CradlePoint MBR1200 Wireless 3g Router

By Ki Grinsing

CradlePoint MBR1200 Wireless 3g Router dengan fitur failover failback memungkinkan koneksi kedua broadband wired internet atau 3g

Kebutuhan internet continue

wireless 3g router mbr1200Salah satu alat bisnis yang sangat penting sekarang ini adalah system komunikasi. Dan broadband internet connection (baik Cable atau DSL) adalah layanan yang sangat esensial untuk mendukung operasi bisnis system komunikasi anda. Dalam skala bisnis kecil menengah, jika anda menganggap system komunikasi adalah termasuk layanan yang sangat kritis untuk mendukung bisnis anda, maka seharusnya ada suatu system redundansi yang harus diterapkan dalam system anda.

Failover

Setiap kegagalan dalam setiap elemen system kritis anda akan mengganggu kesinambungan operasi bisnis anda. Maka dari itu, suatu system redudansi seharusnya diterapkan dalam system anda. Sehingga jika operasi system utama mengalami kegagalan, maka harus ada system backup yang akan mengambil alih system secara automatis. Dan jika system utama ini kembali sehat, maka system seharusnya bisa kembali (failback) ke system utama ini. Konsep ini lah yang disebut dengan failover / failback system. Lihat juga system cluster server yg mirip dalam hal operasinya.

Jika system broadband koneksi internet anda mengalami kegagalan, maka bisnis anda akan terhenti. Tidak ada email delivery, tidak ada pertukaran data dengan partner bisnis anda atau customer anda. Reputasi bisnis anda akan mengalami gangguan yang sangat berarti.

Cradlepoint MBR1200

CradlePoint MBR1200 3g router adalah suatu solusi tunggal untuk wired dan wireless router untuk mendukung system redundansi anda dengan fitur built-in failover / failback. Fitur failover / failback pada MBR1200 ini memberikan system backup redudansi anda secara automatis melalui wireless broadband 3G data modem, jika layanan broadband wired anda (Cable / DSL) mengalami gangguan karena adanya maintenance baik yang karena direncanakan atau tidak. Bagusnya dari system ini adalah bahwa system akan kembali ke sambungan utama secara automatis (Cable / DSL) jika koneksi ini kembali normal, sehingga bisnis online anda akan selalu online tanpa adanya gangguan pada user dan system komunikasi anda.

Wireless 802.11n

CradlePoint MBR1200 wireless 3grouter ini diusung dengan teknologi wireless terkini dan tercepat yaitu 802.11n standard yang juga compatible dengan perangkat wireless 802.11b/g dengan kemampuan failover dengan 3G/4G. router ini menjadi solusi yang bagus untuk bisnis kecil anda baik untuk dirumahan atau dikantoran kecil, kantor cabang, dan lingkungan enterprise yang mencari solusi koneksi yang tanpa putus.

Support EVDO dan HSPA 3G/4G

Cradlepoint MBR1200 ini mengusung technology WiPipe™ dengan fitur wireless 3g router yang meliputi banyak fitur unggulan yang terdapat pada router kelas enterprise. Instalasi relative mudah dan sederhana dengan setup yg minimal dengan software pre-installed dan minimal maintenance, dan bagusnya adalah router ini termasuk yang sederhana instalasinya right out of the box. Untuk bisa mengakses jaringan EVDO and HSPA (3G/4G) tersedia melalui modem USB dan ExpressCard yang disisipkan ke router MBR1200 ini.

Advanced Security

CradlePoint MBR1200 wireless 3g router mendukung fitur dual-firewall (NAT dan SPI) yang mencegah segala access un-authorised termasuk serangan DoS (Denial of Services). Anda juga bisa mengatur akses internet untuk mencegah pemakaian internet yang tidak authorized dengan modus enkrypsi dan terbuka serta access password.

