Jaringan Wireless Terbaik

Pendahuluan

Jika anda ingin membangun suatu jaringan wireless dari awal baik dirumah maupun di kantor, adalah sangat dianjurkan untuk membangunnya berdasarkan perangkat-perangkat dari jaringan wireless terbaik yang ada saat ini, yaitu yang menggunakan technology wireless terkini yang ada dipasaran saat ini – the best wireless network.

Lihat Top 10 / sepuluh besar wireless router paling popular.

Jaringan terbaik

Untuk memilih the best wireless network yang mana yang terbaik saat ini tentulah perangkat atau technology yang memenuhi criteria terbaik dalam tiga area utama. Pertama, perangkat dan technology serta standard haruslah bisa memberikan jaringan wireless yang paling cepat. Kedua, perangkat wireless dan technology yang digunakan haruslah bisa memberikan jangkauan terpanjang / terjauh. Ketiga, standard keamanan jaringan wireless haruslah bisa memberikan jaringan paling aman untuk melindungi jaringan private anda terhadap segala aksi penyusupan dan ancaman.




 

Terbaik dalam hal Kecepatan

The best wireless network dalam hal kecepatan saat ini adalah standard wireless 802.11n yang telah di ratifikasi Oct 2009. wireless –N ini adalah standard wireless yang ada dipasaran saat ini, hampir semua pabrikan produsen jaringan telah mengadopsi standard ini kedalam jajaran produk mereka dan dilempar kepasaran. Produk-produk yang sudah dilempar kepasaran sudah banyak yang mengklain produknya bisa mencapai kecepatan ideal sampai 450Mbps (tentunya dalam kondisi ideal). Akan tetapi hal ini adalah secara teoritis, dalam kenyataannya yang ada dipasaran tidak pernah mencapai kecepatan maksimum yang diklaim, sebut saja standard terdahulu dari 802.11b yang diklaim dengan kecepatan maksimal 11 Mbps dan 802.11g dengan 54 Mbps. Teknology wireless terkini mengadopsi multiple spatial data astream yang bisa meng-agregate bandwidth sampai 450Mbps.

Wireless N

Awalnya sebelum standard draft 802.11n di ratifikasi, wireless –N router tidak digaransi bisa jalan dengan standard final dari 802.11n jika standard ini sudah final dan diratifikasi nantinya. Banyak keraguan kalau-kalau versi draft ini tidak akan  jalan dengan versi final nantinya, akan tetapi versi draft ini dijamin backward compatible dengan standard industry 802.11b/g tentunya yang sudah berlogo Wi-Fi Certified (b/g/n) dan bisa mengisi kekosongan celah dari technology jaringan wireless saat itu.

Disamping itu, sudah diyakini oleh hampir semua pabrikan wireless saat itu  bahwa jika saja saat nanti standard industry ini diresmikan menjadi standard jaringan wireless tercepat, sudah sangat santer dipercaya bahwa tidak aka nada perubahan hardware. Kalau toch ada perubahan itu hanya lah cukup meng-upgrade firmwarenya saja yang natinya bisa di download secara gratis dari website vendornya masing-masing. Bahkan beberapa produk wireless –n routers yang ada sekarang ini mempunyai fitur upgrade secara automatis jika ada update firmware terbaru jika terhubung dengan internet. Lihat juga beberapa jenis wireless –n routers terbaik yang ada dipasaran saat ini disini best wireless routers misal WRT610N dari Linksys, DIR-855 D-Link, WNDR7300 Netgear, dan TEW-672 TrendNet Gigabit Router.

Dan ternyata benar, saat versi final 802.11n diratifikasi, maka tidak ada masalah dengan kompatibilias antara yang versi draft dengan yang versi final. Tidak ada perubahan mendasar, hanya tambahan beberapa opsi saja.

Wireless AC

Generasi kelima (5G) dari teknology Wifi masa depan adalah draft 802.11ac yang dikeluarkan dengan kecepatan  teoritis sampai 3.6Gbps, sementara yang bisa diadopsi oleh pabrikan wireless router saat ini adalah wireless ac router  dengan speed sampai 1300Mbps menggunakan chip Broadcom. Beberapa wireless router sudah bisa diorder dipasaran saat ini sebut saja Netgear R6300 wireless ac router, atau TP-link Archer C7 atau Linksys EA6500 cloud router. Ini sungguh luar biasa dalam kurun waktu sekitar 15 tahun dari wifi generasi pertama yang dengan kecepatan hanya 2Mbps sampai pada generasi wifi ke lima dengan kecepatan sampai 1300Mbps, suatu kecepatan teoritis melebihi kecepatan kabel Gigabit.

 

Terbaik dalam hal Jangkauan

Memilih the best wireless network harus lah perangkat wireless dan technology yang bisa memberikan jangkauan jaringan wireless terjauh. Technology terkini (walaupun bukan baru) yang banyak diimplementasikan pada produk jaringan wireless adalah technology antenna yang cerdik yaitu technology MIMO (Multiple-in-multiple-out). Technology MIMO menggunakan beberapa antenna transmitter dan receiver untuk memperbaiki performa system jangkauan dan kecepatan. Teknology MIMO ini mengandalkan pada signal multipath – banyak arah. Signal multipath ini adalah sinyal pantulan yang datang pada receiver beberapa saat setelah sinyal transmisi LOS (line of sight) sampai. Teknologi ini bisa menciptakan signal yang kuat dan kecepatan maksimal dengan mengurangi dead spots.

