Guideline Internet Policy

Internet Access Adalah Alat Business Dalam Suatu Organisasi, Oleh Karenanya Kebijakan Pemakaian Internet Harus Dibuat

Tidak kalah pentingnya dengan diperlukannya suatu kebijakan masalah pemakain email pada suatu corporasi, kebijakan masalah pemakain internet juga sangat diperlukan agar pemakaian internet oleh para karyawan tidak mempengaruhi atau bahkan menurunkan produktifitas kerja bagi semua elemen karyawan suatu corporasi. Karena internet bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya karena anda tidak tahu persis dengan siapa anda berhadapan.

Kenapa kebijakan masalah pemakaian internet penting?

Internet access adalah alat bisnis, untuk itu sangat diperlukan adanya suatu kebijakan pemakaian internet sebagai guideline untuk menunjang business. Internet access seharusnya adalah suatu hak khusus bagi pemakainya dan diharapkan pemakaiannya juga bertanggung jawab dan professional dan memadai. Apa yang dilakukan selama berinternet bisa dimonitor baik secara internal maupun external dan tindakan anda bisa dilacak sampai ke computer yang anda pakai. Untuk itu anda harus bertindak secara professional dan bertanggung-jawab saat berinteraksi dengan internet sepanjang waktu.

Melindungi informasi personal anda

Salah satu alasan me-manage suatu kebijakan keamanan internet adalah untuk melindungi informasi pribadi anda. Kita bisa mengurangi resiko pencurian informasi pribadi kita seperti nomor credit card dan lain-2 dengan perlunya suatu kewaspadaan. Kita boleh memberikan informasi kepada suatu website yang bisa kita percaya saja, jangan sembarangan memberikan informasi kita kepada website yang meragukan. Berikan informasi pribadi kepada website yang kita percaya dan menggunakan encrypsi dalam bertransaksi. Kita juga perlu membaca Privacy Statement dan Conditions of Use sebelum memberikan detail informasi pribadi.

Resiko Internet

Walaupun secara infrastruktur jaringan, kita bisa membuat koneksi internet dengan tingkat keamanan yang bagus, akan tetapi dengan diterapkannya suatu kebijakan dalam pemakaian internet akan mendukung kuatnya system kemanan jaringan infrastructure suatu organisasi. Kenapa suatu kebijakan mengenai Internet itu diperlukan? Kemungkinan resiko berikut ini bisa dijadikan pedoman mengenai urgensi kebijakan Internet didalam organisasi anda.

  1. Aktifitas dan informasi bisa dimonitor dan dimanipulasi
  2. Keamanan transmisi tidak dijamin
  3. Informasi bisa dengan mudah didistribusikan tanpa kendali
  4. Files yang di download dari Internet bisa jadi mengandung virus atau program berbahaya lainnya.

Diskriminasi dan pelecehan

Kebijakan pemakaian internet juga harus memasukkan suatu kebijakan mengenai diskriminasi dan pelecehan. Karena pada dasarnya kita semua ingin diperlakukan dengan tanpa bias, diskriminasi, dan pelecehan. Hampir kebanyakan orang ingin diperlakukan dengan respect sehingga merasa nyaman di tempat kerja, yang pada gilirannya meningkatkan produktifitas karyawan.

Mengunjungi / download website mengenai materi yang bersifat offensive, discriminasi, sex dan pelecehan, dianggap tidak memadai, tidak professional, dan mungkin melanggar hukum. Materi tersebut bisa berupa berikut ini:

  • Gambar-gambar sexi atau gambar guyonan yang yang bersifat offensive
  • Materi yang mengandung unsur SARA

Hak cipta dan lisensi

Kebijakan masalah internet juga mengatur mengenai hak cipta dan lisensi. Dalam suatu corporasi setiap software yang dipakai juga harus dibayarkan hak lisensi – jumlah pemakaiannya. Karyawan yang melakukan download software tidak lisensi juga perlu diatur karena melanggar hak cipta yang pada akibatnya merugikan corporasi karena pelanggaran.

Penggunaan illegal

Kebijakan masalah internet juga harus mengatur kebijakan mengenai penggunaan illegal. Berikut ini bisa dianggap melanggar hukum (tergantung regulasi yang berlaku).

  1. Menggunakan account orang lain yang digunakan untuk melakukan download atau akses software atau informasi illegal.
  2. Menyebabkan suatu kesengajaan kerusakan / hancurnya data resources dari computer
  3. Usaha mendapatkan akses tidak authorized kepada computer resources
  4. Subversi atau usaha subversi terhadap jaringan atau keamanan komputer lainnya.

Virus Scanning

Kebijakan keamanan internet seharusnya juga mengatur suatu keharusan scanning semua file atau materi apapun yang di download dari internet. Adalah sangat penting bagi semua karyawan untuk melakukan scanning virus setiap file hasil download dari internet.

Informasi yang bersifat sensitive

Kebijakan masalah internet seharusnya juga mengatur kebijakan yang berhubungan dengan informasi sensitive. Pastikan anda berhati-hati dengan file / informasi yang bersifat critis dan sensitive untuk didiskusikan didalam forum di internet dan ingatlah bahwa apa yang anda posting akan dilihat oleh seantero dunia.

Perlindungan password

Terakhir tapi bukan yang tidak berarti, kebijakan masalah internet seharusnya mengatur juga kebijakan dalam pemakaian account dan password.

  1. Adalah sangat penting untuk melindungi account dan password untuk akses ke internet
  2. Pastikan bahwa screen-saver di password dan terkunci jika anda meninggalkan komputer dalam keadaan hidup
  3. Ingat bahwa setiap user bertanggung jawab terhadap account dan password nya.

Untuk itulah suatu corporate sudah seharusnya mengupayakan adanya manajemen internet yang menekankan kebijakan kepada para karyawan. Banyak dipasaran tersedia suatu software manajemen internet yang ditujukan kepada pemakai corporasi diantaranya yang paling banyak dipakai dan diakui dalam berbagai penghargaan adalah WebSpy.

WebSpy menspesialisasikan dalam pengembangan software analisa dan pelaporan yang mentranformasian data mentah file-file log kedalam suatu informasi yang sangat mudah difahami dan sangat berguna, menyajikan tampilan yang transparent mengenai penggunaan Internet, email, dan jaringan.

WebSpy memungkinkan suatu organisasi untuk melindungi dan memaksimalkan investasi internet dan menikmati keuntungan dari environment web sementara juga:

  • Mendorong pemakaian resources web secara bijak
  • Mengurangi biaya yang berhubungan dengan upaya yang tidak produktif dan pemakaian bandwidth yang tidak produktif.
  • Mengurangi resiko-2 yang berhubungan dengan kepedulian terhadap tugas, compliant dan bertanggung jawab secara legal
  • Membantu dalam analisa dan pencegahan terhadap kehilangan data dan masalah keamanan lainnya.
  • Menaikkan moral karyawan dengan menyediakan hak akses online situs-2 resmi yang tidak terlarang sementara membatasi issue-2 negative.

WebSpy memimpin industry dalam system pelaporan dan alerting pada user dan data aktifitas system secara virtual dari segala macam sumber data dan bisa memberikan pelaporan kedalam lebih dari 200 macam format dari berbagai vendor yang berbeda.

WebSpy Internet Management and Monitoring System

WebSpy Internet Management and Monitoring System

Solusi WebSpy bersifat scalable dan tersedia dalam berbagai range yang berbeda menyesuaikan kebutuhan dan skala atau budget organisasi anda. Solusi WebSpy tidak memerlukan instalasi agent pada setiap computer yang akan dimonitor, atau konfigurasi jaringan tambahan, ataupun instalasi server. untuk lebih jelasnya kunjungi WebSpy disini.

Article lain mengenai seri manajemen keamanan informasi adalah kebijakan tentang laptop. Anda tahu apa akibatnya jika laptop anda dicuri orang? Bukan Cuma laptop yang hilang, akan tetapi semua data dan informasi kritis dan sensitive juga ikut lenyap bersamanya, baca selengkapnya disini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.