah bisa menyambung kepanjangan jaringan anda lewat wireless. Ada kalanya anda harus memberikan IP address baik menerima IP address dari DHCP server (dari modem-router) atau anda memberikan IP address manual. Akan tetapi demi keamanan jaringan wireless anda, jika anda harus melindungi jaringan private anda, anda harus melakukan konfigurasi dan mengaktifkan keamanan wireless WEP atau WPA2 yang paling kuat.

Sebenarnya sudah banyak dipasaran sebuah piranti wireless router yang terintegrasi dengan modem juga dan sudah termasuk didalamnya sebuah router dengan fitur dual firewall (NAT dan SPI) 4 port RJ-45 Switch, dan juga Access Point; seperti TP-link Archer D7 yang sudah berbasis teknology wifi generasi ke lima (wireless AC). Produk ini salah satu modem wifi speedy yang sangat terkenal tangguh, harganya sekitaran Rp.1,7 jutaan.

Tentu saja jaringan seperti ini adalah jaringan LAN sederhana yang diperuntukkan dalam rumahan, sederhana tidak sekompleks untuk membuat koneksi jaringan LAN seperti dalam suatu organisasi IT yang besar. Dalam suatu infrastruktur jaringan yang besar, anda tidak saja hanya membuat design jaringan yang kompleks saja, akan tetapi harus juga memikirkan suatu rencana penyelamatan dan pengembalian system jaringan anda in case terjadi suatu bencana.

Check juga:

Salam,




You may also like...

31 Responses

  1. Morathu says:

    Penjelasan yg mantap bro…. berguna sekali buat saya>>>

  2. amin says:

    cooollll. . .

  3. nami namiras says:

    Makasih buanyak atas semua infonya. Perangi pembodohan masyarakat. Ok brur

  4. farid says:

    Boleh tanya, kalau modem routernya yang saya punya adalah DLINK DIR-600 yang terintegrasi dengan wireless 150, kalau mengganti modem router bawaaan spedy, cara settingnya gimana?saya pake XP. trimaksaih.

  5. Ki says:

    farid: DIR-600 itu kan wireless router yg tidak terintegrasi dengan modem. Jadi mestinya gak bisa menggantikan speedy modem, kecuali dikoneksikan ke modem speedy pakai ethernet port modem dikoneksikan ke WAN portnya DIR600. secara default harusnya sudah bisa wireless, untuk konfigurasinya ikutin konfigurasi router disini

  6. OMCAN says:

    AKU BISA JADINYA

  7. Ray says:

    Ki, kalau mau sharing files based on penjelasan di atas gimana? Laptop saya yang satu sudah dihubungkan dengan port RJ45 dan yang satu lagi memakai USB. Mudahnya sih, saya ingin laptop yang memakai USB bisa membuka data gambar di folder di laptop yang memakai RJ45. Via email saja ya, Ki. Atau jika punya tautannya (Inggris atau Indonesia) yang mudah dimengerti, will be greatly appreciated. Terima kasih.

    • admin says:

      Hi Ray, anda harus periksa dulu kedua laptop dapet IP address berapa dan apakah keduanya sudah berada pada IP jaringan yg sama dan juga subnet mask yang sama juga. Usahakan kedua laptop berada satu workgroup dan beda nama PC …konfigurasi di TCP/IP …setelah itu buat share folder di laptop yang akan dishare foldernya …

  8. Bingung and Mumet says:

    Ki, sy dah coba cara yg ki kasih, cuma koq agak bingung ya.. komputer mana yg berfungsi sebagai dial up. sy dah coba setting always on dari 192.168.1.1 semua bkerja cuma setiap 10menit pasti koneksinya putus… mohon penjelasan dari aki buat cucu yg bodoh ini ki….

  9. Ki says:

    Hi BingMum, jelasin lagi dwonk questionx ..kurang jelas …yg ini pake dial-up, ato speedy, ato 3g …? koneksi putus setiap 10 menit itu yg mana …koneksi kabel ato wireless dan kemana …? si Aki da pikun nich cu’ …uhuk …uhuk …batuk…ngleset sek …leye-leye

  10. akaa says:

    keren”…
    thxx…

  11. fahmi says:

    Ki, aq punya koneksi internet speedy, baru ganti modem pake tp-link, setting udh complete, lampu modem nyala semua, status connected, tapi malah ga bisa konek/browsing, coba ping ke google, ga muncul, cek ipconfig ada. Kira2 masalahnya apa ya? Mohon pencerahanya. Makasih. Semoga pahalanya gede. -)

    • admin says:

      ganti tp-link nya jenis apa … koneksi ke pc pake kabel atau wireless …?
      ipconfig /all ketemunya ip berapa …?ada dhcpnya gak?gateway ip nya coba di ping …ada response nggak?
      coba masuk configurasi tp-link nya …untuk koneksi ke internet !
      coba samain dg modem dari speedy …biasanya speedy modemnya pake ip 192.168.1.1 ….ketik di browser ip tersebut http://192.168.1.1 …cari konfigurasi internet / wan …

  12. azyifa says:

    Maaf sebelum nya, saya mau nanya nih, sy barusan pasang wireless mengunakan router N150. setelah berhasil saya instal dan seting kenapa orang yg pake jaringan wireleesku sekali sy kasi password-nya selanjutnya passwordnya automatic terisi, jadi mereka enak sja mainnya. tolong penjelasannya. terima kasih bayak.

  13. ki says:

    di Windows 7 di icon wireless connection klik kanan pilih open network and sharing center. di wireless network connection klik dan disana ada wireless property ….disana ada setting connect automatic when network in the range …jadi saat kasih password ke user jangan hilangkan check box shg user tidak automatis connect. Nah ubah saja password di router agan ntar user gak bisa connect…

  14. billy says:

    hi….teman2 ada yg tau ya cara mengubungkan router denga Access point itu cara nya gimana aku bingun ni…tlg jelasin dulu kalo ada yg tau……bz

  15. ki says:

    Coba baca artikel ini gan …membangun wlan dengan dap-1360 AP. Prinsipnya koneksikan ethernet port AP ke salah satu port eternet switch atau modem-router.

  16. fendy says:

    salam knal bro,sy newbie nich kmren br psng first media n mo pakai wifi router trendnet TEW-435BRM ad yang tau ga y?cr setting biar bs connect, mohon pencerahanny kirim ke email
    fendy_w0ng@yahoo.com ,thanks

  17. ki says:

    wah first media yach …new era. anda pakai fastnet atau cablenet milik mereka firstmedia? atau speedy? TEW-435 adalah wireless g roouter plus built-in adsl modem jadi hanya bisa untuk adsl speedy. kalo ente pake speedy, telp 147 mereka akan guide lewat telpon …gampang kok.

  18. tb rizki says:

    tolong dong bagimana cara nya untuk bisa internet dengn komputer

  19. Kalau di rumah, settingan jaringan komputernya cuma pakai satu router aja dimana satu router terkoneksi ke jaringan internet. Di rumah, aku pakai provider Simaya (bandung). Lumayan sih satu wifi router cukup buat semua akses dari notebook anggota keluarga 😀

  20. yeris says:

    Ki sy mau nanya biar warnet speedy sy cepat koneksinya / tidak lemot, sy hrus menggunkan Peraltn apa sj ki…? Mohon bntuannya… Sebelumnya trimksih untuk bantuannya… Sy br Pemula punya warnet ki…

  21. lumayan nih buat nambah bahan ngaar anak2 tkj tentang jaringan komputer

    terima kasih pak 🙂

  22. Haura says:

    permisi kak, izin share ya untuk keperluan tugas TIK. makasih bantuannya 😀

  23. syahrul says:

    Hallo semua, saya minta tolong sama siapa saja yang bisa bantu saya,
    bagaimana caranya agar server bisa share kesemua client, misal pada warnet, masing2 cliet tidak perlu update satu persatu game online (PB/LS/dll), karena client akan dapat share dari server atau komputer lain yang sudah terupdate
    terimakasih bagi semua yg memberikan pencerahan buat saya.

  24. DHIAN says:

    Permisi Pak, mau tanya aku pakai speedy dan teleponenya sudak gak digunakan lagi sejak 2 tahun lalu. nahh, saat ini aku mau aktifkan kembali teleponnya. tapi aku bingung soal kabel-kabel dan sebagai macam. sementara itu splitter yang aku pakai cuma 1 line aja dan itu juga yang aku sambungkan ke modem dan switch untuk internet komputer. bisa tidak kabel yg dari splitter ku pakai untuk telepon? mohon dibalas. terima kasih

    • Ki Gr says:

      lho tadi beda yach …kalo yg ini splitter dipakai mau diaktifkan , satu kabel ke arah modem dan satu kabel lagi kearah telpon…splitter itu kan ada tiga port – satu port masuk dari kabel telpon di tembok = terus keluar dua port.

      Kabel tlp => splitter 2 line => satu ke modem dan satu line lagi ke telpon…..

  25. ifung says:

    gambar awan tulisannya telco itu maksutnya apa ya??

    • Ki Gr says:

      Awan (cloud) itu maksudnya yach jaringan WAN public / global…dan Telco itu perusahaan telecomunikasi local misal ISP …kan anda dapet internet dari ISP misal Telkom, Indosat, dll..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *