iPad Generasi Ketiga Vs iPad 2

By Ki Grinsing

Prestasi Apple iPad

iPad bisa terjual sampai menembus 30 juta di seluruh dunia, adalah suatu prestasi penjualan sebuah produk yang memang handal yang kemudian diikuti beberapa pabrikan lain untuk memproduksi produk serupa. Sebut saja Samsung Galaxy 10.0 yang merupakan produk unggulan Samsung dan mempunyai fitur yang tidak kalah hebatnya juga dengan produk iPad. Lihat spec comparison iPad Vs Samsung GT10.0. Generasi ketiga dari iPad telah diluncurkan dan tahu sendiri, di Amrik sana yang merupakan suatu produk yang di tunggu-tunggu oleh loyal Apple users.

 

iPad generasi ketiga - iPad 3

iPad G3

Gambaran secara umum bahwa generasi ketiga iPad ini adalah salah satunya display Retina yang sangat ramah mata, tajam dan tampak hidup. Text sangat tajam, warna lebih vibrant, video dan photo sangat tajam dan detail. Di versi iPad generasi kedua camera depan masih versi kualitas VGA, akan  tetapi versi ketiga ini dilengkapi dengan iSight camera dengan resolusi 5MP dengan resolusi sampai 2048×1536 (44% lebih krispi dibanding dg iPad2), auto white balance, face detection dll layaknya camera pocket pada umumnya.

HD recorder

 

Sementara kualitas video bisa merekam sekualitas High Definition (HD) 1080p juga. Jika anda menghendaki computer tablet dengan kualitas image dan video dengan resolusi tinggi, maka iPad generasi ketiga ini pilihan anda dibanding iPad 2 yang masih kualitas standard. Hebatnya lagi, iPad 3 ini dilengkapi dengan chip A5X dengan graphics quad-core yang memberikan anda pixel 4x lebih tinggi dibandingkan dengan iPad 2.

AirPlay

Disamping itu, iPad generasi ketiga ini juga dilengkapi dengan AirPlay yang meungkinkan anda untuk melakukan streaming apa yang tampil di layar iPad anda kepada layar HDTV yang lebar, misal main game atau nonton video.

Support 4G

Untuk koneksi Wi-Fi dan jaringan cellular, iPad 3 ini dilengkapi dengan dukungan terhadap technology cellular generasi ke empat 4G. Akan tetapi apakah ada infrastruktur di Indonesia yang sudah siap dengan 4G ini? Di Amerika sudah di jembadani oleh Verison dan AT&T, jadi mungkin bukan nilai tambah untuk dipakai di Indonesia. Sementara iPad 2 ada juga yang versi cellular tapi masih technology 3G.

 

New iPad - third generation

802.11n

Untuk koneksi Wi-Fi, kedua generasi iPad 2 dan iPad3 sama – keduanya dilengkapi dengan technology standard 802.11a/b/g/n yaitu technology wireless N dual band baik 2.4GHz dan 5GHz band. Tentunya ini sangat cocok untuk jaringan komputer anda yang mendukung technology dual band versi terbaru sebut saja router dari TP-Link WN2543ND atau Netgear WNDR4500 N900 dual band routers.

Fitur dictation

Satu fitur lagi yang menarik adalah fitur Dictation, anda bisa  mendikte iPad anda dengan bersuara untuk kemudian system akan mengetiknya. Misal saja untuk menulis email, catatan dan lain-lain cukup nge-tap ikon micropone pada keyboard dan mulailah menikte. Nah apakah bisa dalam bahasa Indonesia? Ini patut dicoba, mengingat iPad mendukung bahasa Indonesia disamping 55 bahasa lainnya.

Semoga bermanfaat

Lihat artikel terkait:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.