Untuk melindungi koneksi wireless anda kepada jaringan anda bisa menggunakan standard keamanan industry Wi-Fi Protected Access (WPA), termasuk WPA2 PSK, WPA ENT, dan juga mendukung enkripsi 64/128-bit WEP (Wired equivalent protection) untuk legacy client 802.11b/g. untuk memungkinkan anda membuat sambungan tunnel yang aman via internet, MBR1200 mendukung VPN dengan multiple IPSec, L2TP, dan PPTP yang bisa secara bersamaan.

Applikasi

Konsep failover / failback ini biasa di applikasikan pada business berskala kecil menengah menggunakan MBR1200 dimana broadband internet wired (Cable / DSL) di setup sebagai sambungan internet utama sementara broadband internet 3G/4G di setup sebagai system failover. Disamping itu anda juga bisa memakai MBR1200 ini untuk response emenrgency dan travelling office.

Instalasi cepat

Dalam situasi bencana, waktu adalah sangat krusial. Akan tetapi denngan MBR1200 ini anda bisa membuat jaringan wireless dengan instan dengan setup yang minim untuk bisa memberikan jaringan Wi-FI 802.11n yang bisa diakses oleh kolega anda untuk berbagi dokumen penting, email, dan Internet atau resources jaringan lainnya seperti printer (lihat juga printer jaringan). Anda bisa mengakses internet dengan menggunakan jaringan EVDO and HSPA (3G/4G) yang tersedia lewat USB and ExpressCard modems.

Disaat travelling atau hanya sekedar commuting, anda bisa men-setup MBR1200 di suatu Bus, mobil, di kereta, atau di kapal pesiar anda …tentunya jika anda bisa mendapatkan sinyal jaringan 3G untuk bisa berbagi koneksi internet dengan kolega atau partner bisnis anda. Dengan MBR1200, anda bisa membawa kantor anda kemanapun anda pergi.

Diagram jaringan 3g

 

Pada diagram gambar diatas ini adalah small bisnis yang menerapkan MBR1200 dengan koneksi wired broadband sebagai system utama dan sambungan 3G digunakan system failover jika sambungan utama anda mengalami gangguan. Anda bisa memperluas jaringan wireless anda dengan menambahkan wireless access point untuk jangkauan yang lebih luas.

By Ki Grinsing

Lihat juga artikel sebelumnya:

You may also like...

9 Responses

  1. firm says:

    salam kenal,..
    tuk mbr1200 distributor/reseler di indonesia dimana ya?… saya tertarik dgn device ini..
    thanks_b_4

  2. firm says:

    om momod mungkin tau…
    apakah semua fitur yg ada di linksys e-3000 terpenuhi di mbr1200 juga..??
    sy lagi cari referensi sebanyak mungkin.. teQiew

  3. Ki says:

    e-3000 hanya untuk wired broadband …tidak mempunyai fitur failback ke 3g cellular network.

  4. firm says:

    om.. momod barusan saya cari di singapore sim lim koq gak ada toko yg jual y?… bilang ny gk punya.. bingung neh cari dimana y brg gituan, mang mbr1200 produk taon brp y?

  5. ki says:

    Cradlepoint banyak di US emang …kalo untuk dirumahan coba dech pake punya D-link dir-412 yang baru itu …modem data usb, dan wired wan nya pake rj45 (bisa untuk speedy dan cable) banyak di indonesia kalo gak salah …

  6. firm says:

    iya.. neh dah cape mutar muter lom dpt juga, kira2 mbr1200 bisa di pake/compatible dgn speedy dan 3G_nya smua operator di indonesia gk y?
    dah cape2 cari ternyata tdk compatible celaka 12 hehehe…
    sy pilih brg ini krna smua fitur2_nya tdk didapat di merek lain

  7. ki says:

    kalo dengan WAN Ethernet port, semua ADSL dan Cable services modem compatible, untuk USB dipakai secara global bisa di check di supported devices disini hampir semua EVDO and HSPA (3G/4G)compatible

  8. firm says:

    nice info… biar bgaimanpun mbr1200 lom mgaplikasikan dual band
    tQieW so much

    have a nice day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *