Jaringan Mobile Cellular 3g

Apa itu jaringan 3G?

3G Network adalah solusi jaringan yang sangat bagus sekali buat user dan organisasi yang tingkat mobilitasnya sangat tinggi yang perlu mensetup outpost pada event-event dadakan tertentu misal dalam suatu renspon penanggulangan bencana alam. Jaringan 3G bisa dikoneksikan kepada jaringan Wi-Fi melalui suatu router 3G.

Kita tahu sekarang ini bahwa hampir semua provider cellular disamping memberikan layanan voice, mereka juga memberikan layanan jaringan 3G/4G yang meliputi layanan data digital untuk email, Web browsing, dan juga aplikasi internet lainnya. Layanan jaringan 3g ini memungkinkan anda mengakses Internet melalui phone cell, laptops, atau sejenisnya yang menggunakan modem khusus dalam bentuk PC-card , ExpressCard, atau USB. Bahkan laptop keluaran terbaru sekarang ini sudah dilengkapi dengan modem built-in jenis ini. Atau anda perlu membelinya untuk laptop anda.




 

Kecepatan 3G Vs DSL

3G network yang ditawarkan oleh penyedia telpon cellular ini pada umumnya lebih lambat dari jaringan Wi-Fi tradisional dari Cable atau DSL. Kecepatannya berkisaran antara 100Kbps sampai 700 Kbps atau bahkan ada yang mengklaim sampai 3.5 Mbps. Sementara jaringan tradisional DSL atau Cable menawarkan koneksi yang lebih cepat berkisaran antara 300 Kbps sampai 6 Mbps. Bahkan infrastructure jaringan Cable generasi DOCSIS 3.0 menawarkan kecepatan downstream sampai 100Mbps. Koneksi Cable atau DSL ini ke pelanggan menggunakan sambungan local loops dari rumah pelanggan ke Central office ISP terdekat dengan menggunakan Cable/DSL modem. Lihat cara sharing internet.

Anda bisa membuat extension koneksi Cable atau DSL ini secara wireless dengan menggunakan Wireless routers dimana jaringan komputer ini lazim disebut jaringan Wi-Fi. Seperti halnya koneksi Cable atau DSL, anda juga bisa membuat extension wireless dari jaringan 3G ini dengan menggunakan modem 3G atau Internet adapter bisa dalam bentuk PC-Card, ExpressCard atau USB. Adapter ini mempunyai nomor atau ID sebagai account anda untuk mengakses 3G network anda.

Untuk mengakses jaringan Wi-Fi, laptop dengan Wi-Fi adapter anda haruslah berada pada jangkauan wireless dari wireless router atau wireless access point agar bisa tetap mendapatkan akses internet. Jangkauannya bisa membentang sampai 300 meteran dengan kondisi ideal bahkan dengan antenna directional bisa lebih. Akan tetapi untuk mengakses jaringan 3G, anda bisa menggunakan jaringan cellular ini dimana saja selama anda normalnya bisa menerima sinyal untuk Cellular phone anda. Dari jangkauan dikota, dipedesaan sampai dimana saja bahkan dikereta api, di bus, dikapal selama masih terjangkau sinyal Cellular dari Tower BTS terdekat.

Diagram router mobile

Gambar dibawah ini menunjukkan diagram koneksi dimana modem 3g mengakses jaringan 3G dari tower BTS terdekat dan dengan menggunakan router 3G anda bisa share sambungan Internet dari 3G network ini dengan beberapa komputer dalam jangkauan.

diagram jaringan cellular

Dengan semakin jauh anda dari tower BTS terdekat tentunya kekuatan sinyal jaringan 3g anda juga semakin melemah. Jaringan 3G ini tidak bisa diandalkan jika kita berada didalam gedung perkantoran dengan strutur yang kokoh dan juga diarea dimana peralatan jamming cellular (pengacak sinyal) dipasang.

Satu hal yang perlu diingat bahwa dalam jaringan 3G ini ditujukan account perorangan. Account 3G ini hanya bisa menggunakan satu session sambungan internet saja terkecuali dengan technology tambahan 3g router. Akan tetapi anda bisa menggunakan satu account 3G ini dan di sharing dengan beberapa computer, Skype phone, atau lainnya secara wireless dengan bantuan wireless router khusus 3g atau Cellular. Sebut saja produk dari D-Link DIR-451 untuk jaringan HSDPA dengan modem PC-Card atau sebut saja CradlePoint CTR500 dengan modem USB.

Dengan menggunakan 3g router, sekelompok user bisa membuat jaringan wireless secara virtual dimana saja asal ada layanan Cellular. Bahkan anda pun bisa membuat sambungan tunneling VPN secara aman kekantor corporate anda misal dalam kondisi emergensi misal dalam team emergensi respon team penanggulangan bencana, atau dimedan peliputan terorisme, atau peliputan sports event, dimana tidak ada sambungan DSL atau Cable layanan internet.

Perbedaan Performa

Seperti halnya speed pada koneksi Cable, data rate jaringan 3G bisa sedikit bervariasi tergantung pada ketersediaan dan kedekatan kepada jaringan Tower cellular terdekat. Rata-rata kecepatan download berkisaran antara 400 Kbps sampai 700 Kbps bahkan beberapa provider mengklaim speed sampai 3.5 Mbps. Sementara umumya speed DSL bisa sampai 1.5 Mbps downstream dan 350 Kbps upstream dan bervariasi menurut lokasi karena kedekatan sama instalasi switching telephone.

Speed

Disisi lain jaringan Internet Cable bisa mencapai kecepatan sangat jauh sampai 200 Mbps downstream dan upstream sampai 100 Mbps. Bahkan infrastructure jaringan cable DOCSIS 3.0, bisa mencapai kecepatan sangat tinggi ~300Mbps baik downstream ataupun upstream. Koneksi modem cable atau DSL keduanya bisa secara konsisten diextensikan melalui wireless router. jaringan hotspot atau lingkungan bisnis bisa running sangat cepat tergantung equipment apa yang dipakai dan bagaimana disetup.

Secara umum, jika seorang user dengan menggunakan koneksi Wi-Fi ke suatu sumber modem Cable atau DSL, biasanya performa akan lebih bagus dibanding kalau menggunakan sambungan jaringan 3g. Misal, suatu DSL dengan speed 1,5 Mbps akan bisa melakukan download sebuah file 1 Mbps dalam 5 detik, sementara pada jaringan 3g dengan speed 700kbps memerlukan waktu dua kali lebih lama.

Perbedaan yang sangat significant ini tergantung pada aplikasi yang dikerjakan. Beberapa user menggunakan aplikasi web yang canggih (Rich Internet Applications – RIA) yang banyak memakan bandwidth anda. Sementara yang lainnya streaming music, VoIP, video, yang mengakibatkan performa turun secara drastic karenanya. Umumnya email dan web browsing tidak begitu amat mempengaruhi performa.

Jaringan 3G/4G akan menjadi solusi yang sangat bagus bagi para user yang tingkat mobilitasnya sangat tinggi. Dan juga sangat membantu dalam suatu emergency respons team seperti dalam penanggulangan suatu bencana, peliputan di remote are yang masih terjangkau sinyal cellular dll. Jaringan 3g bisa menjadi sumber koneksi Internet dan di sharing dalam suatu jaringan wireless dengan menggunakan suatu wireless router 3g.

Jaringan 4G adalah standard teknology jaringan wifi generasi ke empat atau lazim disebut sebagai teknology LTE yang mempunyai kepanjangan Long Term Evolution. Kecepatan jaringan 4G ini bisa empat sampai sepuluh kali lipat dibanding kecepatan jaringan 3G. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel ini – Memahami teknologi LTE – 4G.

Lihat juga artikel:




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *