Berbagai Model Wireless Access Point

TP-link merilis beberapa model wireless access point dan salah satunya adalah CPE510 yang khusus diperuntukkan buat kebutuhan access point outdoor. Ada juga yang digunakan untuk kebutuhan business indoor EAP220.

Beberapa Model Wireless AP

Kita tidak bahas apa itu Wireless Access Point, klik disini untuk memahami wireless access point. Kita akan bahas beberapa model yang ada dipasaran saat ini yang umum yaitu produk dari TP-link, EnGenius, Ubiquiti dan juga Linksys. Dan jangan lupa kapan anda harus membutuhkan wireless AP atau wireless router.

Kebanyakan pelanggan layanan broadband Cable misal FastNet mereka membutuhkan wireless router, lihat top 10 wireless router popular.

Kebutuhan wireless AP biasa digunakan pengguna IndiHome untuk dirumahan dan juga jaringan perusahaan yang sudah jaringan kabel yang ingin menambah jaringan wifi disamping penggunaan wireless range extender untuk rumahan.




 
Berikut kita mulai satu produk untuk dipakai menambah jaringan wifi dirumah misal atau perkantoran kecil dan beberapa model berikutnya adalah untuk kebutuhan perkantoran untuk menambah jaringan wireless pada jaringan kabel yang sudah ada.

  1. TP-LINK TL-WA901ND Wireless-N AP

Salah satu yang paling banyak digunakan adalah wireless Access point untuk kebutuhan dirumahan yang biasanya digunakan untuk membuat jaringan wifi dari jaringan Internet dirumah yang belum ada wifinya untuk berbagi internet Speedy atau IndiHome yang belum ada wifinya.

Biasanya pelanggan Speedy dulu belum ditawari perangkat modem yang ada wifinya, sekarang sudah umum bahkan sekarang ini Speedy menawarkan IndoHome layanan Internet Fiber Optic yang super cepat semacam layanan Cable FastNet. Cek disini untuk beberapa model Speedy Modem Wifi.

TP-link TL-WA901ND adalah salah model wireless AP rumahan yang bisa digunakan untuk membuat jaringan wifi dari jaringan kabel yang sudah ada dan biasanya perangkat ini dihubungkan ke salah satu Switch Ethernet dengan tentunya kabel jaringan UTP pada umumnya.

tp-link td-wa901nd

TP-link WA901ND AP

Fitur utama

  • Berbasis wifi 300N dengan speed sampai 300Mbps
  • Multi mode sebagai wireless AP, Client, WDS repeaterdan juga wireless bridge
  • Dilengkapi dengan tombol QSS (semacam WPS) untuk memudahkan koneksi ke AP dari perangkat yang ada WPS nya
  • Dukungan koneksi Power over Ethernet (POE) sampai 30 meter
  • Dilengkapi dengan 3x antenna external technology MIMO
  • Fitur CCA untuk menghindari konflik channel secara automatis
  • Multi SSID sampai 4 nama jaringan
  • Inkripsi wifi WPA/WPA2

Produk ini dilengkapi dengan satu port 10/100Mbps Ethernet yang perlu anda hubungkan ke salah satu port Swicth pada jaringan LAN anda. TL-WA901ND ini adalah bekerja pada single band 2.4GHz, bukan dual band.

Untuk speed yang lebih bagus, TP-link juga sudah merilis wireless AP berbasis AC1900 untuk rumahan yaitu TP-link AP500 AC1900 wireless AP.

Untuk kebutuhan outdoor TP-link menawarkan TP-link CPE510 5Ghz wireless 300Mbps dengan antenna 13dBi power.

Produk ini memang khusus untuk kebutuhan outdoor, jadi untuk solusi kebutuhan wifi outdoor yang paling ekonomis dengan manajemen terpusat. CPE510 ini digunakan untuk kebutuhan outdoor Point to Point, point to multipoint (PTMP) atau kebutuhan wifi outdoor lainnya.

Produk ini termasuk produk yang ekonomis dan sangat efektif untuk kebutuhan wireless access point outdoor baik point to point (PTP) ataupun point to multipoint (PTMP) apalagi untuk jangkauan yang sangat jauh bahkan sampai 15 Km, yach tentunya LOS (line of sight) sebatas bisa saling melihat satu garis.

Berikut adalah produk wireless access point yang digunakan untuk kebutuhan perkantoran dengan mengimplemantasikan lebih dari satu AP bahkan sampai ribuan AP baik instalasi di satu site sampai instalasi di lintas beberapa remote site.

  1. TP-link EAP320 AC1200 AP

Era kita sekarang adalah technology wifi berbasis wireless ac (802.11ac) yang menggunakan radio band 5Ghz disamping 2.4Ghz band. TP-link EAP320 ini berbasis wireless AC1200 dual band simultaneous. Total bandwidth sampai 1,200Mbps dengan speed sampai 867Mbps @5Ghz band plus sampai 300Mbps @2.4Ghz band.

Produk ini sangat cocok untuk kebutuhan jaringan wifi diperkantoran dan bisa dipasang mulai dari satu unit EAP320 AP sampai ratusan instalasi.

TP-link EAP320

Fitur utama

  • Wireless ac access point untuk instalasi di tembok atau langit2 ruangan
  • Berbasis wireless ac1200 802.11ac dual band
  • Speed sampai 867Mbps @5Ghz plus smapai 300Mbps @2.4Ghz
  • Beamforming, Airtime fairness, band steering teknologi
  • EAP controller software untuk memanage ratusan AP
  • Autentikasi tamu dengan captive portal
  • Multiple SSID sampai 16 (masing band 8 SSID)
  • Dukungan POE (8022.3at) untuk koneksi data dan power dalam satu kabel UTP

Dengan dukungan koneksi POE anda memerlukan switch POE untuk setiap koneksi AP untuk memberikan medium data dan power dalam satu kabel UTP. Tidak perlu lagi menyediakan power outlet ditempat AP tsb dipasang seperti di langit2 yg memang susah dipasang.

Beberapa produk yang lebih tinggi speednya dari TP-link EAP320 ini yaitu TP-link EAP330 wireless AC1900 access point.

  1. EnGenius EnTurbo AC1300 AP

Satu lagi produk wireless ac access point yaitu EnGenius EnTurbo AC1300 access point. Dibesut dengan processor Quad Core 717Mhs Turbo Engine. Total bandwidth hampir sama dengan EAP320 TP-link diatas, sedikit lebih cepat pada 2.4Ghz band yaitu sampai 400Mbps drpd 300Mbps seperti pada EAP320.

Satu lagi fitur produk ini adalah sudah berbasis wireless wave 2 – technology wifi generasi terkini yg sudah siap dengan kecepatan sampai gigabit wifi, lebih cepat 30% dibanding wireless wave 1.

EnGenius wave 2 AC1300 AP

Fitur Utama

  • Berbasis wave 2 dengan segmen jaringan AC1300
  • Speed sampai 867Mbps @5Ghz band dan sampai 400Mbps @2.4Ghz band
  • Multiple 16 SSIDs (8 SSID per band)
  • Fast roaming antar AP
  • Beammforming, band steering, traffic shaping dll
  • MU-MIMO (multi User MIMO) technology untuk mengirim data k ebeberapa client berbarengan
  • Satu Port Gigabit POE
  • ezMaster network management software

Kelebihan EnGenius AC1300 ini dibanding EAP320 TP-link ini adalah EnGenius sudah siap dengan MU-MIMO sementara EAP320 belum siap.

Dengan software ezMaster ini anda bisa memanage AP baik local, remote via layanan cloud.

  1. Ubiquiti UAP-AC-PRO

Disamping TP-link dan EnGenius, anda masih punya pilihan lagi produk yang juga tergolong ekonomis yaitu Ubiquiti UAP-AC-PRO. Sedikit lebih tinggi speed nya dibanding dari kedua model produk TP-link dan EnGenius diatas karena UAP-AC-PRO berbasis AC1750 dual band. Kecepatan bandwidth sampai 1300Mbps @5Ghz band plus 450Mbps @2.4Ghz band.

Ubiquiti UAP-AC-PRO

Fitur

  • Berbasis wireless AC1750 dual band 3×3 MIMO
  • Speed sampai 1300Mbps @5Ghz band plus sampai 450Mbps @2.4Ghz band
  • 3x dual band antennas dengan masing2 3dBi gain
  • Band steering, Airtime fairness, spectral analysis
  • 16 SSID / 8 SSID per band
  • 2x Gigabit 802.11af POE port
  • Unifi controller v4 software for scalable enterprise management

Dengan Unifi controller software anda bisa mengimplementasikan jumlah AP tak terbatas dengan pengendalian terpusat baik local site sampai remote site, bisa di host di local computer ataupun pada cloud.

Versi yang lebih tinggi adalah UAP–AC-HD Unifi access point yang sudah mendukung MU-MIMO technology 4×4 MU-MIMO wave 2 dengan speed sampai total 1700Mbps @5Ghz plus 450Mbps @2.4Ghz.

Salah satu kelebihan dari ketiga model wireless ac access point ini, baik TP-link EAP series, ENGenius EnTurbo dan Ubiquiti series adalah kita bisa memulai instalasi satu AP sampai instalasi ratusan bahkan ribuan instalasi.

Masih banyak model lain untuk kebutuhan rumahan atau kebutuhan jarak jauh wireless access point dari berbagai vendor anda bisa pilih sesuai kebutuhan anda.

Salam, KG



You may also like...

3 Responses

  1. Supriyanto says:

    yth narasumber… saya mau tanya nih. saya ada access point to point menggunakan dua perangkat cpe510. yang jadi pertanyaan
    1. standart PTP kuat sinyal minimal berapa decible (db) agar koneksinya stabil?
    2. Pharos Cpe510 apakah mampu membawa bandwidth 20Mbps, soalnya saya mau upgrade bandwidth dari 10Mbps ke 20Mbps.
    catatan jarak PTP 700meter.
    mohon pencerahan dan sarannya terimakasih.

  2. Supriyanto says:

    gan…. untuk PTP kalau sisi penerima dibuat mode ap client router apa akan beda kekuatan membawa bandwidthnya dibanding kalau hanya dibuat client saja.
    trimakadih

  3. Ki Gr says:

    tentu saja kalo digunakan PTP terbagi. Kl sbg client saja kan gunakan bandwidth sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.