Petunjuk Keamanan Laptop

Jika sebuah laptop hilang atau tercuri, bukan hanya laptop yang hilang atau tercuri, semua informasi data yang tersimpan didalamnya ikut hilang

Sekilas

Sadarkan anda bahwa jika laptop anda hilang – apa saja yang bakal kehilangan? Laptop buat sebuah organisasi adalah asset yang sangat berharga sebab laptop bisa berisi banyak file perusahaan yang sangat penting bahkan bisa berisi informasi bisnis yang sangat sensitive, yang harus dilindungi setiap saat.




 

Kehilangan laptop

Jika sebuah laptop tercuri atau hilang, bukan hanya laptop itu sendiri yang hilang, semua informasi yang tersimpan didalamnya juga ikut raib. Keamanan laptop adalah sangat penting pada corporate karena data yang tersimpan didalamnya bisa saja dilihat / diakses oleh mereka yang tidak authorize. Reputasi corporate bisa rusak jika informasi sensitive yang tersimpan didalamnya digunakan oleh tangan-2 yang tidak authorize

Sebuah laptop adalah alat yang sangat bagus karena sifatnya yang praktis. Anda bisa mengakses informasi yang ada didalamnya setiap saat anda inginkan dan jika anda mempunyai authorisasi terhadap informasi bisnis yang ada didalamnya, dan jika anda mempunyai authorisasi – anda bisa melakukan koneksi remote ke jaringan corporate anda.

Sisi negative dari laptop adalah bahwa mereka bisa menyimpan informasi bisnis secara massive yang normalnya tidak boleh meninggalkan kantor atau jaringan komputer corporate. Makanya guideline dan kebijakan pemakaian laptop adalah keharusan untuk diregulasikan didalam corporasi.

Isi laptop

Keamanan laptop #1 tentang isi laptop. Jika anda membawa laptop untuk keperluan bisnis anda keluar kantor, bawalah file-file pada laptop anda dimana anda memang akan bekerja dengan file-file tersebut saja, saat anda tidak terhubung dengan jaringan di kantor. Jika anda kembali ke kantor maka biasakan untuk mentransfer file-file anda kembali ke folder jaringan.

Informasi bisnis dengan sensitivitas tinggi

Keamanan laptop #2 tentang informasi bisnis dengan tingkat sensitifitas tinggi. Jangan masukkan file bisnis dengan klasifikasi sensitifitas tingkat tinggi – atau sangat rahasia kedalam laptop anda jika memang tidak memdapatkan authorisasi. Jika memang harus, maka setidaknya anda melakukakan inkripsi file-file tersebut. jika anda bekerja di hotspost area, bekerjalah dengan tip-2 aman bekerja di hotspots.

Laptop Backups

Keamanan laptop #3 tentang backup laptop. Jika anda tidak mempunyai kebiasaan untuk melakukan backup data pada laptop anda, anda mempunyai resiko yang sangat serius jika laptop anda hilang atau hard disk anda crash.

Paling aman adalah mentransfer data anda kedalam jaringan di mana administrator selalu melakukan backup secara terpusat tiap malam, yakinkan kalau data anda masuk dalam daftar file yang dibackup secara rutin.

Jika anda terkendala melakukan backup, sementara anda mempunyai file-file critis dan sensitive yang tidak ingin sampai kehilangan, maka copykan kepada media lain seperti flash disk dan simpan ditempat yang sangat aman sampai anda mempunyai kesempatan untuk kembali ke kantor dan transfer kepada jaringan corporate anda.

Di Cafes dan Hotels

Keamanan laptop #4 melindungi laptop saat di café atau di hotel. Saat di café, restaurant, atau di hotel, jangan sampai lepas dari pengawasan mata anda. Disinilah tempat favorite bagi para oportunis untuk mencuri hand-phone, dompet, tas tangan, dan tentunya laptop. Hanya memerlukan gangguan / pengalihan sebentar saja sementara orang lain mengambil barang berharga anda.

Yang paling aman adalah meletakkan laptop anda diantara kaki anda saat duduk, sehingga anda bisa merasakannya. Dengan cara ini anda bisa merasakannya jika ada yang mengambilnya.

Saat konferensi dan seminar

Keamanan laptop #5 saat anda membawa laptop pada saat seminar dan konferensi. Anda tidak bisa hanya mengandalkan kepada system penjagaan petugas seminar, atau siapapun yang mendukung seminar tersebut atas keamanan laptop anda. Jika anda memang pada posisi tidak memerlukan laptop pada seminar atau konferensi tersebut, adalah sangat bijaksana anda memang tidak perlu membawa laptop, kecuali anda tidak merasa keberatan membawa-bawa laptop setiap saat dan kapan saja.

Traveling

Keamanan laptop #6 saat anda bepergian dengan laptop anda. Saat anda berjalan, dengan mobil, atau dengan transportasi umum, laptop anda sangat rentan terhadap pencurian atau kehilangan. Adalah sangat wajar jika anda mempunyai bagasi yang banyak dan secara tidak sengaja meninggalkan laptop anda saat turun dari Taxi atau turun dari pesawat. Adalah sangat penting untuk tetap focus, selalu teringat dan dekat dengan laptop anda sepanjang perjalan anda. Ikat bila perlu agar tidak sampai kecurian.

Laptop di tempat parkir mobil

Keamanan laptop #7 mengenai laptop di tempat parkir. Ingat jangan sampai meninggalkan laptop di dalam mobil di tempat parkir dalam keadaan terlihat tanpa ada orang. Jika memang terpaksa harus meninggalkan dalam mobil di tempat parkir, tutupi dengan karet alas kaki mobil. Ingat jangan terlalu lama meninggalkan laptop didalam mobil dalam keadaan panas sekali. Laptop adalah benda yang menarik untuk dicuri dan merupakan barang yang gampang diuangkan.

Samarkan

Keamanan laptop #8 samarkan bahwa anda membawa laptop. Jika anda berada didaerah yang rawan dan beresiko tinggi terhadap pencurian, samarkan kebaradaan laptop anda dengan menggunakan backpack misalnya, atau masukkan kedalam tas sport.

Memakai laptop di tempat umum

Keamanan laptop #9 tentang pemakaian laptop di tempat umum. Jika anda menggunakan laptop di tempat umum, ingat tidak hanya anda sendiri yang melihat layar monitor anda, orang-2 disekitar anda juga bisa melihatnya. Pastikan bahwa anda tidak membuka file-2 yang sangat critical dan sensitive di tempat umum.

Media, Token, dan Access Cards

Keamanan laptop #10 tentang token. Ingat jangan menyatukan media, Token, dan access card dengan laptop anda. Jika kecurian, semua media, Token dan access card juga ikut hilang bersamanya. Hal ini sangat berresiko buat organisasi anda jika sampai hilang, mengingat bahwa:

  • Token bisa digunakan oleh fihak yang unauthorized untuk mengakses konten laptop anda
  • Dengan token, jika ketahuan juga user ID dan PIN / password anda maka bisa mengakses remote site corporate anda.
  • Access card fisik bisa digunakan untuk masuk kedalam area perusahaan

Adalah sangat masuk akal jika anda juga melindungi file-2 sensitif dan kritis dengan cara inkripsi agar hanya yang authorize saja yang bisa mengaksesnya.




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.