Memahami File Encryption

Jika anda merasa bahwa file-file atau folder-folder sangat penting untuk mendapatkan perlindungan paling kuat dari yang bisa dilakukan windows – inkripsi jawabannya.

Overview

Adalah sangat tidak aman untuk bekerja di tempat-tempat umum seperti di lokasi hotspot di Café, airport, di kampus, atau di hotspot umum lainnya. Virus, hackers, spywhere, dan juga ancaman internet lainnya, selalu mengintip laptop anda saat berselancar di dunia maya. Bahkan di jaringan corporasi andapun, jika anda mempunyai data perusahaan yang sangat kritis dan sensitive, ada baiknya diberikan perlindungan khusus dengan inkripsi.

Inkripsi adalah suatu cara untuk meningkatkan keamanan dari suatu message atau file dengan cara mengacak informasi message atau file tersebut dan hanya bisa dibaca oleh seseorang yang mempunyai kunci inkripsi untuk mengembalikan acakan nya. Misalkan jika anda bertransaksi di internet untuk membeli barang online, informasi transaksi (yang biasanya berupa alamat, nomor kredit card, nomor telpon dll) biasanya di inkripsi untuk mebantu menjaga keamanan data personal anda. Gunakan inkripsi jika anda menginginkan suatu tingkat keamanan dan proteksi untuk informasi anda.




 

Kapan seharusnya kita melakukan inkripsi file atau folder kita?

Jika anda menghendaki suatu perlindungan dan keamanan yang paling kuat terhadap informasi personal anda yang sangat rahasia atau file-2 kritis perusahaan anda, maka gunakan inkripsi – suatu perlindungan yang paling kuat yang diberikan oleh Windows. Karena mengingat begitu mudahnya melakukan inkripsi dalam Windows, kita biasa cenderung untuk melakukan inkripsi kepada banyak file kita. Bisa saja anda melakukannya, tapi ingat beberapa pasal bahwa:

  • Anda harus pastikan bahwa anda mempunyai backup certificate encryption dan kunci inkripsi, dan simpan di tempat yang aman. Jika encryption certificate dan encryption key hilang atau rusak, anda tidak akan bisa menggunakan file-2 yang telah di inkripsi tersebut.
  • Jika anda melakukan inkripsi terhadap suatu folder, semua file yang anda buat dibawah folder tersebut secara automatis juga akan diinkripsi.
  • Orang lain yang ingin mengakses file-2 atau folder yang anda inkripsi harus mempunyai certificate EFS tersendiri pada file-2 tersebut. dengan certificate ini mereka bisa mengakses file-2 / folder yang di inkripsi saat mereka bekerja pada komputer anda. Jika file-2 tersebut di shared, mereka juga bisa mengakses dari komputer lain yang menggunakan Windows.
  • Jika anda meng-kopi atau memindah sebuah file kepada komputer atau volume yang tidak menggunakan NTFS files system, maka file tersebut akan di dekripsi.

Bagaimana anda melakukan inkripsi atau dikripsi file atau folder?

Melakukan inkripsi suatu file atau folder adalah suatu cara agar tidak diakses oleh fihak yang tidak berhak terhadap file tersebut. Encrypting File System (EFS) adalah suatu fitur Windows yang mengijinkan anda untuk menyimpan informasi kedalam hard disk anda dalam format inkripsi.

Untuk melakukan inkripsi file / folder

  1. Klik kanan folder / file yang ingin di inkripsi, kemudian klik Property.
  2. Klik tab General, kemudian klik Advanced.
  3. Contreng kotak Encrypt contents to secure data, dan kemudian klik OK

Untuk melakukan dekripsi, maka kebalikannya – hilangkan contrengan di point #3.

Catatan: Pertama kali anda menggunakan inkripsi suatu folder / file, anda harus melakukan backup certificate encryption anda. Jika tidak, suatu saat anda kehilangan password inkripsi atau certificate tersebut rusak, maka anda tidak akan bisa lagi menggunakan file tersebut.

Bagaimana melakukan backup Encrypting File System (EFS) certificate

Jika anda melakukan inkripsi data pada komputer anda, maka anda harus mempunyai cara untuk recovery nya jika suatu saat anda akan kehilangan kunci inkripsi atau certificate rusak. Kalau tidak, file anda tidak akan bisa dipakai lagi. Untuk itu, backup inkripsi certificate harus dilakukan, bagaimana? Untuk Vista:

  1. Buka Certificate manager, tekan tombol Windows dan R secara bersamaan dan ketik certmgr.msc dan tekan Enter
  2. Klik tanda panah disamping folder Personal agar terbuka
  3. Klik Certificate
  4. Klik certificate yang me-listing Encrypting File System dibawah Intended Purposes. (bila perlu scrolling untuk melihatnya), jika ada banyak EFS maka anda harus membackup semuanya.
  5. Klik menu Action dan point kea rah All Tasks kemudian Klik Export
  6. Pada export wizard, klik Next, Klik Yes, Export the private key, kemudian klik Next
  7. Klik Personal Information Exchange, klik Next
  8. Ketik password yang digunakan, comfirm, dan klik Next
  9. Proses export akan membuat suatu file untuk menyimpan certificate. Ketik nama file dan lokasinya atau klik Browse dan navigasikan ke lokasi yang anda pilih, baru ketik nama file.
  10. Klik Finish

Bagaimana cara recovery file / folder yang di inkripsi?

Prosesnya adalah kebalikannya dari proses backup. Anda bisa kehilangan akses file-2 inkripsi jika anda install / upgrade suatu operating system yang baru, atau jika operating system yang sekarang adalah agal. Langkah-2 berikut bisa membantu anda mendapatkan kembali akses kepada file-2 inkripsi.

Catatan: Langkah-2 ini tidak bisa dilakukan pada Windows Vista starter, Windows Vista Home basic, dan Windows Vista home Premium.

Anda harus mempunyai suatu backup copy dari kunci inkripsi dan certificate nya pada sebuah floppy disk atau removable media lainnya (seperti flash disk drive) untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Lakukan salah satu dari langkah berikut:
    • Jika file inkripsi ada di hard disk external, hubungkan hard disk kepada komputer baru
    • Jika file inkripsi ada di partisi terpisah dari operating system anda, pindah file-2 inkripsi kepada suatu komputer yang bisa jalan, atau install suatu operating system yang bisa operasional kepada komputer ini
    • Untuk membuka file-2 inkripsi yang disimpan pada suatu system partisi dari setelah di lakukan re-instalasi, ikutin langkah-2 berikut ini untuk reinstall certificate asli berikut kuncinya
  2. Masukkan media removable dimana tersimpan certificate dan kunci anda
  3. Buka certificate manager, tekan tombol Windows dan R bersamaan dan ketik certmgr.msc dan tekan Enter
  4. Klik Personal folder
  5. Klik menu Action, arahkan ke All Tasks, kemudian klik Import. Langkah ini membuka certificate Import wizard.
  6. Klik Next
  7. Ketik lokasi file yang berisi certificate, atau klik Browse dan navigasikan kearah lokasi file. Jika anda sudah navigasikan ke arah yang lokasi yang benar akan tetapi tidak melihat certificate yang akan anda import, maka pada menu list dekat kotak filename, klik Personal Information Exchange
  8. Ketik password, pilih kotak contrengan Mark this key as exportable , kemudian klik Next
  9. Klik Place all certificate in the following store, confirmasi lokasinya dan klik Next, kemudian Finish. Setelah certificate di import, anda sudah sharusnya bisa akses file-2 inkripsi tersebut.

Saat anda bekerja di area public seperti di hotspot, ada baiknya anda proteksi file-2 anda yang sangat kritis dan sensitive dengan memberikan inkripsi. Bahkan dirumah anda walaupun menggunakan wireless router dengan proteksi yang bagus seperti WRT610n Linksys, untuk file-file kantor yang sangat-sangat sensitive dan kritis sangat rahasia, ada baiknya anda melindungi dengan inkripsi.

Source: Microsoft Corp.




You may also like...

6 Responses

  1. boy says:

    Mo ty nih, bagaimana cara protek sharing folder/file di windows 2003 server supaya user/client di LAN hanya bisa BACA AJA isi file tidak bisa edit, copy, print ato attach ke email
    Terima kasih

    • admin says:

      nah lho ..kalo da pake 2003 server, bikin aja grouping dan masukin user2 kesana …terus klik kanan saja dan share > add group yg hanya baca saja …dan perlu diingat share folder juga dibuka untuk group tertentu agar bisa write …baru security folder nya diatur read ato write/change

  2. boy says:

    Terimakasih pak,baru coba2 install server nih. Sy udah coba sharing folder datanya memang tidak bisa diedit tp masih bisa disave as, dicopy, disend attaced.Maunya document itu hanya boleh dibaca aja

  3. elnizar says:

    pak, kira-kira bapak tau coding untuk enkripsi folder menggunakan delphi pak..
    terimakasih..

  4. Rifen_SlanK says:

    malam pak. saya punya masalah dengan encrypt.
    awalnya saya buat encrypt di folder saya, di kemudian hari windos saya eror dan saya intal ulang windos saya. kemudian file yang ada dalam folder yang di encrypt tidak bisa di buka. apakah ada solusinya…?
    Thaks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.