 

Beberapa pabrikan wireless melengkapi produk mereka dengan technology MIMO ini atau beberapa technology penngembangan paten dari mereka untuk mencapai jangkauan terjauh. Sebut saja technology Extreme –N dari D-Link yang mengklaim mempunyai performa dengan kecepatan 14x lebih cepat dan jangkauan 6x lebih jauh dari standard yang bisa dicapai 802.11G.

 

Terbaik Dalam Hal Keamanan

Dalam memilih jaringan wireless, anda seharusnya memilih jaringan wireless yang bisa memberikan system keamanan / enkripsi jaringan terbaik dan terkuat saat ini – untuk melindungi kompromi jaringan. Sebagai aturan umum, anda harus memberikan tingkat perlindungan yang sebanding dengan tingkat sensitifitas dari data yang perlu anda lindungi. Tidak seperti dalam jaringan “wired” dimana kemanan secara fisik bisa dilindungi secara aman, jaringan wireless tidak dibatasi oleh fisik dimana dia ditempatkan atau didalam gedung yang kokoh. Sinyal wireless bisa dicapai bisa sejauh sampai 300 an meter dengan menggunakan laptop dan antenna penguat hi-gain jauh diluar gedung itu sendiri. Hal ini lah yang menjadikan jaringan wireless rentan terhadap segala macam penyusupan karena tidak dibatasi oleh gedung tempat dia berada.

Standard industry kemanan wireless saat ini adalah Wi-Fi Protected Access (WPA/WPA2) yang merupakan program certifikasi yang diciptakan oleh Wi-Fi Alliance untuk menunjukkan compliant terhadap protocol keamanan yang diciptakan oleh Wi-Fi Alliance untuk mengamankan jaringan wireless computer. protocol ini diciptakan seiring diketemukannya oleh para ahli banyaknya kelemahan system terdahululu WEP (Wired Equivalent Privacy).

Fitur lain yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih perangkat wireless untuk the best wireless network adalah Quality of Services (QoS) yang memungkinkan pemberian prioritas data stream yang kita pilih.

Jika tanpa adanya QoS, wireless router kebanyakan – semua traffic wired dan wireless termasuk traffic VoIP, video streaming, Online Gaming, dan Web browsing digabung menjadi satu data stream. Dengan cara seperti ini, applikasi seperti video streaming bisa terjadi pause atau delay. Dengan technology Intelligent QoS, traffic wired dan wireless dianalisa dan dipisahkan kedalam beberapa data stream. Stream data ini kemudian dikatagorikan menurut sensitifitas terhadap delay, sehingga applikasi seperti VoIP, Video streaming, dan Online gaming diberikan prioritas diatas web browsing. Hal ini memungkinkan beberapa applikasi bisa berjalan halus pada TV atau PC anda.

Jika anda adalah jenis mereka yang suka online gaming, maka pilihan anda pada Linksys E4200 atau D-link Dir-857 dengan USB 3.0 dengan intelligent QoS adalah tepat karena memang khusus diciptakan dengan optimalisasi untuk streaming HD media dan gaming.

Terakhir dan bukanlah yang tidak berarti, anda mesti juga mempertimbangkan perangkat wireless yang mempunyai kemampuan dual-band untuk kedua band 2.4 GHz dan 5 GHz baik pada wireless access point. wireless routers, maupun pada clients wireless adapters. Dengan technology dual-band ini, memungkinkan anda mengecek email / browsing pada radio band 2.4 GHz sementara untuk streaming HD video, dan media HD lainnya pada radio band 5 GHz.

Tidaklah lengkap kiranya the best wireless network anda jika komputer anda tidak dilengkapi dengan system pertahanan anti-virus dan Windows update yang terkini.

lihat artikel lainnya:

  1. WNDR4000 N750 wireless router for gaming and streaming
  2. New Linksys E-4200 N750 generasi kedua E series
  3. Best Value Wireless Dual Band Gigabit Routers



 

You may also like...

3 Responses

  1. erio says:

    kl tplink 941nd itu bagus ga

  2. ee_pok says:

    gan mau tanya neh… gw punya router linksys WRT610n bisa ga di jadikan pengganti swicth hub ? jadi koneksi LAN yg lama (masih pake kabel) dirubah menjadi wireles (tanpa kabel) dengan kondisi tidak terhubung internet….cuma LAN saja.

  3. Ki says:

    hi ee_pok, maksudnya anda mo ubah jaringan anda di extend wireless tanpa sambungan internet? prinsinya sama saja …coba lihat artikel membangun wireless disini. Tinggal gak usah disambung ke internet saja kan …jadi berfungsi sebagai access point ke jaringan LAN anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *