Memilih Wireless Router Terbaik Menurut Kebutuhan

Pendahuluan

Sering  kali kita terperangkap dengan istilah terbaik dari suatu product electronic tertentu. Dalam memilih suatu wireless router pun kita juga terperangkap dengan istilah wireless router terbaik. Memilih wireless router terbaik tak ubahnya seperti membidik object yang bergerak terus. Kenapa? Karena produsen selalu merilis produk baru setiap tahun atau atau setiap 6 bulan atau bahkan kurang dari itu mereka memperkenalkan produk wireless router terbaru mereka dengan technology yang lebih bagus, lebih cepat, lebih aman dan handal.

Lihat juga Top 10 wireless router best seller

Kecepatan

Sebut saja wireless G router dengan teknology MIMO saat itu dianggap tercepat dengan speed sampai 108Mbps disaat standard wireless G saat itu hanya sebatas pada 54Mbps. Bagaimana wireless router sekarang ini?

Wifi N900




 
Kemunculan teknology wifi generasi ke empat diiringi dengan pencapaian kecepatan wifi sampai 450Mbps dengan “three spatial data streams” yang  merupakan agregate speed maksimum wireless N yang sampai 150Mbps dengan satu spatial data stream. Dengan teknology tiga spatial data streams kecepatan bisa mencapai total 450Mbps dalam satu band tunggal baik pada 2.4GHz ataupun 5GHz band. Jika wireless router tersebut bekerja dengan dua band sekaligus maka lahirlah teknology wifi N900 dengan agregate gabungan kedua band yang masing-masing 450Mbps.

Sebut saja produk terbaru besutan dari Netgear WNDR4500 yang merupakan wireless router dengan dual band simultan dengan masing-masing band (baik 2.4GHz maupun 5GHz band) bisa memberikan speed sampai 450Mbps, sehingga total bandwidth anda mencapai 900Mbps untuk kedua band total. Atau sebut saja Linmksys dengan EA4500 wifi N900 router yang mempunyai teknology yang sama dengan Netgear 4500.

Untuk dikelas wireless N900 router, anda bisa percahayakan pada Asus RT-N66U yang di Amazon mempunyai rating paling tinggi dikelasnya dan paling banyak dimintai. Asus menjadi produsen wireless router yang banyak memberikan fitur canggih dan performa routernya mengalahkan Linksys dan Netgear untuk sebagian besar produk andalannya.

Asus RT-AC68U

Asus RT-AC68U

Fitur utama

  • Simultaneous dual band dengan basis N900
  • Speed sampai 450Mbps masing-masing band (2.4GHz dan 5GHz)
  • Dilengkapi dengan 4x Gigabit LAN port dan 1xGigabit WAN port
  • 3x External antenna dengan Power amplifier dan AiRadar antenna technology
  • Dilengkapi dengan dua USB port untuk sharing storage dan printer
  • mendukung IPv6
  • setup mudah dengan Asuswrt GUI, monitor signal dan kendali jaringan applikasi

Wifi 5G

Kalau kita mengejar wireless router tercepat, maka saat ini wireless router tercepat adalah wireless router yang menggunakan technology wifi generasi kelima 5G wifi (atau wireless ac) yang mempunyai speed sampai 1300Mbps, yach kecepatan teoritis seperti kabel gigabit bahkan lebih cepat. Teknology wifi generasi ke lima ini sudah banyak diadopsi pada wireless router oleh hampir semua vendor seperti Netgear dengan R6300 series, Linksys dengan EA6500 series, TP-link Archer C5300 tiga band, Asus RT-AC5400 juga tiga band dan banyak lagi.

Dan untuk dua produk yang sekarang menjadi popular di negara asalnya, Netgear R7000 dan Asus RT-AC68U menjadi yang paling banyak dicari dan diminati karena fitur yang canggih dan performa bagus.

Silahkan lihat perbandingan Asus RT-AC68U dan Netgear R7000 disini.

Dan waktu bergulir, teknology semakin canggih dan semakin cepat dengan bandwidth yang disajikan oleh sebuah router juga semakin lebar. Dan Wireless router terkini adalah wireless router tiga band, 2band 5GHz dan 1 band 2.4GHz dikemas dalam wireless router AC5300 misal Nighthawk X8 dan D-link DIR-895 dan beberapa lagi. Sementara standard baru lagi juga mulai diperkenalkan dengan menggunakan teknology wireless AD misal pada TP-link Talon AD7200. Silahkan pelajari TP-link Talon AD7200 untuk standard AD ini.

Perlukah yang paling cepat?

Jadi intinya adalah carilah wireless router yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau hanya untuk berbagi internet speedy di rumah, cukuplah anda memakai TP-Link TD-W8961ND yang merupakan wireless router dengan speed sampai 300Mbps (teoritical) yang sudah terintegrasi dengan modem ADSL menjadi satu. Perangkat ini sangat praktis dan mudah digunakan, cukup install cable telpon ke router, koneksikan satu kabel UTP ke computer anda dan telpon Telkom untuk membantu instalasi jika anda kesulitan di 147. Yang perlu anda ketahui adalah user-name dan password dari Telkom saat pertama kali mereka pasang dirumah anda.

Jika untuk kebutuhan multimedia home theater di rumah anda, dan apalagi anda berlangganan layanan Internet Cable maka ada baiknya anda memilih wireless router yang mendukung home theater diantaranya yang support media server, DLNA compliant, terdapat USB port untuk storage (bagus kalau ada dua port USB – satu untuk storage disk dan satu lagi untuk share printer) dan tentunya speed tinggi agar tidak brebet saat streaming video atau online gaming.

Urgensi?

Jadi untuk apa membeli wireless router terbaik saat ini dengan harga yang mahal kalau dirumah hanya dipakai untuk berbagi internet saja dengan beberapa computers. Belum lagi kalau kita tidak tahu kalau yang terpasang dirumah kita adalah sebuah router yang terintegrasi dengan modem, maka penggunaan wireless router tidak akan berfungsi.

Wireless router atau wireless AP?

Sebuah wireless router harusnya dikoneksikan kepada sebuah perangkat modem-saja, yaitu modem tanpa fitur NAT atau router. Kebanyakan pelanggan Telkom Speedy menggunakan router yang terintegrasi dengan modem. Jadi jika perlu menambahkan wireless access yang anda butuhkan adalah sebuah wireless access point, bukan wireless router. Lihat juga wireless AP Vs router.

Bangunan dua lantai

Jika anda mempunyai sebuah bangunan dua lantai, ada baiknya anda menggunakan Powerline adapter jika anda ragu bahwa wireless access point anda tidak akan sanggup menembus tebalnya tembok yang mungkin tidak tegak lurus dengan wireless clients anda di lantai dua, sehingga bisa saja dead spot di lantai dua. Penggunaan Powerline adapter akan lebih membantu membuat media transmisi dari lantai satu ke lantai dua menggunakan jaringan listrik. Lihat juga jaringan dengan powerline adapter.

Atau anda bisa menggunakan wireless router dengan gain tinggi alias high power sebut saja TP-link WR841HP 300Mbps atau yang dari Asus RT-N14UHP 300Mbps high power router.

Kedua jenis router wifi ini dibekali dengan antenna tinggi dengan power amplifier dan gain antenna yang tinggi juga 9dBi dan cocok untuk rumah dua lantai.

Lihat artikel terkait:




You may also like...

105 Responses

  1. Rully says:

    Hi,,

    Aku Rully [Ciputat_Tang-Sel]

    Email: trully79@ymail.com

    pin:28D1B30D

    ☎: 081311129444

    Mohon info ttg “WireLess Router yg kompatibel dg FasNett & Speedy”…

    ↬ Άƙ͡u mau bwt koneksi wifi(share) ϑĩ Rumah…

    ↬ Kira2 Wireless Router apa yg Bagus & kompatibel / cocok dg Fasnett & Speedy…

    ↬ & eStimasi jmlh biaya’ήª kira2 brp ya…??

    thx b’4… ^_^

    Ʀềĝªяϑ§,,

  2. ki says:

    kalo wireless router berarti di depannya ada modem baik ADSL atao Cable. Umumnya speedy memberikan adsl modem router atau yang versi gabungan modem wireless misal TP_link TD-W8961nd. Kalo mo pakai wireless router berarti modem terpisah. Nah kalo fastnet ma’af saya kira Cable provider / fast ethernet connection jadi harus pakai wireless router misal Linksys E4200 dual band. E4200 bisa dipakai juga untuk speedy tapi didepannya harus Adsl modem tanpa integrated router. estimasi biaya kalo gak salah E4200 seharga 1,8 jt …

  3. linda says:

    hi, aku dengan Linda.. mohon info
    a. apakah modem ADSL zyxel P-660 RU dan wifi router linksys EA4500 dapat dipakai untuk koneksi (wifi) di rumah dengan menggunakan speedy ? apakah perlu TPL-401Es Powerlien Ethernet Adapter lagi untuk 2 lantai, atau cukup dengan modem dan wifi router saja

    b. rencananya modem itu di colok ke PC komputer dan di taruh di ruangan (kamar), untuk posisi routernya wifi nya jika di taruh di luar ruangan atau harus bersebelahan dengan modem ? Kalau wifi router nya di taruh di luar ruangan dengan jarak kira2 2 meter, perlengkapan apa yang dibutuhkan ?

    terima kasih ^-^

  4. ki says:

    zyxel P-660 adalah modem gateway, jadi sudah termasuk router didalamnya. jadi gak perlu ditambahkan dengan wireless router kecuali wireless access point. Kecuali EA4500 bisa di konfigure menjadi wireless AP, rasanya gak ada spec untuk AP.

    Kalau dua lantai harus di test dulu, apakah ketebalan tembok jadi kendala yang cukup kuat sebagai pelemah sinyal.? EA4500 itu sudah cukup tangguh sebenarnya untuk nembus lantai diatasnya, tapi biasanya lemah. Kalau lemah sekali yach pakai Powerline saja.

  5. Linda says:

    Terima kasih buat jawabannya.. Apabila untuk modem dan wifi routernya yg saya sebut sebelumnya, apakah bisa digunakan? Bagaimana cara pengaplikasiannya ? Terima kasih 🙂

  6. linda says:

    Maaf tambahan, kalau di perlukan powerline, type apa powerline nya

    thanks ^.^

  7. ki says:

    Karena keduanya modem gateway dan EA sama2 router, jadi gak bisa dipakai kecuali EA4500 difungsikan sebagai wireless AP. Aku gak ngelihat di user guidenya kalo ini bisa digunakan sebagai WAP. Tapi coba saja di EA4500 di disable DHCP dan UPnP nya kalau saja bisa dipakai sebagai WPA.

    Kalo mo pakai powerline, apa saja bisa asal sepasang, satu di connect ke modem gateway dan satu lagi di lantai atas bisa dikonek ke wireless AP ato langsung ke Kompi.

  8. Adi says:

    Saya sedang mencari wifi router yang cepat dan dapat digunakan untuk 30-50 user. Sehingga kemampuan untuk mendownload lebih sempurna dan tidak ada istilahnya “siapa cepat dia yang dapat” Router tsb akan saya gunakan di kantor, mengingat lebih ringkas menggunakan router dibandingan jaringan kabel.

    • Ki says:

      Jaringan dikantor saat ini apa? Sudah ada jaringan router dengan modem atau adsl gateway? Sebab kalo jaringan anda misal pakai speedy, ingat speedy pakai modem gateway, jadi anda bisa pakai wireless AP bukan wireless router. AKan tetapi beberapa jenis router bisa di configure sebagai AP.
      Kalau untuk kebutuhan kantor mestinya anda pakai Cisco Aironet series.

      KG

  9. dicky says:

    saya punya IP Camera & mau memasang di rumah, router jenis apa yang saya butuhkan ? thx

    • ali h says:

      ip camerax apa bro? kalo dari seri punya Dlink samain routernya dari dlink yang punya fitur mydlink support bisa diakses dari android ato mobile device apapun. Sebut saja Dlink DCS931l yang bisa pakai router dlink wireless ac dengan fitur mydlink seperti dir810l cloud router.

  10. Henry says:

    Terima kasih Pak Ali untuk sharing pengetahuannya.

    Pak, saya sedang berencana untuk membuat jaringan wifi pada modem Speedy saya. Selama >4 tahun ini saya sudah pakai modem bawaan Speedy (ADSL2/2+ Ethernet/USB Modem Router Aztech DSL605EU). Paket Speedy saya 512kbps. Adapun budget saya sekitar 400ribuan. Prioritas saya adalah mendapatkan jangkauan wifi terbaik supaya bisa menjangkau dalam radius 30 m (terhalang 2 tembok / 1 lantai). Saya meringkas alternatif :

    1. Menambahkan Wireless Router yang kuat. Produk pilihan saya TL-WR841HP. Spesifikasinya : http://www.tp-link.co.id/common/Spotlight/TL-WR841HP_id.html?siteid=27

    2. Mengganti Modem ADSL lama saya dengan Modem ADSL+Wifi. Produk pilihan saya TP-Link TD-W8950ND. Spesifikasinya : http://www.tp-link.com/lk/products/details/?categoryid=219&model=TD-W8950ND#spec

    Menurut Bapak, alternatif mana yang sebaiknya saya pilih ? Atau mungkin ada masukan lain ?

    Oya, saya sempat tertarik juga untuk menganti modem ADSL lama saya dengan TP-Link TD-W8961ND tapi saya lihat ada banyak komplain tentang jangkauan Wifi-nya di bhinneka.com. Kalau menurut Bapak, apakah jangkauan TP-Link TD-W8950ND yang memakai 1 antenna 5dBi lebih baik daripada tipe TD-W8961ND yang memakai 2 antenna 3dBi tsb ? Lalu bagaimana jika TD-W8950ND dibandingkan dengan TD-W8960N yang memiliki 2 antenna 5dBi, apakah perbedaan jangkauan Wifinya sangat signifikan ?

    Terima kasih

    • ali h says:

      Kalo nambahin 841hp dari spec nya bagus sekali, high power wifi router. tapi ingat itu adalah wireless router sementara modem speedy itu juga router, kecuali 841 ini bisa dikonfigure menjadi wireless access point. kalo tak lihat spec gak ada wireless AP, tapi mungkin bisa di lihat di user manualnya. Kalo gak bisa diubah ke WAP, coba dicari di modemnya kalo bisa diubah jadi native modem, tanpa aktifin NAT. Ato ganti modem nya yang tidak ada fitur routernya.

      saat ini saya pakai w8961 udah 3 tahun hampir on 24jam sehari masih bandel, signal? dari sumber ke kamar anak2 terhalang dua kamar, hampir tegak lurus masih bagus, bahkan di rumah sebelah juga bisa konek. Kalo 8950 itu hanya 150Mbps, jadi kalo tidak banyak client sich yach gak apa misal android, ipad dll.

      • Henry says:

        Ya, saya juga sempat ragu2 mengenai fleksibilitas tipe 841HP ini (bisa dijadikan AP atau tidak). Tapi tadi pagi saya mendapat kepastian dari TP-Link bahwa 841HP bisa difungsikan sebagai basic AP dengan menon-aktifkan fitur DHCPnya (mungkin sama dengan pengertian Native Modem di atas ?).

        Saya dapat referensi juga untuk mengkonfigurasi perangkat menjadi : 1. Modem ADSL (bridge mode) >> 2. Wireless Router (dynamic IP). Kalau menurut Pak Ali, apakah konfigurasi ini punya kelebihan/kekurangan jika dibandingkan dengan konfigurasi ‘Dynamic IP dulu baru Bridge Mode’ Pak ?

  11. Info Terbaru says:

    terimakasih sangat jelas sekali penjabarannya pak, sukses selalu buat anda

  12. ahmad nuzlan says:

    Bgmn membuat wirales dgn signal yg bagus tampa saluran telefon. & mrek wirales apa yg terbaik u di pedesaan. Trimakasi

    • Ki says:

      Maksudnya bukan speedy kan? jaringan 3G gitu? Ada banyak dipasaran wireless router khusus 3G, salah satunya adalah TP-link TL-MR3420 yang bisa 3G/4G ato LTE. Dia ini juga bisa dipakai untuk koneksi ke modem broadband Cable / ADSL modem. Jadi bisa wireless internet ato cable. Coba lihat artikel modem tplink ini di link ini.

  13. yanti says:

    Pak, mau tanya saat ini saya memakai first media dng paket up to 10Ghz. Saya memakai router wifi Linksys E1200 tetapi selalu lelet dan tiba2 hilang signal. Rumah saya 2 tingkat dan pemakaian gadget sekitar 10 alat. Menurut bapak sebaiknya saya harus ganti router wifi merk dan type apa?
    terimakasih.

    • Ki Gr says:

      Coba dech pakai Asus RT-N66U atau yang dikelas wireless ac pakai yang Asus RT-AC68U yang baru. Keduanya di Amrik da jadi best seller dengan customer rating rata2 4 out of 5 stars.

  14. novian says:

    mau tanya pak? sy masih belum terlalu paham tentang router ini, begini pak di tempat kerja sy ada wifi terpasang schoolnet (gratis dari telkom) namun jangkauannya hanya beberapa meter sj (dua kelas saja). bagaimana cara untuk memperluas jangkauannya? apakah harus diganti dengan wifi router??

  15. bayu nugroho says:

    tanya nih

    aku punya pengguna speedy wifi buat warung,,pake modem zte 300xxxx(kurang paham)..

    penggunaan wifi maksimal cuma terbatas,cuma 15 ,

    1.apakah ada modem yg kapasitasnya lebih dari 15 ??

    2.apakah ada sejenis alat/software pembagi bandwidth ,agar penggunaan kapasitas bisa rata?

    3.adakah cara untuk menangkal situs2 tertentu (situs porno) ?

    terima kasih

    • Ki Gr says:

      Coba baca artikel di modem adsl disana ada TP-link W8980, atau coba Asus DSL-N56U ….

      kalo untuk nangani situs porn, yang canggih ma ada tapi mahal sekali dan biasa digunakan untuk perusahaan besar seperti spyware yang databasenya up to date online.

  16. bayu nugroho says:

    bisa kasih saran modem yg lebih…ehm…murah KI,,,

    untuk tp-link w8980/asus DSL-N56U, saya rasa terlalu mahal,meski kapasitas speedy sudah saya naikan jadi 1mbps..

    adakah saran modem lain untuk menigkatkan kapasitas pengguna wifi dengan dana sekitar 400ribuan??

    mohon maaf,dan terima kasih..

    • Ki Gr says:

      Coba seri TP-link yang w8961n, type ini termasuk bandel dan ane da pake sejak april 2011 sampai sekarang, nonstop 24 jam dirumah dg speedy 1mb. Bandwidth modem ini 300Mbps untuk wifi, 4 x LAN port (10/100Mbps).

  17. jo wardana says:

    Halo Ki, aku mau tanya.
    Aku ada proyek villa pribadi yang lumayan luas, kontur lahannya seperti lereng, kira kira hampir seperti bangunan lantai 4. Luas coverage area yang kira-kira memerlukan wifi adalah 1200 meter persegi. Yang menjadi masalah, modem (6mbps) tidak dipasang ditengah area yang butuh wifi, tapi di area depannya (front office), kalau diperkirakan jarak dari modem ke titik butuh wifi paling jauh adalah 36 m. Rencananya router akan kami install berdekatan dengan modem ini. Pihak provider menyarankan untuk memakai 1 router merk UBNT atau Engenius dengan 3 antena dan support PPPoE, dan 1 tambahan repeater.
    Kira-kira ada rekomendasi ngga untuk jenis router dan repeater ini? Atau Ki ada solusi lain mungkin?

    • Ki Gr says:

      Providernya Cable ato ADSL? dan modemnya sudah ada fitur router atau murni modem (tanpa NAT)? Sebab kalo modem sudah ada fitur router kan perlunya bukan wireless router, tapi access point. Tanyakan dulu ama providernya, kalo dia udah nyaranin UBNT apa emang dia yang masang ato gimana?

      UBNT emang untuk business bukan untuk rumahan kayak yg ane bahas disini.

      • jo wardana says:

        Providernya cable, dan modemnya hanya modem saja. masalahnya provider ini tidak mau tau masalah instalasi router nanti, pekerjaan mereka hanya stop sampai instalasi modem dan aktivasi :-/

        • Ki Gr says:

          Mestinya kalo tidak banyak kendala / halangan jarak 36m harusnya bisa dengan wireless router biasanya. Tapi coba saja pakai wireless ac router seperti yang lagi in Netgear r7000 atau asus rt-ac68u, kalo pada titik tertentu tidak sampai atu banyak dead spots kasih saja range extender.

  18. Bocil says:

    Pak, mau tanya saat ini saya memakai first media dng paket FASTNET PREMIUM. Saya memakai router wifi Linksys E1200 tetapi selalu lelet dan tiba2 hilang signal untuk WiFi, namun tidak untuk pengguna LAN. pemakaian gadget sekitar 3 komputer dgn kabel lan, 5 sampai 10 menggunakan WiFi. sebaiknya harus ganti router wifi merk dan type apa?
    terimakasih.

    • Ki Gr says:

      Modem nya pakai cable jenis apa? Kalau Linksys 1200 memang bandwidthnya hanya 300Mbps saja. coba pakai yang dual band misal dari Asus RT-N66U yang dual band dan total bandwidh sampai 900Mbps. router yang lagi ngetop dan teruji di sana itu adalah Asus RT-N66U dengan rating rata2 4.3 skala 5 bintang. ATau kalau mau yang 5G wifi yach pilih wireless ac router. dari Asus ada RT-AC68 atau Netgear R7000.

  19. Lucky Dewa S says:

    Mau pilih Tl-wa5110g atau tl-wa5210g

  20. Hendrick says:

    Pak,kebetulan saya baru pasang speedy dgn speed 512 kbps dengan paketan pemasangan route + modem TP_link TD-W8961nd. menurut bapak kualitas dari routernya bagus atau tidak ? jika tidak saran dari bapak ap?
    Trims.

    • Ki Gr says:

      kalo ane bilang sich produk ini bagus, ane da pakai 3.5 tahun digebyer 24 jam sehari dan baru minggu lalu down, yach umurnya 3.5 tahun 24 jam nonstop. ane ganti lagi dengan serupa yang model baru dan lebih mantap melayani 3 laptop, 1 server, 4 gadget Android, speedy 512kbps …no problem, yach emang kadang lelet …kalo pada download ato online game secara intensif.

      seri diatasnya w8968 atau w8970 ada USB port nya.

      • Hendrick says:

        perlu di setting lagi ngk pak supaya internetnya bisa berjalan lebih maksimal soalnya speed download ngk sampai 100kb terus dipakai 2 laptop + 1 android
        Trims

        • Ki Gr says:

          kalo speed download biasanya masalah kualitas line telpon dan speedy … coba test di speedy website ada speedtest nya …

    • Hendrick says:

      saya test dengan ookla dengan ping 52, download speed 0.37 mbps dan upload speed 0.07
      tetapi sekali download bisa down ampe byte dan pernah sampai 0 byte. ad solusi untuk ini?

  21. sugito says:

    pak cara membagi bandiwth wifi tuh gimana??

    • Ki Gr says:

      yach itu tergantung routernya, ada router yang punya fitur manual bandwidth allocation dan banyak yg gak punya fitur tersebut. Check manual routernya ada fitur pembagi bandwidth ato kagak?

      • sugito says:

        bisa di kasih contoh pak ,router yg buat bagi bandwith..apakah 8961n dh termasuk??
        trus 8961n apakah sudah termasuk dual band SSIDnya??

        • Ki Gr says:

          yg keluaran baru Archer D9 wireless ac1900 udah ada itu namanya IP-based bandwidth control, dual band simultaneous. Kalo yang versi wireless N hanya di W8980 dan juga bisa ip-based bandwidth control.

  22. surya says:

    permisi mau nanya saya di kantor pake koneksi speedy dan modem router TD-w8101G cuma jangkauannya gak luas dan tidak sampai hingga lt.2 kantor, kira2 saya harus pakai wireless router TL-wr841hp atau acces point ya agar jangkauannya bisa hingga lt.2 utk kira2 8 user komp?atau harus ganti modem router?atau bagaimana? kebetulan kantor banyak sekatnya juga..

    terima kasih

    • Ki Gr says:

      TD-w8101G ini adalah modem gateway dengan basis teknology wireless 802,11g dengan speed sampai 54Mbps saja, alias wireless G. Jadi tentunya terbatas speed / bandwidth dan jangkauannya.

      Kalau mau ganti, ganti saja dengan basis wifi generasi ke lima G5 alias wireless AC. TP-link punya banyak pilihan salah satunya adalah Archer D7 dengan speed sampai 1750Mbps, dual band dua USB, dan port Ethernet gigabit. DI lazada ada dijual dengan harga sekitaran 1,8 juta an.

  23. Dhanny says:

    Pak mau tanya nih.. Saya di rumah pakai cable Fast Net FirstMedia. Sudah berapa lama ini pakai router TP Link model lama dan baru terasa leletnya. Saya suruh adek saya beli router wifi, tapi sepertinya salah beli. Yang dia beli adalah router TP Link TD W8961ND yang dimana menggunakan ADSL untuk masuk jaringan. Sementara seharusnya dari modem FastNet menggunakan kabel Ethernet. Apakah bisa menggunakan kabel converter dari WLAN ke ADSL? Jadi dari modem Motorola Firstmedia, masuk ke W8961ND? Mohon pencerahannya. Terimakasih.

    • Ki Gr says:

      @Dhany: W8961nd adalah modem gateway ADSL yang bisa dipakai pada Speedy Telkom, tidak bisa ketemu dengan modem Cable FstNet karena modem ini tidak bisa dikonfigurasi sebagai access point. Yach mending dibalikin dan tukar tambah dengan wireless router misal tl-wr841n dengan speed sampai 300mbps.

      • Dhanny says:

        Pak, maaf saya mau tanya lagi. Adakah TP Link TL-WR841N ada batasan untuk jumlah device yang connect dalam satu waktu? Saya menemukan modem seri di atasnya, yaitu TL-WR941ND. Waktu saya compare ternyata yang 941ND cuma bisa menampung 10 device untuk connect, sementara yang 841N unlimited. Apakah benar? Oya, apakah ada saran lain wireless router yang lebih bagus dari 841N? Saya cek harganya 841N cuma Rp.200rb-an. Budget saya sih 300rb-an. Kalau ada yg lbh bagus lagi dari 841N kira2 apa ya? Gak harus TP Link sih, asal bisa nyambung dengan modem bawaan FastNet dan mudah setup nya.
        Oh satu lagi, apa kelebihan dan kekurangan antene detachable? Terimakasih banyak sebelumnya.

        • Ki Gr says:

          Sebenarnya batasan dalam spec itu agar performa dari router bisa maksimal. Ingat wifi itu sharing gandwidth, semkain banyak clients maka dalam koneksi penggunaan bandwidth secara bersamaan akan berbagi bandwidth dengan total clients yang lagi access bersamaan. Jadi kalau wifinya adalah 300Mbps yach dibagi kan…kalo yang wireless AC lebih lebar bandwidthnya.

          Antenna detachable maksudnya bisa dilepas dan diganti dengan antenna dengan gain lebih tinggi untuk jangkauan lebih luas.

  24. dape says:

    malam ki, saya dirumah pakai cable fastnet 2mbps dgn cable modem bawaan cisco dpc2100r3 (modem tanpa router). saya ingin menjadikan hotspot dirumah dgn menggunakan router wifi. yg ingin saya tnyakan untuk referensi sblm membeli wifi router sbb: (untuk menghindari salah beli)
    1. router apa yg cocok dgn modem fastnet saya?
    2. apa perbedaan router adsl dgn bukan adsl?
    3. apa bisa router adsl dipakai di modem cable fastnet yg saya pakai saat ini?
    sblumnya sya ucapkan terima kasih.
    note: ada budget dibawah 500rb

    • Ki Gr says:

      @dape: 1. yang jelas memang wireless router, kalau dengan budget dibawah 500k coba tp-link wr841 yang harganya dibawah 400k. ada 4 port 10/100mbps ethenret, wan juga 10/100 cocok untuk modem cable.

      2. adsl teknology nya beda, kan kabelnya juga pakai kabel telpon. Cable yach pakai kabel coaxial TV dan teknology yang sudah ada sekarang DOCSIS 3.0 yang paling cepat. Kalo Cisco dpc2100 itu menggunakan teknology docsis 2.0, masih compatible dengan docsis 3.0. Ntah fastnet apa sudah pakai docsis 3.0 apa belum.

      3. model ADSL tidak bisa dipakai di cable modem, jelas beda colokannya karena adsl modem pakai rj45 sebagai port wan, kalau mau yach wireless router atau wireless access point misal TP-link tl-wa701 yang harganya dibawah 300k.

      cheers
      Ki

  25. dape says:

    terimakasih atas jawabanya ki.
    jd pd intinya semua router wireless adsl tidak bisa untuk modem cable fastnet ya ki? ohya ki, mau tnya lg kalau tp link wr3220 dan wr3420 apa itu jg bagus ki dan lebih baik yg mana?
    terimakasih.

    • Ki Gr says:

      wireless adsl gateway emang untuk DSL, tidak bisa dipakai untuk Cable.
      Kedua wireless router tersebut adalah sama2 dilengkapi dengan USB port yang bisa dipasang modem 3G dan juga sekaligus koneksi ke modem Cable dan bisa dikonfigure failover. jika koneksi Cable WAN failure maka akan beralih ke 3G modem. Mana yang lebih bagus? Bedanya sich antenna, 3420 punya 2 antenna yang berarti gain nya dua kali.

  26. dape says:

    ki msh ada lg yg saya may tnyakan.
    apabila saya memakai wireless router tp link tersebut apakah modem bawaan fastnet nya tetep dipakai atau kabel fastnet nya saja yg langsung dicolok ke wireless router tanpa disambung ke modem fastnet?
    maaf ya ki bnyak tnya, soalnya saya baru pertama mau membuat hotspot. terimakasih

    • Ki Gr says:

      kedua wireless router ini butuh Modem baik ADSL maupun Cable modem (tanpa router), dan koneksi Ethernet modem (Internet) dihubungkan ke port ethernet WAN pada router. Jadi tetep butuh Cable Modem.

      Jarang sekali ada ADSL modem tanpa router, seperti w8961 kan adsl modem plus wireless router.

  27. surya says:

    Salam ki, utk modem ADSL router wifi yg ki sarankan diganti wireless AC itu utk jaringannya atau modemnya maaf ki masih baru nih,apa tidak ada pengaruhnya apabila modem router ADSL diganti wireless AC?
    utk TP-link selain archer D7 utk budget dibawah 800rban ada gak ki..klo up sampe 1,8 takut dikira mark-up saya ki..hehe

    terima kasih ki

    • Ki Gr says:

      yach emang mahal kalo yang wireless ac …yang dibawahnya saja w8970.

      Kalo enggak, tetap saja pakai yang 8951 dan tarik kabel UTP keatas dan beli wireless access point misal wa901nd wireless N300 access point. agar lantai dua pakai wifi dari AP ini

  28. dape says:

    1. ki, kalo wireless router asus rt n10ub(support usb modem) apa bisa dipakai di fastnet?
    2. mnurut ki grinsing dr ketiga router brikut (wr3220, wr3420, rtn10ub) lebih baik mana dr segi kecepatan dan jangkauan jaringan?
    3. kalo melihat dr ketiga router diatas, saran ki grinsing saya pilih yg mana?
    terimakasih.

    • Ki Gr says:

      ketiganya bisa connect ke fastnet cable internet. Kalo dilihat di specnya sich asus hanya memberikan bandwidth 150Mbps tapi modem USB bisa 4G. sementara Tplink hanya sampai 3.5G dan belum support 4G, akan tetapi keduanya memiliki bandwidth 300mbps.

  29. dape says:

    1. ki saran dong dr router tsb lebih recommended yg mana?
    2. oh ya ki antara merk tenda dan dlink lebih bagus mna?
    terimakasih

  30. Thesya Aidina says:

    Hi aku thesya mau tanya ka.
    Aku mau pasang wifi dirumah tp aku udh Beli Batre Dummy buat Bolt, nah wiifi Router yang cocok awet dan bagus apa ya ka?

  31. Tony MS says:

    Hi, saya sudah pakai inernet jaringan firstmedia ,tapi kalo mau pake wifi, pasang router jenis apa ya ? terimakasih

    • Ki Gr says:

      Modem yang diapaki jenis apa …kalo murni modem memang perlu wireless router, kalau bukan modem gateway maka butuh wireless access point. Model modem nya apa?

  32. guntur efendi says:

    Saya punya mr 3420 lebih dari 2, untuk saya bagikan ke user 900-an(siswa), berapa router yang dibutuhkan, supaya aksesnya stabil ?

    • Ki Gr says:

      wireless router kita tahu share bandwidth, semakin banyak user koneksi secara bersamaan maka bandwidth dibagi sebanyak koneksi concurrent. Berapa besar bandwidth yang stabil? Kalo hitungan kasar 1 router 300Mbps, kalo dibagi 254 user (satu subnet) kan tidak lebih dari sekitaran 1Mbps, sangat lelet. Biasanya router mempunyai spec sendiri berapa user bisa koneksi secara stabil ….beberapa wireless router malah hanya memberikan koneksi paling bagus hanya 8 user saja walau bisa banyak…

      • guntur efendi says:

        Tolong Pak, solusinya Bagaimana supaya kami bisa melaksanakan Ujian MID secara online dengan memanfaatkan google drive, Router atau akses point apa yang bisa kami lbagikan untuk Wifinya ?

    • Ki Gr says:

      dengan 900 murid untuk ujian ini jangan mengandalkan koneksi wifi …saya tidak tahu model ujian ini apa sangat berat koneksi ke google drive, apps nya kayak apa bisa di test satu koneksi dulu dengan kabel dan modem untuk ujian ini. kalo sampai 900 user bandwidth internet juga perlu dipikirkan ….tapi advice ke diknas stempat dulu dech …jangan main2 dengan 900 konkesi pakai wifi dengan tarohan untuk ujian. sedang koneksi kabel saja harus dirancang dengan bagus karena bisa jadi 4 subnet kalau enggak supersubnet. Gak bisa pakai wireless AP ecek2 untuk rumahan yang dirancang hanya untuk lima atau 10 paling tinggi.

  33. dape says:

    Siang ki,, saya mau tnya lg sblum saya salah beli wireless router untuk modem cable fastnet drmh.
    Bbrp bulan lalu saya memakai router tp link 3420 untuk modem cable fastnet saya sesuai arahan ki grinsing, tp skrg router tsb sudah saya berikan kpd sdr saya. Skrg saya sedang mencari wireless router kembali untuk menjadikan area hotspot drmh. Sperti jwaban ki grinsing sbelumnya diatas kalau router asus rt n10ub bisa dipasang pada modem cable fastnet, akan tetapi ketika saya lihat iklan di bhinneka disitu tertulis dlam spesifikasi kalau router asus rt n10ub akses internetnya melalui modem dsl. Tolong masukanya ki, krna saya takut salah beli. Terimakasih..

  34. Franz says:

    Selamat sore Ki,

    Mau tanya Ki, saya punya masalah di kantor saya. Sekarang kantor pakai speedy dengan menggunakan modem TP LINK TD-W8960N. Kemudian modem ini disambungkan ke D-Link DES-1008D 8 port 10/100 Dual speed ethernet switch.

    Masalahnya kemudian koneksinya sering putus walaupun pihak speedy bilang jaringan normal. Waktu saya ping internetnya, kadang2 tulisannya bukan hanya “request time out” tapi “destination host unreacheable”

    Saya pake paket speedy unlimited 2MBPS tapi digunakan untuk 6 komputer (memakai kabel LAN).

    Menurut Ki, permasalahannya terdapat dimana? Apa benar sudah harus ganti modem? Dan kalau ganti modem bagusan yang mana? Apakah modem TP-LINK TD-W8980 cukup?

    Terimakasih sebelumnya.

    • ki Grinsing says:

      Kalo sering “destination host unreacheable” ini bukan masalah hardware, ini masalah DNS. Coba saja ganti DNS kearah Google punya dengan DNS primary: 8.8.8.8 dan ssecondary 8.8.4.4

      Coba dulu ada ngaruh nggak ganti DNS server di PC atau di modem

  35. nisa says:

    siang ki, saya mau nanya, saya dirumah memakai internet fastnet 2mbps dpt modem cisco. rmh saya kebetulan 2 lantai tdnya saya pakai wireless router linksys wrt54g dilantai bawah dan 1 kabel lan ke komputer dilantai atas. t ternyata dilantai atas signalnya wifinya jelek, jd rada susah kalo mau dipakai untuk pake hp.
    trs kebetulan saya dikasih router asus ac66u , tdnya saya bermaksud untuk memakai 2-2nya dengan pikiran saya asus dilantai bawah dan linksys dilantai atas (untuk mempperkuat signal) ternyata saya ga ngerti cara settingnya hehe
    akhirnya saya cuma pakai asus dilantai bawah tp kok asus itu signalnya malah lebih jelek dari dari linksys ya?
    yg mau saya tanyakan, appakah bisa pakai 2 wireles router untuk mempperbesar jangkauan (lantai atas) kalau bisa gimana ki caranya? 😀
    oiya ki, td saya ada baca tentang update firmware itu untuk apa ya ki? dan gimana caranya?
    maap skali komen borong pertanyaan 😀
    makasih ki

    • Ki Gr says:

      Satu modem cable hanya bisa satu wireless router jadi pilih salah satu saja linksys ato asus. Asus AC66 ini mestinya seri wifi generasi 5 802.11ac, sangat cepat total bandwidth sampai 1700Mbps. Mestinya kalo client sudah wireless AC yach bisa ngebut. Coba cek di client wifinya apa, wireless G atau N atau bahkan sudah wifi AC? Bisa saja client masih G yach sama saja atau lebih buruk, coba test yang wireless N atau AC clientnya.

      Kalo asus ac66 itu bisa dijadikan wireless AP bisa dijadikan wifi diatas, tapi rasanya router ini tidak bisa dijadikan mode wireless access point – coba cek di menu configurasinya apa bisa modus AP.

      Oh yach modem nya model apa?

    • Ki Gr says:

      Oh yach update firmware perlu coba saja tinggal klik ikutin menunya ….

  36. Alim says:

    Siang mau tanya saya pakai firstmedia modem cisco router tenda w316r. Kenapa ya sering no internet acess tp kalau di sambungkan langsung ke pc bisa pas ke router ga bisaa,,anehnya td jam 8 aman2 aja trus pas jam 10an tiba2 putus trus ga bisa trus saya coba ke pc eh bisa,,apa ada maslaah di router????
    rumah 1 lantai yang pakai 5 device smartphone terima kasih

    • Ki Gr says:

      router kan punya 4 port ethernet, maksudnya kalo di connect langsung ke pc itu lewat modem atau lewat router port? kalau lewat port router ke pc normal sementara lewat wifi masalah …yach mestinya ada masalah dengan koneksi wifi. Coba cek lagi konfigurasi wifi di router, router tenda ini kan single band 2.4ghz, dan pastikan SSID defaultnya diganti …mungkin konflik dengan tetangga ..

  37. Satu Jam says:

    Kalo cari yang bisa kuat nampung untuk 30 orang harga berapa dan merk apa ya?

  38. supriadi says:

    Ki minta tolong neh, di rumah saya ada modem speedy 3 Mbps mau saya share ke tetangga yg jarak nya agak jauh kira 100 – 500 m, sebaiknya dipasang apa lagi ya?
    Terima kasih atas pencerahannya, ditunggu

  39. ikbal_273 says:

    saya rencananya mau pasang speedy yg connect sama telepon rumah
    klo tp link archer d9 bisa dipasang speedy tdk pak?

    • Ali H says:

      wah kalo untuk speedy emang jagonya D9 …flagship Tplink D9 emang untuk speedy, kagak perlu modem lagi langsung pasang …dan tlp 147 minta dipandu konfigurasi speedynya jalan dech …

  40. bung jose says:

    pak, saya mau bikin jaringan LAN make router. rekomendasi Router apa yg baik digunakan jika buat 21 PC. makasih

    • Ki Gr says:

      koenski internet pake apa… speedy atau First Media?
      Kalo didepannya sudah ada modem pakai aja business class router – misal load balance router TP-link seri TL-ER5120…pelajari spec nya di TL-ER series disini

  41. RAINER M says:

    Pak.. saya mau tanya..
    Router Asus RT – N18U untuk digunakan di rumah 2 lantai dgn minim ruang terbuka (keliling tembok dan lantai cor) apakah dapat memancarkan signal wifi yang baik di lantai 2 dan 3?
    Mohon pencerahannya..

  42. Terima kasih informasinya.

    Kalau untuk kebutuhan rumah tangga baiknya seperti apa ya Mas?
    Thanks

  43. Willy says:

    Kalo TP link tipe TL-MR3420 3G/4G wireless router bisa dihbungkan dengan jaringan internet indihome kah? atau hanya bisa untuk jaringan 3G/4G saja?

    • Ki Gr says:

      Kalo Indihome fiber Opt…jadi gak bisa dipakai ..kecuali jika bisa dipakai / dikonfigurasi sbg wireless AP…coba cek di menu bisa gak dipakai sbg AP.

  44. Muhamad Amir says:

    Hallo,

    saya mau tanya, office kami sekitar 100 user untuk akses internet dan data sharing setiap harinya,
    mohon info untuk wireless router yang baik dan tahan banting untuk kinerja orang kantor kami, saat ini kami menggunakan mikrotik, di AP yang dikhususkan untuk orang management tidak masalah koneksinya, nah AP untuk staff ini yang sering bermasalah, bahkan untuk ping ke mikrotiknya saja sudah lambat.

    saat ini kami sedang cari2 yang baik. ada beberapa yang kami lirik seperti
    Linksys WRT 1900AC
    Asus RT-N66U
    mohon sarannya pak beserta reviewnya jika memang pernah memakai wireless router yang bapak sarankan

    Terima Kasih

    • Ki Gr says:

      Jangan pakai wireless router untuk rumahan …coba saja pakai wireless AP untuk business …misal yang dirilis oleh TP-link model EAP220 atau yang model wifi AC (mungkin belum ada di ID) EAP320. Coba cek di tp-link model EAP220 yg dual band ato EAP210 single band …Cheers

  45. Muhamad Amir says:

    Hallo Pak,

    Maaf sebelumnya baru sempat balas, saat ini kita memang memakai wireless AP untuk bussiness, dengan type Linksys LAPN300 Business Access Point Wifi SINGLE BAND 2.4GHZ N300, nah itu kinerjanya lambat, kami sempat sebelumnya ingin membeli yang versi dual bandnya yang AC 1200 versi diatas, tapi kami ingin konsultasi dulu ke bapak,

    wireless yang tepat dan sesuai untuk office kami apa ya? kalo bisa jangan merk tp link.. hehe

    Terima Kasih

    • Ki Gr says:

      Kalau LAPN300 yach emang cuma N300 single band saja, lambat lah tentunya. Kalau pakai yang LAPAC1750 yach tentunya bandiwthnya tinggi ….dual band, tapi kalau client semua di 2.4GHz band yach speed sampai 450mbps saja total, kalau di band 5ghz baru lebar. Kalau ada yg punya Ubiquiti Unifi 802.11ac, sama aja sich …!

  46. sekedar perbandingan aja, jika dibandingkan dengan speedy, lebih cepat ,mana kecepatan aksesnya ya? terus terang saya masih awam soal itu.

  47. Leo says:

    Mau nanya pak, kalau untuk modem usb huawei 3g/4g router apa yg cocok karena selain itu router akan di koneksi ke wifi dongle usb yg konek jg terkoneksi ke receiver parabola, dan manakah yg lebih baik, usb modem dgn antena luar (pig tail atau induksi) atau modem usb 3g/4g terkoneksi ke router mohon pencerahan dan rekomendasi nya untuk router yg cocok, terimakasih pak sebelumnya

  48. Supriyanto says:

    Saya butuh access point yang berkualitas bukan kuantitas. Bukan seberapa besar bisa menyalurkan/menghantarkan internet. Yang saya butuhkan Aliran internet tanpa putus walau hanya detik. Bagi pengguna game online itu sangat terasa dan bisa membedakan kalau aliran internetnya jelek atau bagus.

  49. Eman says:

    Selamat Siang,
    Pak dikantor kami 3 lantai dan sudah berlangganan speedy 3Mbps. Modem kami TPLink TD-W8101G (gratisana dari telkom) dan dihubungkan dengan 2pcs TL-WA5110G sebagai akses poin nya.
    Kondisi internet kami sangat lelet pak jika diakses oleh 20orang aja, padahal targetnya diharapkan 100 org konek wifi di laptopnya.
    jadi, kami ada rencana untuk menggati modemnya dan mungkin akses pointnya jg.
    Kira2 tipe modem dan untuk akses point wifi yang cocok apa ya pak?
    Mohon bantuannya ya pak…

    • Ki G says:

      ini layanan Speedy atau Indihome yach? Kalau lihat modem TD-W8101G ini emang Speedy ADSL dan memang ADSL plus wifi 802.11G ini lambat hanya sampai wifi 54Mbps saja speednya. Begitu juga TL-WA5110G ini juga speed 65Mbps. Kenapa tidak diupgrade saja pake Indihome?

    • Ki G says:

      Kalo speedy modem tetap saja tapi matikan wifinya dan gunakan produk TP-link EAP-245 kasih tiap lantai 1 unit, perlu poe switch kalo mo gunakan poe tanpa power coed cek di tplink ea245

  50. Ki G says:

    ini layanan Speedy atau Indihome yach? Kalau lihat modem TD-W8101G ini emang Speedy ADSL dan memang ADSL plus wifi 802.11G ini lambat hanya sampai wifi 54Mbps saja speednya. Begitu juga TL-WA5110G ini juga speed 65Mbps. Kenapa tidak diupgrade saja pake Indihome?

  51. dimas ramadhan says:

    Mau nanya gan.
    Sdikit cerita, tetangga sya berlangganan indihome, nah ane dikasih passwordnya. Kemudian sya tembak menggunakan nanostation2. Pertanyaanya buat nerusin akses internetnya buat di dalam rumah bagusnya menggunakan router apa yah gan? Bisa minta arahanya mastah..
    Terima kasih

    • admin says:

      harusnya menggunakan wireless extender bukan wireless router. kalo wireless router harus konek ke WAN port satu kabel dr telkom, ato wireless AP jika menggunakan kabel jaringan ke rumah anda yg konek ke salah satu port LAN modem tetangga.

  52. Alvino says:

    Mau tanya gan…. router netgear r7000 bisa dipasangi modem gsm nggak gan… mohon petunjuknya gan…. terima kasih sebelumnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.