Jaringan Komputer Bisnis

Kebutuhan Jaringan Bisnis

Pada dasarnya merancang jaringan komputer untuk bisnis berskala kecil, menengah, dan bahkan skala enterprise adalah mirip-mirip saja. Anda perlu merancang infrastructure jaringan private untuk memberikan ketersediaan dan kehandalan layanan sumber daya jaringan, system keamanan jaringan untuk menangkal segala macam ancaman keamanan jaringan, dan system komunikasi global.

Diagram jaringan

 

Jaringan komputer skala bisnis kecil menengah ini bisa digambarkan secara diagram seperti gambar 1 dibawah ini dimana jaringan meliputi jaringan private; system keamanan terhadap ancaman keamanan; dan system yang bisa memberikan layanan komunikasi yang aman.

 

Dalam merancang jaringan komputer bisnis berskala kecil menengah, pertama kali tentunya anda seharusnya mengumpulkan data sebanyak-banyaknya kebutuhan bisnis anda (lihat juga artikel mengenai design jaringan komputer). Misal, untuk mendukung management keuangan anda, diperlukan aplikasi database dari fihak ketiga – software vendor, untuk system komunikasi anda memerlukan system email; atau anda memerlukan link jaringan ke kantor cabang dengan WAN atau akses remote kepada beberapa user kunci dan seterusnya. Berikut adalah contoh kebutuhan yang perlu dipikirkan dalam anda merancang jaringan komputer bisnis anda, gali dan gali serinci mungkin.




 

Software Applikasi

Misal untuk menunjang kebutuhan management keuangan anda memerlukan system applikasi keuangan. Anda memutuskan membeli software applikasi ke fihak ketiga, anda perlu mengundang sales dan technical representative dari vendor tersebut untuk menggali data sebanyak mungkin untuk memastikan kebutuhan anda terpenuhi dengan software tersebut. Perlu juga diketahui seberapa kritis system aplikasi ini nantinya, apakah anda tidak mentolerir adanya downtime sekecil apapun dalam system, maka anda memerlukan suatu system redundansi server yang bisa memberikan system failover / failback. Gali sebanyak-banyaknya sehingga anda bisa memilih dan merancang system yang memang bisa memenuhi kebutuhan system management keuangan anda.

 

Management User Account

Bagaimana dengan management account user dalam system anda nantinya? Tentunya dalam skala bisnis kecil sampai enterprise anda memerlukan system keamanan atau pemisahan authorisasi terhadap sumber daya jaringan anda. Misal saja masalah keuangan, tentunya hanya beberapa gelintir orang saja yang boleh mempunyai akses terhadap file-file critis dan rahasia. Dalam system Windows server, anda bisa menggunakan system Active Directory yang terintegrasi dengan system DNS anda untuk memudahkan management account anda.
Diagram jaringan komputer business

Dengan infrastructure logical Active Directory anda bisa membuat group policy yang memenuhi kebutuhan keamanan untuk tingkatan group-group user. Dengan infrastructure Windows, anda juga perlu memikirkan bagaimana client komputer pada jaringan anda melakukan patching windows update. Apakah mereka akan melakukan download langsung dari internet atau anda membuat system management patching? Windows memberikan solusi untuk management patching ini dengan WSUS. Dengan solusi ini anda bisa mengurangi latensi bandwidth sambungan internet anda. Baca selengkapi solusi WSUS management ini.

System Backup

Bagaimana juga dengan system data backup? Anda juga perlu menghitung berapa banyak server yang akan anda implementasikan nantinya termasuk beberapa data file server, database, email dan sebagainya. Apakah anda akan memasang satu backup drive di masing-masing server yang tentunya kalau berjumlah banyak anda akan sangat repot nantinya. Jika anda harus melakukan copy backup monthly yang mengharuskan total backup untuk semua server, dan jika satu server bisa memerlukan beberapa tape backup, maka orang anda akan bekerja semalam suntuk mengganti tape belum lagi jika ada masalah kegagalan.

Salah satu solusi backup strategy dalam memanagement data backup yang sangat besar dan berjumlah banyak server, ada baiknya anda menggunakan backup terpusat lewat jaringan misal saja dari HP Autoloader dengan 8 cartridge sekaligus yang bekerja secara automatis dan dengan backup software Backup Exec dari Symantec.

Keamanan Jaringan

Bagaimana dengan perlindungan pintu masuk atau gerbang utama Internet anda? Sambungan / koneksi internet adalah suatu keharusan dalam era komunikasi sekarang ini. Kita tahu bahwa Internet adalah tempat dimana hal-hal baik dan jelek ada. Dan internet adalah gerbang komunikasi global yang mendukung bisnis anda. Ancaman internet seperti hacker dan malware, viruses telah berevolusi semakin canggih dan cerdik dalam berusaha menerobos titik-titik kelemahan yang ada dalam grbang masuk internet jaringan anda. Bagaimana anda memanagenya?

Mungkin anda perlu mengimplementasikan network security appliance atau sejenis UTM (unified Threat Management) appliance diujung jaringan komputer anda yang berbatasan dengan internet. Sebut saja SonicWALL NSA2400 network security appliance atau Cisco 500 series dan sejenisnya.

Untuk konsumsi kebutuhan dirumahan atau dikantoran kecil, sekarang sudah banyak perangkat jadi yang sudah termasuk didalamnya proteksi / perlindungan ancaman internet. Sebut saja Bitdefender Box dengan lisensi tak terbatas.

Email System

Bagaimana dengan system Email anda? Tentunya anda tidak mungkin menggunakan email gratisan untuk merepresentasikan bisnis anda bukan? Anda perlu juga memikirkan fasilitas ini untuk user dalam jaringan anda baik dalam kemudahan dan yang pointing adalah representasi dalam bisnis.

Apakah anda hanya beli domain misal bisnis-anda.com yang dihosting secara gratisan di Google atau anda hosting sendiri di dalam jaringan private internal anda dengan membuat infrastructure server email. Jika demikian anda perlu bekerja sama dengan ISP anda untuk hosting record MX di DNS mereka. Anda juga perlu memikirkan security policy dalam firewall anda agar traffic email bisa mengalir secara aman baik dari luar maupun keluar. Apakah anda juga mengijinkan akses email bisa diakses lewat cellular phone mereka, anda bisa bekerja sama dengan fihak cellular provider untuk memungkinkan it semua. Gali terus kebutuhan system komunikasi email ini untuk kebutuhan bisnis anda. Lihat juga design jaringan IP mengenai hal ini.

Gambar 2 berikut ini menunjukkan jaringan komputer bisnis kecil menengah yang meliputi beberapa file server; email server; AD domain controller; WSUS patch management untuk menjamin ketersediaan dan kehandalan sumber daya jaringan komputer bisnis kecil menengah.

 

Diagram jaringan komputer business skala kecil

Gambar 2

 

Adalah sangat penting sekali untuk menggali data kebutuhan untuk jaringan komputer bisnis kecil atau menengah sebanyak-banyaknya sebelum anda bisa memulai merancang infrastructure baik logical maupun physical untuk memberikan ketersediaan dan kehandalan sumber daya jaringan.

Untuk anda yang baru mau beranjak menggunakan jaringan komputer untuk small bisnis anda, mulai saja dengan satu server tunggal dengan menggunakan Windows server 2012 Essentials. Anda bisa menggunakan server yang berbasis processor 64-bit. Karena syarat utama anda menggunakan OS Windows server 2012 (semua versi) adalah menggunakan processor berbasis 64-bit. Jika anda tidak mempunyai engineer yang berpengalaman, yach memang mahal untuk hire engineer secara permanen sementara bisnis anda masih kecil, percayakan pada kami – lihat penjabaran kami untuk membangun jaringan komputer bisnis kecil.

By KG

Lihat juga:




You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.