Beberapa Model Wireless Range Extender

Apa itu wireless range extender?

Apa sich yang disebut sebagai wireless range extender itu? Mungkin bagi sebagian besar pemilik jaringan wireless (WLAN atau wireless LAN) di rumahan kita tidak banyak tahu apa itu range extender. Yach wajar saja karena sebagian besar rumah kita adalah bertype kecil. Artinya apa, dengan jaringan Wi-Fi kita dirumah sudah bisa mencakup seluruh sudut ruang rumah kita untuk mendapatkan sinyal yang cukup kuat.  Dengan laptop, tablet computer ataupun smart-phone kita bisa koneksi ke jaringan wireless tanpa ada kendala yang berarti.




 

Perluas jangkauan

Masalahnya akan tampak jika memang rumah kita sangat luas dengan halaman belakang yang juga luas dimana anda mempunyai tempat santai di belakang sementara anda berharap bisa roaming dengan semua perangkat mobile anda termasuk smart-phone, laptop dan lainnya. Atau mungkin rumah anda bertingkat dan sinyal Wi-Fi tidak sampai mencakup lantai atas sampai ke kamar-kamar sehingga sebagian perangkat Wifi tidak bisa akses internet dari jaringan WLAN anda dari lantai dasar dengan bagus bahkan putus-putus alias dead spots.  Untuk itulah sebuah wireless range extender diperlukan untuk memperpanjang jangkauan sinyal Wi-fi anda agar bisa sampai kesetiap sudut ruangan atau area yang lebih luas di rumah anda.

 

wireless range extender diagram

Gb 1. Wireless range extender diagram

 

Perhatikan gambar 1 diatas ini yang merupakan diagram dari sebuah jaringan wireless dirumah dengan wireless router dan wireless range extender (WN3000rp). Jangkauan dari wireless router tidak bisa mencapai beberapa perangkat wifi di area yang lebih luas, maka perlu dipasang range extender diantara jangkauan router dan wireless clients yang mau dijangkau.

 

Berbagai model range extender

Ada berbagai model range extender yang ada dipasaran saat ini baik yang single band maupun yang dual band. Berikut adalah beberapa model wireless range extender dari berbagai produsen jaringan yang banyak kita jumpai dipasaran.

TL-WA860RE

Salah satu produk wireless range extender yang laris dipasaran adalah TP-link TL-WA860RE. ukuran yang mini dengan design wall-plug yang bisa ditancapkan langsung di power outlet anda dan design warna yang putih bersih dan manis menambah dekorasi tembok anda menjadi lebih manis. Dan bagusnya lagi adalah design yang masih menyediakan colokan listrik walau anda memakainya sebagai wireless extender.

tplink wa860re range extender

Fitur utama

  • Modus wireless range extender
  • Speed sampai 300Mbps single 2.4GHz band
  • 2x antenna luar
  • 1x RJ45 10/100Mbps Ethernet port
  • Tersedia soket colokan listrik

Instalasi dan konfigurasi yang mudah dengan menekan tombol RE dan bisa terhubung ke segala macam wireless router anda maupun wireless gateway baik berbasis wireless N misal Netgear WNDR4500 dan TP-link WN2453 ataupun jenis wireless router terbaru berbasis wireless AC misal TP-link Archer C9.

Untuk melihat spesifikasi lengkap TL-WA860RE ini klik di link berikt dibawah ini:

Produk ini hanya bekerja pada single band, jadi jika wireless router anda ternyata adalah wireless dual band simultaneous, maka ada baiknya anda memilih wireless extender yang sudah mendukung dual band simultaneous. Hal ini sangat menguntungkan jika perangkat wifi dirumah anda sudah mendukung dual band.

Linksys RE6700

Salah satu model lain yang juga tidak kalah menariknya dari TP-link WA860RE adalah produk bawaan dari Linksys yaitu RE6700. Design hampir sama dengan TP-link diatas dengan tersedianya colokan power hanya model colokannya lain pakai standard tiga lobang standard luar sono. Antenna luar juga tersedia dua akan tetapi agak kebawah jadi kayak kodok ngorek jika ditancap dioutlet listrik di tembok anda.

linksys re6700 range extender

Perbedaan utama ada pada kecepatan dan technology wifi yang dikemaskannya yaitu standard wifi generasi kelima alias wireless AC (802.11ac).

Fitur utama

  • Berbasis wireless AC1200 teknology wifi 5G
  • Dilengkapi dengan technology Spot Finder
  • Simultaneous dual band dengan speed sampai 867Mbps pada  5 GHz dan sampai 300Mbps pada 2.4GHz band
  • Crossband technology
  • Wi-Fi Audio
  • 1 x Gigabit Ethernet port

Model ini termasuk canggih dengan basis wifi AC1200 dibanding TP-link WA860RE diatas yang masih berbasis wireless N300 single band, yang ini sudah dual band simultaneous.

Untuk melihat spec lengkap dari produk ini klik dibawah ini

Kedua produk ini termasuk produk laris walau banyak model serupa beredar dipasaran. Ketersedian colokan outlet power merupakan keunggulan sehingga masih bisa menggunakan fungsi outlet untuk keperluan supply power lainnya.

TP-link RE450

Produk lain dari TP-link untuk yang model wall-plug ini adalah RE450 yang berbasis wireless AC1750. Modelnya dirancang sangat cantik, menyatu menjadi dekorasi ruangan anda dengan warna putih. Tiga antena dibagian atas mempercantik model yang stylist ini.

TP-link RE450 range extender

Fitur utama

  •  Melebarkan jangkauan wifi anda dua band, 450Mbps untuk 2.4GHz band dan 1300Mbps untuk 5GHz band
  •  Antena luar yang bisa diatur untuk optimalisasi koneksi ke client
  •  Port Ethernet Gigabit tunggal sebagai wireless adapter untuk perangkat Ethernet anda
  •  Intelligent signal light membantu anda mencari lokasi paling tepat untuk meletakkan range extender ini.
  •  Universal bisa konek ke segala macam router atau access point

Masih ada model lain dari TP-link yang berupa layar sentuh dan sudah berbasis AC1900.




Lihat artikel lainnya:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *