Wireless Dual Band Gigabit Routers Yang Keren

Memilih Router yang bagaimana?

Jika anda memutuskan untuk membeli wireless router untuk jaringan wireless di rumah anda, dan anda memutuskan untuk memilih wireless router dengan dukungan gigabit dan dual band, spec apa saja yang anda butuhkan agar memberikan value terbaik dan cocok dengan kebutuhan anda? Pertimbangkan spec product berikut ini yang sesuai dengan kebutuhan anda.




 

Selectable atau simultaneous

Dengan memilih wireless router terbaik dengan dukungan dual band dan gigabit, agar memberikan value terbaik pertama anda perlu mempertimbangkan dual band itu sendiri apakah selectable atau simultaneous. Kalau selectable, pada dasarnya router tersebut adalah single band. Anda sendiri yang memilih router tersebut untuk beroperasi pada band 2.4GHz atau 5 GHz. Jadi jika client wireless anda campuran dari perangkat berbasis 2.4 dan 5GHz, maka anda tidak bisa mengusung mereka semua secara bersamaan. Kecuali memang anda memerlukan jaringan dengan basis 5GHz semuanya, maka anda pilih yang selectable dual band gak apa. Dengan beroperasi pada 5GHz, maka anda mempunyai jaringan yang bersih dari gangguan interferensi dan cepat sebut saja D-Link DIR-665.

Untuk router dual band simultaneous, maka router anda bisa berkomunikasi dengan semua client wireless anda yang beroperasi pada band campuran baik yang 2.4GHz maupun yang 5GHz band pada saat yang bersamaan.

Dukungan USB Port

Dengan keunggulan yang dimiliki router dengan fitur simultaneous dual band dan gigabit interface, dukungan interface lain yang sangat berguna yang perlu anda pertimbangkan dalam memmilih router terbaik anda adalah dukungan USB port. USB port yang bagaimana yang anda butuhkan?

Kebanyakan wireless router yang dilengkapi dengan port USB adalah dimaksudkan untuk bisa dipakai sebagai hosting external storage untuk bisa dishare bagi client computer lainnya yang ada pada jaringan. Akan tetapi ada lagi yang perlu dipertimbangkan jika anda ingin men-share printer USB anda, yaitu fitur yang memungkinkan port USB ini bisa dipakai untuk hosting printer agar bisa diakses lewat jaringan. Tidak banyak juga wireless router yang dilengkapi dengan USB port yang bisa dipakai untuk share storage atau printer.

Jika kebutuhan akan storage dan printer yang bisa diakses secara bersamaan ada, maka anda harus mempertimbangkan wireless router yang dilengkapi dengan dua buah USB port yang bisa dipakai untuk hosting storage dan printer pada saat bersamaan. Hal ini sangat menguntungkan, anda bisa share storage anda dan juga anda tidak perlu membeli print server device sendiri untuk bisa sharing printer anda.

Dual band Yang Keren

Berikut adalah beberapa wireless router yang meberikan value terbaik buat kebutuhan anda, setidaknya sesuaikan dengan kebutuhan anda.

  1. TP-link Archer C9

Salah satu wireless router yang dirilis oleh TP-link adalah Archer C9 dengan basis technology wireless AC1900. Artinya berbasis wireless standard 802.11ac dengan segmen jaringan AC1900 dual band simultan yang bisa memberikan bandwidth sampai total 1900Mbps, dengan bandwidth 1300Mbps @5Ghz band dan sampai 600Mbps @2.4Ghz band.

Router wifi ini adalah salah satu yang paling laris diseluruh penjuru dunia dengan performa yang bagus dan harga yang lebih ekonomis dibanding wifi router lain dr vendor besar seperti Linksys, Asus atau Netgear.

TP-link Archer C9

TP-link Archer C9

Fitur utama

  • Berbasis wifi standard generasi ke 5 802.11ac
  • Dual band speed sampai total 1900Mbps (1300Mbps @5Ghz + 600Mbps @2.4Ghz)
  • Dilengkapi dengan antenna luar Omni directional yg bisa dilepas pasang 3x
  • Dukungan technology Beamforming
  • Dibesut dengan processor dual core 1.0Ghz
  • 4x Gigabit LAN port dan 1x Gigabit WAN port
  • Dilengkapi 1x USB 3.0 dan 1x USB 2.0 untuk berbagi storage, printer dan FTP server

Seri lain dari TP-lin yang paling baru adalah TP-link Archer AC5400 yang berbasis AC5400 dengan total bandwidth sampai 5,400Mbps yang merupakan wireless router tiga band, dua kali 5Ghz band dan satu 2.4Ghz band.

  1. Tenda AC15

Untuk TP-link Archer C19 dengan fitur bagus masih terasa mahal buat kantong ente, nah nich ada yang lebih ekonomis dengan segmen jaringan AC1900 yang sama yaitu wireless Tenda AC15 AC1900 router. Harganya bisa sampai separuh bahkan lebih dr separuh dari harga Archer C9.

Fitur mungkin sedikit berbeda dengan TP-link, silahkan lihat fitur utama dari wireless router AC1900 Tenda AC15.

Tenda AC15 wireless AC1900 router

Fitur utama

  • Dibesut dengan basis technology yang sama standard 802.11AC AC1900
  • Speed sampai 1300Mbps @5Ghz dan sampai 600Mbps @2.4Ghz band
  • 3x antenna luar high power untuk jangkauan lebih luas
  • Dukungan terhadap technology Beamforming
  • 3x Gigabit LAN port dan 1xGigabit WAN port
  • 1x USB 3.0

Jika dibandingkan dengan Archer C9 memang ada lebih minim fitur, lihat saja port LAN hanya tiga dan port USB hanya satu, dibanding TP-link Archer C9 ada 4x LAN dan 2x USB port.

Dalam memilih router, pastikan router tersebut mempunyai fitur-fitur yang anda butuhkan untuk memberikan value terbaik pada jaringan anda.

Lihat juga artikel terkait:




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *